Kaskus

Tech

TeknisiLaptopAvatar border
TS
TeknisiLaptop
[Laptop only] Perbedaan Service Center Resmi dan tidak resmi
Quote:


di thread ini, kita akan membahas tentang apa perbedaan service center resmi dan bukan resmi

Ada 2 kategori jenis tempat service berdasarkan jenis keresmiannya

1.\tLAYANAN SERVICE CENTER RESMI (OFFICIAL SERVICE CENTER)
adalah tempat yg khusus melayani perbaikan laptop tertentu berdasarkan merek dagang (brand) tertentu dan mendapat dukungan langsung dari pihak pemegang merek. Tempat service ini merupakan acuan utama jika kerusakan laptop masih dalam kurun waktu garansi pihak vendor tersebut.
tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan purna jual tersebut, masing2 vendor mempunyai peraturan tersendiri.


Kelebihannya :

a.\tPenyediaan suku cadang lengkap, bisa melakukan pemesanan (indent).
b.\tWaktu pengerjaan umumnya berkisar 1 minggu hingga 8 minggu.
c.\tTenaga kerja cukup professional krn terlatih dan didukung secara resmi langsung oleh produsen merek tersebut.
d.\tBergaransi, masing-masing pabrikan berbeda tergantung kebijakan perusahaan.


Kekurangannya :


a.\tHanya melayani perbaikan untuk barang yang di produksi saja
b.\tBiaya perbaikan non garansi biasanya relatif mahal, karena penggantian komponen per modul, misalkan Mainboard, LCD, dll
c.\tAda biaya pengecekan jika laptop tersebut harus di periksa
d.\tUntuk beberapa merek, tidak melayani garansi barang yang dibeli diluar area cakupan, mis. jika beli diluar Indonesia, dll


2.\tLAYANAN JASA PERBAIKAN TIDAK RESMI (UNOFFICIALLY SERVICE CENTER)

adalah tempat yg khusus melayani perbaikan laptop tidak berdasarkan merek dagang (brand) tertentu. Tempat service ini menjadi acuan jika tempat service resmi tidak sanggup memperbaiki atau pemilik laptop yang rusak mengharapkan biaya perbaikan yang lebih hemat.


Kelebihannya :


a.\tBiaya tarif perbaikan lebih murah, karena perbaikan bisa dilakukan pada modul yg rusak, dengan cara mengganti IC, komponen SMD, pada mainboard yang rusak,
b.\tWaktu pengerjaan berkisar antara 1 minggu hingga 8 minggu, tergantung tingkat kesulitan penanganan kerusakan
c.\tBeberapa teknisi tempat service tidak resmi dulunya juga mendapatkan training dan pengalaman di service center resmi
d.\tMelayani semua merek laptop baik yang masih garansi maupun tidak
e.\tBergaransi, syarat & ketentuan tergantung masing2 perusahaan

Kekurangannya :

a.\tTidak mendapat dukungan pihak produsen laptop
b.\tTerkadang kita mendapatkan oknum teknisi yang tidak profesional
c.\tTidak adanya sertifikasi resmi yang menjamin profesionalitas
d.\tPerlengkapan dan perkakas yang seadanya
0
12.7K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan