Tanaman Sereh yang ternyata Multimanfaat buat manusia


Spoiler for pertama:


Spoiler for kedua:



Di kalangan para ibu rumah tangga, Serai atau disebut dengan Sereh sudah sangat familiar karena menjadi salah satu bahan penting untuk memasak.

Penggunaan Serai atau Sereh ini biasanya untuk mengharumkan makanan dan sebagai penyedap rasa. Pertanyannya, apakah hanya itu manfaat dari Serai ini?



Serai atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat antimikroba dan antibakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Sereh juga banyak digunakan untuk pereda kejang, antireumatik, dan diuretik.

Selain itu, kandungan analgesik dalam Serai juga dapat berperan untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot maupun nyeri sendi. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dan juga meredakan bau badan.

Tanaman serai dipergunakan dalam berbagai kebudayaan. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya. Apa saja khasiat serai yang belum banyak diketahui?


Spoiler for manfaat 1:


Spoiler for manfaat 2:


Spoiler for manfaat 3:


Spoiler for manfaat 4:


Spoiler for manfaat 5:


Spoiler for manfaat 6:


Spoiler for manfaat 7:


Spoiler for manfaat 8:


Tips n Trick Pengolahan Serai / Sereh

Spoiler for Pemanfaatan Sederhana:



Dengan banyaknya fungsi Serai ini, diharapkan ke depannya seiring dengan berkembangnya pengetahuan masyarakat terkait dengan pengobatan alternatif, bisa memperluas penggunaan Serai dimana bukan hanya dijadikan sebagai bumbu masakan namun juga sebagai herbal kesehatan.

Penggunaan daun Serai untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di atas memiliki banyak keuntungan, yakni selain mudah didapatkan dan murah, juga tidak memberikan efek samping apapun jika penggunaannya tepat.

semoga bermanfaat





Spoiler for attention please:
tiada PERTAMAX diantara kita
Wedang serai salah satu menu favorit ane kalo lagi mampir di House of Raminten Jogjakarta
Spoiler for "wedang serai":

Thumbs up 

Sangat bermanfaat banget gan.,...


Mampir ya gan,..
Spoiler for "lapak sudi mampir":

mantap gan,

ini merupakan potensi lokal kita yang yang belum dimanfaatkan secara maksimal
wah baru tw ane, info bagus nie...

ane bantu
udah tanem d depan rumah gan...
nice share gan!!
nice info gan..

ane tambah banyak pengetahuan.

nambah pengetahuna ane gan

sambal tradisional suku karo menggunakan serei bahan utamanya jg aada gan, dicampur cabe merah ama bawang, trus di haluskan, bisa dimakan mentah, bisa jg bahan2na di goreng dulu.

rasanya gan, maknyosss........
maaf ya gan, threadnya berantakan
TS masih nubie nih,

klo berkenan lemparin ya gan

atau tinggalin jejak di
nice info gan baru tau ane
ternyata banyak manfaatnya juga ya
nice gan..jadi tambah ilmu ni
wah nice info gan...
baru tau ane gan..

Quote:Lapak Ane Lainnya :
SCREEN GUARD
Screen Guard Diamond SGP
CASE IPHONE
CASE IPHONE 3D For iPhone 4 / 4S RILLAKUMA, PANDA, HELLO KITTY
Ane Bantu Rate Gan ... Nice Share Moga juga bisa Bermanfaat bagi agan2 lainnya
kalau di tempat ane sereh gan,,
emang banyak manfaatnya dari bumbu masak dapur hingga kesehatan
nice info gan baru tau gw serai manfaatnya byk
kl nyayur gak pake sereh gak enak gan