Quote:Original Posted By isososo
Maaf Gan Opini ente kurang bijak... Otak ente dangkal banget klo cuman ngebandingin kerusakan Alam yang diakibatkan Belanda ( jaman pom Bensin Belon ada) sama kerusakan alam sekarang ( mobil mewah dimana- mana ).

Coba ente pikirkan lg statment ente yang inti nya

" itu sebab nya selama 350 tahun
penjajahan Belanda di Hindia Belanda, emas Papua tetap utuh, hutan tropis
Kalimantan/Sumatra pun tetap utuh, Soekarno/bangsa Indonesia mewarisi SDA
Hindia Belanda di tahun 1949 secara utuh, nothing less. "

Pertanyaan ane :

1. Apakah belanda tidak pernah sedikit pun membuka pertambangan di Nusantara ?
" apa ente blm pernah baca klo belanda pernah gali emas di Nusantara ???
"
2. Apakah belanda tidak pernah membabat/ membuka hutan di indonesia ?
" lantas itu perkebunan teh, Kopi, Kebun Kina, Anda pikir itu lahan bukan dari membabat Hutan ??? ""


Klo semua jawaban ny TIDAK PERNAH ...ente berhak berpendapat seperti itu seumur hidup lo ...

tapi kalo ada satu aja jawaban yang pernah, berarti kedepan nya ente harus merubah Mindset ente...

Anda tau dg nama2 ini :
1. Cut nyak dien
2 Teuku Umar
3. Sisingamangaraja
4. Imam bonjol
5. Fatahillah
6. Pangeran Diponegoro
7. Patimura
8. Sultan Hasanudin

apakah anda berfiikir bahwa mereka SEMUA ORANG2 BODOH yang mengusir bangsa belanda yang akan memakmurkan Nusantara..

Gan Ente nyadar gk klo kita sekarang ini kita lg dijajah oleh bangsa luar... cuma cara ngejajah ny udah beda gan...

SEMUA PENJAJAH ITU SAMA
MENGHANCURKAN SDM DAN SDA SAMPAI HABIS.....



Ane setuju sama agan, mangkanya ane membuat thread begini untuk menanggapi thread yang ane kutip sebelumnya, kayaknya ente enggak membaca penuh deh spoiler yang ane buat deh .... maklum baru d bales habis di banned sama moderator
ilmu yg keren bros
mungkin ada benarnya jug kalo belanda gak pernah menjajah Indonesia
karena yg menjajah kita tuh VOC
bisa jadi ada benarnya Gan, akan tetapi belanda menerakan kolonialisme di Indonesia..
Quote:Original Posted By simonpar
mungkin ada benarnya jug kalo belanda gak pernah menjajah Indonesia
karena yg menjajah kita tuh VOC


Awalnya memang VOC menerapkan kolonialisme dan penjajahan dan monopoli perdagangan namun setelah VOC bangkrut maka diambil alih kerajaan belanda sampai belanda kalah dari jepang tahun 1945.
Hindia-Belanda cuma dijajah 40 tahun gan, bukan 350 tahun..,
310 tahun sisanya itu kita melawan..,
CMIIW
bagus juga sih untuk menambah wawasan dan pandangan dari sudut yang berbeda gan. rate 5 lah
Quote:Original Posted By leonzzzzzzzzzz
Hindia-Belanda cuma dijajah 40 tahun gan, bukan 350 tahun..,
310 tahun sisanya itu kita melawan..,
CMIIW


Kalau setahu ane tiap daerah berbeda - beda gan, sebagai contoh batavia sudah diduduki belanda sejak ratusan tahun lalu, lalu jawa baru berhasil dikuasai pasca perang dipenogoro / perang jawa tahun 1800an, Aceh baru dikuasai belanda tahun 1920an, mungkin yang 350 tahun itu sejak kedatangan belanda di indonesia, ya karena memang tiap daerah jatuh ketangan belanda waktu tidak berbarengan karena wilayah indonesia yang luas sekali yang terdiri dari banyak kerajaan ... CMIIW
apa indikatornya? Apakah menjajah harus selalu menimbulkan kesengsaraan? Ya, bukankah rakyat yg dikenakan hukum cultursteelsel itu benar2 mau? Bukankah itu paksaan? Knp orang Belanda melakukan pembodohan dgn tak mendirikan sekolah yg merata? Apakah budaya kita yg dicuri dan jelas ada di negara mereka bukan indikator penjajahan? Opini ttp opini, sejarah? Hanya Tuhan-lah yg tahu dan ane selaku manusia menganalisis demikian
Quote:Original Posted By faiz9g
apa indikatornya? Apakah menjajah harus selalu menimbulkan kesengsaraan? Ya, bukankah rakyat yg dikenakan hukum cultursteelsel itu benar2 mau? Bukankah itu paksaan? Knp orang Belanda melakukan pembodohan dgn tak mendirikan sekolah yg merata? Apakah budaya kita yg dicuri dan jelas ada di negara mereka bukan indikator penjajahan? Opini ttp opini, sejarah? Hanya Tuhan-lah yg tahu dan ane selaku manusia menganalisis demikian


Saat belanda dengan sekutu datang mengklaim hindia belanda orang2 indonesia melawan balik ....
Quote:Original Posted By Baseframe


