[Waiting Lounge] Jiayu G3



Spoiler for penampakan lama:

Spoiler for tampak belakang:

Spoiler for Previous Concept:

Halo agan, setelah beberapa cerita hunting HP android, akhirnya TS bertemu salah satu "kandidat" HP yang kemungkinan menggantikan HP lama TS.
Spoiler for "Intro":

Spoiler for "Spesifikasi":


Preview:
Spek Jiayu G3 dari chinaphonereview.com
Rumor dari gizchina.com: release dalam Jelly Bean dan Gorilla Glass
Jiayu G3 video, design yang mirip iPhone 5 lengkap dengan video
6 HP android pilihan Andi Sykes (gizchina.com) yang ditandingkan dengan iPhone 5
Rumor Harga Jiayu G3: range 210 - 370 USD
Rumor spek awal Jiayu G3


Other recommended read:
Why I Wish Meizu Would Build An Ultrabook!
FAQ (Frequently Asked Questions) part 1
Q: Siapa Kris Amora?
A: Pembangun website chinaphonereview, seperti jg TS, dia tertarik dengan product "alternatif" alias murah, seperti ada di about me di webnya:
"Hi! I'm Kris. Thanks for visiting my site! Before, I was just searching for inexpensive smartphones online but I couldn't get enough useful reviews. So I decided to put up a website which focuses on the alternative brands, so people like me who are on a tight budget could have better options."

Q: Orang Indo kah?
A: Bukan

Q: Siapa Andi Sykes?
A: Nah abah satu ini lebih menarik, dia adalah pemilik web blog gizchina.com yang fokusnya tentang gadget kalau agan baca other preview di Thread Start (link paling bawah), dia disana jelaskan soal ex-apple-fanboy-turn-into-android-maniac dengan Meizu M9 nya. Bule tapi udah tinggal di cina lebih dari 10 taun, dari tulisannya seperti salah satu calon pengguna Jiayu G3, tapi mungkin harus lebih open minded kalau baca tulisan dia karena dia cenderung android-fanboy skrg. Bisa dibilang gak terlalu netral soal gadget.

Q: Di chinaphonereview.com ada banyak HP lain dan semua bentuknya adalah jiplakan HP2 populer seperti iPhone, Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy Notes dll, apakah itu bagus juga?
A: Ini agak susahnya di HP cina, banyak model "knock-off" bahkan Jiayu G3 sendiri konon adalah HP "knock-off" dari iPhone 5, tapi yang pasti di Cina ada 6 merk HP yang cukup terkenal dan integritasnya lebih baik dari merk laennya yang agak terang2an gak kreatif seperti HDC (doyan "Knock-Off" HTC, iPhone dan Samsung dengan spek jauh di bawah). Jadi untuk bayangan gampangnya ada 6 manufacture yang udah lumayan "bonafit":
1. Huawei: Beberapa productnya udah masuk indo dan TS sempet coba Ascend P1 di salah satu pameran di CP, menurut TS, Ascend P1 cukup nyaman digunakan dan Camera nya salah satu yang terbaik (bahkan mengalahkan Sony Xperia S yang 12 MP sekalipun, IMHO)
2. ZTE: HP current TS skrg, udah 2 taun pakai gak pernah ada masalah, sudah ICS (custom ROM) dan super smooth (untuk ukuran processor 600 Mhz)
3. Meizu: Silakan buka gizchina.com dan serch Meizu. Di negaranya sendiri, HP2 merk Meizu mengalahkan iPhone antriannya kalau release. Di gsmarena.com, pertandingan monster-monster quad core, Miezu MX Quad core disebut sebagai kuda hitam yang mampu bersaing bahkan dengan arguably best phone saat ini (Galaxy S3)
4. Xiaomi: TS jarang search soal Xiaomi, tapi TS tau kalau Xiaomi menggunakan UI buatan sendiri yaitu MIUI yang rasanya cukup terkenal karena banyak custom ROM yang based on MIUI. Konon cukup populer untuk disejajarkan dengan UI yang terkenal seperti Sense-nya HTC atau Touchwiz-nya Samsung
5. Zoppo: Temen TS udah ada yg punya satu HP dari sini. Kesan: Bagus, smooth dan buildnya berasa Lux meskipun mungkin sayang harganya cukup tinggi untuk HP Cina, tapi dia salah satu yang after supportnya bagus dan punya CS yang bisa bahasa inggris. Perusahaan satu ini udah cukup "serius" buat go international dan sudah punya cabang di Itali
6. Jiayu: Meskipun tergolong baru tapi 2 product pertamanya cukup sukses, di chinaphonreview, bagian Jiayu G2 Kris Amora sendiri sudah membeli HP Jiayu G2 dan di bagian comment ada contoh hasil jepretan juga beberapa review pendek dari dia. Tentu saja jangan lupa Jiayu G3 yang bikin Andi Sykes keleper2

Q: TS berniat beli HP ini?
A: Sedang dipertimbangkan bukan karena ragu-ragu dengan brand-nya tapi karena TS masih mempertimbangkan keep HP lama atau ganti, tapi kalau ganti sepertinya bakal pilih ini.

Q: Kenapa HP Cina bisa dibilang "Kuda Hitam" Android?
A: Selain Harga, TS setelah baca-baca beberapa review, salah satu yang menarik contoh Meizu, mungkin karena product masih sedikit, tapi semua jajaran HP dia sekarang sudah sedia ICS secara official. Bahkan M9 milik Andi Sykes yang sudah berumur 2 taun (Baca: Why I Wish Meizu Would Build An Ultrabook! ), cukup masuk akal, penduduk cina yang kisarannya 2 Miliyar orang, pasti ada aja orang yang bisa dibayar buat oprek HP berbagai jenis dan melakukan upgrade, dengan jumlah penduduk yang sama pula harganya bisa dibanting abis-abisan dengan kualitas yang bisa jadi gak kalah. Jangan lupa juga manufaktur high-end, bahkan perusahaan sekelas Apple pabrik perakitannya di Cina juga dengan alasan ini, mereka bisa "curi" teknologi dan mengembangkannya bahkan lebih baik dari sebelumnya, yahh bisa jadi sih hasilnya barang-barang "knock-off" juga

Q: Apa sih barang "Knock-Off"?
A: Kalimat pendeknya: Jiplakan, biasanya cuma luarnya, dalemnya speknya dipangkas abis2an. Contoh:
- HDC A9250 Super Galaxy Nexus knock off dari Galaxy Nexus
- 07 HDC G23i ONE X S720E knock off dari HTC One X
- HDC Galaxy I9300+ S3+ knock off dari Samsung Galaxy S3
- Star Xperia S LT26 (X26i) knock off dari Sony Xperia S

Q: Baguskah merk-merk "Knock-off"?
A: Kurang tau gan tapi kalau agan berniat beli resiko tanggung sendiri

To be Continue..
FAQ2 ***********Reversed**************************
FAQ3 ***********Reversed******************
ALL ABOUT JIAYU G3 *********************REVERSED*****************************
ALL ABOUT JIAYU G3 *************REVERSED********************
wah hh mangtab tapi kok sepi amir ya
Quote:Original Posted By eradon077
wah hh mangtab tapi kok sepi amir ya


image HP cina gan dengan stereotype "murahan" tapi yang ini boleh dipertimbangkan sih.

PS: saat ini, HP ini masih banyak yang belum jelasnya, simplenya, waktu semua orang kira bakal release ternyata pihak Jiayu sendiri masih belum produksi barangnya. 2 gambar di bawah ini adalah vote, mau seperti apa warna yang diinginkan "oreo" silver strip atau full black. Ada yang bilang juga release date dipush mundur karena persiapan Jelly Bean.

Penampakan baru:
Spoiler for penampakan:
mantap nih, Hpx terkesan kokoh. ane sih berharap banget tuh HH ini dan yang cukup top brand lainnya semacam meizu, dkk. mau masuk ke indonesia lewat distributor resmi dan buka service center di sini. soalnya ane liat spek dan harga yang mereka tawarkan, bagus banget. belum lagi secara kualitas mereka tergolong baik. Cuma karna susah di dapat di indonesia dan jaringan purna jual resmi yang belum ada saja yang bikin hh ini belum populer di sini. (saya aja tertarik, cuma selalu memikirkan layanan purna jualx yang belum ada di indonesia aja yang bikin ane menahan diri)
idem agan diatas, qc hp china non branded memang meragukan....
tapi kalo memang hp ini masuk resmi ke kisini & harganya terjangkau ane vote hp ini, imo s88 dengan spec sedikit dibawah hh ini aja dah bikin heboh, apalagi kalau Jiayu G3 bener masuk resmi.... , rebrand gpp deh, biar rasa "lokal" ..
ane juga minat nih gan ama smartphone ini selain IMO S88: Android ICS Dual SIM Dual Core 1GHz Camera 8MP Layar 4.3"

kira2 harganya bisa dibawah Rp2 juta ga ya si Jiayu G3
lalu jeroan nya sendiri bagaimana, Gan ?
meizu kan jelas tuh hardware yg dipakai apa seperti chip set audio, layar, gorilla glass dan lain sebagainya
@adhysaputra + alaswingit: betul gan, rencananya kalopun beli memang berniat agak gambling, pengalaman gw beli HP di luar (tanpa ada purna jual resmi di indo) yaitu ZTE Blade import lewat web emang agak ngeri tp so far so good sih, masih smooth dan gak ada masalah berarti selain spek yg udah ketinggalan jauh dan update yg harus colok rom custom karena sudah tidak ada support dari official vendornya.

@channelv: Saat ini pre-order (gak resmi) berkisar USD 210 s/d 250, plus pajak 17.5% dan ongkir end pricenya mgkn sekitar 2.7 jt, IMO S88 jg keren, alternaitf selain G3, spek deket sih dan UI-nya tampak menarik, wkwkwkw boleh jg jadi pertimbangan nih, udah ada resminya pula.

@FT86: Jerohan dalem pake chipset Mediatek 6577 dual core, itu yang udah pasti, gosip2nya pake gorilla glass dan alloy body, tapi untuk 2 yang terakhir itu gw agak ragu soalnya nih HP harganya terlalu miring buat dapet 2 barang terakhir.

Meizu dah banyak yang pakai gan di Indonesia, malahan dah ada loungenya sendiri di kaskus, ane juga pake meizu m9, mantap nih hape dengan harga miring
Quote:Original Posted By wrankle
Meizu dah banyak yang pakai gan di Indonesia, malahan dah ada loungenya sendiri di kaskus, ane juga pake meizu m9, mantap nih hape dengan harga miring


Betul gan, si Jiayu ini komunitasnya lumayan besar jg, forum officialnya aktif, cuma sayang bahasa dewa panda -__- pake google translate tetep amburadul
kalo chipset audio nya bagus ane pengen beli satu tuh, Gan
Quote:Original Posted By FT86
kalo chipset audio nya bagus ane pengen beli satu tuh, Gan


Kalo audio kurang tau gan, gak terlalu banyak info. Kalo gw sendiri ngejar di default packagenya yg udah lengkap:
1. untuk dual sim (yg lbh boros batre pastinya) kapasitas bawaanya udah 2750 mAH. Dengan harga segitu bener2 udah good bargain sih buat gw,
2. Seperti jg yg udah gw bilang di atas, dual sim, satu SIM kutukan yg gak bisa diganti karena orang2 udah tau nelp kesitu, satu lagi bisa buat data only (yg bisa nyala 3G connectionnya cuma slot pertama) tp dual-on untuk terima telp.
3. Camera, meskipun ini bukan sample dari G3, tapi harapannya hasil jepret G3 lebih bagus atau mininmal sama persis dengan G2 yang merupakan generasi sebelumnya dari G3. Untuk G2 ini samplenya gan, dari webnya chinaphonereview.com:
- Sample 1: bright light condition
- Sample 2: bright light condition
- Sample 3: dim light condition
- Sample 4: dim light condition

Hasil jepretan kondisi dim light kurang ngegigit sih.
wow hp hp china makin pantas utk dilirik, salah satu fitur penting hp china yg gak bisa disaingi oleh merk terkenal yang paling ane suka adalah : dual sim-nya gan! alias bisa dua kartu!!!
diluar itu merk doank yg menang!!
Quote:Original Posted By PensiunanJunker
wow hp hp china makin pantas utk dilirik, salah satu fitur penting hp china yg gak bisa disaingi oleh merk terkenal yang paling ane suka adalah : dual sim-nya gan! alias bisa dua kartu!!!
diluar itu merk doank yg menang!!


Hooo, betul itu, gan. Beberapa HP Cina udah diakui international dari sisi kualitas dan buildnya seperti Meizu dan Xiaomi
Beberapa pabrikan baru seperti Jiayu (yg build Jiayu G2 dan G3) ini tergolong baru tapi dia pabrikan sendiri gak nebeng pabrikan laen seperti Zopo.
Tapi... Zopo pun lumayan serius go international, dia udah ada web official bahasa inggris dan CS-nya bisa ngomong bhs inggris sebagian dan terkenal dengan after support-nya bagus.

Meskipun sayang masih banyak pabrikan kyk HDC yg gak "malu-malu" knock-off HP merk terkenal laen.

Sayang belum ada yg mau bawa ke indo
Quote:Original Posted By PensiunanJunker
wow hp hp china makin pantas utk dilirik, salah satu fitur penting hp china yg gak bisa disaingi oleh merk terkenal yang paling ane suka adalah : dual sim-nya gan! alias bisa dua kartu!!!
diluar itu merk doank yg menang!!


Ane pemakai JIAYU G2, puas banget , boleh dikata dengan harga segini ga ada Android yang bisa lawan :

- RAM 1GB
- IPS Screen 4"
- Score Antutu 3699 ( test sendiri )
- Video Capture full HD

Sedang menantikan terbitnya Jiayu G3