Makan Buah Sebelum Makan Apa Sesudah Makan?

Sebelumnya ane cek dulu gan.................
Spoiler for Bukti No Repost:


Spoiler for Buah:


Biasanyakan BUAH-BUAHAN dimakan sesudah makan buat pencuci mulut Gan, nah di thread ini ane mau share lebih baik mana, buah dimakan sebelum apa sesudah makan??
Quote:Buah itu pencuci mulut atau makanan pembuka? Bagi banyak orang di Indonesia, buah kerap diposisikan sebagai pencuci mulut yang disantap setelah mengonsumsi hidangan utama atau makan berat. Padahal, jauh lebih baik jika buah dikonsumsi sebelumnya.

Pada prinsipnya memang, kata ahli gizi Christine Natalie, buah hanyalah pelengkap dalam menu makanan. Mau disantap sebelum atau sesudah, buah tetap memberikan manfaat bagi kesehatan.

“Kalau dikonsumsinya setelah makan (utama), sebenarnya baik juga. Sebab kandungan air dalam buah dapat membersihkan alat pencernaan, mulai dari mulut, tenggorokan, hingga usus,” ujarnya.

Kendati demikian, Christine mengingatkan, jika setelah makan jadi pilihan waktu untuk mengonsumsi buah-buahan, tentu tidak bisa segera dilakukan. Sebab momentum yang baik adalah tiga jam setelah santapan utama tuntas masuk perut.

Hal ini dilakukan dengan tujuan mengosongkan lambung telebih dahulu. Selain itu, agar makanan yang sudah masuk bisa dicerna dengan sempurna, karena fungsi buah saat itu adalah pembersih alat pencernaan.

Yang berkembang di Indonesia, diakui Christine, memang menempatkan buah sebagai pencuci mulut. Banyak orang justru mengonsumsi buah setelah makan besar. Bagaimana hal itu bisa terjadi? “Sebenarnya hanya pemikiran orang-orang dulu,” ujarnya.

Selain itu, posisi buah juga “ditasbihkah” untuk dikonsumsi setelah makan, karena dalam menu pun diposisikan seperti itu juga. Mengenai sebutannya sebagai pencuci mulut, Christine menuturkan, ‘stempel’ itu melekat lantaran kandungan air dalam buah cukup tinggi.

Namun dia mengakui, walaupun dikonsumsi sesudah makan, buah yang masuk tidak akan memberikan pengaruh negatif apa pun. Kecuali, tentu saja membuat tambah kenyang.

Dia menyarankan sebaiknya buah dikonsumsi sebelum makan utama, bukan sesudahnya. Alasannya, kandungan zat gizi dalam buah dapat lebih banyak terserap oleh tubuh secara maksimal. “Ini juga bagus bagi orang yang sedang melakukan diet,” ungkapnya.

Christine menambahkan, jika dikonsumsi pada pagi hari, hasilnya pun akan sangat baik, yakni mampu meningkatkan kadar gula darah. Jadi, beberapa saat setelah bangun tidur, menjadi waktu yang sangat baik untuk mengonsumsi buah. “Sebab saat itu lambung masih dalam keadaan kosong,” ujar Christine, memberikan alasan.

Bagi dia, semua buah bisa dikonsumsi dan memberikan pengaruh baik bagi kesehatan. Tidak ada pantangan waktu, kapan saja bisa dikonsumsi.

Christine hanya mengingatkan porsi buah yang dikonsumsi. Kalau mau komplit, setiap hari buah yang dikonsumsi sebaiknya terdiri dari lima jenis. Setiap satu macam, cukup 100 gram.

“Tunggu 15 menit, setelah itu kita sudah bisa konsumsi menu utama (makan besar),” terangnya.


SUMBER

INI THREAD KEDUA ANE, JADI KALO KURANG BAGUS MAAF YA GAN
SEKIAN DARI THREAD ANE GAN MUDAH-MUDAHAN BISA TAMBAH PENGETAHUAN
KALAU BEKENAN BISA KASIH
KASKUSER TAMBAH PENGETAHUAN ANE TAMBAH
(KALAU BOLEH GAN)
TERIMA KASIH UDAH DATANG KASKUSER


Thread Ane yang lain gan
Quote:Pencuci Ginjal Alami
Kalo ane sesudah makan makanan utama gan, biar ga kekenyangan pas makan makanan utama


PERTAMAX !!!
Sebelum makan Gan...
Quote:Original Posted By nicosinggih
PERTAMAX !!!


Cepet amat Gan................
gak mesti sih gan..
kadang makan buah aja tanpa makan
Nice share gan, info yg bermanfaat buat kesehatan.
keep posting...
ane gak suka buah
mo sebelum ato sesudah yg penting sehat..
Quote:Original Posted By aeroholicz
gak mesti sih gan..
kadang makan buah aja tanpa makan

Wedew apa ngga laper Gan..........

Quote:Original Posted By JoelJr
Nice share gan, info yg bermanfaat buat kesehatan.
keep posting...


Thanks ya Gan.......

Quote:Original Posted By undominate
ane gak suka buah


Waduh, ati-ati Gan, ntar kurang vitamin loh

Quote:Original Posted By Asisteen
mo sebelum ato sesudah yg penting sehat..


Setubuh Gan , tapi kalo mau lebih sehat boleh coba gan tips diatas....

biasanya sore gan ane makan buah..

keseringan sih pepaya, buat pencernaan bagus
setelah makan klo ane gan, krn d jus buahnya
kalo ane sebelum makan gan makan buah dulu
hehe
kalau ane makannya sesudah makan gan
biar kenyang dulu makan hidangan utama
kalo ane ya makan dulu baru makan buah gan..wkwkwkw
hai ts, apa kabar cin... ijin baca yaah
Quote:Original Posted By Arjuna_7
biasanya sore gan ane makan buah..

keseringan sih pepaya, buat pencernaan bagus

Sama gan dengan Anee................
Quote:Original Posted By erjeel
setelah makan klo ane gan, krn d jus buahnya

Wih rajin ente Gan pake di jus, ane pengen sih tp blom punya alatnya
Quote:Original Posted By The.Dark.Night
hai ts, apa kabar cin... ijin baca yaah

Heis......., baik Gan............., thanks ya dah mampir..........
Sebelum nakam: Gan
waduh gan gw kebiasaan makan buah setiap abis makan eh
Kalo untuk diit, sebaiknya sebelum makan.

Setelah kenyang makan buah, nafsu makan menu utama berkurang.
wah gw malah makannya sesusah makan nasi

salah dong