This Thread Is Proudly Present By

Banyak sekali jenis usaha yang bisa Anda geluti, mulai dari yang modal pas-pasan hingga dengan dukungan modal skala besar.

Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha tempat pencucian (steam) motor atau mobil. Jenis usaha ini cukup menggiurkan mengingat perkembangan mobil atau motor sangat meningingkat signifikan seiring menggeliatnya daya beli masyarakat.
Dengan relatif modal yang tidak begitu besar, Anda sudah bisa membuka usaha cucian motor dan mobil. Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuka usaha steam(cucian) motor atau mobil
Quote:
1. Lokasi
Menentukan lokasi tempat cucian motor/mobil adalah salah satu point penting yang sangat menentukan kelangsungan usaha Anda akan berhasil atau tidak.
Biasanya, lokasi strategis yang kerap dicari konsumen adalah bersebelahan dengan pom bensin (SPBU), bengkel, atau berdekatan dengan pusat perbelanjaan. Meski demikian, tak jarang lokasi steam juga laku di kawasan permukiman. Konsumen akan mencari lokasi yang cenderung besar.
Quote:
2. Kombinasikan dengan restaurant
Agar konsumen tidak bosan selama menunggu mobil atau motornya dicuci, Anda bisa membuka usaha sampingan di tempat pencucian, sepeti berjualan minuman atau makanan ringan seperti mi rebus atau roti bakar. Dengan demikian, konsumen merasa betah saat menunggu mobilnya.
Quote:
3. Air
Air menjadi media utama dalam dalam proses cuci motor/mobil. Perhatikan kondisi air yang digunakan, apakah terlihat keruh atau kotor dan berpasir? Jika salah satu kriteria tadi ada pada air tersebut, maka tidak disarankan digunakan untuk mencuci motor atau cuci mobil.
Tanpa disadari bahwa air yang keruh juga mengandung kotoran walaupun sangat halus. Lama kelamaan kotoran akan mengendap dan akan menimbun di motor/mobil kita. Hal ini bisa kita lihat indikasinya pada body yang cenderung semakin lama semakin kusam dan buram.
Quote:
4. Peralatan mencuci
Umumnya peralatan yang banyak digunakan adalah compressor/steam wash. Namun jika kita mencuci dirumah atau ditempat tinggal sendiri biasanya cukup dengan alat-alat lap kain halus (misalnya bekas kaos dalam)/kanebo, ember, selang air, sikat dan sabun.
Namun ada juga yang memiliki alatmesin pencucian motor dan mobil sendiri. Biasanya ukuran daya paling kecil sampai 600 watt, dan tentunya daya semprotnya juga nggak terlalu tinggi. Namun salah satu kelemahan alat ini adalah harus disambungkan dengan kran dimana airnya berasal dari bak penampungan. Di sisi lain, tempat airnya harus lebih tinggi dari lokasi pencucian mobil atau motor, supaya tekanan air lebih besar.
Quote:
5. Cara mencuci
Pencucian motor/mobil yang baik dimulai dari bagian bawah ke atas, mulai dengan membasahi seluruh permukaan motor dan dilanjutkan dengan menggosok bagian kaki dan bagian mesin. Baru setelah itu cuci bagian tangki dan lampu.
Untuk proses mengeringkan, mulailah dari bagian atas turun ke bagian bawah, dengan tujuan bagian yang sudah kering tidak kena air lagi sewaktu mengelap bagian atas.
Sekian Tips-tips dari ane, apabila agan-agan punya tips yang lain boleh dishare.
Jangan Lupa untuk dan apabila thread ini berguna bagi agan-agan sekalian ksh
ya juragan juragan kaskus.
Quote:
Tambahan dari agan-agan:
Quote:
Original Posted By DieDearDie►Bagus nih gan tipsnya, menjadi reminder para pengusaha dan calon-calon pengusaha bisnis cuci mencuci kendaraan.
Kalau boleh gw tambahkan sedikit yang sebenernya sudah disampaikan oleh TS secara lebih spesifik berkaitan dengan "pengalih perhatian".
PENGALIH PERHATIAN
Seperti yang telah disampaikan TS bahwa dalam menjalankan bisnis cuci mobil/motor ini idealnya dikombinasikan dengan bisnis/usaha lainnya, yang dicontohkan dengan mengkombinasikannya dengan membuka restoran atau minimal menyediakan jajanan agar pelanggan tidak jenuh menuggu kendaraan mereka selesai dikerjakan.
Sadarkah kita pada hal-hal sederhana, seperti pada saat kita menunggu lift disebuah pusat perbelanjaan, kita mendapati sebuah cermin atau sebuah media logam yang memiliki efek seperti cermin yang terpasang pada area disekitar lift, memang secara harfiah cermin itu didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna lift yang peduli pada penampilan atau alasan estetika bangunan dan lain-lain, tapi lebih dari pada itu cermin tersebut merupakan sebuah pengalih perhatian dimana calon pengguna lift diberikan media untuk menyibukkan diri mereka sementara mereka menunggu giliran mereka menggunakan lift.
Cerita tersebut di atas merupakan sebuah gambaran sehari-hari. Bicara tentang bisnis cuci mencuci kendaraan, trend pengalih perhatian yang saat ini marak diimplementasikan oleh pelaku bisnis ini adalah memberikan "pengalaman". Apa yang gw maksud dengan pengalaman akan gw bahas menggunakan contoh, sebuah perusahaan penyedia jasa cuci mencuci kendaraan menyediakan ruang tunggu VIP kepada pelanggannya dimana mereka melengkapinya dengan area free wifi, sofa yang nyaman, tv cable dan ruangan ber AC. Tahukah Anda bahwa biaya cuci yang dibebankan hampir sama dengan harga pasaran yaitu antara Rp. 10.000-Rp. 12.000 per motor. Pernyataan yang timbul selanjutnya adalah, apakah tidak merugi? Jawabannya tidak -walaupun tetap ada potensi mengalami kerugian-, pengusaha ini memproyeksikan usahanya untuk jangka panjang, meskipun dia tidak akan mencapai BEP dalam waktu dekat tapi dia telah memberikan value add yang membedakan bisnis yang dikelolanya, dengan demikian konsumen akan kembali kepadanya.
Well segitu dulu deh, keep in touch dan sukses selalu
