KASKUS

[INFORMASI] Yang Mau Kerja Kapal Pesiar Masuk...


Misi gan, om tante,.... ane mau jelasin sedikit about Kerja di Kapal Pesiar mengingat semakin banyaknya penipuan yang terjadi hingga puluhan juta. Berharap bagi yang baca bisa share dengan teman2nya yang punya rencana mau kerja di kapal pesiar.

Sebelum dan sesudahnya ane mau tegasi kalau ane :

1. Bukan agent kapal pesiar manapun
2. Bukan sedang bermaksud melakukan recruitmen

Ini terus terang murni karena ane kasian denger banyak banget orang yg ketipu baik sebelum berangkat maupun sesudah berangkat. So dengan mengenal dunia Kapal sebelum berangkat jadi mengurangi tindakan penipuan.

OKe, buat agan-agan yang lain yang udah pengalaman gak usah merasa tersaingi, Thread ini khusus agar mengurangi tindakan penipuan that's it, i don"t want to show off. Berbagi biar saling melindungi. Kalau ada perbedaan pengalaman just share gak perlu debat kusir. Kasi tau yang mau berangkat biar lebih matang.


Chapter One (Sebelum Berangkat)

Untuk lowongan di kapal pesiar biasanya terbagi dalam beberapa kategori dan range yaitu :

Restaurant Team :
1. Waiter
2. Asisten Waiter
3. Snack Steward atau Buffe Runner

Housekeeping
1. Cabin Steward
2. Assistent Cabin Steward
3. Pool attendant, daily Cleaner, night cleaner, staf mess

Kitchen
1. First Cook - Second Cook
2. Third Cook
3. Steward (dish washer-pot washer-garbage man-night cleaner)

Bar
1. Bar waiter
2. Bartender
3. Bar boy

Deck
1. Officer (first, second, third)
2. Engeineering, electric dll
3. Bosun
4. Wiper, Able boy, dll

Nah ane bikin no 1-3 tiap departemen kecuali deck krn deck bnyak banget jenisnya, artinya biasanya agent akan membuka lowongan di posisi yang no 3 (disini ane akan lebih menekankan hotel departemen dibandingkan deck) dengan syarat sbb :

1. Pernah bekerja di Hotel bintang 4-5 selama minimal 1 tahun
2. Memiliki sertifikasi kecapakan bidang kelautan (info dibawah)

Jarang tapi ada juga agent kapal buka lowongan di posisi no 2 atau 1, biasanya minta spesifikasi tinggi, minimal manager di hotel.

Oke setelah itu setiap crew yang lulus seleksi harus punya sertifikasi pelaut yaitu :

1. Pasport udah pasti but harus di endors di kantor syahbandar, ntar pasport kita di chop bahwa kita itu pelaut
Biaya : variasi masing2 daerah biasanya kl urus sendiri si paling 200-300 ribu kl pake jasa calo bisa 500 an

2. Seamen Book adalah buku pelaut yang menandakan bahwa kita tidak tidur di darat, kita tidurnya di laut so pihak imigrasi langsung tanda dan tidak mempersulit
Biaya : urus sendiri 100 ribu an. calo 300 ribuan

3. BST (Basic Safety Trainning)
Ini sertifikasi kecakapan kita tentang kapal. kita akan belajar tentang kapal, keadaan emergency, cara nurunin skoci, liferaft dll.
Biaya : 1,5 juta. Nah jangan sekali sekali agan nembak alias beli BST tapi ga ikut trainning ber resiko tinggi. kenapa, nanti pas di kapal ditanya sesuatu ama safety officer trus kita ga bisa jawab bisa dipulangin. trus itu sertifikat di issued ama IMO (International Maritime Organization) ada kode di sertifikatnya yang bisa dibuka dimana aja melalui internet kl yg palsu pasti langsung ketauan, so ikut aja trainningnya cuma 2 minggu kok.

4. SCRB (Safety Craft and Resque Boat)
Hampir sama kayak BST cuma sedikit lebih advance materi trainningnya lebih ke survival. Inti latihannya adalah kita tau kalau kapal tenggelam harus ngapain, ga hanya tenggelam kalau kapal dalam keadaan bahaya kita tau harus kemana dan ngapain bukannya panik
Biaya : 800 ribu. sama kayak bst jgn sekali sekali nembak, bahaya. Trainning 1 minggu

5. CCM (Crowd Crisi Management)
Juga sama tapi lebih banyak ke penanganan ke penumpang, bayangin di kapal passanger 3000 orang terjadi hal emergency pasti pada panik. latihan ini ditujukan agar mampu mengendalikan masa.
biaya : 800 ribu, sama jangan nembak. training 1 minggu.

6. Yellow Faver
Ini kayak imunisasi biar ga kena penyakit. biasanya buat kapal2 yang ke Afrika.
Biaya : 300 ribu. Ingat ini sekali disuntik maka tidak boleh disuntik lagi sampai 10 tahun kalau nggak bisa lumpuh.

Sebagian besar sih 6 itu aja sekalipun masi ada lagi spt AFF (advance fire fighting) dll. kalau ente apply buat deck maka makin lengkap lah sertifikatnya

so kalau lu ngurus sendiri kira kira biaya segini :
pasport : 200.000
seamen : 150.000
bst : 1.500.000
total : 1.850.000

plus scrb : 800.000
plus ccm : 800.000
yellow F : 300.000
total : Rp 3.750.000

kenapa ane pisah karena kadang, di beberaa agent mereka cuma minta pasport seamen ama bst that's it. tapi ada juga beberapa agent kapal minta semuanya so begitulah itung-itungannya.

