KASKUS

( Mainan Ajaib ) Kapal Klotok yang Mendunia, Mainan Lintas Generasi

Sebelumnya ane ucapin Thanks, Buat agan2 yang sudi mampir di trit ane yang cupu ini..

100 %

Masih Ingatkah agan dengan mainan yang Satu Ini? Ato jangan-jangan sudah banyak yang lupa ni?
Yup mengulang masa kecil dulu yang ane sendiri sering main dengan mainan yang satu ini, Namanya Kapal Klotok-Klotok, kenapa disebut kapal klotok?
karena mainan ini kalau Pas dimainin Bunyinya Klotok-Klotok...

Cara kerja mainan ini menggunakan Api dan Tekanan air sebagai penggeraknya, Jadi Didalam kapal Itu ada semacam Wadah Air ( semacam Kotak Kecil dari seng ) dan Pipa Dibelakangnya, jadi kalau mau menjalankan kapal ini tinggal taruh Apinya dibawah Wadah airnya ( didalam kapal ), maka api tersebut akan memanaskan Air yang ada didalam wadah,

Prinsipnya kerjanya hampir mirip dengan mesin uap, Canggih ya gan

Awalnya ane Teringet mainan ini pas Jalan-jalan ke pasar Ama Bini Ane di Pasar Besar Malang, terus liat ada yang jualan mainan ini..
Terus ane beli 1 deh buat anak ane. ( aslinya Ane juga pengen main juga gan )

Yang bikin ane kagum , Masih ada juga ya mainan jadul kayak ini, dimana Sekarang Jamannya mainan anak yang serba digital

Ane sendiri sekarang usia 31 th, n pas masih mainan ini kira2 umur 10 tahunan,...n yang bikin ane kaget pas anak ane main dirumah ada tetangga ane yang umurnya udah 60 tahun, bilang gini...Wah Ini Mainan saya pas masih Kecil ni

Bayangin gan udah Berapa puluh tahun mainan ini Bisa Bertahan

Info tambahan dari Agan :
Quote:Original Posted By n0str4d
Maenan ane juga nih gan. n ternyata gak cuman di Indonesia aja loh, nama internationalnya " POP POP BOAT "
sumber wiki di masing2 negara punya nama sendiri2 gan, macam; Can-Can-boot, Knatterboot, toc-toc, Puf-Puf boat, Poof Poof craft, Phut-Phut, or Pouet-Pouet.

bahkan patentnya ada yg dr th1891 (wuih tua juga yah). hebat juga masih ada ampe sekarang, yg bawa ke indonesia kira2 siapa yah? yg pasti bukan ane


iya gan ternyata mainan ini dinegara lain juga ada

CARA KERJA MESINNYA GAN

Spoiler for cara kerja mesin kapal:


PENAMPAKAN KAPAL KLOTOK DI NEGARA LAIN
Spoiler for penampakan:



PENAMPAKAN DI INDONESIA
Spoiler for Kapal Klotok 1:

Spoiler for Kapal Klotok 2:

Spoiler for Kapal Klotok Punya Anak ane:




***Thanks Buat agan yang Ngasih abu-abunya
wkkowkokwwowo.. maenan ane waktu jaman sd nih gan

pake minyak kelapa kalo ga salah ya
Quote:Original Posted By R3DVIPER
wkkowkokwwowo.. maenan ane waktu jaman sd nih gan

pake minyak kelapa kalo ga salah ya


iya gan pake minyak kelapa,ato spirtus sumbunya pake kapas
dulu perasaan ngga ada muke prajuritnya yg skrg ada ya
maenan jadul nih
kapalnya ga bisa belok jadi muter" dipinggir baskom
Maenan ane kecil gan, tapi di buat dari kertas buku tulis
Sory Dobel KK [OP]
Quote:Original Posted By kakipanda
dulu perasaan ngga ada muke prajuritnya yg skrg ada ya

Dulu prajuritnya didalem kapal gan , sekarng dah berani nongol diatas
ini kalo nyalain pake kertas yang udah dikasih minyak gas terus dimasukin ke kapl-kapalnnya kan gan

ane pas SD dulu punya tapi terus kecemplung di sumur
di sidoarjo masih banyak gan

ane dulu punyae pas beli di sekaten jogja gan,
biasanya pas sekaten ada yg jualan tu perahu.
Quote:Original Posted By DM.CINTADAMAI
ini kalo nyalain pake kertas yang udah dikasih minyak gas terus dimasukin ke kapl-kapalnnya kan gan

ane pas SD dulu punya tapi terus kecemplung di sumur
di sidoarjo masih banyak gan



untung bukan agan yang nyemplung sumur
mainan ane jaman Tk ama SD tu
maenan jadul nih
aaahh... mainan yg belom sempet ane coba gan.... T_T ane gk di beliin jaman dlu... katanya takud kebakar ke ane gan.. T_T

n takud ke balik tuh kapal

Quote:Original Posted By masmomon
ane dulu punyae pas beli di sekaten jogja gan,
biasanya pas sekaten ada yg jualan tu perahu.

bener gan.
sekarang nyarinya susah di tempat jualan mainan, semuanya mainan import

Smile 

adek ane juga masih suka maen ini gan


Maaf gan skalian promosi
Buat Agan ataupun Aganwati disini yang memiliki masalah dengan berat badan
pengen kurus sih tapi kejepit waktu gabisa olahraga ?
pengen kurus tapi takut dan malas minum obat diet dengan banyak pantangan ?
ane punya solusinya
Ayo agan sekedar tanya" aja gapapa kok gan itung" nambah temen, btul ??
add bb : 2852206F
sms : 0898--895--2921
Bunyi nya gan yg khas bgd kalo inget mainan ini
ane masih punya satu tuh gan....

nyokap ane beliin buat ponakan ane....

berhubung ada besi besi tajemnya...jadi di pajang aja di dalam buffet...

ngeri kena tangan ponakan ane gan...
ane prnh smp nangis dipasar karena minta di beliin maenan kapal-kapalan ini sm ibu ane, kangen waktu kecil selalu ceria tanpa harus memikirkan mslh..
jdi inget mainan waktu ane SD gan