- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
12 Misteri Terbang dengan Pesawat Diungkap!


TS
OmotomO
12 Misteri Terbang dengan Pesawat Diungkap!
Udah sering naik pesawat ? atau belum pernah ? Hal2 dibawah ini menrik juga untuk di ketahui 
Posisi tempat duduk teraman di pesawat
TIPS SUPAYA NGGAK MABUK UDARA GAN --- Liat Post # 7
ini ada lagi dari web yg berbeda ttg % keselamatan saat terjadinya kecelakaan

biasakan budaya komen,
dan 
Tengkiuuuu
atas semua komennya
TOILET PESAWAT LIAT DISINI GAN
buat agan2 dibawah yg belom pernah naek pesawat, ane doain dapet rejeki dan bisa jalan2 naek pesawat


Quote:
Mungkin penumpang pesawat pernah bertanya-tanya, kenapa lampu sabuk pengaman menyala padahal tidak ada apa-apa. Atau, kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13. Semua misteri itu diungkap!
Situs Skyscanner bersama News Australia menelusuri mitos dan misteri penerbangan dengan pesawat dan mengungkapkan faktanya. detikTravel, Selasa (4/9/2012) menghimpun beberapa yang menarik untuk Anda:
1. Apa benar sinyal ponsel bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?
Hal ini masih terus diperdebatkan. Para ahli mengatakan ponsel punya gelombang elektromagnetik yang mengganggu peralatan elektronik pesawat, walaupun beberapa kali hal itu dibantah. Untuk berjaga-jaga, pihak maskapai memilih agar para penumpang mematikan perangkat elektronik.
2. Bangku pesawat mana yang paling aman?
Ini sungguhan, ternyata memang ada bangku pesawat yang membuat penumpang lebih aman. Otoritas penerbangan AS dan University of Greenwich mewawancara 2.000 korban selamat dari 105 kecelakaan pesawat.
Kursi paling aman untuk penumpang adalah yang paling dekat pintu darurat, kemudian 5 baris sebelum dan sesudah pintu darurat. Penumpang yang duduk di depan pesawat punya 65 persen kesempatan untuk selamat, sedangkan mereka yang duduk di belakang pesawat hanya punya 53 persen kesempatan. Catat!
3. Kenapa makanan yang sama, rasanya beda kalau dimakan di pesawat?
Anda tidak salah, makanan rasanya beda kalau dimakan di dalam penerbangan. Udara kering di kabin mempengaruhi hidung dalam mengendus aroma makanan. Tekanan udara di kabin mengurangi sepertiga kemampuan lidah merasakan kelezatan makanan. Biasanya maskapai memang menambah garam dan bumbu untuk makanan di pesawat.
4. Amankah minum air di pesawat?
Tes dari US Environmental Protection Agency pada 2009 menunjukan 1 dari 7 pesawat air minumnya kurang bersih. Ada bakteri seperi E. coli yang bisa muncul. Pastikan Anda melihat pramugari menuangkan air minum dari kemasan air mineral, bukan dari air minum yang ada dari tanki cadangan pesawat.
5. Apakah di pesawat bisa lebih cepat mabuk?
Tidak benar. Dr Bhushan Kapur dari Fakultas Kedokteran University of Toronto, mengatakan tingkat alkohol dalam darah penumpang pesawat tidak meningkat selama penerbangan. Lantas kenapa penumpang yang minum alkohol di pesawat merasa cepat mabuk? Itu adalah hypoxia, kekurangan oksigen karena pengaruh berada di ketinggian dan kabin bertekanan rendah.
6. Apa yang terjadi dengan tinja dan urine di pesawat?
Pesawat tidak boleh membuang isi septik tank saat penerbangan, tapi kebocoran bisa terjadi. Pernah ada kasus 'blue ice' (kotoran yang membeku setelah tercampur dengan disinfektan) yang jatuh dan menimpa atap rumah di Inggris. 'Blue ice' itu ternyata berisi urine penumpang pesawat.
7. Kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13?
Beberapa maskapai membuang bangku nomor 13 bukan percaya takhayul, tapi justru agar penumpang yang percaya takhayul tidak ketakutan. Maskapai yang melakukan ini adalah Air France, Emirates, Continental Airlines, Lufthansa dan Ryanair. Lufthansa juga meniadakan bangku nomor 17 karena diangap sial oleh penumpang Italia dan Brazil.
8. Kalau pesawat bebas rokok, kenapa ada asbak di toilet?
Penerbangan pesawat bebas asap rokok sudah berjalan 15 tahun, tapi semua pesawat harus punya asbak sebagai bagian dari keamanan penerbangan. Ini gara-gara puntung rokok menyebabkan kecelakaan pesawat pada 1973, sehingga aturan asbak ini dibuat untuk jaga-jaga ada penumpang yang nekat merokok dalam penerbangan.
9. Apa pramugari harus punya berat badan tertentu?
Bukan berat badan, pramugari itu harus bertubuh proporsional antara berat dan tinggi badan, bisa duduk di bangku cadangan dan muat di jendela emergency exit. Tinggi badan mereka 160-185 cm.
10. Pilot pergi ke toilet tidak?
Inilah sebabnya lampu sabuk pengaman menyala tanpa alasan apa-apa. Itu bukan turbulens. Bisa jadi itu karena pilot pergi sebentar ke toilet. Co-pilot yang menjaga penerbangan sampai rekannya kembali.
11. Apakah petir bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?
Sejak 1967 tidak ada kasus kecelakaan pesawat akibat petir. Pesawat masa kini harus lolos ujian petir. Kalau tersambar petir, alumunium di badan pesawat akan menghantarkan listrik ke bagian ekor dan dibuang di sana.
12. Apakah masker pesawat membuat teler?
Tidak. Masker pesawat diberikan saat tekanan kabin tiba-tiba drop. Saat menghirup oksigen dari masker, beberapa penumpang sebelumnya sudah kehilangan oksigen, sehingga merasa teler.
Sumber : [url]http://travel.detik..com/read/2012/09/04/071832/2007035/1382/12-misteri-terbang-dengan-pesawat-diungkap?991104topnews
[/url]Situs Skyscanner bersama News Australia menelusuri mitos dan misteri penerbangan dengan pesawat dan mengungkapkan faktanya. detikTravel, Selasa (4/9/2012) menghimpun beberapa yang menarik untuk Anda:
1. Apa benar sinyal ponsel bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?
Hal ini masih terus diperdebatkan. Para ahli mengatakan ponsel punya gelombang elektromagnetik yang mengganggu peralatan elektronik pesawat, walaupun beberapa kali hal itu dibantah. Untuk berjaga-jaga, pihak maskapai memilih agar para penumpang mematikan perangkat elektronik.
2. Bangku pesawat mana yang paling aman?
Ini sungguhan, ternyata memang ada bangku pesawat yang membuat penumpang lebih aman. Otoritas penerbangan AS dan University of Greenwich mewawancara 2.000 korban selamat dari 105 kecelakaan pesawat.
Kursi paling aman untuk penumpang adalah yang paling dekat pintu darurat, kemudian 5 baris sebelum dan sesudah pintu darurat. Penumpang yang duduk di depan pesawat punya 65 persen kesempatan untuk selamat, sedangkan mereka yang duduk di belakang pesawat hanya punya 53 persen kesempatan. Catat!
3. Kenapa makanan yang sama, rasanya beda kalau dimakan di pesawat?
Anda tidak salah, makanan rasanya beda kalau dimakan di dalam penerbangan. Udara kering di kabin mempengaruhi hidung dalam mengendus aroma makanan. Tekanan udara di kabin mengurangi sepertiga kemampuan lidah merasakan kelezatan makanan. Biasanya maskapai memang menambah garam dan bumbu untuk makanan di pesawat.
4. Amankah minum air di pesawat?
Tes dari US Environmental Protection Agency pada 2009 menunjukan 1 dari 7 pesawat air minumnya kurang bersih. Ada bakteri seperi E. coli yang bisa muncul. Pastikan Anda melihat pramugari menuangkan air minum dari kemasan air mineral, bukan dari air minum yang ada dari tanki cadangan pesawat.
5. Apakah di pesawat bisa lebih cepat mabuk?
Tidak benar. Dr Bhushan Kapur dari Fakultas Kedokteran University of Toronto, mengatakan tingkat alkohol dalam darah penumpang pesawat tidak meningkat selama penerbangan. Lantas kenapa penumpang yang minum alkohol di pesawat merasa cepat mabuk? Itu adalah hypoxia, kekurangan oksigen karena pengaruh berada di ketinggian dan kabin bertekanan rendah.
6. Apa yang terjadi dengan tinja dan urine di pesawat?
Pesawat tidak boleh membuang isi septik tank saat penerbangan, tapi kebocoran bisa terjadi. Pernah ada kasus 'blue ice' (kotoran yang membeku setelah tercampur dengan disinfektan) yang jatuh dan menimpa atap rumah di Inggris. 'Blue ice' itu ternyata berisi urine penumpang pesawat.
7. Kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13?
Beberapa maskapai membuang bangku nomor 13 bukan percaya takhayul, tapi justru agar penumpang yang percaya takhayul tidak ketakutan. Maskapai yang melakukan ini adalah Air France, Emirates, Continental Airlines, Lufthansa dan Ryanair. Lufthansa juga meniadakan bangku nomor 17 karena diangap sial oleh penumpang Italia dan Brazil.
8. Kalau pesawat bebas rokok, kenapa ada asbak di toilet?
Penerbangan pesawat bebas asap rokok sudah berjalan 15 tahun, tapi semua pesawat harus punya asbak sebagai bagian dari keamanan penerbangan. Ini gara-gara puntung rokok menyebabkan kecelakaan pesawat pada 1973, sehingga aturan asbak ini dibuat untuk jaga-jaga ada penumpang yang nekat merokok dalam penerbangan.
9. Apa pramugari harus punya berat badan tertentu?
Bukan berat badan, pramugari itu harus bertubuh proporsional antara berat dan tinggi badan, bisa duduk di bangku cadangan dan muat di jendela emergency exit. Tinggi badan mereka 160-185 cm.
10. Pilot pergi ke toilet tidak?
Inilah sebabnya lampu sabuk pengaman menyala tanpa alasan apa-apa. Itu bukan turbulens. Bisa jadi itu karena pilot pergi sebentar ke toilet. Co-pilot yang menjaga penerbangan sampai rekannya kembali.
11. Apakah petir bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?
Sejak 1967 tidak ada kasus kecelakaan pesawat akibat petir. Pesawat masa kini harus lolos ujian petir. Kalau tersambar petir, alumunium di badan pesawat akan menghantarkan listrik ke bagian ekor dan dibuang di sana.
12. Apakah masker pesawat membuat teler?
Tidak. Masker pesawat diberikan saat tekanan kabin tiba-tiba drop. Saat menghirup oksigen dari masker, beberapa penumpang sebelumnya sudah kehilangan oksigen, sehingga merasa teler.
Sumber : [url]http://travel.detik..com/read/2012/09/04/071832/2007035/1382/12-misteri-terbang-dengan-pesawat-diungkap?991104topnews
Posisi tempat duduk teraman di pesawat
Quote:
Posisi tempat duduk teraman di pesawat- Bagi anda yang memang sering bepergian jauh dengan menggunakan alat transportasi udara lebih tepatnya naik pesawat terbang, ada baiknya anda menyimak informasi yang sangat bermanfaat untuk lebih mengetahui lebih dalam lagi terkait posisi tempat duduk yang paling aman ketika berada dalam pesawat terbang. Seperti apa informasinya ? silahkan anda simak informasi menarik lainnya dari SituSaja
Kecelakaan merupakan sebuah takdir yang tak dapat kita elakkan. Bagaimanapun kita sudah berusaha, dengan mengerahkan segala daya upaya, tetapi bila Tuhan mengatakan lain, maka kita sebagai hambanya yang lemah, sangat tidak berdaya. Demikian halnya dengan kecelakaan. Hal ini dapat menimpa siapa saja, dimana saja, bahkan tanpa kita sadari. Salah satunya adalah kecelakaan pesawat terbang.
Mungkin Anda masih ingat, kecelakan pada pesawat Adam Air Penerbangan KI-574 jurusan Surabaya-Manado, yang sebelum transit di Surabaya berasal dari Jakarta, yang hilang dalam penerbangan. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 96 penumpang dan 6 awak pesawat dan merupakan jumlah korban tewas terbesar dalam sejarah Boeing 737-400. Penyebab kecelakaan seperti yang diumumkan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu navigasi Inertial Reference System (IRS) dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.
Ketika kita berpikir tentang kecelakaan pesawat, yang kita pikirkan hanyalah sebuah bencana, sebuah pesawat jatuh dari langit. Namun sebagian besar dari kecelakaan yang melibatkan pesawat juga melibatkan kemungkinan yang lain: selamat. Kecelakaan pesawat terbang dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya pendaratan keras, lepas landas yang buruk, tabrakan di landasan pacu, kehilangan kontrol, kerusakan mesin dan penyebab lainnya.
Tetapi tahukan Anda bahwa dalam kecelakaan fatal pada pesawat terbang, 56 persen penumpangnya dapat survive. Dari penelitian yang dilakukan terhadap kecelakan dan keselamatan penerbangan, diperoleh fakta bahwa hal tersebut tergantung pada di mana Anda duduk. Mengapa? Karena kebanyakan orang yang meninggal dalam kecelakaan tidak tewas oleh karena dampak kecelakaan; bukan juga karena menghirup asap beracun segera segera setelah terjadinya kecelakaan. Lantas apa penyebabnya?
Dua faktor penyebab selamat adalah terhindar dari dampak serius kecelakaan, dan dapat keluar cepat dari pesawat. Jadi, duduk di tengah pesawat bukan taruhan yang sangat baik, karena pada banyak pesawat, itu berarti Anda sedang duduk di atas tangki bahan bakar. Dan jika tank mengalami retak atau bocor, maka bahan bakar dapat menguap dan dengan cepat meledak.
Sebuah pedoman umum yang dipercaya mengatakan bahwa, kesempatan Anda untuk selamat lebih besar, jika Anda duduk dekat pintu darurat di dekat bagian belakang pesawat. Ada dua alasan mengapa? Pertama, duduk di dekat pintu darurat berarti Anda bisa keluar lebih cepat, tanpa harus memanjat siapa pun. Kedua, berada di belakang pesawat menempatkan Anda paling jauh dari mesin pesawat. Percayalah, belum ada data statistik yang mengkonfirmasi bahwa posisi suatu kursi lebih aman daripada yang lain, jadi rekomendasi ini lebih didasarkan pada analisis dan pengalaman pribadi.
MSB kutip dari The MensHealt, Januari 2010 mengatakan, Setiap pesawat memiliki desain dan karakteristik yang berbeda, tentu saja, tapi beberapa kursi memiliki posisi yang jelas lebih aman (dan dalam banyak kasus, lebih nyaman).
Kecelakaan merupakan sebuah takdir yang tak dapat kita elakkan. Bagaimanapun kita sudah berusaha, dengan mengerahkan segala daya upaya, tetapi bila Tuhan mengatakan lain, maka kita sebagai hambanya yang lemah, sangat tidak berdaya. Demikian halnya dengan kecelakaan. Hal ini dapat menimpa siapa saja, dimana saja, bahkan tanpa kita sadari. Salah satunya adalah kecelakaan pesawat terbang.
