eCiputra
TS
eCiputra
Belajar dari Lady Gaga


Kegiatan bisnis banyak mengajarkan kita tentang cara mengatasi tantangan-tantangan yang penuh risiko. Tapi perlu Anda ketahui bahwa belajar bisis tidak melulu harus melalui kegiatan bisnis itu sendiri. Belajar bisa dari mana saja! Bahkan, dunia hiburan pop pun punya banyak ilmu, terutama ilmu yang akan mengajarkan kita tentang pentingnya branding, target pasar, pemasaran.

Siapa yang tidak tahu Lady Gaga? Ikon budaya pop yang satu ini mendapat perhatian setelah berhasil mencatatkan namanya pada sejarah tangga lagu Amerika Serikat Billboard's Hot 100. Ia tenar dalam waktu singkat, hanya butuh dua tahun baginya untuk diakui sebagai ikon baru budaya pop. Kuncinya satu, pemanfaatan teknologi marketing via situs real-time.

Bagaimana ia melakukannya? Anda perlu tahu, bahwa kesuksesan bukanlah suatu hal yang terjadi secara kebetulan. Ia juga menerapkan ini, yaitu dengan bersenjatakan analisis yang cermat mengenai jenis bisnis, memahami dari target audiens.

Ia melakukannya dengan cara tampil aneh. Kita semua tahu bahwa banyak orang yang bisa main piano sambil bernyanyi. Kualitas itu bukanlah sesuatu
yang unik sekarang ini. Tapi ia menjualnya dengan memamerkan ciri khas, dan ia melakukannya dengan konsisten. Hasilnya, fans pun berdatangan.

Dia juga menggunakan fitur-fitur real-time di internet untuk menciptakan koneksi dengan para penggemarnya. Banyak marketer mengakui bahwa ini adalah cara cepat untuk mendongkrak angka penjualan. Di Twitter saja, Lady Gaga memiliki lebih dari 8 juta pengikut. Selain itu, semua video yang ia tayangkan di YouTube ditonton oleh puluhan juta orang, misalnya lagu "Bad Romance" yang ditonton 340 juta orang dalam waktu setahun.

Keberhasilannya dalam memanfaatkan sarana online membuatnya terpublikasi dengan baik pada khalayak. Untuk selanjutnya, reputasi tersebut perlu diatur dengan cara mengelola citranya di mata public. Ia pun terus berusaha memenuhi kebutuhan para audiens-nya.

Dengan demikian, pelajaran yang perlu dipetik dari Lady Gaga untuk Anda terapkan pada bisnis Anda sendiri yaitu:

1. Konsisten
Seperti halnya Lady Gaga yang suka berubah-ubah penampilan, bisnis Anda pun juga boleh tampil dengan wajah yang berbeda-beda supaya tidak membosankan. Hanya saja satu kuncinya, pastikan kesan dan nilai inti dari pesan Anda tetap sama, agar konsumen Anda juga dapat memegang poin inti dan brand image yang sama dari bisnis Anda.

2. Inovatif
Gunakan teknologi internet yang terbaru dan terefektif. Cara marketing seperti ini tentu tidak mahal, Anda hanya perlu koneksi internet dan aplikasi-aplikasi standar untuk melakukannya. Namun Anda dapat melihat, bahwa internet marketing memang sangat efektif dalam menjangkau pelanggan Anda.

3. Menarik
Lady Gaga men-tweet kegiatan atau produk barunya. Kalimat di Twitter memang pendek-pendek dan berpotensi menyesatkan. Kalimat pendek memang merupakan ciri khas bahasa marketing. Anda dapat mengiklankan produk Anda dengan kalimat yang pendek namun menarik dan bombastis. Dan Anda perlu lihat, Lady Gaga senantiasa berhati-hati dalam menyampaikan informasi ketika diwawancarai. Kedua hal itu ia lakukan untuk menjual sekaligus menjaga brand-image yang ia punya.

Selengkapnya: ciputra
0
751
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan