Penggunaan Sitrun untuk Pemutih Pakaian

Selamat Malam Agan & Aganwati Sekalian

Ini adalah Thread Pertama Saya sebagi seorang Newbie.
Mohon Koreksi apabila salah kamar atau salah tempat




Bukti No Repost

Spoiler for No Repost:



Sekedar Share Pengalaman Orang Jadul Gan.

Berawal dari keinginan untuk memutihkan baju yang sudah terlihat kumal, maka Saya putuskan beberapa hari lalu untuk membeli pemutih pakaian. Merk pemutih pakaiannya umum yang biasa kita jumpai. Saking semangatnya, langsung saja pakaian seragam putih yang ada Saya rendam dengan larutan air + Pemutih tersebut selama kurang lebih 1 jam.

Dari sinilah permasalahan dimulai, waktu merendam pakain yang terlalu lama ini menyebabkan baju putih Saya seketika itu menjadi kuning pada beberapa titik yang kurang lebih seperti ini :

Spoiler for Kuning:

*hanya contoh

Kekuning-kuningan ada di daerah kerah dan ketiak baju.Karena Saya pikir warna tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah kering, maka Saya putuskan untuk menjemur pakaian sampai kering terlebih dahulu.
Keesokan harinya, setelah Baju tersebut kering, ternyata Saya dapati kondisi kekuning-kuningan masih ada pada baju seragam tersebut. Walhasil, rencana terdekat adalah membuang baju yang ada dan membeli baju baru untuk mengganti seragam yang telah dabul ( bahasa Jawa rusak ). Setelah beberapa waktu berpikir agak panjang (mempertimbangkan budget dsb) dan merasa sayang kalau dibuang, akhirnya Saya putuskan untuk bertanya ke Ibu berkaitan dengan cara menghilangkan noda kuning akibat penggunaan pemutih tersebut. Dan Ternyata Berhasil 100 %.

Saya pada akhirnya berkeinginan untuk berbagi kepada Agan/Aganwati semua yang terutama masih ngekos dengan biaya ngepas, atau bagi Ibu Rumah tangga yang memiliki permasalahan yang sama agar permasalahan ini tidak menjadi momok bagi pemilik seragam putih.

Citric Acid atau yang lebih dikenal dengan Sitrun adalah Jawaban dari Permasalahan Noda Kuning tersebut. Tidak sampai 10 menit, noda kuning tersebut hilang. Citric Acid merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan ( wikipedia.org) . Citric Acid atu Sitrun sendiri sangat mudah didapatkan dengan cara membeli di toko-toko kelontong sekitar rumah karena biasanya digunakan untuk membuat cuka.

Spoiler for CItric Acid:

*hanya contoh, yang dipasaran ada yang jauh lebih kecil ukurannya

Cara untuk membersihkan baju itu sendiri sangat mudah. Caranya sebagai berikut :
1. Buat larutan sitrun dengan air hangat (seperti membuat air gula) dengan perbandingan sitrun ½ bungkus kecil untuk 1 gelas belimbing
2. Rendam bagian yang kekuning-kuningan dengan larutan tersebut selama tidak lebih dari 1 menit dan perhatikan perubahannya
3. Apabila dirasa perlu, silahkan ulangi sekali lagi proses yang kedua
Demikianlah Gan, Sharing yang bisa Saya berikan sebagai Thread pertama Saya.

Dan bener Gan !!!
Baju yang tadinya kuning pada beberapa bagian tersebut menjadi putih seperti baru



"Yang Saya lakukan ini adalah hasil saran yang diberikan oleh Orang –orang tua jaman dahulu. Banyak pengetahuan dan pengalaman tidak ternilai yang mereka miliki melebihi teknologi yang dipromosikan orang saat ini"

Sampai Jumpa di Thread Berikutnya. Semoga Bermanfaat

Spoiler for Tidak Menolak:



Terima Kasih sudah menyempatkan diri membaca.
perlu dicoba nih :
tapi kalo kaos ada sablonnya ancur ga gan sablonnya
Quote:Original Posted By kabitabata
perlu dicoba nih :
tapi kalo kaos ada sablonnya ancur ga gan sablonnya


ane mau nanya gitu gan..
keduluan
perlu dicoba neh gan..




mampir juga k trit lounge ane y gan..
inilah kenapa Kaskus beda dengan forum lain :Recomended seller n Pertamax


Quote:Semua Lapak ane Free Sticker KASKUS check: --- edited --- GA BOLEH NITIP LAPAK/make SIGGY FJB DI LOUNGE

mantap banget sarannya Gan. Buat baju kelunturan merah juga bisakah?
Quote:Original Posted By kabitabata
perlu dicoba nih :
tapi kalo kaos ada sablonnya ancur ga gan sablonnya


Kalau untuk yang itu, ane belum pernah nyoba Gan.

Quote:Original Posted By SusantyGnome
mantap banget sarannya Gan. Buat baju kelunturan merah juga bisakah?



Kalau Ane kemarin, Bordiran seragam tidak ikut ane rendam, jadi nyelupinnya cuma pada bagian yang kuning. Untuk baju putih kelunturan, patut dicoba Gan, karena kemarin noda hitam juga lumayan hilang
Selamat Mencoba.
Ane gunain sitrun buat bak mandi gan yg dari keramik
Lumayan bening
Quote:Original Posted By arul.gardenhill
Ane gunain sitrun buat bak mandi gan yg dari keramik
Lumayan bening


Sitrun emang serbaguna Gan.

harganya juga lebih murah daripada pembersih2 umum.
Thax utk Agan andreandhika atas cendolnya.
belinya dimana gan?
di toko kimia ada ga?
gan kalo boleh tambahin gambarnya dong
Before dan Afternya kalo make sitrun
asam sitrat emang senyawa alami tuh, ada dijeruk.. Termasuk asam lemah..
Slain itu juga bisa pake peroksida atau oksalat.. Tapi ngeri jadi tipis tuh baju
Quote:Original Posted By kabitabata
perlu dicoba nih :
tapi kalo kaos ada sablonnya ancur ga gan sablonnya


Ga kok gan baju berwarna pun warnanya tidak luntur. Ane udah sering nyoba gan.. klo dirumah ane baju warna putih, biru nuda atau warna2 terang yg keliatan noda jelas ane rendem sitrun trus disukat dikit nanti bersih.
Klo mau jadi bersih dan putih bgt ane biasanya ngerendem satu malem.
Klo ane nyebut` ny Asam sitrat bener g sh, pas mo beli d toko klontong gtu ? ..
--
Pdhl td pagi mo pake Cuka yg buat masak punya nyokap yg kg di pake2 ..
kok kyk nya dejavu y gan

--------------------------------------------------
Merasakan Sensasi Hubungan Intim Secara Real
Jauhkan Dari Berbagai Penyakit Dengan Menggunakan Sex Toys


Terdapat Berbagai Promo Pada Tahun Baru 2014 Ini
Akira - Shop

- Full Testimonial -
- Akira Shop -
( Lebih Baik Menginvest Sedikit Uang Untuk Perawatan Yang Panjang Daripada Menyesal Di Kemudian Hari )



- Full Testimonial -
- Akira Shop -
( Lebih Baik Menginvest Sedikit Uang Untuk Perawatan Yang Panjang Daripada Menyesal Di Kemudian Hari )
[/color][/B][/CENTER]
beli dimana gan, sitrunnya....di toko kimia ada ga....
apa di pasar2 biasanya yang jual banyak.....???