KASKUS

Thumbs up Peresmian Pabrik Gondorukem Terbesar se Asia Tenggara

!!! WELCOME TO MY THREAD !!!


Udah tau belum gondorukem itu apa??
pasti sebagian udh ada yang tau ya, ,,
nah bagi yg belum tau, ini nih ane beri sedikit penjelasan gondorukem itu apa,
ini ada pict.na gan, ,


Spoiler for gondorukem:



Quote:
Gondorukem (resina colophonium) adalah olahan dari getah hasil sadapan pada batang tusam (Pinus). Gondorukem merupakan hasil pembersihan terhadap residu proses destilasi (penyulingan) uap terhadap getah tusam. Hasil destilasinya sendiri menjadi terpentin. Di Indonesia gondorukem dan terpentin diambil dari batang tusam Sumatera (Pinus merkusii). Di luar negeri sumbernya adalah P. palustris, P. pinaster, P. ponderosa, dan P. roxburghii.
Gondorukem diperdagangkan dalam bentuk keping-keping padat berwarna kuning keemasan.
Kandungannya sebagian besar adalah asam-asam diterpena, terutama asam abietat, asam isopimarat, asam laevoabietat, dan asam pimarat.
Penggunaannya antara lain sebagai bahan pelunak plester serta campuran perban gigi, sebagai campuran perona mata (eyeshadow) dan penguat bulu mata, sebagai bahan perekat warna pada industri percetakan (tinta) dan cat (lak)
Di Indonesia, komoditi ekspor ini dihasilkan secara monopoli oleh PT Perhutani, terutama dari penanaman tusam di hutan pegunungan Jawa yang menjadi lahan konsesi BUMN itu.


Nah sekarang udah tau kan gondorukem itu apa , , ,

di jawa tengah sendiri emg di kenal sebagai penghasil gondorukem terbanyak nih, dan mulai tahun ini di daerah saya, yaitu di pemalang di bangun pabrik gondorukem dan di klaim sbg pabrik gondorukem terbesar se Asia Tenggara, dan di resmikan oleh Bapak Dahlan Iskan, ,

utk lebih jelasnya gini niih ceritanya, ,,
Cekibrot ....>>




Quote:

MENTERI Negara BUMN Dahlan Iskan didampingi Dirut Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto berkunjung ke Kabupaten Pemalang untuk meresmikan dimulainya pembangunan pabrik derivate gondorukem terpentin dengan penancapan tiang pancang pertama, Senin (25/6) kemarin.
Dengan ditancapkannya tiang pancang tersebut menjadi tanda dimulainya pembangunan pabrik gondorukem yang digadang-gadang sebagai pabrik gondorukem terbesar se- Asia Tenggara.
Dalam kesempatan tersebut. Dirut Perhutani mengungkapkan, pembangunan pabrik ini merupakan tindak lanjut dari retreat BUMN di istana Bogor tahun 2011. Pabrik ini dibangun dengan total investasi sebesar Rp 938.304 miliar. Dengan luas bangunan pabrik direncanakan 2,5 hektar dengan luas lahan 6,3 hektar.
Proses pembangunan hingga selesai direncanakan selama 18 bulan. Pabrik yang akan dibangun ini akan memiliki kapasitas bahan baku getah pinus mencapai 24.500 ton pertahun. “Pabrik ini adalah satu-satunya pabrik derivate terpadu, terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara,” ungkapnya.
Mengapa Kabupaten Pemalang yang dipilih untuk lokasi pabrik? alasannya lokasi ini dekat dengan bahan baku dan pelabuhan. Dengan adanya pabrik ini tidak kurang 1650 orang akan diserap menjadi tenaga kerja.
“Pembangunan pabrik ini adalah bukti keseriusan Perhutani meningkatkan pendapatan non kayu di masa depan dalam rangka konservasi hutan Jawa,” ungkapnya.
Meneg BUMN dalam kesempatan tersebut menyampaikan alasan pembangunan pabrik tersebut bagi BUMN. Menurut dia, kenapa harus dibangun adalah karena dia ingin Perhutani bergerak, hidup dan terus berkembang.
“Kalau tidak dipaksakan, kadang kita malas berubah. Kalau tidak dipaksakan, kadang kita tidak mau maju. Karena itu harus dipaksa,” ungkapnya.
Perhutani tidak punya jalan lain dalam mega proyek ini, karena jalan satu-satunya pabrik harus maju, kalau tidak maju tidak bisa bayar utang begitu. “Untuk bisa maju harus hutang. Untuk bayar hutang, harus maju,” tegasnya.
Dia juga menegaskan bahwa investasi harus terus dilaksanakan agar pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Proyek-proyek tidak boleh ditunda karena keruwetan atau karena malas.
Pemerintah ungkapnya, telah mencanangkan pertumbuhan ekonomi 6,5 persen. Hal itu tidak mungkin dicapai jika tidak sungguh-sungguh dan tidak berupaya untuk terus mengembangkan proyek-proyek baru.
“Ekonomi diluar negeri sedang jelek sekarang. Amerika, Eropa sedang jelek. Tapi jeleknya orang kaya, jangan dibayangkan susah banget, enggak. Ini memberikan satu gambaran ekonomi sedang tidak baik. Kalau Indonesia tidak bergerak maka Indonesia akan ketularan tidak baik,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menambahkan, jika Eropa saat ini tidak baik mungkin tak seberapa. Karena, sakitnya orang kaya, berbeda dengan Indonesia yang miskin.
“Sehingga mau tidak mau kita harus berbuat sesuatu. Termasuk Perhutani harus berbuat sesuatu untuk membuat ekonomi ini terus bergerak.”
Tahun ini, lanjut dia, Perhutani mendapat beban yang berat dari Kementerian BUMN. Pertama proyek tersebut harus jalan. Karena dampaknya akan luar biasa. “”Kita bayangkan nanti rakyat yang bekerja menderes. Ini memberikan kehidupan bagi banyak orang,” ungkapnya.
Selain itu, Dahlan juga menambahkan bahwa tahun ini Perhutani olehnya dibebani untuk menegakan akal sehat. Harus ada proyek yang seharusnya ada, tapi sekarang belum ada. Yaitu membangun pabrik sagu di Papua. Rencananya untuk menggabungkan beberapa perusahaan kehutanan menjadi satu dalam satu manajemen perhutani.
Peresmian ditandai dengan Menteri dan beberapa pejabat, termasuk H Junaedi SH MM Bupati Pemalang secara bersama-sama menekan tombol yang dilanjutkan dengan mesin paku bumi menancapkan patok.




nah begitu gan ceritanya. . ..

Sekaian dulu thread dr ane, , ,
kaskuser yang baik kalau merasa trit ane bermutu boleh dong kasih ane
dan jangan lupa
dan jangan lupa komeng yang bermutu




Spoiler for sumber:
Numpang nyimak dulu...

mirip emas ..

ternyata ane berhasil pertamax

Spoiler for Nitip lapak ane "Hadiah buat pasangan" :
ane aja baru denger namanya, Gondorukem
Quote:Original Posted By almond_alm
fgsfs

Jungker maho

Wuih kayak emas gan.....



Trus ane Harus Bilang W - - - O - - - W Gitu, sambil teriak2 di Wc

Thank artikelnya Ooops..... kamsud ane nice inpoh.....

Kayaknya itukan gambar wkwkwkwk

Quote:Original Posted By Sure.O.F
ane aja baru denger namanya, Gondorukem


emg unik gan namanya

Quote:Original Posted By jogja013

Jungker maho

Wuih kayak emas gan.....



Trus ane Harus Bilang W - - - O - - - W Gitu, sambil teriak2 di Wc

Thank artikelnya Ooops..... kamsud ane nice inpoh.....

Kayaknya itukan gambar wkwkwkwk



sipt , , ,
sebelah ndi rah kwe?
Quote:Original Posted By Cabakkeyl
sebelah ndi rah kwe?


ente wong pemalang boz??
Yah bagus deh.
Buat nambah2in pemasukan negara.
Quote:Original Posted By iCloth
Yah bagus deh.
Buat nambah2in pemasukan negara.


yaah pastinya, tp klo tdak ada dana yg d selewengkan, , ,
Bagus tuh, bisa nambah pemasukan negara.
wah, bagus deh kalo di Pemalang mau dibangun pabrik gondorukem terbesar se-Asia Tenggara. Itu artinya Pemalang ada kemajuan, soalnya dibanding Kab. tetangga itu Pemalang paling cemen. Liat aja Tegal, Pekalongan, Purbalingga, mereka udah lebih dulu berkembang. Semoga dengan dibangunnya pabrik gondorukem, perkembangan Pemalang jadi semakin pesat dan semoga birokrasi tidak dipersulit lagi. hahaha
sebelah ndi rah kwe? s
Tempatnya di gudang balok bojongbata
liat gambarx...
kirain emas
Quote:Original Posted By ddek23
wah, bagus deh kalo di Pemalang mau dibangun pabrik gondorukem terbesar se-Asia Tenggara. Itu artinya Pemalang ada kemajuan, soalnya dibanding Kab. tetangga itu Pemalang paling cemen. Liat aja Tegal, Pekalongan, Purbalingga, mereka udah lebih dulu berkembang. Semoga dengan dibangunnya pabrik gondorukem, perkembangan Pemalang jadi semakin pesat dan semoga birokrasi tidak dipersulit lagi. hahaha


ye gan,,, ben pemalang maju,, bupatine sempok ka,, sing dipikir duite tok ra mikiri kesejahteraan wargane,, duwe bupati kaya ora duwe bupati.. ra tau katon
wih skrg udah ada di malang...
proyek strategis dari BUMN Perhutani .... nice job ....

Asal jangan di korupsi yah .....
wah ane jg pemalang gan.
jadi inget jaman dulu kalo mo nyolder mantep ujung panasnya ditempelin ke gondorukem dulu... timahnya jadi lebih gampang nempel
baru paham gondorukem ane
×