KASKUS

Poll: udah tau ini belumm

This poll will close on 23-05-2015 14:48

View Polling Result
udah tau 19% (11 votes)
blum tau ni 75% (44 votes)
kaya pernah liat 7% (4 votes)

Spongebob Dan 7 dosa besar

Kebanyakan dari kalian pasti pernah nonton Spongebob tentunya. Dan mungkin beberapa kalian juga tau apa saja yang termasuk seven deadly sins. Walaupun di dunia islam seven deadly sins ini tidak terlalu didengang-dengungkan (atau cuma gw yang jarang denger) tapi tema ini sering dijadikan jokes ringan ataupun bahasan serius di dunia maya. Nah tulisan kali ini akan membahas apa saja seven deadly sins dan apa hubungannya dengan Spongebob. Selamat membaca...





The 7 Deadly Sins, also known as the Capital Vices or Cardinal Sins, is a classification of objectionable vices that have been used since early Christian times to educate and instruct followers concerning fallen humanity's tendency to sin. The currently recognized version of the sins are usually given as wrath, greed, sloth, pride, lust, envy, and gluttony.

7 Dosa yang mematikan / seven deadly sins (atau selanjutnya agar lebih mudah kita tulis saja SDS) atau juga dikenal dengan Capital Vices atau Cardinal Sins adalah klasifikasi kejahatan pantas yang telah digunakan sejak zaman Kristen awal untuk mendidik dan mengajar para pengikutnya tentang kecenderungan manusia jatuh terhadap dosa. Ketujuh SDS dan lambang iblis yang mewakilinya akan dijelaskan masing-masing di bawah ini.

Pride atau Kebanggan (Superbia)

Superbia sering dilambangkan juga dengan Lucifer. Dalam bahasa Latin, kata "Lucifer" yang berarti "Pembawa Cahaya" (dari lux, lucis, "cahaya", dan "ferre", "membawa"), adalah sebuah nama untuk "Bintang Fajar" (planet Venus ketika muncul pada dini hari).

Lucifer menurut kisah-kisah dulunya adalah malaikat namun akhirnya diturunkan ke bumi karena menentang Tuhan, yang ketika itu mulai menciptakan Adam (sudah pada tahu kan, dalam kitab2, dia digambarkan sebagai Iblis yang menentang sehingga dihukum selamanya).

Nah , Kebanggaan yang melahirkan kesombongan inilah yang akhirnya Lucifer "didapuk" menjadi penanggung jawab untuk meyebarkan dosa ini. =)
Greed atau Serakah (Avaritia)


Mammon adalah iblis keserakahan, kekayaan dan ketidakadilan. Orang-orang yang menyembah Mammon yang setara dengan orang-orang rakus pada uang. Nah gambar diatas memperlihatkan Mammon sedang menahan uang/harta di pangkuannya (itu artinya pelit) dan menginjak kepala seseorang (itu bisa diartikan menginjak penyembahnya atau bisa pula sedang menginjak orang lain untuk kekayaannya).
Lust atau Nafsu (Luxuria)


Mendengar kata lust anda tentunya langsung terpikir pada tema tertentu. Awas jangan salah baca, walaupun intinya tetap sama.. Ahahaha...


Asmodeus adalah setan nafsu dan karena itu bertanggung jawab untuk memutar hasrat seksual orang. Dikatakan bahwa orang yang jatuh ke cara Asmodeus akan dihukum selamanya di neraka tingkat kedua.

Dia membawahi tujuh puluh dua pasukan setan di bawah komandonya. Dia adalah salah satu raja neraka di bawah Lucifer.

Dia digambarkan muncul dengan tiga kepala, yang pertama adalah seperti banteng , yang kedua seperti laki-laki dengan mahkota, dan yang ketiga seperti domba jantan. Dia memiliki ekor ular , dan dari mulutnya mengeluarkan api. Selain itu, ia duduk di atas sebuah neraka naga , memegang tombak.
Envy atau Cemburu/Iri (Invidia)


Invidia gw langsung ingat dengan salah satu vendor VGA yang terkenal, tapi ternyata bukan Invidia yang itu. Invidia dilambangkan oleh Leviathan. Yang main dota tentunya tau leviathan, walaupun g mirip sama gambar disini. Leviathan adalah salah satu dari tujuh pangeran dari neraka dan pintu neraka ada di mulutnya (Hellmouth ). Leviathan identik dengan rakasa laut besar. Leviathan adalah salah satu setan yang dikatakan untuk menggoda laki-laki dalam melakukan penghujatan. Penghujatan ini bisa diartikan karena alasan dendam yang timbul karena iri atau dengki dengan sesuatu hal.
Gluttony atau Makan Berlebihan (Gula)




Beelzebub, adalah nama dari salah satu dari tujuh raja neraka dan digambarkan sebagai dewa lalat. Dia mengajak seseorang untuk makan banyak, mahal, rakus, dan pilih-pilih makanan. Dosa ini kelihatan kecil, karena hanya masalah makan, tetapi menjadi dosa yang besar ternyata.
Wrath atau Kemarahan (Ira)


Dilambangkan dengan Setan (ammon). Dia adalah perwujudan dari antagonisme yang berasal dari agama-agama Abrahamik. Dia memunculkan kemarahan yang akhirnya bersifat detruktif dan menimbulkan dosa. Contoh dari akibat dari dosa ini adalah membunuh (bisa juga membunuh orang lain buat pemujaan). Namun, yang paling berat dari dosa ini adalah bunuh diri.
Sloth atau Malas (Acedia)



Belphegor digambarkan dalam dua model berbeda: sebagai seorang wanita muda yang cantik ketika di dunia atau sebagai iblis berjenggot mengerikan dengan tanduk dan kuku yang tajam.

Dia sering dikatakan juga sebagai iblis kekayaan yang didapat dengan licik. Dia mendorong seseorang untuk mendapatkan kekayaan dengan cara mudah dan jika perlu dengan menipu. Sebagai contoh adalah korupsi. Nah, setelah kaya maka waktunya untuk bermalas-malasan tanpa bekerja. Kemalasan, bagi kita biasanya bisa menjadi sebuah kebiasaan. contoh paling mudah adalah menunda pekerjaan dan terus mencari pekerjaan yang mudah dengan hasil yang besar.





Nah itu tadi apa saja yang termasuk SDS dan perlambang iblisnya. Sebenarnya ada beberapa film selain film dengan judul SDS sendiri yang menggambarkan SDS. Salah satu yang pernah gw tonton yang menggambarkan ke 7 SDS ini secara eksplisit adalah Full Metal Alchemist (walaupun cuma nonton beberapa episode doang ). Nah salah satu yang menarik adalah tokoh-tokoh dalam kartun Spongebob yang ternyata dapat dihubungkan dengan SDS.




Mr. Krab tentunya merupakan gambaran apa itu Greed. Yang ada di pikiran krab hanya uang-uang dan uang. Jadi sangat jelas jika Mr Krab merupakan representasi dari Greed.

Berikutnya yaitu Plankton yang merupakan gambaran dari Envy. Sikap irinya terhadap kesuksesan Mr Krab yang seringkali menimbulkan tindakan-tindakan yang ingin menjatuhkan Mr Krab.

Patrick tentunya melambangkan Sloth (walaupun sebenarnya gw lebih setuju Gary seperti gambar di atas). Sedangkan Gary sendiri lebih sering dianalogikan sebagai representasi dari Gluttony (nah untuk yang ini gw emang bingung lebih tepat patrick atau gary) karena tentu saja Patrick memakan semua yang ada di hadapannya. Bahkan virus pun tetap dia makan. Errrr

Sandy merupakan lambang Pride, hal ini dapat kita lihat dari fakta Sandy sebagai satu-satunya makhluk non-laut yang hidup di acara Spongebob. Dengan gaya California yang khas dan kebanggaan terhadap apa yang dimiliki mulai dari rumahnya yang sangat brilian menurut gw, kostumnya yang alien alike, dan tentunya dalam kostum itu ekornya tetap bisa keluar...

Squidward yang merupakan tokoh paling tidak disukai banyak orang namun sebenarnya merupakan gambaran kehidupan orang-orang yang gw kenal pada umumnya merupakan gambaran dari wrath. Squidward membenci semua yang ada di dalam kehidupannya, tetangganya, pekerjaannya, kegiatan yang dia lakukan. Walaupun sesungguhnya dia punya banyak bakat kreatif melalui seni yang dia minati, namun karena Kemarahan yang sering dia lampiaskan membuat dia selalu gagal dalam mengembangkan minatnya.

Dan terakhir tentunya tokoh utama kita Spongebob. Semua orang yang gw temui di beberapa web setuju bahwa Spongebob Merupakan gambaran dari lust. Spongebob adalah sosok yang benar-benar adorable karena dia mencintai apapun yang ada disekelilingnya (kebalikan dari squidward), oleh karena kecintaannya pada apapun maka banyak orang mengkategorikan Spongebob sebagai perlambang dari Lust.

Nah itulah Gambaran SDS dan hubungannya dengan Spongebob. Semoga menambahkan pengetahuan kalian semua. Keep Blogwalking kawan... Ciao!!!
"Squidward yang merupakan tokoh paling tidak disukai banyak orang namun sebenarnya merupakan gambaran kehidupan orang-orang"


Quote:maen BB di komputer nyokk
gak lucu alias garing gan
gak ngerti gan taro di lounge ini gan
terus bagian mana yang Lucu??
Quote:Original Posted By peacetoll
gak lucu alias garing gan


ane setuju aja deh gan
maksudnya apaan ya gan?

threadnya ga jelas
salah kamar gan! ain't funny ! not a joke !
Quote:Original Posted By pirulika


is that a joke? if yes, seriously not funny
trololololol gan, ane ngerasa lucu bukan karena cerita nya, tapi karena agan ngepost cerita ini wkkwkw peace gan
Ane kagak tau maksutnya gan ..
halah si TS paling cuma mo bilang kalo di kartun spongebob tu ada konspirasi freemasonry,illuminati,pagan atau apa lah yg ujung ujungnya NWO (new world order) atau sebangsanya jadi g usah di tonton
ingat gan ini forum jokes yg tujuannya buat orang
halah si TS paling cuma mo bilang kalo di kartun spongebob tu ada konspirasi freemasonry,illuminati,pagan atau apa lah yg ujung ujungnya NWO (new world order) atau sebangsanya jadi g usah di tonton
ingat gan ini forum jokes yg tujuannya buat orang
halah si TS paling cuma mo bilang kalo di kartun spongebob tu ada konspirasi freemasonry,illuminati,pagan atau apa lah yg ujung ujungnya NWO (new world order) atau sebangsanya jadi g usah di tonton
ingat gan ini forum jokes yg tujuannya buat orang
keren juga teorinya gan, tapi sayang salah kamar gan, wakakakak
ente ngapain sih gan???
×