KASKUS

Cara Basmi Kutu/Gurem pada Ayam Kate

Tentu anda sudah tak asing lagi bagi si pemelihara ayam kate tentang gurem/kutu. yup tentu saja karena ayam kate memiliki bulu yang lebat sehingga memungkinkan adanya kutu. Tetapi bila kutu telah berlebihan atau terlalu banyak hingga rastusan ribu kutu berbagai jenis dan warna (merah, hitam, dll) pada satu ekor ayam tentunya akan membuat ayam tersebut tak nyaman serta lemas, sakit, dan akhirnya mati. Bayangkan saja ratusan ribu kutu bersarang di sela-sela bulu ayam hingga wajahnya pun tak luput oleh kutu.

Pengalaman pribadi saya, kutu paling bayak pada ayam kate betina. Sumbernya adalah ketika ayam tersebut bertelur, serta mengerami telurnya. Nah dari sini si pemilik ayam selalu membuatkan sarang dari jerami / “damen” / bekas tanaman padi. Usahakan hindari penggunaan barang tersebut, karena barang tersebut sebagai pemicu kutu/gurem, terlebih lagi pada masa pancaroba. Untuk membuatkan sarang untung bertelur, usahakan pakai rumput kering / daun cemara kering saja.
Bila sudah terlanjur terkena kutu kronis pada ayam kate bagai mana solusinya? Berikut adalah cara yang pernah saya lakukan untuk mengusir kutu pada ayam kate bila sudah kronis.

Ciri-ciri ayam kate yang terkena kutu kronis:
1. Wajah menjadi putuh pucat
2. Sayap turun, dan lemas
3. Terdapat banyak kutu ratusan ribu hingga di wajahnya.
4. Tidak mau mengerami telurnya.
5. Kutu telah menjalar ke seluruh kandang serta telur dan jeraminya.

Spoiler for "gambar":


Cara menghilangkan kutu:
1. Ambil Oli bekas mobil/motor.
2. Basuhkan tangan anda dan lumuri serta pijat dengan halus ke tubuh / wajah ayam kate yang terdapat kutu, tetapi jangan sampai terkena mata ayam serta jangan di celup atau dimandikan oli.
3. Untuk menghilangkan pada kandang cukup ambil kuas lalu oleskan pada seluruh kandang.
4. Ayam terkena kutu tentunya akan pucat dan lemas. Obati ayam dengan obat yang biasa dijual umum seperti Enro-B cukup 3 tetes 2x selama 2 hari.
5. Setelah ayam terlolesi oli, ambil tembakau lalu oleskan juga secara merata pada tubuhnya serta taburkan tembakau pada kandangnya.
6. Tunggu perkembangan, mudah mudahan ayam kate anda akan sembuh.

NB: Oli dan tembakau adalah perpaduan ampuh mengusir kutu.
Sumber: pengalaman pribadi lebih dari sekali.

Kasih cendol dong gan