CONTINUE...
CHAPTER TWO (BERANGKAT)

Oke let say agan lulus dan berangkat. Jangan lupa bawa mie instant, cabe, kecap manis/asin, abon atau apa karena makanan di kapal kadang ga cocok belum kalo pork atau beacon menunya. bawa paling ga usd 100 buat jaga2. pandai-pandailah udah gede ini. ntar juga dibreifing agent kok. nah ini yang pengen ane share buat yg pertama ke luar negeri. jangan takut dan bingung kalau tiba di airport international yg belum pernah kita kunjungin karena harus ber terus terang lebih membingungkan airport di indo ketimbang di negara lain. Di negara lain semua tanda dan informasi jelas pasti ga kesesat, dont't worry. ini yang kaitannya kalau transit. misal jakarta dubai dubai florida newyork.Yang ane mau tekankan disini gini :

- make sure itu flight kita conjunction ticket artinya bagasi kita yang kita masukkan di jakarta maka akan kita ambil di tujuan akhir bukan di tiap tiap transit kita harus pick up dan waktu check in harus di kasi lagi. biasanya agent udah arrange flight kita itu langung langsung. but ensure lagi waktu check in di jkt. biar bagasi aman. banyak kejadian bagasi tinggal di negara A trus crew nya di negara B.

Nyampe di kapal
- Ship Introduction
- Ambil uniform
- masuk cabin
- kerja

Umumnya kita dikasi satu hari nginap di hotel sebelum besoknya kapal datang dan kita join.

Ini yang mau aku share lagi berdasarkan pengalaman pribadi, agak takut nampilinnya tapi biar oke aku bikin adil. DI kapal akan ada 4 mayoritas nation :
1. Indonesia
(biar adil : orang kita tu suka telat, melawan, kerja terlalu memusingkan harga diri artinya kalau dimarahin langsung ga trima dll yg pernah di kapal tau la dll dll dll)
2. Philipine
(ga semuanya tapi dari pengalaman pribadi dan testimoni rekan ane : org pilipin pekerja keras tapi suka cari perhatian ke bos, licik, suka menjilat..sekali lagi ga semua tapi pengalaman pribadi ane spt itu dan ada juga kok yg baiknya luarbiasa ke ane selama di kapal)
3. India
(buat orang india yang baca ini aku harap ga marah dan anggap aku rasialis tapi ini share berdasarkan pengalaman pribadi bahwa teman sekamarku dulu india baunya minta ampun, itu aja ada yg lain tp gak lah, ntar sara lagi, sekali lagi ga semua india bau, ada yg wangi juga ko, cantik ganteng.
4. Latin (Peru, honduras, brazil dll)
(nah ini yang seru, latin so pasti suka party, minum, kalau udah party,.....tau sendiri lah nanti.


Sekali lagi ane tulis kelemahan bukan maksud jelekin tapi biar tahu ngadepin nantinya. Karena kalau boleh jujur ada juga orang indo temen ane yang bau, licik, penjilat ke bos, so don't judge the book by it's cover. Ane cerita di atas makanya ane bilang ga semuanya, mungkin itu yg ane temuin aja kali.

Well itu umat yang ada di kapal, sekarang job desk selama di kapal. Kerja di kapal kurang lebih sama kayak di darat tapi lebih ngejelimet,...disini biar untuk membantu teman2 saya mengklasifikasikan pekerjaan di kapal itu kedalam 3 jenis.

1. Fix Job : kerjaan yang udah pasti ente kerjain tiap hari, ituuu ituuuu aja kerjaanya dari ente datang ampe ente pulang.
2. Variabel Job : kerjaan yang dilakuin mingguan atau bulanan atau karena ada insidensial.
3. Project Job : kerjaan kalau tamu lagi lunch out atau dinner out atau kapal lagi dry dock, intinya kerjaan yang hanya bisa dilakukan waktu tidak ada tamu sama sekali di kapal

Kalau ente :

1.Bufee Runner/ Snack Steward
FJ : prepare bufee, polish cutleries glass bowl plate dll. lap meja, clean up table lunch ama breakfast, taking order
VJ : cleaning carpet, aksesoris ruangan, cleaning machine, inventory dll
PJ : ganti karpet, ganti meja dll.

2. Kitchen (galley/ steward)
FJ : jadi dishwasher yaitu tukang cuci piring, pake mesin, ada namanya thrower orang yg masukkin piring ke mesin ada receiver orang yg nerima piring di belakang mesin setelah bersih, ada namanya trolly men orang yg ngambil piring dari receiver buat di letakkin di restaurant. ada night cleaner bersihin grill, walling, ceilling, mopping dll. ada pot washer kerjanya nyuci peralatan dapur kayak panci, pan, sendok masak, pot, dll. pill potato, pill carrot, pill yang lain, grill, deep fryer, cooking, cutting, dll
VJ : General Cleaning,....siap siap cape karena di cek sana sini ama kitchen steward nya.
PJ : dry dock, USPH perihal USPH akan aku jelasin nanti bersamaan dengan HACCP.

3. Housekeeping
FJ : bersihin swiming pool, dusting public area, making bed, bersihin toilet, vacum, change linen dll
vJ : deep cleaning pool, bersihin curtain, deep cleaning walling, inventory dll
PJ : ganti bed, bed cover, carpet dll

4. Bar
FJ : pick up liqour bir dll dari store, display, offer bir, taking order, entertain tamu, bersihin gelas pake glass washing machine, clean up table, mixing, jugling if necesary, dll dll
VJ : inventory, deep cleaning,
PJ : clean up beer machine, ganti spare part mesin2 bir dll.

yang ane tulis di atas ane mix kerjaan dr level ter rendah ampe yang paling tinggi krn kalau one by one terlalu panjang.

working hours

ane akan ambil contoh disini :

snack steward
breakfast open 7 am. so ente jam 6 paling ga udah prepare
closing 11. beres beres setengah jam paling ga. hanbis tu biasanya break

lunch open 01 pm. so ente biasanya udah prepare jam 12.30.
closing 2.30 . beres2 selesai itu break

tea time 04 pm. 03.30 udah prepare tea cofee , cookies dll
selesai itu cleaning bufee ampe jam 9 malam setelah itu break.

(buffe runner basicly incharge di b'fast ama lunch)

AW (Assistant Waiter) biasanya lunch ama dinner
Waiter biasanya dinner ama b'fast.
First seating (7 PM)
AW setup table sebelum itu kadang jam 4 atau 5
Waiter taking order,. AW info ke kitchen, appetizer jalan,
Appetizer done, masuk soup atau salad,
kelar masuk main course sambil pour wine
kelar main course masuk dessert
setelah itu eng ing eng......kadang dapat tips
cipika cipiki ama tamu
(sepertinya simple tapi aslinya kerjanya kepala di kaki kaki di kepala)
Second seating
same same.....................

Housekeeping
cabin steward biasa udah stand by sebelum jam 7. krn tamu b'fast pagi nyuri start make up room sebanyak mungkin sebelum tamu kelar b'fast ambil barang mau pergi tour.
tamu pergi keluar tour hajar dah tu kamar, making bed, dusting, bathroom, dll
yang kasus kalau at sea alias ga ada tour kapal di laut selama beberapa hari. bingung deh lu mau bersihin kamar. ini tantangan alami sendiri.
buat yang attendant, sebagian besar kerjaan pasti bersih bersih dan bersih bersih. bersihin pinggiran swiming pool biar ga licin, bersihin public toilet, refill tisuue dll.

Bar
Nah dari semua crew ini posisi yang paling enak, cleaning an nya dikit, kalau ada inspeksi yg di cek cuma dikit, kerjanya nawarin beer, liqour, ada yg pake target juga, tapi jam kerjanya ampe malam, namanya bar ya tutupnya pasti larut,...bikin moctail atau cocktail buat bartender, menurutku kerjaan yg agak berat bagi orang bar kalau ente disuruh serve champagne, kan biasanya pake champagne glass ampe berpuluh biji, nah trus raft sea alias kapal goyang karena ombak, siap siap deh.

contoh diatas asumsi kapal passenger 3000 passenger kerja di lantai 9 lido (bufee). Tentu ada perbedaan dengan kapal lain.

Salary

Berdasarkan pakta apa gitu lupa, Upah Minimum pelaut untuk bangsa eropa itu EUR 2000 (pelaut), dan untuk orang asia setengahnya (jgn tanya sumber dari mana, ane juga dikasi tau ama temen ane pas di kapal). So untuk entry level kayak :
buffe runner, attendant, steward, bar boy rata rata salary itu USD 700 sampe USD 1000/month. Ada gaji pokok USD 700, tapi plus side job bisa up to 800 1000,. terganung la, pintar2 bagi waktu ama bakat.
kalau assiten waiter, waiter, cabin steward, second cook bisa up to USD 1500 - USD 2000/month
TIap kapal beda tapi kurang lebih segitu.

Side JOb

Side job di kapal bisa kita lakuin tergantung posisi kita, krn kaitannya waktu ama tenaga. Ini contoh-contoh side job yang ada :

1. Bantuin Cabin Steward make-up room waktu embarkasi. ente bisa vacum atau cleaning bath room, making bed, dusting dll. Bisa 50 - 100 euro per hari, tergantung item. yg bayar anak cabinnya

2. Loading, bantuin nge loading barang2 waktu embarkasi. per jam biasanya 5-10 euro, yg bayar perusahaan.

3. gantiin anak waiter waktu tea time, tea time biasanya waiter incharge, tp berhubung krn mereka yang kena sawer tip jadi pada males tea time, biasanya minta diganttin ama assistent atau snack steward. yang bayar waiternya.

4. Barber, kalo pandai mangkas, ini lahan duit buat lo.

5. Masak Indomie, jualan indomie rebus pake telor, ini biasanya kerjaan anak-anak third cook, pake telpon lo antar cabin. asal jangan ketauan aja.

6. Jualan Video ama MP3. ini side job ane dulu. ingat ini kapal segala sesuatu kalu ga dollar ya euro. ane sekali ngisi mp3 ke gadget anak2 latin 5 euro, video euro 10. bikin sistem sendiri lah, pandai2. makanya bawa external hardisk sebelum berangkat ama latop. bahkan sampe ada yang ane kursusin microsoft office disini.

7. Anak restaurant ama bar biasanya dapat sisa wine atau liqour dari tamu, di kumpulin trus di jual ke crew yang drunken muster, ada aja tu yang mau.

8. Itu yang halal yang haram juga ada, ane gak anjurin tapi harus di akui kalau di kapal pun crew ada yang jadi Gigolo (gigolo ke tamu dan ke sesama crew), Bichtes (Nge-Bitch ke tamu dan ke sesama crew), Sekong (sekong ke tamu dan ke sesama crew). Itu semua ada di kapal, be ready.



Continute again.....

Pas di kapal :

- Karena gajian cash so harus extra hati-hati, pastikan agan dapat locker yang bisa di kunci, kl lemari kamar rusak minta ama crew purser, kl dibilang nanti, simpan uang di tempat yg aman, titip di purser atau capilano atau apa lah,.kl yakin aman simpan di travel bag n kunci.

- Bukan ngajarin pelit tapi kalau ada yang pinjam duit hati-hati...baik itu teman sebangsa indo apa lagi bangsa lain. Be Wise Be Wise dan Be WIse. Apa lagi cew bule pura2 miskin minjem duit,.JIaah hati2. Ujung-ujung ga bisa bayar lu bobo in gua aja dehh.....ya gitu lah....

- Don't fight, soale kalau fight 2 2 nya dipulangin, no excuse. Ingat kalau ada yang nge-FUck You agan itu udah tergolong harasment (pelecehan) lapor ke crew purser bilang "somebody doing harasment to me, he said Fuck to me". itu kalau istilahnya nggak kenal satu sama lain,. tapi kadang kalau udah saling kenal si biasa aja suka saling nge fuck nge fuck gitu. ini misalnya hari pertama agan buat salah trus temen dari negara lain bilang FUck you...lapor aja. biar besok2 gak gitu lagi. issue harasment sangat diperhatikan di kapal.

- se sampai di kapal, cari orang indo yg udah senior yang udah bangkotan di kapal, lu temenin dah itu orang, tp cari yang bagus-bagus jangan pula yang mafia. Mafia disini misal lu cew, temenan ama yg gua maksud,eeeh tau taunya lu dipake,...sama aja itu mafia namanya, .lain hal kalo lu suka ama suka.

- Buat agan yang pertama berangkat aku sangat menyarankan gaji setengah dikirim ke indo setengah di pegang. ga perlu dijelasin pasti udah tau manfaatnya. caranya bikin surat ke purser (hrd kapal) kasi no rek indo ama bank swift codenya.

- Buat Fucker save your money khususnya kalo kapal lu nyampe di rio (brazil), rusia (odessa, yalta, st petersburg), spain (barcelona), Belanda (red square). Be Wise terhadap buyung lu, ucok lu,....jgn ampe kena penyakit.

- Kalo pas turun ke darat jalan jalan hati hati ama pickpocket, pickpocket itu pencuri yg pura2 nabrak trus dompet lu udah pindah aja. hati hati juga scamer. Scamer ini pura pura polisi nanya pasport pas udah dia pegang kalian diminta ikut ke office. bukannya ke office malah ke tempat sunyi trus siap siap dipalak.


AGENT
Nah karena nggak ada kapal yang recruit langsung ke user maka kita harus melalui agent. disini ane hanya share agent2 besar yg ada di kota besar spt jakarta bali jogja dll. so kalau ada agent lain monggo. ane hanya tampilin agent besar karena mereka udah bertahun2 berkecimpung disana.

1. Meranti Magsaysay
lokasi tosari kapal : costa crochiere, aida, princess

2. SBI
lokasi kapal : Holland American Cruise line

3. CTI
lokasi kapal : carnival

4. indomarino
lokasi kapal : albatros thomson dll

5. Ratu Oceania
lokasi : bintaro kapal : celebrity, disney dll

6. indolila
lokasi : tegal kapal : river cruise (kapal- kapal sungai)

nb : info lebih lanjut googling aja gan,..masuk ke web utama cari tau sendiri.

So, kalau ada agent-agent lain untuk kapal yang sama di daerah biasanya itu subagent, artinya mereka recruit di daerah dan endingnya mereka akan serahkan crew ke agent besar. Tiap-tiap agent punya ciri khas tersendiri. Ada yang pakai trainning ada yang tidak, ada yg agent fee bisa dicicil dari gaji ada yang tidak bisa. ada yang 20 juta ada yang 40 juta. macem-macem. tiap agent punya plus minus.



Oke itu cerita-cerita di kapal. Back to Purpose. Biar ga ketipu. Saya secara pribadi merekomendasikan agent agent yang sudah saya tulis diatas. Bilamana ada agent-agent lain yang menurut agan lebih bagus monggo. Yang penting ingat hal dibawah ini :

- Jangan pernah bayar agent fee sebelum agan pegang tiket pesawat
- Jangan pernah bayar agent fee sebelum ada contract yang harus di sign
- Jangan sign contractnya kalau gajinya tidak sesuai dengan yang dijanjikan di awal. Kalau dari waktu interview dibilang gajinya 1500 euro tau tau pas di kontrak 1500 dollar amerika, kan beda, jangan mau.
- ingat kita butuh agent, agent juga butuh kita, jangan gara2 agen nya bantu kita seolah-olah boleh suka-suka mereka,no, kl ada yang gak sesuai kita harus kritis.

Simulasi
Simulasi disini maksudnya untung rugi kalau naik kapal dilihat dari sisi finansial.

Kontrak Pertama (8 bulan - umumnya)
Biaya sertifikat : Rp 3.750.000
Medical : RP 1.000.000
Agent Fee : Rp 30.000.000 (ini ane ambil dari agent fee dari salah satu agen besar, ada juga yg lebih kecil tp ane ambil yg terburuk)
Total : Rp 34.750.000

Salary Agan
Gaji pokok : USD 700 X 8
Side job DLL : USD 100 X 8
Total : USD 6400
biaya selama di kapal (pulsa, makanan ringan, tour, oleh oleh, libido expenses dll) = USD 1500 (asumsi udah boros banget)

TOtal : USD 4900 (asumsi dollar @ 9000)
Total : Rp 44.100.000

So agan masi bisa nabung ; Rp 9.350.000

Kontrak Kedua (8 Bulan)
Biaya berangkat : kurang lebih Rp 5.000.000

Salary : USD 6400
karena udah tau celah jadi ga boros jadi cuma habis 500 dollar
sisa 5900.

bawa pulang : Rp 53.000.000

dan kontrak-kontrak seterusnya.

Tapi ingat ya, ini dengan asumsi agan tidak dipulangin. Karena agan bisa dipulangin apa bila :

1. Mengalami sakit keras, chicken fox (cacar), epilepsi, hernia (turun beroo), organ tubuh ada yg putus, butuh operasi dll.
2. Melakukan kesalahan fatal (ngerokok di area yg bukan smoking area di kapal, mainin water tide door, melakukan harasment (ngeliat bule yg berjemur telanjang berlebihan apalagi sampe ambil foto, nidurin sesama crew ampe hamil) dll dll.
3. Ketinggalan di port tertentu, kapal udah jalan, ente asik belanja..pas ke pelabuhan kapal udah jalan,..wasalam......
4. Terlibat kriminal (judi, nyuri, membunuh, berkelahi dll)

Ada satu lagi istilahnya JUMP SHIP.
Jump ship biasanya dilakuin di amerika. jump ship ini maksudnya kita pegang pasport kita keluar trus ga balik ke kapal alias menetap di negara yang kapal lagi nge port. Banyak yang begini jadi imigran gelap di amerika, london dan negara2 besar lain. Kalau mau jump ship pastikan temen lu ada di negara itu.

Penutup

Mungkin masi banyak hal yang belum dibahas. Dipersilakan bagi yang lain buat nambahin biar ga da lagi yang ketipu atau tersesat. Semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan ane usahain jawab. Ingat ane bukan agent. Pertanyaan yang domainnya agent akan gua jawab langsung aja ke agent. Oke.
keren gan infonya,, btw agan ndiri kerja di mana gan?? lulusan SMK atau PT??
kalo gak salah trit kapal udah ada gan d kaskus,, coba serach aja,,
Quote:Original Posted By L33mod
keren gan infonya,, btw agan ndiri kerja di mana gan?? lulusan SMK atau PT??
kalo gak salah trit kapal udah ada gan d kaskus,, coba serach aja,,


Iya gan, betul tp rata rata itu kan recruiter,.ane bukan. ane lulusan Akademi Pariwisata. ane cerita realita apa adanya di kapal. Coba kasi info A to Z. Agent pun banyak yang nipu di bilang kerjanya enak tau taunya disana jadi tukang cuci piring atau WC. jadi kadang kasian orang2 yg ga dikasi tau realita sebenarnya. Belum lagi yang nipu lariin duit banyak lah kisah2.

bagus bgt infonya gan. agan naik kapal apa?
wah, makasih banyak gan infonya, cukup lengkap.. sangat mencerahkan ane. kebetulan ane emang lg prepare mau ikut pelatihan buat jadi crew di cruiser..
ane sempet interview di CTI beberapa bulan yg lalu untuk jadi fotografer, pas di kasih tau kalo misalkan ane lolo marlin test, interview user, ane harus expend money sekitar 25jt ane langsung bengong, waktu itu jujur ane blm ngerti sm dunia kerja di cruiser, walaupun dengan janji sallary yg cukup menggiurkan dibanding kerjaan ane sebelumnya (USD 800-1000$). ane gatau biaya diatas termasuk sama pelatihan atau ngga.

trus belum lama ada lowongan dari PT Bali Paradise Citra Dewata untuk posisi fotografer di cruiser juga. nah ane dapet panggilan, dan disuruh melengkapi data2 ijazah dll semuanya.. setelah ane liat web nya, ternyata BPC juga salah satu agent penyalur crew. trus ane pikir2 ujung2nya pasti harus ikut training dulu dan expend money yg cukup besar, akhirnya ane ngga lanjutin itu prosesnya. dan pertimbangan dr beberapa info yg ane cari soal makanan halal agak susah, dll.

tp setelah ane pikirin mateng2 lagi, kayaknya ane pengen berangkat juga, kebetulan ane udah dapet contoh jadi, temen SMA ane skrg lg berlayar sama Holland America Line dan ngasih informasi sejelas2nya..
walaupun masih ada beberapa hal yg nyangkut dipikiran (soal pekerjaan sbg fotografer) yang katanya orang di beberapa forum fotografi, "kalo lo mau jd fotografer di cruiser mending pikir2 lagi deh, drpd kaya tmn gue, udah brgkt, smp sana smp jual kamera buat pulang ke indo".
nah yang ane mau tanya gan, info yang agan tau soal crew posisi fotografer disana gmn? pernah ada pengalaman temen yg jadi fotografer ngga? boleh di share gan supaya ane lebih manteb buat berangkat kesana..
Quote:Original Posted By ina_darongke
bagus bgt infonya gan. agan naik kapal apa?


thanks,...mohon info orang lain yg mau naik kapal baca thread ini. don't worry ane bukan agent dan ga bakalan jualan,. tujuan ane cuma satu,..biar tidak tertipu aja....gerah aku banyak banget yg tipu menipu...o ya aku kapal Costa dulu,...trus pindah ke kapal River....RIver Cruise....situ pelaut juga kah....share la kalo ada yg mau di share...

Quote:Original Posted By mewpanic
wah, makasih banyak gan infonya, cukup lengkap.. sangat mencerahkan ane. kebetulan ane emang lg prepare mau ikut pelatihan buat jadi crew di cruiser..
ane sempet interview di CTI beberapa bulan yg lalu untuk jadi fotografer, pas di kasih tau kalo misalkan ane lolo marlin test, interview user, ane harus expend money sekitar 25jt ane langsung bengong, waktu itu jujur ane blm ngerti sm dunia kerja di cruiser, walaupun dengan janji sallary yg cukup menggiurkan dibanding kerjaan ane sebelumnya (USD 800-1000$). ane gatau biaya diatas termasuk sama pelatihan atau ngga.

trus belum lama ada lowongan dari PT Bali Paradise Citra Dewata untuk posisi fotografer di cruiser juga. nah ane dapet panggilan, dan disuruh melengkapi data2 ijazah dll semuanya.. setelah ane liat web nya, ternyata BPC juga salah satu agent penyalur crew. trus ane pikir2 ujung2nya pasti harus ikut training dulu dan expend money yg cukup besar, akhirnya ane ngga lanjutin itu prosesnya. dan pertimbangan dr beberapa info yg ane cari soal makanan halal agak susah, dll.

tp setelah ane pikirin mateng2 lagi, kayaknya ane pengen berangkat juga, kebetulan ane udah dapet contoh jadi, temen SMA ane skrg lg berlayar sama Holland America Line dan ngasih informasi sejelas2nya..
walaupun masih ada beberapa hal yg nyangkut dipikiran (soal pekerjaan sbg fotografer) yang katanya orang di beberapa forum fotografi, "kalo lo mau jd fotografer di cruiser mending pikir2 lagi deh, drpd kaya tmn gue, udah brgkt, smp sana smp jual kamera buat pulang ke indo".
nah yang ane mau tanya gan, info yang agan tau soal crew posisi fotografer disana gmn? pernah ada pengalaman temen yg jadi fotografer ngga? boleh di share gan supaya ane lebih manteb buat berangkat kesana..


Kalo agan udah terlanjur punya dokumen ya lanjut aja...BST seamen segala macam,...ibarat basah mandi sekalian, tapi ini yg harus agan perhatikan :

1. Pastikan Basic Salary agan berapa, make sure itu basic salary not comission. karena di posisi agan agak beda dengan hotelier, ini berkaitan dengan poin yg berikutnya. Ini terbukti waktu mau tanda tangan kontrak, Di kontrak tertulis basic salary per month sekian dollar, tp kalo comission ya jangan mau.

2 Tujuan kapal itu kan satu ke tamu,.....menguras uang tamu sebanyak banyaknya tp dengan cara yg terhormatdan elegan, casino, fine dining termasuklah dokumentasi...setau ane dulu waktu di costa ane berteman ama fotografer dari Brazil,kata dia mereka itu juga sekalian jualan, let say cruise nya 10 hari, asumsi kapal 3000 passenger, artinya kan yg 3000 itu bakalan cruise mulai dari day one ampe selesai atau ga bulet 3000, misal di italy naik 2700, di spain naik 200 sisanya dimana gitu..nah intinya selama 10 hari itu tugas agan ya moto moto, jepret sana jepret sini tiap momen-momen penting, event penting, dulu kalo ga salah ada belasan deh fotografernya, nanti dibagi bagi..si A ke sana si B kesini, nanti hasil di compile juga dengan kameramen,...hasil itulah nantinya yang dijual. ada yang jual make DVD, ada yg jual foto cetak langsung, dll dll. Pling ribet foto ama kapten, bayangin tu tamu 3000,...pegel dah tu....tp ya itu ganti2 an fotografernya. So make sure ama agent gaji agan bukan berdasarkan penjualan hasil foto melainkan ada gapoknya alias basic salary. Kalau pun gaji sistem komisi gimana skemanya. Kawan agan itu kemungkinan gaji yg sistem penjualan. kemungkinan ya,.dan iya tugas agan belum tentu moto, bisa jadi di tempatin di studionya,..nyuci foto,..setup lighting, edit foto dll dll,....

nah inilah CELAH namanya....sebelum agan nanya agent biar aku jawab,...pasti agent bilang agan jadi fotografer,janji,..janji..jeng jeng,...bayar fee dll dll,...berangkat la,...ternyata agan ga moto...ditempatin di studio,..beda kan? mau nuntut duit udah keluar,...mau pulang ,..eits,..salah satu point di kontrak di semua kapal sama,...minta pulang sebelum habis kontrak harus bayar ongkos tiket sendiri, berikut denda2............wasalam,.........

Aku bukan jelekin agent atau kapal,...aku cuma nyampein kemungkinan realita...yaitu ada CELAH di hampir semua posisi yg bisa rugiin kita. So my mission gimana mem minimalisir CELAH itu.

soal makanan,..bukan masalah halal haram aja,...cocok ga cocok di perut juga jadi masalah,...makanan yang mengandung pork buat crew biasanya dikasi tanda...don't worry issue makanan halal haram itu sangat dijunjung tinggi. tiga kali cook nya ga kasi tanda pork dan ada orang yg ga bisa makan pork akhirnya makan krn ga da tanda,tiga kali kejadian bisa dipulangin tu cooknya.

MARLIN itu yaaahh TOEFL nya pelaut la.,..buat fotografer 7 - 7,5 biasanya requirenya...o ya ini ada yg gratis ada yg bayar...hari gene si kebanyakan gratis. kl pun bayar paling skitar 100-150 ribu. Pertanyaanya banyak seputar Kapal,...apa itu lifeboat liferaft lifebuoy mana aft bow middle dll dll....

Ini pertimbangan buat agan dengan asumsi (ingat asumsi) agan dapat BASIC SALARY USD 800...8 bulan kontrak = 6400 - 1500 (liat itung2an gua dr mna 1500) = 4900 x 9000 = 44.100.000 dikurang 25 juta = 19.100.000 - 5.000.000 (dokumen n medical) = 14 juta. SO agan pulang kontrak pertama bawa 14 juta. itu dengan asumsi udah boros bgt. Dan aku yakin emang kontrak pertama pasti boros (mostly). 14 juta itu pun tunggu dulu,...kan baru balik modal ni ceritanya,..naik lagi dong,...buat naik yg kedua biasanya minta medical dan tetek bengek yg lain habis la 4 jutaan. so total tinggal 10 juta. Nah turun kontrak kedua baru agak kerasa itu duit krn ga byar agent fee lg ama lebih hemat dan ga bayar dokumen lg. Bisa la 50 juta.

So sekali layar berkembang surut kita berpantang,...sekali niat mau ke kapal minimal 3 kontrak la biar untung ga cuma balik modal aja.

soal agent gampang aja,...selidiki,..dia agent atau subagent...kl agent kan jelas,... KAPAL (CORPORATE) - AGENT. kalo sub agent,...KAPAL - AGENT - SUBAGENT. ini yg kadang bikin supermahal. Kl aku ya frankly speaking jgn sub langsung ke agent besarnya aja.

soal trainning juga.....diluar trainning yg aku jelasin...aku trainning foto ga tau..tp kl trainning di hotel yg paling mahal itu trainning dapeting HACCP namanya. Hazardous Analysis Critical Control Point,..itu trainning ter ribet ter mahal yg pernah aku dengar..itu bisa ampe USD 1200 (zaman ku dulu) yg orinya segitu,...tp agent kadang pintar di kokangin trainningnya jadi murah. so tanya trainningnya ngapain aja,,berlaku ga ijazah nya kl udh berhenti dr kapal,..kl worthied ya go ahead aja.

itu aja gan,...you life your choice....
wah mantab bgt nih pengalaman agan.
mungkin link ini bisa jd referensi tambahan gan
Spoiler for kapal pesiar:
Quote:Original Posted By Diemex
wah mantab bgt nih pengalaman agan.
mungkin link ini bisa jd referensi tambahan gan
Spoiler for kapal pesiar:


Grazie Mille gan,......... thanks buat tambahan nya,....agan waiter yak ?
Quote:Original Posted By rio_stoda
Grazie Mille gan,......... thanks buat tambahan nya,....agan waiter yak ?

iya gan,ane dulu kerja di MSC,pengen sih berangkat lagi klo ada kesempatan tp klo bisa posisi butler gan.
bagus bgt infonya gan..
ane mau nanya dong gan.
ane baru lulus kuliah s1 sastra ingris gan,
nah kebetulan kaka ane kerja dikapal dulunya di NCL (tapi sekarang udh stay didarat (florida) )
ane pengen naik kapal gan tapi basic ane sastra inggris bukan perhotelan.
baiknya gmn ni gan, apakah ane ikut training dulu seperti di #meranti
apa langsung kerja aja diperhotelan untuk cari pengalaman?

#klo masalah naik kapalnya kaka ane bisa bantu tanpa melalui agent.

terima kasih
Quote:Original Posted By angptr011
bagus bgt infonya gan..
ane mau nanya dong gan.
ane baru lulus kuliah s1 sastra ingris gan,
nah kebetulan kaka ane kerja dikapal dulunya di NCL (tapi sekarang udh stay didarat (florida) )
ane pengen naik kapal gan tapi basic ane sastra inggris bukan perhotelan.
baiknya gmn ni gan, apakah ane ikut training dulu seperti di #meranti
apa langsung kerja aja diperhotelan untuk cari pengalaman?

#klo masalah naik kapalnya kaka ane bisa bantu tanpa melalui agent.

terima kasih


iya,better agan ikut trainning aja spt di meranti atau SBI,..coba ambil trainning yg general artinya semua dapat,..Bar, waiter, housekeeping, galley,...at least agan tau praktik hotel spt apa.
for your info : kerja kapal itu nyaris kita itu spt Babu artinya disuruh suruh,.. ada cleaning an,...ada aja yg resek,...soalnya agan Sastra English yg ga da basic perhotelan. Ane yakin soal kerja agan pasti bisa krn communication skill agan pasti bagus....yg penting bisa jaga emosi aja kl udah di kapal atau di US.
Quote:Original Posted By rio_stoda


iya,better agan ikut trainning aja spt di meranti atau SBI,..coba ambil trainning yg general artinya semua dapat,..Bar, waiter, housekeeping, galley,...at least agan tau praktik hotel spt apa.
for your info : kerja kapal itu nyaris kita itu spt Babu artinya disuruh suruh,.. ada cleaning an,...ada aja yg resek,...soalnya agan Sastra English yg ga da basic perhotelan. Ane yakin soal kerja agan pasti bisa krn communication skill agan pasti bagus....yg penting bisa jaga emosi aja kl udah di kapal atau di US.


emmm gitu ya gan, okey de.thanks ya gan,
gan ane mau tanya lagi ni gan,,
biasanya klo bikin seamen,bst,scrb dan scm itu biasanya dimana ya gan?
Quote:Original Posted By angptr011
gan ane mau tanya lagi ni gan,,
biasanya klo bikin seamen,bst,scrb dan scm itu biasanya dimana ya gan?



BST SEAMEN n SCRB bisa di buat di :
1. Fokus (ITC FATMAWATI)
2. Poisedon (kampus AMI P.GADUNG)
3. PERTAMINA

untuk lokasi exact nya browsing aja ya gan,,.

kl seamen di tg priuk di kantor syahbandar tg.priuk...

Video 

Quote:Original Posted By rio_stoda



BST SEAMEN n SCRB bisa di buat di :
1. Fokus (ITC FATMAWATI)
2. Poisedon (kampus AMI P.GADUNG)
3. PERTAMINA

untuk lokasi exact nya browsing aja ya gan,,.

kl seamen di tg priuk di kantor syahbandar tg.priuk...


okey gan,thanks ya infonya
Halo gan permisi nih, kmaren kmaren sih sempet cari cari info buat workin abroad

dan baru kemaren ane coba ke Pt SBI yang ada di menara sudirman

terus mereka bilang kalo misalkan mau kerja di kapal itu HARUS

Minimal D1 perhotelan + Kerja 6 bulan di hotel berbintarng 4 / 5

or

kerja 1 tahun di hotel berbintang 5/6

tapi mereka ga ngomong apa apa sih tentang bayar.


pertanyaan ane nih gan:
1. ane bukan lulusan perhotelan ane lulusan sma aja di Penabur, soal bahasa inggris ane yakin lancar buat speaking, listening, writing. kira kira ane masih bisa masuk ga ya ke kapal? (ane minat di service gan / bar / kitchen f&b lah)

2. apa bener kayak sbi,cti,magsaysay itu nyediain training gan?kalo nyediain training ane sih mau ikut tapi dengan syarat ane psti ke kapal. soalnya denger denger kita udah ikut training kagak dipanggil2 trus perusahaannya ilang....


segitu dulu deh gan , kalo ane ada yg kurang paham ane kabarin lagi

boleh bales kesini ato ke email ane opaedo@gmail.com
Quote:Original Posted By curut the black
Halo gan permisi nih, kmaren kmaren sih sempet cari cari info buat workin abroad

dan baru kemaren ane coba ke Pt SBI yang ada di menara sudirman

terus mereka bilang kalo misalkan mau kerja di kapal itu HARUS

Minimal D1 perhotelan + Kerja 6 bulan di hotel berbintarng 4 / 5

or

kerja 1 tahun di hotel berbintang 5/6

tapi mereka ga ngomong apa apa sih tentang bayar.


pertanyaan ane nih gan:
1. ane bukan lulusan perhotelan ane lulusan sma aja di Penabur, soal bahasa inggris ane yakin lancar buat speaking, listening, writing. kira kira ane masih bisa masuk ga ya ke kapal? (ane minat di service gan / bar / kitchen f&b lah)

2. apa bener kayak sbi,cti,magsaysay itu nyediain training gan?kalo nyediain training ane sih mau ikut tapi dengan syarat ane psti ke kapal. soalnya denger denger kita udah ikut training kagak dipanggil2 trus perusahaannya ilang....


segitu dulu deh gan , kalo ane ada yg kurang paham ane kabarin lagi

boleh bales kesini ato ke email ane opaedo@gmail.com


ane balas disini aja ya biar info buat yang lain juga
ane jawab pertanyaan agan dulu ya :

1. Ga bisa gan kl agan cuma lulusan SMA ga bisa, ini kaitannya ada 2, satu ini salah satu persyaratan dari penyelenggara (pihak kapal pesiar) minimal itu Diploma, kedua salah satu persyaratan pengajuan VISA katakanlah nanti agan sign-on di amerika atau europa, regulasi UNION nya itu mewajibkan pelaut minimal O level atau E level pokoknya minimal diploma lah,..so kalo agan ga da ijazah min diploma nanti terkendala di VISA,
so itu bukan peraturan agent tp permintaan perusahaan penyelenggara. o ya magang juga ga bisa di kategorikan sebagai pengalaman lho. memang harus kudu benar2 pengalaman kerja ada referensi suratnya. lain hal kalo jalur2 ilegal ya, ane angkat tangan.

2. Gan kalo agen besar yg ane sebutkan diatas sejauh ini tidak pernah ada berita penipuan krn mereka agent besar ditunjuk langsung ama user (kapal). Kl ada kasus itut paling sub agent,...sub agent ini banyak yg bergentayangan,...ngakunya dari agent besar tapi pas di konfrontir agent besar gak kenal. makanya better langsung ke agent besar aja. Kalaupun udah trainning tapi ga dipanggil2 ada beberapa alasan (ini dengan asumsi semua persyaratan dan kewajiban sudah dilakukan ya) :

1. memang posisi yg di apply sedang penuh (di kapal) (terutama BAR DAN WAITER - ini biasanya lama krn banyak umat nya)
2. memang yang belum diberangkatkan agent (yg di indo) masi banyak yang ngantri so agan pasti berangkat setelah batch sebelumnya diberangkatkan.

agent besar ga pernah ilang, krn gedung nya ada izin depnakernya ada, terdaftar, berhati-hatilah dengan OKNUM yang mengatasnamakan AGENT BESAR melakukan recruitment. oknum2 ini yang bisa menghilang dan banyak kejadian dan mari sama2 kita berantas.

CIRI CIRI AGENT BESAR :

1. Syarat Jelas dan ter ukur.
2. Menyediakan Training
3. Biaya semua jelas mulai dokumen, medical bahkan FEE BUAT MEREKA juga disebutkan, biaya trainning, gaji juga disebutkan.
4. Alamat no telpon website ada dan bisa dibuktikan fisiknya
5. Biasa beroperasi di kota besar Jakarta, Bali, Jogja, Bandung, Surabaya dll
6. Bila ada agent fee,..maka calon crew diminta bayar setelah ticket dan kontrak ada, artinya fair enough MEMINTA IMBALAN SETELAH MEMBERI KEPASTIAN
7. monggo buat abang kakak nambahin...............

CIRI CIRI AGENT/OKNUM/RECRUITER PENDUSTA :
1. LEBIH MENGEDEPANKAN IMING-IMING GAJI BESAR KELILING DUNIA DLL
2. PROFESIONAL DALAM BERBICARA
3. MENGUTAMAKAN ADVANCE PAYMENT/ UANG MUKA, BUAT NGE BOOKING NAMA LAH, BIAR CEPAT BERANGKAT LAH, BIAR GA USAH REPOT-REPOT LAH, MANIS DI MULUT
4. DITANYA KANTORNYA DIMANA DIJAWAB DI JAKARTA, TAPI DI JAKARTA MANA KAGA TAU ALIAS NO TELP ALAMAT AGENT WEBSITE SEMUA ATAU SEBAGIAN FIKTIF.
5. BIASA BER OPERASI DI DAERAH \
6. MINTA IMBALAN TANPA MEMBERI KEPASTIAN

So kalo ada gelagat2 recruiter spt itu ya hindari aja. Saran ane agan kuliah aja lagi dulu biar mantap, ambil yang kejuruan pariwisata bidang service, itung2 nanti setelah mau pensiun bisa langsung apply ke hotel.

thx banget juragan, informasinya bener bener berguna banget banget banget.setelah jawaban ane di jawab sama ts.hehehe

oke ane udah nentuin langkah, ane ambil d1 perhotelan trus kerja dulu di hotel dan mulai masuk ke dunia kapal. diitung2 daripada ane kuliah masih lulus 3 tahun lagi (yang notabene ane ga gitu minat) takutnya sia sia gan.ane udah ketuaan,hehe

berhubung dananya ga ada buat kuliah d1,jadi ane mengawali langkah ane dengan bekerja dulu di hotel . lumayan gan bisa nambah pengalaman sama nambah duit. ane baru taro cv ane di trans luxury bandung sama morrissey jakarta (berhubung saudara ane dan temen ane kerja di tempat itu). mudah2an ane bisa tambah tambah pengalaman di dunia perhotelan yang katanya super cape.hehehe
nanti setelah rumah ane kejual, ane baru ada modal buat d1 perhotelan dan bayar agent fee buat masuk ke pesiar. doain ane ya gan!

THX KASKUS