- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat


TS
richardt75
[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/synovialimited.net/blog/wp-content/uploads/2012/02/broken-laptop1.jpg)
Quote:
nah kali ini ane mencoba membagi informasi, dan sedikit pengalaman ane tentang menilai suatu tempat layanan service yang patut dipilih
Kategori yang ane sebutkan disini saling berkaitan satu sama lain, jd tidak ada prioritas dalam penomorannya, yuk..kita mulai dari yang gampang di lihat dulu sampai ke yang susah terlihat...
Quote:
1.\tTOOLS Perlengkapan peralatan kerja
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/i181.photobucket.com/albums/x33/plasacomp/ac15fde2.jpg)
Suatu tempat service harus mempunyai perlengkapan peralatan kerja yang memadai, tapi cukup mumpuni untuk bisa menunjang ketrampilan kerjanya, yang terpenting, teknisi tersebut sanggup dan mahir menggunakan alat tersebut,
alat yang terlampau kuno dan murah akan menghambat prestasinya, dikarenakan tidak mempermudah pekerjaannya, sedangkan alat yang terlalu canggih dan mahal, akan membebani operation cost dan break even point (bep) yang akan berdampak dengan tingginya biaya yang akan di kenakan pada pelanggan, dan justru akan menjadi bumerang bagi persaingan di dunia usaha.
Quote:
2.\tSPARE PART Suku cadang
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/i181.photobucket.com/albums/x33/plasacomp/900aec7d.jpg)
Apalah artinya perbaikan jika kita mengetahui kerusakan tapi tidak mempunyai suku cadang pengganti? Ketersediaan suku cadang, merupakan hal yang utama, kerusakan suatu bagian kadang melibatkan komponen yang rusak yang harus dicarikan penggantinya untuk bisa berfungsi kembali,
Quote:
3.\tCUSTOMER TESTIMONIAL kesaksian konsumen
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/i181.photobucket.com/albums/x33/plasacomp/7daf4586.png)
Point ini cukup penting, mengingat anda bisa dapatkan rekomendasi dari teman, keluarga, orang yang anda kenal, atau kesaksian orang lain (jika ONLINE), umumnya orang merasa point ini sebagai salah satu unsur utama kepercayaan kepada suatu layanan, terlepas apapun itu..
tapi hati-hati juga terhadap testimoni palsu yang bisa dimanipulasi, contohnya
1.\tdi website, krn bisa dibuat dengan menambahkan foto dan karangan kata.
2.\tdi forum, dengan membuat kloningan id yang memberi testimoni palsu
3.\tdi Facebook, dengan tagging dan memberi komentar
4.\tMembeli testimoni
Testimoni adalah suatu bentuk pernyataan kepuasaan konsumen terhadap bentuk layanan yang diperoleh.
Quote:
4.\tWARRANTY Jaminan Garansi
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/www.bolduc.ca/images/editeur/warranty.jpg)
Suatu produk atau pekerjaan jasa juga memerlukan jaminan purna jual berupa jaminan garansi, garansi yang diperoleh harus jelas tentang apa saja yang dicover, untuk kondisi bagaimana dan sepanjang apa masa garansinya, biasanya teknisi akan memberitahukan bagian2 tertentu yang mengalami kerusakan, walaupun tidak harus detail, tapi bagian modul utama seperti Mainboard, VGA, LCD, keyboard, RAM, Processor, harus jelas diketahui untuk mengerti cakupan daripada garansi tersebut,
tentunya syarat dan ketentuan garansi dan cakupannya masing2 menurut kebijakan penyedia produk atau jasa
Quote:
5.\tPORTFOLIO Kumpulan pekerjaan
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/dharmin.hostei.com/web-design-template-4/html/images/portfolio2.jpg)
Tidak ada salahnya menampilkan suatu hasil karya kepada pelanggan, menunjukkan bahwa pekerjaan sudah atau sedang dilakukan dalam berbagai bentuk media, baik gambar ataupun video, hal ini tentunya akan menambah perbendaharaan karya teknisi tersebut, sebagai maklumat akan keberhasilannya memperbaiki barang yang rusak disamping menunjukkan existensinya sebagai penyedia jasa yang handal
Quote:
6.\tVALUE ADD & FEATURES Nilai tambah dan fitur
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/i181.photobucket.com/albums/x33/plasacomp/6cbf4bcc.jpg)
Yang membedakan suatu layanan service dengan yang lain adalah Nilai tambah dan fiturnya, ada banyak hal yang biasa ditambahkan sesuai kreatifitas sang penyedia jasa layanan, misalkan penambahan paket pendinginan laptop, instalasi perangkat lunak, paket pembersihan exterior dan interior, gratis pembersihan virus, dll, tujuan daripada penambahan fitur juga baik bagi keawetan hasil kerja kita juga
Quote:
7.\tHOSPITALITY & COMMITMENT Keramahan melayani & komitmen
![[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat](https://dl.kaskus.id/img.ehowcdn.com/article-new/ehow/images/a04/8s/pj/encourage-customer-service-feedback-800x800.jpg)
Keramahan melayani merupakan suatu kenyamanan yang berhak diperoleh pelanggan, kebanyakan calon pelanggan yang datang ke tempat service umumnya mengalami musibah & moodnya biasanya kurang baik, sedikit senyum & hormat akan meringankan beban pelanggan. menjawab pertanyaan pelanggan sebatas tidak memberi harapan terlalu besar dan sesuai pengalaman kerja.
Komitment melayani dengan berusaha memberikan penjelasan yang benar, menggunakan pengalaman dalam menilai jenis kerusakan lebih baik, terkesan professional, dibanding menakut-nakuti pelanggan dengan melebih-lebihkan kerusakan atau memberi harapan besar tanpa pertimbangan kemampuan diri
Quote:
8.\tTRANSPARANCY & RESPONSIBILITY Jujur dan bertanggungjawab
Hal terakhir yang tersebut disini bukan karena merupakan faktor yang diabaikan atau tidak penting, sebagai point yang tidak terlihat, tapi penting sekali mengingat sebagai salah satu aspek kepercayaan pelayanan kepada pelanggan yang paling diutamakan
Quote:
Kadang kita menemui kasus teknisi nakal, contoh oknum teknisi nakal yang tidak bertanggung jawab adalah yang paling dibenci oleh pelanggan dan oleh rekan sejawat teknisi lain, karena ulah mereka merusak image pekerjaan teknisi lain yang baik
contoh kasus teknisi nakal dengan tidak bertanggung jawab, dan sengaja,
1.\tmeniadakan/menukar/mengambil komponen2 di dalam barang yg dikerjakan, baik yang berhasil atau gagal tanpa sepengetahuan pemilik barang,
2.\tMengerjakan barang tanpa memperhatikan kerapihan pemasangan, terutama banyaknya bagian baut yang patah, salah pasang baut yang membuat kerusakan body, dan baut2 yang hilang
3.\tMenyebabkan kerusakan pada bagian body luar akibat keteledoran dan tidak mau bertanggung jawab.
Quote:
Thread tips berguna ini dipersembahkan oleh id richardt75a.k.a id teknisilaptop
jika agan merasa berguna mohon di rate, ane tidak meminta agan untuk memberi ane cendol, tp jika agan tetap memberikan, maka ane menerima kebaikan dari agan
0
2.4K
8


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan