Quote:Original Posted By minxlepdipojok


Hwaduh, ane ndak mudheng babar blass sama power stiring Gan.. Tapi AFAIK Juangkri' kan ga ada OEMnya utk piranti itu.
Mungkin prinsipnya sama dgn JimKat, bisa pake PS Crown/Vitara (dgn modip2 banyakan) ato PS Katana (dgn modip dikitan). Namun ndak pasti deh itu muat ndak ruang mesinnya buat dijejelin PS..?
Nunggu yg di bwh ane kasih inpo yg lbh maknyuss deh..

*minxlep manink, ahh..

Hi...hi...hi...
Nyubitol hanya bisa mengira-ngira saja nih....
Klo juangkri' bisa dimasukin mesin F10a seharusnya PS Katana bisa masuk ya?
Ngga skalian swap ke F10a aj kah?
Ups, nyubitol balik maning nang pojokan wae...
Trims...

fan kamirun

Quote:Original Posted By minxlepdipojok


Ini masih thermoswitch ngikut ke speed 2 (high) ya, Gan..? Sepertinya putaran kipas yg high emg berfaedah di kemacetan, tapi malah ngalangin pendinginan mesin di jalan tol.

Gerobak ane siy emg cuma 1 speed bhub'g emg colokan keluar dari Electric Fan ya cuma sepasang positip-negatip, fungsinya pun baru aktip kalo kompresor AC nyala.
So far cukup memuaskan di kemacetan, jarang nge-tol.. Sesekali nge-tol pun dptnya macet, jd gak pengen ganti konfigurasi lg.
Kecuali utk ngerubah kipas mekanik std menjadi Visco Fan Caribian.

*minxlep manink demi menghindar dari capitan rocklobster*


ikutan nimbrung ya gan, mumpung lagi ngomongin fan, berikut pengalaman ane waktu pasang fan karimun,

1. kipas karimun yang ane dapet inputnya cuman 2, positif dan negatif,, namun kalo dlepas selongsongnya untuk kabel positifnya (biru) dalemnya ada 2 kabel yang digabung (ane sebut A dan B)

2. ane test masing-masing tuh kabel biru, hanya satu kabel biru (kabel biru A) yang dikonekin ke aki hasilnya speed 1,

3. ane coba kabel biru B yang dikonekin ke aki dan hasilnya speed 1.

4. ane test kabel biru A dan B digabungin kemudian dikonekin ke aki, hasilnya speed 2 (lebih kencang).

5. dari percobaan di atas ane simpulkan ternyata speed 2 baru berfungsi apabila kabel biru A dan kabel biru B mendapat arus. jika hanya 1 kabel (misal kabel biru A) yang mendapat arus, fan akan berjalan speed 1 begitu juga sebaliknya.

6. terakhir ane pasang tuh kabel biru tanpa memperhatikan yang mana speed 1 dan speed 2.

pertanyaan ane, apakah fan karimun agan2 disini sama dengan punya saya, atau memang ada produk SGP yang speknya memang beda (misal keluaran lama / lebih baru) ? kabel speed 1 dan speed 2 terpisah?

terima kasih
Quote:Original Posted By ajiooo
Gan ane mau tanya gan... kalo persneleng 4x4nya ga bs gunta ganti gt knp ya gan.. misal ane mau ganti dr 4wd ke 2 wd gan.. ga bisa digerakin.. kyk yang macet gan.. kali aja suhu dsni ada yang tau.. biar bsk ane kbengkel ane ga di bodo2in gan..


Quote:Original Posted By minxlepdipojok

Itu konon karena bushing tuas TC (bukan persneleng, Gan..) dah minta pangsiun, baiknya skalian overhaul aja biar TCnya bisa seger buger sperti sediakala.
Demikian uraian nyubitul yg bersumberkan katanya, mohon diluruskeun pabila ada kleru2 yg berpotensi menyesatkan.

*minxlep manink..



halo om..
nubitol ijin bantu sebisanya boleh ya..betul kata suhu tukcen.
coba dicek tuas TC kalo digoyang2 kocak sekali tdk gan?
kalo kocak mungkin karet/plastik bushing utk kontrol dudukan tuas TC ud aus/sobek/malah ga ada.

liatnya gampang koq gan..tinggal buka boot karet TC, bongkar tuas TC nya trus liat dari atas ada karet tsb apa ga? posisinya dibawah bonggol tuas TC.
maap nama ilmiah karet ntu ane kagak tau gan..
tp bentuknya kayak gini :
Spoiler for karet TC:

cuman nyarinya agak susah..

*kalo salah mohon dimaapkeun
Quote:Original Posted By howareyou


ikutan nimbrung ya gan, mumpung lagi ngomongin fan, berikut pengalaman ane waktu pasang fan karimun,

1. kipas karimun yang ane dapet inputnya cuman 2, positif dan negatif,, namun kalo dlepas selongsongnya untuk kabel positifnya (biru) dalemnya ada 2 kabel yang digabung (ane sebut A dan B)

2. ane test masing-masing tuh kabel biru, hanya satu kabel biru (kabel biru A) yang dikonekin ke aki hasilnya speed 1,

3. ane coba kabel biru B yang dikonekin ke aki dan hasilnya speed 1.

4. ane test kabel biru A dan B digabungin kemudian dikonekin ke aki, hasilnya speed 2 (lebih kencang).

5. dari percobaan di atas ane simpulkan ternyata speed 2 baru berfungsi apabila kabel biru A dan kabel biru B mendapat arus. jika hanya 1 kabel (misal kabel biru A) yang mendapat arus, fan akan berjalan speed 1 begitu juga sebaliknya.

6. terakhir ane pasang tuh kabel biru tanpa memperhatikan yang mana speed 1 dan speed 2.

pertanyaan ane, apakah fan karimun agan2 disini sama dengan punya saya, atau memang ada produk SGP yang speknya memang beda (misal keluaran lama / lebih baru) ? kabel speed 1 dan speed 2 terpisah?

terima kasih


Waktu nyubitul iseng grepe2 selongsong kabel Electric Fan ex-Kamirun, emg terasa siy Gan di dlm situ ada 2 cabangan yg disatuin sedemikian rupa sehingga keluarnya cuma sepasang positip-negatip doank & bukan 3 kabel. Karena ane dpt Electric Fan ex-Kamirun dah bgitu adanya (& karena dah kebelet pengen dipasang), ane biarin aja konfigurasi itu & spertinya dah konfigurasi terbaik lah itu.. Soale signifikan putaran kipasnya utk membantu menjaga mesin tetep adem.

Eniwei kalo diitung2 mo pake konfigurasi apapun tetep worthy lah, daripada bela2in ganti aer radiator pake Tempra/Termorex.. Bisa abis brp duit tuh.

*minxlep manink..
Quote:Original Posted By dewirda


hooo... mulai menyandang status jadi mahasiswa ya
congrats bro... moga2 cepet lulus

di semarang banyak lahan buat maenan lumpur lo


xixixi iya om..tapi kalongnya bertapa digarasi wkwkwk

Quote:Original Posted By minxlepdipojok


Yg lbh banyak lagi adalah lahan maen banjir, Gan.. Cobain aja ngekos/tinggal di Tanah Mas ato di area kota, jgn di Tembalang ato Banyumanik ya.

*minxlep manink..


wkwkwk suhu...justru itu awam mengasingkan diri kebukit atas untuk mendapatkan elmu (baca:sinyal buat mantau trit ini )

awam ijin mantau yah suhu walaupun udah gapake jip berlogo S ini....
[


wkwkwk suhu...justru itu awam mengasingkan diri kebukit atas untuk mendapatkan elmu (baca:sinyal buat mantau trit ini )

awam ijin mantau yah suhu walaupun udah gapake jip berlogo S ini....[/QUOTE]
emang suhunya pake jip apa sekarang?
Quote:Original Posted By lotayu


emang suhunya pake jip apa sekarang?


waduh....suhu siapa om??salah quote nih om

awam skrg pakek kaleng krupuk klonengan berlogo D...xixixi
selamat malam... selamat berkreasi bikin rocklobster, rear disk brake, aduk gear box dg carry, menambah tenaga & melenturkan kaki2... ato sekedar bikin ganteng dengan ganti bumper, pasang roofrack dan ganti ban & velg...ato pingin nyaman dg pasang powesteering, pasang ac, jok recaro ato bride, ganti per & shock ome... ato yg pingin jdm dg pasang apio ato taniguchi... ato mo pakai ausie product iron man, arb...

saatnya ganti kuda besi...

salam setandar abiess
Quote:Original Posted By ponyek
selamat malam... selamat berkreasi bikin rocklobster, rear disk brake, aduk gear box dg carry, menambah tenaga & melenturkan kaki2... ato sekedar bikin ganteng dengan ganti bumper, pasang roofrack dan ganti ban & velg...ato pingin nyaman dg pasang powesteering, pasang ac, jok recaro ato bride, ganti per & shock ome... ato yg pingin jdm dg pasang apio ato taniguchi... ato mo pakai ausie product iron man, arb...

saatnya ganti kuda besi...

salam setandar abiess

Wah...suhu setandar abiess ud ganti ke kuda besi? Sayang banget tuh jimkat setandar abiess-nya ud berubah ke tingkat setandar abiess lebih tinggi....
Trims...
Quote:Original Posted By ghiffaribnr


waduh....suhu siapa om??salah quote nih om

awam skrg pakek kaleng krupuk klonengan berlogo D...xixixi

Lah ko skr pake kaleng krupuk klonengan cap D suhu? Sayang banget tuh jimkatnya ngga di elus2 lagi tiap hari. Klo jimkatnya dibawa skalian kan bs bernostalgila di Smg suhu....

Trims...
Quote:Original Posted By minxlepdipojok


Waktu nyubitul iseng grepe2 selongsong kabel Electric Fan ex-Kamirun, emg terasa siy Gan di dlm situ ada 2 cabangan yg disatuin sedemikian rupa sehingga keluarnya cuma sepasang positip-negatip doank & bukan 3 kabel. Karena ane dpt Electric Fan ex-Kamirun dah bgitu adanya (& karena dah kebelet pengen dipasang), ane biarin aja konfigurasi itu & spertinya dah konfigurasi terbaik lah itu.. Soale signifikan putaran kipasnya utk membantu menjaga mesin tetep adem.

Eniwei kalo diitung2 mo pake konfigurasi apapun tetep worthy lah, daripada bela2in ganti aer radiator pake Tempra/Termorex.. Bisa abis brp duit tuh.

*minxlep manink..


Nah kebetulan ngmin ef karimun, ane juga baru beli nih.. Katanya emang single speed krn kabelnya cuma 2 n bukan 4. Cuma jadinya klo ga panas ga idup fannya, bner kyk gitu gak gan? Trus pas panas nyala itu jadinya speed 1 atw 2 ya yg nyala?



gan ane mau nanya nih, kenapa setelah service karburator karena suka banjir,sekarang kalau pagi gak ada asap putih keluar jika di nyalakan ?? padahal suhu disini dingin bro gak biasanya mobil ane gitu thanks gan cendol bagi yang jawab
maenin pedal gas pas mesin mati memang bikin susah starter ya? istilahnya "banjir" gitu ya gan?
kebiasaan geber gas sebelum matiin mesin juga bikin "banjir" ya gan?
apa ada yg gak beres sama karbu katana saya?
makasih
Quote:Original Posted By apocalypse12312


Nah kebetulan ngmin ef karimun, ane juga baru beli nih.. Katanya emang single speed krn kabelnya cuma 2 n bukan 4. Cuma jadinya klo ga panas ga idup fannya, bner kyk gitu gak gan? Trus pas panas nyala itu jadinya speed 1 atw 2 ya yg nyala?





kl nyalanya kapan tergantung rangkaiannya.kl dr kipasnya ya cm manut aja.

krn yg mentrigger itu dipakai sensor suhu (thermoswitch) yg beroperasi di suhu tertentu.

di katana ane dibuat kl panas kipas idup highspeed (2 kabel biru dpt arus) , sedang kl ac idup kipas idup low speed (1 kabel dpt arus)

jd kl yg mau idup high speed/low speed disesuaikan dg kebutuhan agan.nanti rangkaian kelistrikannya menyesuaikan.
Quote:Original Posted By gtdvd
maenin pedal gas pas mesin mati memang bikin susah starter ya? istilahnya "banjir" gitu ya gan?
kebiasaan geber gas sebelum matiin mesin juga bikin "banjir" ya gan?
apa ada yg gak beres sama karbu katana saya?
makasih


halo gan....
iya bener tuh, main pedal gas pas mesin mati ya bikin karbu jadi "banjir". Tp klo di system injeksi nyubitol rasa sih ngga...
Lah itu ngapain mesin digeber sebelum dimatikan? itu mesin kan mau istirahat, ngapain dipaksa geber? Yang nyubitol tau, jikalau kontak sudah di posisi "off" maka tidak ada percikan listrik di busi; bensin yang lewat port stasioner sudah terhenti namun yang lewat main port ato secondary port akan tetap terhisap masuk ruang bakar; gesekan ring seher dan dinding silinder masih terjadi namun ada bensin/uap bensin segar didalamnya; dst....
Nah, bagaimana itu? Nyubitol jadi pusing.....
Mohon arahan para suhu disini....
trims....
slm kenal agan agan.. mo nanya kalo di bandung pada offroad dimana yah? ane baru aja pindahan dr smrg gan
Quote:Original Posted By opixengineer


halo gan....
iya bener tuh, main pedal gas pas mesin mati ya bikin karbu jadi "banjir". Tp klo di system injeksi nyubitol rasa sih ngga...
Lah itu ngapain mesin digeber sebelum dimatikan? itu mesin kan mau istirahat, ngapain dipaksa geber? Yang nyubitol tau, jikalau kontak sudah di posisi "off" maka tidak ada percikan listrik di busi; bensin yang lewat port stasioner sudah terhenti namun yang lewat main port ato secondary port akan tetap terhisap masuk ruang bakar; gesekan ring seher dan dinding silinder masih terjadi namun ada bensin/uap bensin segar didalamnya; dst....
Nah, bagaimana itu? Nyubitol jadi pusing.....
Mohon arahan para suhu disini....
trims....


oow jadi memang bener gitu yah suhu... dan itu memang kelemahan semua mobil yg masih karbu yah?
udah... suhu gak usah pusing2 nambah bahasan soal ini, ane udah mudeng

Quote:Original Posted By opixengineer


halo gan....
iya bener tuh, main pedal gas pas mesin mati ya bikin karbu jadi "banjir". Tp klo di system injeksi nyubitol rasa sih ngga...
Lah itu ngapain mesin digeber sebelum dimatikan? itu mesin kan mau istirahat, ngapain dipaksa geber? Yang nyubitol tau, jikalau kontak sudah di posisi "off" maka tidak ada percikan listrik di busi; bensin yang lewat port stasioner sudah terhenti namun yang lewat main port ato secondary port akan tetap terhisap masuk ruang bakar; gesekan ring seher dan dinding silinder masih terjadi namun ada bensin/uap bensin segar didalamnya; dst....
Nah, bagaimana itu? Nyubitol jadi pusing.....
Mohon arahan para suhu disini....
trims....


Ciieee.. Dah Injeksi, tho Suhu ini. Makin rame aja kabel di ruang mesinnya tuh.
Quote:Original Posted By nugrahasyaban
gan ane mau nanya nih, kenapa setelah service karburator karena suka banjir,sekarang kalau pagi gak ada asap putih keluar jika di nyalakan ?? padahal suhu disini dingin bro gak biasanya mobil ane gitu thanks gan cendol bagi yang jawab


Gan, nyubitul numpang nimbrung urun saran sumbang sudut pandang boleh ya..
AFAIK tanda mesin sehat/pengapian sempurna itu bukannya ada air yg keluar di ujung knalpot kalo pagi2 ngidupin mesin. Kayanya mendingan bela2in ada tampilan ini, deh.

Emang idealnya di daerah dingin akan ada bonus uap putih (jgn sampe berbentuk asep), saat gas buang knalpot bermuatan uap air ketemu udara dingin di luar. Tapi kalo udara di luar ndak tralu dingin (meskipun masih trasa dingin utk orang), uap air keburu ngendep di dlm knalpot ato temperatur gas buang gak stinggi sbelumnya, kan ya susah ngarepin uap putih menampakkan wujudnya.

Demikian uraian ngasal dari nyubitul yg hanya skedar berharap nambah koleksi isi kulkas. Kleru2nya mohon diguyur Cwie Mie yg lurus..

*minxlep manink nang kulkas.. ehh, nang pojo'an maxude.
Quote:Original Posted By dik91

nubi mau nanya dong..
tapi jangan diketawain ya..

Spoiler for BWK:


itu pasang stiker posisinya bener ga ya?


nyubie yang sotoy dan suka timbul tenggelam coba jawab, kayanya bener deh gan..ane banyak liat yang ditempel disitu,atau pernah jg dipintu. btw itu bumper depan bikin abis mahar brp gan ? trims.