Mungkin Anda masih ingat, kecelakan pada pesawat Adam Air Penerbangan KI-574 jurusan Surabaya-Manado, yang sebelum transit di Surabaya berasal dari Jakarta, yang hilang dalam penerbangan. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 96 penumpang dan 6 awak pesawat dan merupakan jumlah korban tewas terbesar dalam sejarah Boeing 737-400. Penyebab kecelakaan seperti yang diumumkan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu navigasi Inertial Reference System (IRS) dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.
Ketika kita berpikir tentang kecelakaan pesawat, yang kita pikirkan hanyalah sebuah bencana, sebuah pesawat jatuh dari langit. Namun sebagian besar dari kecelakaan yang melibatkan pesawat juga melibatkan kemungkinan yang lain: selamat. Kecelakaan pesawat terbang dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya pendaratan keras, lepas landas yang buruk, tabrakan di landasan pacu, kehilangan kontrol, kerusakan mesin dan penyebab lainnya.
Tetapi tahukan Anda bahwa dalam kecelakaan fatal pada pesawat terbang, 56 persen penumpangnya dapat survive. Dari penelitian yang dilakukan terhadap kecelakan dan keselamatan penerbangan, diperoleh fakta bahwa hal tersebut tergantung pada di mana Anda duduk. Mengapa? Karena kebanyakan orang yang meninggal dalam kecelakaan tidak tewas oleh karena dampak kecelakaan; bukan juga karena menghirup asap beracun segera segera setelah terjadinya kecelakaan. Lantas apa penyebabnya?
Dua faktor penyebab selamat adalah terhindar dari dampak serius kecelakaan, dan dapat keluar cepat dari pesawat. Jadi, duduk di tengah pesawat bukan taruhan yang sangat baik, karena pada banyak pesawat, itu berarti Anda sedang duduk di atas tangki bahan bakar. Dan jika tank mengalami retak atau bocor, maka bahan bakar dapat menguap dan dengan cepat meledak.
Sebuah pedoman umum yang dipercaya mengatakan bahwa, kesempatan Anda untuk selamat lebih besar, jika Anda duduk dekat pintu darurat di dekat bagian belakang pesawat. Ada dua alasan mengapa? Pertama, duduk di dekat pintu darurat berarti Anda bisa keluar lebih cepat, tanpa harus memanjat siapa pun. Kedua, berada di belakang pesawat menempatkan Anda paling jauh dari mesin pesawat. Percayalah, belum ada data statistik yang mengkonfirmasi bahwa posisi suatu kursi lebih aman daripada yang lain, jadi rekomendasi ini lebih didasarkan pada analisis dan pengalaman pribadi.
MSB kutip dari The MensHealt, Januari 2010 mengatakan, Setiap pesawat memiliki desain dan karakteristik yang berbeda, tentu saja, tapi beberapa kursi memiliki posisi yang jelas lebih aman (dan dalam banyak kasus, lebih nyaman).
TIPS SUPAYA NGGAK MABUK UDARA GAN --- Liat Post # 7
ini ada lagi dari web yg berbeda ttg % keselamatan saat terjadinya kecelakaan

biasakan budaya komen,


Tengkiuuuu

TOILET PESAWAT LIAT DISINI GAN

buat agan2 dibawah yg belom pernah naek pesawat, ane doain dapet rejeki dan bisa jalan2 naek pesawat

Spoiler for banyak rejeki:
Quote:
Original Posted By todzzz►ane belum pernah naik pesawat 
tapi kalo maskapai indonesia kursi 13 diilangin gak

tapi kalo maskapai indonesia kursi 13 diilangin gak

Quote:
Original Posted By lidyapickup►ane baru tau gan... walaupun ane belum pernah naik pesawat tapi informasinya bagus kalo2 nanti ane naik pesawat terbang... amien... hehehe...
Quote:
Original Posted By toserbajkt►nice info gan, tapi sayang ane belom pernah naik pesawat....
Quote:
Quote:


nona212 memberi reputasi
1
12.5K
Kutip
130
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan