KASKUS

Kapal PLTD Apung, Wisata Tsunami Aceh


Monumen Kapal PLTD Apung Memiliki Luas Lahan : ± 2 Ha, berlokasi di Desa Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Monumen ini di miliki oleh Pemerintah Kota Banda Aceh, di Peruntukan untuk kawasan wisata.

Kapal PLTD Apung ini terdampar ke darat sejauh 5 km dari tempatnya berlabuh di laut Ulee Lheue Banda Aceh saat kejadian tsunami beberapa tahun lalu. Kapal dengan bobot 2.600 ton ini dahulunya digunakan untuk mensupply arus listrik kepada masyarakat di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, ketika Aceh dilanda konflik yang mengakibatkan sering terganggunya pasokan listrik ke pelanggan.

Di sebelah kiri PLTD Apung ini sekarang telah selesai dibangun Monumen Edukasi Tsunami yang berisi catatan sejarah dan foto-foto tentang Tsunami. Saat ini Pemerintah setempat menjadikan kapal tersebut sebagai monument peringatan bencana tsunami yang pernah meluluhlantakkan sebagian besar pemukiman penduduk. Pembangunan Monumen ini belum selesai,Pemerintah baru membebaskan tanah warga disekitar untuk mendukung pembangunan lokasi wisata tersebut. Kapal PLTD Apung ini sekarang telah menjadi objek wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara dan domestik. Potensi kawasan wisata PLTD Apung mempunyai peluang besar menjadi kawasan wisata yang berbasis masyarakat lokal dalam pengelolaannya. Untuk saat ini kawasan wisata PLTD Apung dikelola oleh pemuda setempat secara mandiri tanpa bantuan dinas terkait.
salut dah dikelola ama pemudanya
ini objek wisata yang termasuk traumatik klo menurut ane... makanya pantas juga dibuat museum. Semoga PEMDA
ayo yg jauh mari dekat. kalo mau ke aceh bisa hubungi ane
go
×