Kaskus

News

eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
Indofood, Produsen Mi Instan Terbesar
Indofood, Produsen Mi Instan Terbesar

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh alarhum Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1994 diubah menjadi Indofood.

Pada 1995, Indofood mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari, dan selanjutnya pada 1997 mengakuisisi 80 persen saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis serta distribusi.

Saat ini kendali Indofood dipegang oleh Anthoni Salim, putra sang pendiri taipan Sudono Salim atau lebih dikenal Liem Sioe Liong, pengusaha yang dikenal dekat dengan pemerintahan Orde Baru.

Pada saat krisis moneter 1998, bisnis Grup Salim jatuh. Anthoni juga harus menyerahkan sekitar 108 perusahaan kepada pemerintah guna membayar utang Rp52,7 triliun.

Namun, mesin uang "Indofood" tidak termasuk yang diserahkan ke Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Hanya sebagian kecil saham Indofood yang diserahkan ke lembaga penyehatan tersebut. Kendali tetap dipegang oleh Grup Salim, kendati saat itu Anthoni berada di balik layar.

Beberapa tahun pascakrisis, Grup Salim mulai unjuk gigi. Pada 2004, enam tahun setelah krisis, Anthoni kembali. Dia mengambilalih kembali tampuk kepemimpinan Indofood yang dipegang oleh Eva Riyanti Hutapea.

Sejak saat itu hingga sekarang, Anthoni menjabat sebagai Presiden Direktur dan Kepala Eksekutif Korporat (CEO) Indofood. Selain itu, Anthoni juga menjabat sebagai Presdir dan CEO Grup Salim.

Selanjutnya Indofood berkembang dengan menyepakati kesepakatan dengan perusahaan asal Swiss, Nestle S.A, untuk mendirikan perusahaan joint venture yang bergerak di bidang manufaktur, penjualan, pemasaran, dan distribusi produk kuliner di Indonesia maupun untuk ekspor di tahun 2005.

Kedua perusahaan sama-sama memiliki 50% saham di perusahaan yang diberi nama PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Baik ISM maupun Nestle percaya, mereka dapat bersaing secara lebih efektif di Indonesia melalui penggabungan kekuatan dalam bentuk perusahaan dan tim yang berdedikasi.

Dalam kerjasama ini, ISM memberikan lisensi penggunaan merek-mereknya untuk produk kuliner, seperti Indofood, Piring Lombok, dan lainnya kepada perusahaan baru ini. Sementara itu, Nestle memberikan lisensi penggunaan merek Maggi-nya.

Selanjutnya pada 2007, saham Grup Agribisnis milik Indofood mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Singapura dan pada 2008 mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd. yang memiliki secara efektif 68,57% saham di PT Indolakto, sebuah perusahaan dairy terkemuka.

Pada 2009, Indofood memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) dan pemekaran kegiatan usaha mi instan dan bumbu yang diikuti dengan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP), yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP.

Di 2010, Indofood menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan jumlah kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP dan melakukan Penawaran Saham Perdana yang dilanjutkan dengan pencatatan saham ICBP di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010.

Pada tahun lalu, PT Indofood Sukses Makmur Tbk membukukan laba bersih naik tipis 4,2% menjadi Rp3,08 triliun di akhir 2011. Sementara laba per saham sebesar Rp350.

Penjualan bersih konsolidasi sebesar Rp45,33 triliun per 31 Desember 2011. Angka ini naik 18% dari pendapatan tahun lalu yakni Rp38,4 triliun. Laba terhambat kenaikan bahan baku dan beban operasional.

"Pertumbuhan ekonomi domestik dan berbagai potensinya menciptakan situasi yang penuh peluang sekaligus menantang. Di tengah situasi pasar yang penuh tantangan, Indofood kembali berhasil meraih kinerja memuaskan di tahun 2011. Saya mengapresiasi kerja keras seluruh karyawan dan dukungan para pelanggan setia," ujar Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood Anthoni Salim.

Dalam beberapa dekade ini, PT Indofood Sukses Makmur Tbk telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.

Kini Indofood’s Distribusi Group memiliki jaringan paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut nusantara. Selain produk-produk Indofood sendiri, indofood juga mendistribusikan produk-produk ke pihak ketiga

Stock poin berlokasi di daerah-daerah dengan kepadatan tinggi gerai ritel, termasuk pasar tradisional, memungkinkan masing-masing titik saham untuk melayani wilayah geografis dekat ditetapkan dalam waktu sesingkat mungkin.

Dengan total tenaga kerja sekitar 62 ribu, Indofood percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan. Tak heran, produknya bisa dinikmati hingga Australia, Asia, dan Eropa. Selengkapnya... ciputra
abdurrahman19Avatar border
abdurrahman19 memberi reputasi
1
2K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan