Preview Yamaha Vixion Version 2.0

Halo agan2 biker semua, kali ini ane coba buat thread tentang sepeda motor sport terlaris di Indonesia saat ini, yaitu Yamaha Vixion generasi ke 2.

Dari sejumlah blog tentang sepeda motor, sudah sejak sekitar awal tahun ini ada foto2 penampakannya di jalanan.

Mulai dari foto ini:

Spoiler for spyshot:



Dan sketsa:

Spoiler for sketsa:



Lalu foto2 teaser2:

Spoiler for teaser:



Kemudian foto2 setengah utuh:

Spoiler for foto setengah utuh:



Dari foto2 diatas, tampak jelas bahwa desain dan jeroan Vixion Next-G ini berubah cukup signifikan dari pendahulunya. Ane jabarkan satu-satu ya.

HeadLamp+Muka Depan:

Bentuknya masih mirip Vixion facelift yang mulai dijual 2010 kemarin, berbentuk ala tameng, dan ada miripnya ama punya sodaranya si Byson. Tapi kali ini ada windshield kecil yang disinyalir fungsinya sebagai anti-glare supaya pantulan sinar matahari tidak mengganggu rider membaca speedometer, saat siang hari. Posisi headlamp juga tampak lebih ke bawah, sejajar permukaan tangki, mengejar kesan merunduk. Posisi ini memang bisa membuat tampilan motor naked lebih sangar. Contohnya adalah Kawasaki ER6, Kawasaki Z1000, ato Ducati Streetfighter.

Speedometer:

Desainnya sepertinya berubah total dari Vixion pertama. Takometer keliatan masih analog, tapi penunjuk kecepatan kayanya digital, mirip punya Suzuki FU150.

Shroud:

Shroud alias kupingan tangki istilah kerennya bentuknya lebih besar dari Vixion pertama, disinyalir juga fungsinya untuk menangkap angin sebagai pendingin radiator lebih baik.

Spatbor Depan:

Bentuknya lebih manis dengan adanya cambang, yang biasanya hanya dijumpai di motor gede. (Motor kecil yang pake spatbor bercambang masih jarang disini, seperti Kawasaki Ninja 250R ato Minerva R150VX misalnya) Sepertinya ini masukan dan hasil survey dari konsumen. Biasanya sepatbor model begini banyak dijual di toko2 variasi.

Sok Depan + Sok Belakang

Sokbreaker depan kelihatan tidak banyak berbeda dari Vixion pertama, sepertinya diameternya tetap 33mm. Tapi sok ini juga sudah mampu memberikan redaman dan handling yang bagus buat motor sebesar Vixion. (Maunya sih kalo bisa sama kaya Byson yang 41mm diameternya, hehe coz Byson itu lebih mengarah ke desain Muscle Fashion Bike ) Perlu diketahui, diameter sok 41mm itu biasanya dipake di motor2 kelas 600cc - 1000cc, jadi kalo diaplikasi ke ke motor 150cc memang jadi sesuatu yang wah banget.
Sok belakang tampaknya masih sama dengan yang lama, cuma warnanya jadi kuning. Sok ini udah terbukti kuat dan gak ambles waktu buat boncengan, jadi sektor ini sudah oke.

Setang+Segitiga:

Terlihat desain setang tetap mengaplikasi model bar, karena emang paling nyaman dipake harian. Tapi sudutnya sepertinya tidak begitu meninggi seperti Vixion pertama, lebih mengejar kesan racing. Panel2 saklar dan balancer setang sepertinya juga tidak berubah desain.
Yang menarik adalah posisi kunci kontak yang ada di atas tangki. Motor2 kecil masih jarang yang mengaplikasi desain seperti ini. Kalo ane bilang lebih mirip punya Ducati.
Segitiga+raiser setang juga tidak berubah dibanding Vixion pertama.

Tangki Bensin:

Desainnya terlihat lebih gambot dan meninggi daripada Vixion pertama. Lebih enak nih buat menahan badan rider, agar gak maju ke depan waktu ngerem mendadak. Pintar juga yang membuat desain, coz salah satu daya tarik utama dari sebuah motor sport itu terletak di tangki. Yang menarik tutup tangkinya yang sudah mengaplikasi khas motor sport gede, tinggal buka aja, gak perlu mencabutnya. Lebih manis jugs secara estetika desain. Ada semacam kerah/cover juga yang kayanya juga menyambung ke area shroud, mirip tangki Yamaha R6. Tinggal kapasitasnya nambah ato engga ni?

Kerangka+Swing Arm:

Kerangka model deltabox dari Vixion pertama juga sepertinya masih akan nangkring di Vixion Next-G ini, tidak berubah secara desain. Tapi emang kerangka deltabox punya Vixion ini udah enak banget untuk menunjang handling motor. Buat menikung ekstrem tetap stabil, getaran mesin juga sangat minim kerasa sampe ke tangan rider.
Swing arm juga modelnya sekarang persegi, seperti type2 motor pada umumnya. Disinyalir akan lebih memantapkan kekuatan dan handling motor.

Mesin:

Mesin Vixion Next-G ini basisnya sama dengan pendahulunya. Cuma denger2 ada pengembangan di power sama jumlah gigi perseneling yang jadi 6. Belum bisa tau kalo belum ada speknya nih. Semoga power mesinnya nambah jadi 16 HP ato 17 HP. Yang jelas, sudah ada O2 sensor, jadi sistem injeksinya model close loop, waow canggih nih.

Muffler:

Desain muffler agak berubah dengan pelindung panas model baru, dan cover di ujungnya, mirip juga dengan punya Suzuki FU150.

Ban + Velg:

Dari foto tampak bahwa ban Vixion Next-G ini lebih besar ukurannya, dan sudah tubeless. Keliatan 120/70-17 untuk ban belakang. Untuk ban depan kemungkinan berukuran 90/80-17 ato bisa aja 100/80-17 kaya punya Byson. Yang jelas, kesan cungkring di Vixion baru ini sudah hilang.
Velg pun keliatan lebarnya lebih daripada Vixion lama, jadi kemungkinan pake ban ukuran sampe 130 ato 140 bisa nih.

Rem:

Untuk rem depan sepertinya masih sama perangkatnya dengan Vixion lama, cuma untuk rem belakang akhirnya mengaplikasi model RDB = rear disc brake juga. Tercatat, sepeda motor sport keluaran Yamaha sini yang pake RDB terakhir adalah Yamaha TZM dan Touch di akhir 90an, jadi udah lama memang gak ada produk sport Yamaha lokal yang pake RDB. Suatu peningkatan value juga.

Jok:

Dari foto tampak juga jok Vixion baru ini mirip desainnya dengan yang lama. Bukan model susun ato terpisah seperti punya Kawasaki Ninja 150RR ato Ninja 250R. Karena Vixion ini gen bawaannya adalah motor turing, maka desain jok menyatu adalah yang paling pas secara ergonomi buat rider ato boncenger.

Body + Spatbor Belakang:

Untuk lampu remnya ada kesan mirip punya Kawasaki Ninja 250R, tapi warnanya smoke, trend yang coba diusung Yamaha saat ini. (Jupiter MX dan Soul GT sudah menerapkan) Memang membikin aura elegannya lebih tampak.
Spatbor belakang juga desainnya masih panjang seperti Vixion pertama, tapi lekuk2 artistiknya lebih dapet. Meskipun secara fashion kurang, tapi secara fungsi sangat maksimum. Air hujan tidak akan terciprat sampe atas banget. Maunya si kalo bisa desainnya mirip punya Yamaha R6 ato Byson, tapi is okay lah.


Tinggal harga motor ini yang belum ketauan. Tapi selama masih di bawah 25 juta, masih oke banget value for money nya.

Demikian kira2 yang bisa ane jelasin, monggo komentarnya agan2 semua. Kalo yang pengen ya nabung dulu dari sekarang. Ane sih jujur pengen banget, coz udah 5 tahun ini menikmati enaknya Vixion lama, jadi yang model kedua dengan segala penyempurnaannya ini, layak dinantikan

Thanks To:

www.tmcblog.com

www.iwanbanaran.com

www.bachtiaryuan.wordpress.com


kayaknya bagus tuh

sekilas kyk bajaj ya

liat pic yg ini jadi inget ama er6n
Quote:Original Posted By hrdy

sekilas kyk bajaj ya

liat pic yg ini jadi inget ama er6n


emg bentuk2 ini kayanya yang akan jadi trend ke depan buat motor2 sport lokal, tinggal ditunggu jagoan2 dari Honda, Suzuki, Kawasaki, n Merek2 India
what else
wah keren nih gan, pake cakram blakang, spido digital, bodinya lebih modern, aduhhh
Quote:Original Posted By Aswardon
keren lbh bagus dari 200ns
Hidup maho
atas ane cakep





jelek bagusan 200ns

hidup bajaj !!!!!!!!!!!!!!!!!
keren lbh bagus dari 200ns
Hidup Yamaha
Quote:Original Posted By andsyaf
wah keren nih gan, pake cakram blakang, spido digital, bodinya lebih modern, aduhhh


value nya jelas nambah tuh gan, ane juga baru nunggu nih

Quote:Original Posted By .Minerva.
jelek bagusan 200ns

hidup bajaj !!!!!!!!!!!!!!!!!


aga beda kelas gan, bajaj si mending dilawanin tiger ama scorpio, tapi ane juga suka tampang pulsar baru itu
mirip yamaha byson gan...

ampe brp y harganya....???
wah bentuknye keren bener gan..

cuman cc mesin ga nambah yak.??
klo menurut ane kok malah mirip pulsar yg 200ns yak ?
ane pgn tau lebih banyak ke mesinnya, apa masih sama kayak mesin lamanya ?
Quote:Original Posted By sonicr
mirip yamaha byson gan...

ampe brp y harganya....???


kemungkinan lebih mahal 1 jutaan lebih dari yg skrg, tapi dgn bentuk body baru, velg+ban lebih lebar n tubeless (sama dgn byson ukurannya), masih valuable banget tuh, asal gak sampe 25 juta aja gan, ane baru ngidam juga nie

Quote:Original Posted By ysc522
wah bentuknye keren bener gan..

cuman cc mesin ga nambah yak.??


cc nya tetep 150 gan, cuma kemungkinan power mesinnya nambah (semoga) coz jupiter mx baru aja powernya nambah, masa vixion engga ya

kalo cc nya nambah ntar kasian scorpio gak dapet jatah pembeli tuh

Quote:Original Posted By andreesurya93
klo menurut ane kok malah mirip pulsar yg 200ns yak ?
ane pgn tau lebih banyak ke mesinnya, apa masih sama kayak mesin lamanya ?


yah model2 streetfighter gini ini yang akan menjadi trend di motor sport lokal tahun2 ke depannya,

mirip dulu dekade 1990-2000an hampir semua motor sport lokal lampunya bulat kan, sampe2 kalo pas parkir berjejer susah ngebedainnya, kecuali yang tau banget soal motor

mesinnya masih tetep berbasis mesin lama yg skrg, cuma sepertinya ada sensor oksigen di ujung knalpot, yang berarti sistem injeksinya close loop, tapi kemungkinan besar akan ada upgrade performa, mungkin yang paling masuk akal adalah menyamai tenaga YZF-R15 version 2.0 yang sampe 16 an hp lebih (vixion sekarang cuma 14,88 hp)
update, ini tampang speedometernya, kombinasi analog n digital, mirip moge2 sekarang, simpel n mantaf modelnya

Spoiler for speedometer:
Ini nih tampang n desain moge naked/streetfighter type terbaru dari para pabrikan dunia, emang ada benang merah kesamaannya, yaitu bentuk headlamp yang rata2 agak berbentuk segitiga & trapesium, meninggalkan type bulat yang klasik.

Spoiler for Ducati Streetfighter:


Spoiler for Kawasaki Z1000:


Spoiler for Yamaha FZ8:


Spoiler for Honda CB1000:


Spoiler for Aprilia Shiver 750:


Spoiler for Suzuki GSR 750:


Spoiler for KTM Duke 990:


rata2 desain moge ini diadopsi juga ke desain motor2 cc kecil saat ini (< 250cc)
yg aneh, itu motor belum keluar kok udah ada di jalanan ????
Quote:Original Posted By barkman
yg aneh, itu motor belum keluar kok udah ada di jalanan ????


itu kan kefoto gak sengaja sama orang2 yang penasaran gan, istilahnya spy shot, udah umum kalo di produk2 otomotif ada penampakan2 di jalan gitu, kalo orang yg bukan pemerhati otomotif emg biasanya cuek aja liat gitu, tapi kalo yg ngeh pasti berusaha foto2 ato ngrekam sekalian sambil ngejar
keren bgt bro ,tp keluar dipasaran kira2 kapan nih?
atau sama kaya byson,yaitu pas udh lebaran langsung dipemesanan?
inspirasinya kan dari XJ6 ini
Spoiler for XJ6:

Spoiler for XJ6:

Spoiler for tail light:


tapi sayang spakbor belakangnya new vixi kegedean
coba kalo gantung macem byson
Quote:Original Posted By obet1991
keren bgt bro ,tp keluar dipasaran kira2 kapan nih?
atau sama kaya byson,yaitu pas udh lebaran langsung dipemesanan?


akhir tahun mungkin ya, kalo abis lebaran kayanya masih belum, jadi delivery pertama mungkin sekitar desember ato januari (menurut info n gosip yg masuk lho) tp klo bs lebih cepat si lebih baik jg