KASKUS

Talking Vespa Gembel Dilarang Masuk Surabaya (INFO GRESS)




Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Asep Akbar Hikmana mengatakan, vespa slank atau vespa gembel dilarang masuk Surabaya. Jika ada komunitas vespa gembel dari luar Surabaya, yang touring atau memasuki Surabaya, polisi tidak segan untuk melakukan tindakan.

”Tetap tidak boleh, vespa gembel dilarang masuk Surabaya, kami akan lakukan penertiban jika melihatnya,” kata Asep, Kamis (6/9/2012).

Namun, menurut Asep, tetap ada standarisasi tentang vespa gembel. Jika modifikasi dinilai membahayakan polisi akan melakukan penahanan. Tapi jika dinilai masih sesuai standart kendaraan roda dua, maka akan dilakukan teguran atau peringatan.

Menurut Asep, banyak ditemui vespa yang ukurannya sangat pendek dan tidak terlihat oleh kendaraan roda empat atau lebih. ”Kalau tidak terlihat terus ditabrak, bagaimana?” tambah Asep.

Karena itu, mantan Wakapolres Cimahi tersebut menyarankan, agar vespa-vespa gembel, dikembalikan seperti keadaan semula, jika masih ingin dikendarai. Saat ini, Satlantas telah menahan sekitar 20 vespa gembel. Bagi vespa yang ditahan, akan dibongkar dan dikembalikan ke pemiliknya.

Sejumlah penggemar vespa gembel memilih untuk tidak melalui jalan-jalan utama. ”Kalau sudah seperti itu, repot juga. Karena kami memodifikasi juga dengan tidak uang sedikit, lebih baik tidak lewat jalan umum saja,” kata Petrus Raynolds, ketua komunitas vespa Sakaw Surabaya.

Namun yang menjadi kendala, Surabaya sering menjadi tempat singgah bagi komunitas luar Surabaya, jika terdapat pertemuan atau hendak touring. Apalagi Oktober mendatang, akan ada jambore nasional komunitas vespa di Krian.

Sedikit fotonya :

Spoiler for Vespa Gembel:


Spoiler for Vespa Gembel:


Spoiler for Vespa Gembel:


Spoiler for Vespa Gembel:


Sedikit Info Apa itu Vespa "Gembel"

Pasti Anda pernah melihat segerombolan motor Vespa dengan gaya urakan yang terkesan tidak diurus oleh penggunanya. Itu adalah komunitas Vespa gembel yang memang dengan sengaja mendesain tunggangannya seperti itu adanya. Komunitas ini sudah tersebar luas di Jakarta dan sekitarnya dan terbagi dalam berbagai kelompok. Namun, meskipun berkelompok visi mereka tetaplah sama yaitu kebersamaan dan kekeluargaan.

Komunitas Scooterist sayap kiri di Ciledug. Lahir pada 1 September 2007 di Portal Ciledug, di rumah Bang Jago Timbul. Tujuan didirikannya komunitas ini adalah sebagai wadah hobby pada scooter Vespa di Ciledug Komunitas gembel ini biasanya berkumpul bareng setiap akhir perkan saja di Perumahan Puri Beta II, tepatnya di seberang Radio Mercy FM Ciledug, Tangerang.

"Kita hanya ada waktu weekend saja untuk kumpul-kumpul karena kami juga pekerja seperti lainnya," ucap Eko.

Komunitas Vespa gembel biasanya memodifikasi motormya dengan bermacam gaya, ada yang Classic, Sasis dan Chopper dan berbagai macam aliran modifikasi Vespa mereka lakoni. Tunggangan sengaja dibikin hancur dan urakan, bak tong sampah berjalan. Mulai dari CD, kaleng susu, dedaunan bahkan kepala kambing menghiasi motor Vespa komunitas ini. Anehnya lagi, tak ada istilah malu bagi komunitas ini.

Komentar dan Harapan : Maaf ya komunitas anda dilarang masuk daerah ane, kalau ane jadi KASATLANTAS ane juga bakal ngelarang kok,hi2..kalian mengkhawatirkan, semua "sayang" kalian pada intinya >>

sumber : LINK

Tambahan :

Quote:Original Posted By dr.sukmana
vespa2 tua mana ada "lampu signal" nya gan...
nih contohnya... vespa ane...
tambahan, lupa ama sumber tentang apa itu vespa gembel. ane copas dari kaskus juga kok sini >>> http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3578558

thanks ya agan : ri_q

Ya wajarlah

Ga ada lampu utama
Ga ada lampu rem
Ga ada lampu signal
Terlalu pendek sehingga tidak terlihat
Terlalu panjang sehingga sulit berbelok

Intinya....tidak layak jalan
ane pikir selain vespanya ditahan,mungkin juga perlu adanya pembinaan dan pencerahan mengenai kebersihan,hehe....

ya kan asap tidak akan ada bila tidak ada api,jadi menurut ane perlu jg dipelajari unsur penyebab api tersebut dan dikendalikan...

kalo ga salah...
tapi klo di poto satu2, kayak ada unsur seni 'menggembel' , seolah sebuah expresi tersendiri
agak diskriminatif sih klo dilarang

misal klo menggangu lalu lintas/menuhi lalu lintas. moge juga menggangu bagi saya
oke klo dr segi, mengganggu pandangan mata. mungkin ga boleh masuk jalan2 tertentu aja

dan juga kota yg tdk dpt adipura ga boleh melarang, krn harus benahin kota dulu
nah klu udah gini liahatlah watak asli orang indonesia

di kasih tau tambah ngeyel..

gk akan berubah, malah d ketawain polisi

tpi klu vespa gembel keclakaan, mungkin gk akan ada yg nolong.

peraturan kendaraan layak jalan cuma 20%. roda sama mesin,

lampu rem gk ada, ntar d tabrak nyalahin yg nbarak.

yang jadi pertanyaan ane : cara bikinnya gimana ya gan
wah repot juga ya klo ga bisa masuk surabaya..

diskriminasi..

moge juga mestinya ga boleh dunk..kan mreka sewa polisi buat konvoi, mentang2 sewa polisi ga kena lampu merah deh..

ah kacau..




kalo ini pasti boleh gannn
Quote:Original Posted By Lumineuses
Ya wajarlah

Ga ada lampu utama
Ga ada lampu rem
Ga ada lampu signal
Terlalu pendek sehingga tidak terlihat
Terlalu panjang sehingga sulit berbelok

Intinya....tidak layak jalan


Quote:Original Posted By suckshiit
nah klu udah gini liahatlah watak asli orang indonesia

di kasih tau tambah ngeyel..

gk akan berubah, malah d ketawain polisi

tpi klu vespa gembel keclakaan, mungkin gk akan ada yg nolong.

peraturan kendaraan layak jalan cuma 20%. roda sama mesin,

lampu rem gk ada, ntar d tabrak nyalahin yg nbarak.





vespa biasa (taun tua) juga gada sein kiri kanan depan belakang lho....
perasaan scooterist ga pernah ngawur d jalanan... meskipun gembel mereka ga pernah kebut2an, di kiri jalan, santai... anggap aja sepeda lewat....

ane sebagai penggemar Vespa dan asli Surabaya tutrut bersedih
gak ada yang salah dengan peraturannya kok,
memang membahayakan para pengguna lalu lintas lainnya
ceper banget, sedang para ibu ibu itu takut/trauma dengan yang seperti itu,
pernah saya liat ibu ibu naik motor dibelakang vespa gembel ndak berani nyalip,
kesan yang ditimbulkan adalah urakan..
ya itu resiko para penggemar vespa gembel
ane pernah lihat vespa gembel pada touring gan
nah bensin mereka kan bis
mereka masuk pom gan eh diusirin sama SATPAM pom nya
buset padahal muka mereka lecek2 gtu gan kasian ane liatnya
Pada mojokin pengguna scooter gembel yaa ...

Padahal dibanding pengguna motor roda 2 lainnya, pengguna vespa paling tau norma" dan adab di jalan raya ...
FYI, norma dan adab berlalu lintas jauh lebih berguna dalam safety riding dibandingkan peraturan lalin yg tertulis ...


Beda banget dengan klub motor, apalagi yg suka bawa bagasi sok moge padahal cc ga nyampe 200 ....
Quote:Original Posted By S-60
Pada mojokin pengguna scooter gembel yaa ...

Padahal dibanding pengguna motor roda 2 lainnya, pengguna vespa paling tau norma" dan adab di jalan raya ...
FYI, norma dan adab berlalu lintas jauh lebih berguna dalam safety riding dibandingkan peraturan lalin yg tertulis ...


Beda banget dengan klub motor, apalagi yg suka bawa bagasi sok moge padahal cc ga nyampe 200 ....


gak ada yang memojokkan,
norma norma dalam berkendara itu seperti apa?
Quote:Original Posted By S-60
Pada mojokin pengguna scooter gembel yaa ...

Padahal dibanding pengguna motor roda 2 lainnya, pengguna vespa paling tau norma" dan adab di jalan raya ...
FYI, norma dan adab berlalu lintas jauh lebih berguna dalam safety riding dibandingkan peraturan lalin yg tertulis ...


Beda banget dengan klub motor, apalagi yg suka bawa bagasi sok moge padahal cc ga nyampe 200 ....


mungkin kalau motornya sesuai dengan regulasi, lolos uji type, rasanya scooter gembel tidak dapat dilarang.
Quote:Original Posted By digicIII
mungkin kalau motornya sesuai dengan regulasi, lolos uji type, rasanya scooter gembel tidak dapat dilarang.


lo kira umur vespa yg seumuran lo lolos regulasi dan uji type masa kini?
hampir semua vespa, kecuali taun 90 ke atas ga punya lampu sign....


kalo emang vespa gembel dilarangg karena ga layak jalan atau menganggu karena ga safety, tindak juga dong moge wannabe yg bawa kotak2 itu... atau tindak dulu bus kota d surabaya yg mengenaskan itu
kalo tidak ditertibkan nanti banyak pengendara yang pada ikut2an melanggar dong nantinya. karena kendaraan motor [vespa gembel] yang tidak standar aja tidak ditangkap, berarti saya juga berhak tidak ditangkap kalo tidak pake spion lengkap, cat tidak sesuai stnk, plat nomor tidak ada dll
untung vespa ane mulus mengkilap kaya gini



jadi boleh dong keliling kota surabaya

=====================================
pernah ketemu anak vespa gembel di motornya nyantel celana dalam cewe,pas ane tanya katanya kenang2an mrawanin anak orang
Quote:Original Posted By mrjack


gak ada yang memojokkan,
norma norma dalam berkendara itu seperti apa?



Seperti penggunaan badan jalan sepatutnya motor, cara berkendara yg aman bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain(meskipun dari perlengkapan motor kurang memadai), gelar konvoy yang baik(modif ekstrem/gembel dilindungi/diletakkan di tengah konvoy), dsb ...

Jujur saja, ane lebih nyaman ngikut di belakang atau di tengah rombongan vespa(anak vespa terkenal ramahnya) meskipun ga punya vespa, dibanding membuntuti konvoy motor sok moge yg cenderung jadi raja jalanan ...
Quote:Original Posted By S-60
Pada mojokin pengguna scooter gembel yaa ...

Padahal dibanding pengguna motor roda 2 lainnya, pengguna vespa paling tau norma" dan adab di jalan raya ...
FYI, norma dan adab berlalu lintas jauh lebih berguna dalam safety riding dibandingkan peraturan lalin yg tertulis ...


Beda banget dengan klub motor, apalagi yg suka bawa bagasi sok moge padahal cc ga nyampe 200 ....


secara pribadi g salut kok sama pemilik vespa yg bisa memodif vespanya sampai sedemikian rupa. dan emang dimana2 yg bawa vespa itu jarang ugal2an di jalan g kaya pemilik bebek ato moge. :

tp berdasarkan pengalaman di jalan, banyak pemilik vespa gembel yg sama sekali tidak memiliki lampu, baik itu lampu utama, lampu penanda pojok sespannya (kalo dipasangin sespan), ato lampu mundur
so, bayangin sendiri aja kl lagi malem g kelihatan sama sekali apalagi kl vespanya dicat warna gelap gt. cm tahu ada vespa gembel dari suara knalpotnya doang
×