KASKUS

[kuliner] sate kambing/sapi/ayam mahal ?? Cobain sate yang satu ini gan !!!

Spoiler for Sate Gembus:


Quote:Maraknya pemberitaan media massa mengenai produksi tempe, membuat ane teringat pada kenangan semasa sekolah di kota Solo, tepatnya daerah Surakarta.

Pengalaman saat makan yang bernama Sate Kere atau biasa disebut Sate Gembus. Unik ya namanya, hidangan ini kesannya kok proletar sekali. Barangkali karena sate tersebut bukan berasal dari daging, melainkan dari tempe gembus. Tempe gembus adalah tempe yang terbuat dari ampas tahu. Pada dasarnya ampas tahu merupakan makanan ternak untuk sapi, namun karena faktor ekonomi ahkirnya dibudidayakan menjadi makanan.

Ampas tahu diberi ragi kemudian di bungkus menggunakan plastik kecil-kecil dan dibiarkan selama semalam hingga tumbuh jamur tempe yang warnanya putih. Tekstur tempe gembus lebih lembut dan kenyal dibandingkan tempe yang berasal dari kedele. Dan karena dari ampas maka harganya pun sangat murah sekali.

Sate kere sendiri merupakan makanan khas dari Surakarta (Jateng). Mengapa di namakan sate kere, karena tempe tersebut dari tempe gembus yang identik dengan kelas menengah ke bawah. Untuk penyajiannya sendiri sama seperti dengan sate daging. Ada lontong dan sambal kacangnya.

Jika daging tanpa proses pembumbuan, maka sebelum disemat di tusuk sate, tempe gembus harus diolah terlebih dahulu baru disemat kemudian dibakar. Di samping dibuat sate kere, tempe gembus juga bisa di olah menjadi beberapa masakan. Antaranya digoreng dengan tepung atau dimasak oseng-oseng cabai hijau.

Mengenai gizi, karena tempe tersebut berasal dari ampas tahu, tentu kadar gizinya pun sangat rendah.

Bila dibandingkan dengan tempe kedele komposisi asam amino tempe gembus sangat mirip, hanya saja pada tempe gembus tidak terdekteksi adanya prolin, cystein dan tryptphan. Namun dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam tempe gembus di duga terdapat lemak tak jenuh(PUFA), serat dan kalsium yang dapat mempengaruhi profil lipid dalam darah.

Dan di dalam tempe gembus juga terdapat asam lemak esensial yaitu asam linoleat (21.51%), asam lemak tak jenuh oleat (16.72%) dan linolenat (1.82%). Jenis-jenis asam ini sama dengan kandungan pada tempe kedele, hanya kadar gizinya tidak bisa disamakan.

Berbeda dengan tempe bongkrek yang ditenggarai beracun, hingga pemerintah melarang untuk mengkomsumsinya. Tempe gembus pun akan menjadi sama beracunnya jika pengolahannya kurang bersih. Bahkan terkadang bisa berdampak alergi.

Cara pengolahan yang tidak sehat pada tempe gembus akan membuat bakteri pseudomonas cocovenenans berkembang biak. Karena bakteri tersebut biasanya tumbuh pada bahan-bahan parutan kelapa.

Nah, jika produksi kedele mengalami kembang kempis. Lalu bagaimana dengan nasib tempe gembus?. Jika kedele menjadi bahan langka dan mahal sama artinya tempe gembus pun akan menghilang dari pasaran.

Walaupun terkesan “kelas bawah” namun nasib nya sangat tergantung pada produksi tanaman kedele.

Sate kere merupakan salah satu makanan khas kota Surakarta. Bisa diartikan sebagai salah satu budaya masyarakat.

Haruskah budaya makanan unik tersebut menjadi tenggelam, hanya karena langka-nya mendapatkan kedele ? Atau tempe gembus akan naik kasta seiring meroketnya harga kedele sebagai bahan dasar tempe dan tahu.


Sumber : Jebakan Ra's al Ghul  (kesehatan.kompasiana.com)


Terakhir ane makan sate gembus berlokasi di seberang Depot Es Nini Thowong (Jl. Arifin No. 32 Solo) maknyosss ajib rasanya gan!


Quote:Silahkan kiranya Kaskuser sekalian sudi mampir ke thread ane yang lainnya..

Inilah Makanan Favorit Para Presiden RI!  (www.kaskus.co.id) HOT THREAD !!

Satu2nya Wanita Di Dunia Yg Sukses Melakukan Operasi Bedah Sesar Thd Dirinya Sendiri  (www.kaskus.co.id) HOT THREAD !!

[Sadiss] Hutang yang harus dilunasi selama 30.000 tahun !!!  (www.kaskus.co.id)

Inilah Hobi Unik Para Pemimpin Dunia !!!  (www.kaskus.co.id) : : : : :

Pipis Saat Bermimpi Itu Karena Otak dan Emosi Agan/Sista Sedang Begini [?]  (www.kaskus.co.id) : : : : :

Ditemukan Hewan Unik Mirip (Maaf) Penis !!!  (www.kaskus.co.id)



Tolong diberi komentar dan di juga yah Threadnya..


Thanks before and after


AJE GILE HOT THREAD KE-3 DALAM SEMINGGU!!!

Spoiler for Emak, Abah, Enyak, Engkong, Ane dapet HT Lagi nih!:
di tempat ane namanya tempe EMBUS gan,,,,,

Quote:
Anda ingin tinggi? pengen yang simple tanpa efek samping?

HARI INI HARGA PROMO

*Klik gambar dibawah ini

  (www.nambahtinggi.com)
di tempat ane kaya nya belom ada gan ,
adanya sate lokan/sate kerang
udah imsyak gan gak boleh mamerin foto makanan dulu
jiahh ane bru tau ada sate tempe gembus gan
di tempat ane kaya nya belom ada gan ,
adanya sate lokan/sate kerang
Sate gembus belum pernah nyobain ane
jd pnasaran ane sm rasanya gan :mata belo
ane baru tau gan
btw nais share gan ane bantu
ane baru tau gan, patut di icip nih
boleh juga gan , klo ane biasanya suka beli tempe bakar doang
sedih amaaatt gan namanya sate kere
aw aw aw,, bumu kacangnya bikin ngiler
klo disini nama tempenya tempe MENJES gan
Quote:Original Posted By midastouch
sedih amaaatt gan namanya sate kere


Iya gan tapi rasanya enak kok

Smile sip gan

Mantap juga tread ini gan!

sekalian numpang sundul gan

wah rasanya gmana ya ?
ane belum pernah coba satenya
rasanya enak gan... tapi kayaknya gak ada gizinya...
ada to gan sate gembus,tak kirain td sate kecoa