KASKUS

Thumbs up 6 Mega Proyek Infrastruktur di DKI Jakarta

Ini Dia 6 Mega Proyek Infrastruktur di DKI Jakarta




Jakarta - DKI Jakarta memiliki 6 proyek infrastruktur yang targetnya akan dibangun secara bertahap mulai 2013. Secara total investasi yang diperlukan sekitar Rp 442 triliun.

Demikian dikutip dari Sekretariat Negara, Minggu (9/9/2012). Proyek-proyek infrastruktur itu antaralain:

1. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) dengan total investasi Rp 103 triliun yang terdiri dari tahap I Lebak Bulus hingga Bundaran HI Rp 23 triliun, dan ruas Balaraja hingga Cikarang sekitar Rp 70 triliun hingga Rp 80 triliun.

Untuk membangun konstruksi jalur kereta tersebut dilakukan melalui dana dari pemerintah provinsi dengan bantuan pinjaman dari JICA. Setelah konstruksi dibangun, maka pemerintah akan membuka tender operasional kepada pihak swasta untuk pengoperasian proyek tersebut.

MRT merupakan transportasi berbasis rel yang paling memungkinkan dilakukan di Jakarta. Proyek monorel yang sudah dimulai pada era gubernur sebelumnya sulit dilanjutkan karena masalah pendanaan. Sebagai gantinya akan ada transportasi busway layang.

Pembangunan koridor selatan-utara dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama menghubungkan Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,7 km dengan 13 stasiun, yaitu tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah.

Proyek pertama ini ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016. Adapun tahap kedua akan melanjutkan jalur selatan-ytara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8,1 kilometer yang ditargetkan beroperasi 2018.

2. Pembangunan infrastruktur 6 ruas jalan tol sepanjang 75 km dengan investasi sekitar Rp 40 triliun hingga Rp 45 triliun.

Pemerintah telah mendapatkan pemenang tender yakni konsorsium PT Jakarta Tollroad Development (JTD). Saat ini sedang dalam proses negosiasi investasi. Ditargetkan proses konstruksi bisa dilaksanakan pada 2013 mendatang. Proyek enam ruas jalan tol yang melingkar di dalam ibu kota DKI Jakarta tersebut akan dilengkapi dengan bus Transjakarta express.

3. Proyek Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall di sepanjang pantai utara Jakarta dengan total investasi mencapai Rp 200 triliun. Proyek ini mencegah kawasan pesisir Jakarta tenggelam oleh air laut akibat terus turunnya permukaan tanah di Jakarta.

Selain itu Jakarta juga tengah mengembangkan pembangunan infrastruktur di Teluk Jakarta dengan besaran investasi mencapai Rp 200 triliun yang diperkirakan akan memakan waktu 10 tahun.

4. Proyek pengembangan air minum melalui pipanisasi Jatiluhur senilai Rp 4 triliun. Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur, akan dibangun untuk meningkatkan ketersediaan air baku di Jakarta, tender rencananya akan dibuka pada 2013 mendatang. Untuk tahap pertama diproyeksikan dapat selesai pada 2015 dengan membawa air baku 5000 liter per detik.

5. Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Ali Sadikin di Marunda dengan total investasi Rp 50 triliun

6. Pengembangan Pengolahan Air Limbah (sewage) dari 2,2% menjadi 22,5% dengan nilai investasi Rp 40 triliun.




SEMOGA semua proyek ini bisa terwujud dan bebas KKN.....
Bravo INDONESIA.......


http://finance.detik..com/read/2012/...karta?f9911013
aaiiiihhh uang sebesar Rp 442 triliun, itu riskan banget tuh bwt di selewengkan gan
Kita support demi kemajuan jakarta dan indonesia gan
Terlalu ambisius baik dari jenis proyek serta nilai proyeknya.

Ga tau bagaimana Pemda DKI merealisasikan proyek-proyek tersebut kalau untuk meyakinkan investor membangun monorail saja tidak mampu.

Asal jangan sampai terulang 5 tahun kedepan jangan ngeles lagi:"Proyek-proyek tersebut membutuhkan waktu lama untuk balik modal jadi susah cari investor"

Cool 

program klo deket kampanye mah disalah artikan
Tambahan informasi buat no 3 (Giant Sea Wall & Waterfront City)



Note: Ignore si kumis pada bagian akhir video
Gak jadi MRT, bikinnya LRT (Monorel)
Gak jadi Monorel, bikinnya Bus Way
Gak jadi Bus Way, Kopaja ama Metromini disuruh meremajakan armada
Gak jadi juga, balik ke bemo lagi...


jalan non tol antasari aja banyak yang ragu sama kekuatannya, walau ane dikasih tau kalo jalan itu aman tapi perasaan kok lain ya....
gembar gembor doank.. nanti abis pemilihan gubernur ilang jg ilang lg britanya
Quote:Original Posted By Graft
Tambahan informasi buat no 3 (Giant Sea Wall & Waterfront City)



Note: Ignore si kumis pada bagian akhir video


lihat videonya jadi merinding
bukannya kagum, karena buat master plan saja butuh 5 tahun dan belum selesai (2007 sd sekarang), sedangkan yang namanya pertumbuhan penduduk, jumlah kendaraan, jumlah bangunan makin BERTAMBAH ngga karuan, sedangkan kontradiksinya, sarana jalan yang bagus, sumber baku air bersih, fasilitas pengolahan limbah, jarigan infrastruktur kota , malah tetap atau kalau tidak mau dikatakan MAKIN MENURUN KUALITAS DAN KUANTITASNYA,

ngga kebayang pas saat dibangun, yang sekarang saja pembangunan ruas jalan non tol yang susun menyususn di Casablanca dan Antasari, itu kan sudah terlambat dari 5 tahun yang lalu

Bagus sih banyak proyek infrastrukur di Jakarta. tapi MRT dananya guede amat yak 442 T, hampir setengah APBN RI tahun kemaren. Itu hasil mark up gak ya?

Asal tuh proyek gak pada brhenti di tengah jalan aja deh, walopun beda pemimpin kebijaknnya harus tetep jalan gitu.
terus ga ada proyek peremajaan Busway nih?

busway panas, sumpek, antri panjang, nunggu lama, desek2an

selama yang ada belom dirawat jangan harap yang baru bakal beres
Quote:Original Posted By bintangaddict
terus ga ada proyek peremajaan Busway nih?

busway panas, sumpek, antri panjang, nunggu lama, desek2an

selama yang ada belom dirawat jangan harap yang baru bakal beres


iye om, muales banget sekarang naek busway
kemaren nunggu ampe sejam, dulu ga sampe segitu loh
gak berlebihan ini proyeknya????
ngimpi kali ye si poke....ngatasi banjir dan macet aja kebingungan kog mau yang muluk2..benahi dulu yang di darat tuh...bus way sama mono rell nya.tapi nggak mungkin deh kan bentar lagi jadi mantan gubernur.tapi kalau master plan yang itu sih aku percaya sama calon yang satunya untuk mewujudkan..JAKARTA BUTUH PEMBAHARUAN...nggak butuh si kumis lagi
Tong kosong nyaring bunyinya
Quote:Original Posted By fendygo
Bagus sih banyak proyek infrastrukur di Jakarta. tapi MRT dananya guede amat yak 442 T, hampir setengah APBN RI tahun kemaren. Itu hasil mark up gak ya?

Asal tuh proyek gak pada brhenti di tengah jalan aja deh, walopun beda pemimpin kebijaknnya harus tetep jalan gitu.


Duit pendanaannya banyakan duit swasta kok...
benahin bussway aja gak becus
eh malah mau bikin yg macem2 dana gede

enak sih dana gede, cipratannya jg gede ya fok
kan yang penting proyek jalan dolo..
urusan perawatan dan juga kenyamanan belakangan..
indonesia gtu loh....ngadain proyek kgak kecipratan duit apa kata pejabat negeri ini...mreka2 ini jdi pejabat kan jga ngeluarin modal...otomatis buat balikin modal y ngorup donk sana sini..biarin duit drimana asalnya yg pnting perut gw kenyang
×