Saat belanda dengan sekutu datang mengklaim hindia belanda orang2 indonesia melawan balik ....


mengklaim hindia belanda? Belanda ga ada apa2nya dibanding inggris, klo ga ada perjajanjian London Belanda ga akan dapet lagi negeri ini
yg Belanda klaim itu sudah merdeka, mo apapun namanya, wilayah yg disebut hindia belanda itu sudah sepakat untuk merdeka, jadi ga ada relasinya dgn opini agan
pantesan Bupati ane tiap upacara 17 agustusan selalu bilang “ seharusnya bangsa kita bukan mencaci maki belanda tapi berterima kasihlah͵lihat bangunan belanda ratusan tahun masih kokoh͵hutan dijaga kekayaan alam dijaga͵coba bangsa kita sekarng setiap proyek pembangunan hnya bertahan kurang dari 5 tahun͵hutan dibabat͵SDA dikeruk habis͵Gunung digunduli͵jadi negara kita ternyata dijajah oleh bangsanya sendiri“
nice thread dan semoga HT
hindia belanda ya indonesia lah gan
Quote:Original Posted By faiz9g


mengklaim hindia belanda? Belanda ga ada apa2nya dibanding inggris, klo ga ada perjajanjian London Belanda ga akan dapet lagi negeri ini
yg Belanda klaim itu sudah merdeka, mo apapun namanya, wilayah yg disebut hindia belanda itu sudah sepakat untuk merdeka, jadi ga ada relasinya dgn opini agan


Perjanjian london tahun 1824 ya .... ??
Kalau saya melihatnya semacam tukar guling, dimana kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan pembagian wilayah koloni dan jajahan.

Yang membebaskan indonesia dari jepang itu bukan klaim kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 tetapi serbuan pasukan sekutu di pacifik terhadap pasukan jepang .... bisa dibaca selengkapnya disini ... http://iqbalsandira.blogspot.com/200...indonesia.html

Setelah mengalahkan tentara jepang maka akhir tahun 1945 sekutu / Allied sebagai pemenang perang mendatangkan pasukannya di indonesia dengan nama AFNEI (Allied Forces for Netherland East Indies) yang tugasnya melucuti tentara jepang dan mengembalikan pemerintahan Hindia Belanda. Di dalam AFNEI selain tentara inggris juga terdapat NICA (Netherland Indies Civil Administration). Pasca kekalahan NAZI jerman, Italia dan Jepang maka wilayah yang dahulunya di ambil oleh negara itu di kembalikan kembali ke pemilik sebelumnya termasuk indonesia yang masuk dalam pemerintahan Netherland East Indies.

Setelah proklamasi tanggal 17 agustus 1945 bahkan yogyakarta belum masuk NKRI, yogyakarta masuk NKRI setelah Sri Sultan HB IX dan Sri Paku Alam VIII melalui maklumat 5 September 1945 menyatakan bergabung dengan NKRI ..... http://www.tempo.co/read/news/2012/0...-di-Yogyakarta
bener gan,setuju banget,cuma orang dangkal otaknya yg bilang indonesia ga pernah dijajah..kepulauan nusantara ini sebenernya malah lebih luas daripada luas Indonesia saat ini,karena saat itu jg termasuk malaysia,singapura & brunei..tp berhubung bangsa eropa ingin bagi2 jatah,maka dibagi2lah indonesia untuk belanda,malaysia untuk inggris dst
lalu untuk sektor pembangunan misalnya,bagaimana bangsa kita mau membangun,lah sekolah aja dibatasi untuk kaum pribumi..jd sebelum tgl 17 agustus 1945 itu bangsa ini fokus berjuang dulu memerdekakan diri,setelah merdeka barulah mereka bebas membangun
antara menjajah apa nggak itu tergantung persepsi masing2 kayanya
Quote:Original Posted By effe56top
bener gan,setuju banget,cuma orang dangkal otaknya yg bilang indonesia ga pernah dijajah..kepulauan nusantara ini sebenernya malah lebih luas daripada luas Indonesia saat ini,karena saat itu jg termasuk malaysia,singapura & brunei..tp berhubung bangsa eropa ingin bagi2 jatah,maka dibagi2lah indonesia untuk belanda,malaysia untuk inggris dst
lalu untuk sektor pembangunan misalnya,bagaimana bangsa kita mau membangun,lah sekolah aja dibatasi untuk kaum pribumi..jd sebelum tgl 17 agustus 1945 itu bangsa ini fokus berjuang dulu memerdekakan diri,setelah merdeka barulah mereka bebas membangun


Belanda memonopoli perdagangan di nusantara.
Belanda juga melakukan intervensi terhadap kebijakan politik kesultanan di indonesia, termasuk melakukan aksi militer bila kesultanan itu melakukan perlawanan.
Belanda juga memaksa rakyat untuk melakukan pekerjaan yang tidak layak seperti memaksa membangun jalan atau menanam tanaman yang harus dijual kebelanda dengan harga murah.
Segala infrastruktur yang dibuat belanda tujuannya hanyalah supaya kekuasaannya dan bisnis yang dijalankan pemerintah belanda bisa berjalan maksimal dan menguntungkan.
menarik gan , cuma aneh nya knp nyambung ke politik yg skrg ?
mksud tujuannya jdi apa nih
panjang banget. tapi ttep ijin nyimek gan