perbedaan kBps(byte) dan Kbps(bit)

Ijinkan Nubie yang hina ini membuat thread,
maafkan nubie jika repost, tujuan nubie cuma membuka wawasan. biasa cm sebagai penyimak

Jangan di timpuk yahh , perjalanan ISO jg mash panjang

Quote:Seringkali kita keliru dalam mengartikan bit dan Byte khususnya kalau sudah masuk dalam ranah internet yang menggunakan satuan Kilo misal KBps atau kbps, padahal keduanya adalah hal yang berbeda satu sama lain khususnya di huruf “B” yang satu menggunakan “B” besar dan satu menggunakan “b” kecil, namun dalam pengucapan sangat sulit dibedakan sehingga sering kali menimbulkan salah pengertian.
Untuk lebih tepatnya untuk KBps kita baca KiloByte per second dan kbps adalah kilobit per second.
Kebanyakan penyedia layanan internet menyebutkan kecepatan akses mereka dengan kbps dan rata-rata kecepatan download yang ditampilkan di komputer adalah KBps, sehingga sering kali muncul pertanyaan dan bahkan komplain dari pengguna internet ke provider, terkadang muncul pertanyaan “dibilang di brosur kecepatannya 128 kbps tapi kok dipakai download dapetnya cuman 16 KBps?”
Sebenarnya kalau dijelaskan lebih detil 1 Byte = 8 bit, sehingga kalau pernyataan diatas dilihat bahwa user mendapatkan download rate 16 KBps x 8 = 128 kbps, adalah benar, bahwa dari pihak provider memberikan kapasitas bandwidth 128kbps atau 16 KBps.
Sebagai contoh lain dengan acuan 1 Byte = 8 bit, maka :
256 kbps sama dengan 258/8 = 32 KBps
1 Mbps Dedicated sama dengan 128 KBps x 8 = 1024 Kbps / 1 Mbps


Spoiler for CEKIDOTT CONTOH NYA:


FOR COMMENT
Quote:Original Posted By agungrbud
pertama ane mohon dipajang di pejwan ya

agan2 sekalian pasti tau operator a*is kan? nah disalah satu iklannya di tv a*is promosikan paket datanya up to 7,2 Mbps (bukan MBps). disini dalam iklannya disebutkan megabait per sekon, bukan megabit per sekon. ini sudah menipu konsumen.
Spoiler for comment TOP Bag.1:

thx.


HORAAYYY
Thread ane yg sederhana masuk HT

Quote:NOTE :

DISINI SY GK BILANG PROVIDER MENIPU/MENJELEK2AN, disini judul di kenapa bilang mengecoh ?? soalnya liat iklan, seolah2 sebagai pengguna.provider tersebut bilang yang tercepat, tp kan pada kenyataan nya mash blum...

maap yah atas judul, tp kita liat maksud nubbii buat mencerahkan saja nya aja
hehehe
TAMBAHAN2 DAN COMMENT2 TOPPP

Quote:Original Posted By cuanprofit
Saya tambahin & sedikit koreksi ya...

Pertama:
Dari cara penulisan sebenarnya yg dijelaskan TS agak sedikit salah. Bits per second adalah satuan bandwidth dan cara penulisannya adalah dengan singkatan bps, kilo bits per second --> kbps, mega bits per second --> mbps.

Sedangkan byte per second adalah satuan transfer rate, cara penulisannya dengan menggunakan tanda "/" (slash/garis miring) untuk menyatakan kata "per". Byte per second --> B/s, kilo byte per second --> KB/s, mega byte per second --> MB/s.

Jadi simplenya kalo kita melihat tulisan 1 mbps maka itu berarti 1 mega bits per second = 1000 * 1 kilo bits per second = 1000 * 1000 * 1 bits per second.
Sedangkan kalo kita melihat tulisan 1 MB/s maka itu berarti 1 mega byte per second = 2^10 * 1 kilo byte per second = 2^10 * 2^10 * 1 byte per second = 2^10 * 2^10 * 8 bits per second. (nb: 2^10 = 1024).

Kedua:
ISP hampir selalu mempromosikan/menjual layanannya dengan menggunakan mbps atau kbps, ga pernah pake KB/s atau MB/s. Jadi sebagai konsumen kita sebaiknya paham, jgn langsung menuduh ISP curang.

Selain itu kebanyakan ISP menjual layanannya dengan kata-kata "up to", jadi layanan up to 1 mbps berarti bandwidth maksimum yang bisa kita dapat dalam kondisi paling ideal adalah 1 mbps.

Bukannya saya ngebelain ISP ya, tapi kata2 "up to" itu menurut saya hanya cara marketing aja, mirip-mirip sama kata2 "5 menit dari pintu tol" yang dipakai oleh developer perumahan atau kata2 "1 liter menempuh 70 km" di iklan motor .


Quote:Original Posted By atomize.breaker
teori di buku dengan teori di lapangan provider berbeda gan...
1. provider menggunakan satuan data terendah kB bukan Byte(B) apalagi bit(b).
2. 1 MB = 1000 kB bukan 1024 kB. Demikian berikutnya tinggal dikali 1000 bukan 1024. hal ini dikarenakan satuan seperti massa, jarak setiap kenaikan kilo itu dikalikan 1000 (harap maklum karena dalam konteks ini adalah marketing)
3. Kalau kecepatan provider di Iklan bilangnya up to 7,2 Mbps itu gak bohong. karena yang ditulis itu lebar pita (bandwidth).
4. Kalau agan berfikiran bahwa 7,2Mbps itu nantinya kalau downloadnya di IDM hasilnya 7,2 MBps maka salah. sebenarnya tidak ada istilah kecepatan internet seperti kita berbicara kecepatan mobil. yang selama orang bilang kecepatan download itu maksudnya Downstream artinya data yang dibawa oleh jaringan selama waktu tertentu. demikian pula, lawannya downstream itu upstream (orang-orang menyebutnya kecepatan upload). kecepatan itu adalah jarak tempuh yg dicapai dalam waktu tertentu. tapi dalam konteks ini bukan jarak internet antara laptop dengan host server yang dibahas tapi muatan data yang dibawa dalam kabel internet atau wifi.
5. Jika di Iklan di tulis up to 7,2 Mbps artinya kecepatan maksimal (paling mentok, itupun dengan kondisi yang ideal) yang bisa didapat saat download di IDM = 7200/10 = 720 KBps bukan dibagi 8 atau 900 KBps kenapa? sekali lagi di lapangan berbeda dengan yang buku. kalau agan dapat kecepatannya 900 berarti agan HOKI.
6. jangan harap agan mendapat kecepatan up to tersebut karena realisasinya adalah agan hanya mendapatkan kecepatan stabil 10% dari kecepatan up to. kalau agan bertanya 10% dari mana, ane cukup bilang silahkan buktikan sendiri.

mohon dipajang di page one agar orang tidak semena-mena mengatakan bahwa provider melakukan pembohongan publik.


Quote:Original Posted By hankjkt
Untuk TS, saya setuju dengan judulnya dan tidak perlu dihiraukan mengenai agan-agan lain yang tidak setuju judul TS yang menggunakan kata menipu, peace yach agan-agan yang lain...

Soalnya, sudah seharusnya dan sewajibnya, bahwa para provider dan ISP itu meng-edukasikan masyarakat agar masyarakat bisa cerdas dan tidak merasa tertipu karena perbedaan bahasa yang membingungkan masyarakat awam. Bagi masyarakat IT yang memang bergerak di bidang jaringan/network mungkin untuk istilah seperti ini mereka akan lebih jeli, tapi kan tidak semua masyarakat IT yang bergerak dan paham mengenai network. Bahkan rekan-rekan saya masih banyak yg bingung mengenai bit dan Byte, padahal mereka diajarkan mata kuliah dasar juga.

Ingat banyak perush yg mencerdaskan masyarakat dan akhirnya malah tumbuh dan besar bersamaan dengan cerdasnya masyarakat itu, contohnya adalah pasta gigi terkenal, mereka mengedukasikan masyarakat untuk rajin menggosok gigi untuk kesehatan gigi dan menyebabkan penjualan pasta gigi yg meningkat. Nah kenapa gak memilih jalan tersebut. Kan jualan gak perlu selalu harus licik kan.........

Itu aja seh, sekali lagi mohon maaf jika menyinggung agan-agan yang tidak sependapat dengan saya. Peace yach.

Quote:Original Posted By kardoel
imho: provider tidak pernah mengecoh pelanggannya di perihal bit dan byte, hanya saja pengetahuan awam yg membatasinya, sehingga menyamakan kedua perbedaan diatas,
masih ada yg lebih penting ketimbang perbedaan bit dan byte yg harus para pelanggan internet ketahui, yaitu "shared connection"

banyak para pelanggan internet terkecoh dibagian ini, belum tentu juga hal ini disengaja ataupun tidak dari providernya..

contoh: disini ada yg tau perbandingan pasti shared connectionnya speedy ? atau smartfren ? atau koneksi up to lainnya ?

its business manner


Quote:Original Posted By damai007
emang bener gan..
sebenernya provider itu engga melakukan penipuan, tapi justru kitalah yg bodoh termakan oleh iklan provider karena kurang mengetahui berapa kecepatan sebenernya yg ditawarkan oleh si provider..

mungkin dgn adanya thread ini dan dijadikannya HT oleh momod dapat membuka wawasan kita ttg perbedaan kBps (kilo Byte per second) dan kbps (kilo bit per second)..


nice thread



Quote:Original Posted By azareth
HAduh gan, jangan bilang penipuan deh mendingan. Coz dalam dunia TI juga memang satuan Byte dan bit itu beda, penulisannya juga beda. Byte(B) dan bit(b), 8bit=1Byte.
Ini karena ketidaktahuan masyarakat awam aja, bukan providernya yang nipu.
Mending agan bikin judul yang mencerahkan, beda Byte dan bit dalam iklan provider internet.


Quote:Original Posted By mizunazi
konsumen harus jeli gan, masyarakat harus tau juga perbedaan bit saya Byte gan...
coz mungkin karena ketidak tahuan ini masyarakat banyak yang mengeluh tentang apa yang dipromosikan sama yang diterima tidak sama..
ya walaupun kadang lokasi kita juga menentukan kecepatan internet yang kita dapat...


Quote:Original Posted By leonhart777
saya tambahin gan, mungkin sebagian dari agan pasti ada yang belom tau kalo ada 2 kecepatan yang kita bahas disini. Speed internet dan speed download.
jadi semisal kalo ada iklan yg bilang speed sampe 1 Mbps itu mksd nya kecepatan internetnya yang mencapai segitu cth: untuk buffering youtube dll, tapi kalo dibuat download ya cuman 50-400an Kbps gitu CMIIW

Quote:Original Posted By Stemzha
intinya jgn terlalu percaya dgn iming" Up To 7Mbps, artinya kecepatannya bisa sampe 7Mbps bila anda beruntung, jadi klu anda tidak beruntung ya hasilnya pasti tidak sesuai, dan keberuntungan biasanya gak 2x loh
pilih provider yg men-exact kan kecepatannya seperti
Spoiler for bukan iklan:

disitu tertera kan gak pake Up To, meskipun masih menggunkan Mbps, tapi kecepatan bisa didapt yg biasanya sesuai dgn yg tertera
biasanya ane make rumus sederhana nentuin kecptannya ISP
misal 1Mbps ya klu "b" nya kecil artinya x1000, lalu bagi 8 hasilnya itu jadikan KBps dari hasil di atas itu di dapt 125KBps meskipun bila ada gangguan cuma dpt 90KBps tapi bila anda sangat beruntung atau bisa di bilang Spe**y lagi bocor bisa dpt ampe 250KBps loh, yah ini untung"an aja
sekian, mungkin bisa Page One



Spoiler for COMMENT YANG BARU TW BEDA-nya:
ane pake paket yang 1 Mbps
hasil dapet 140an kBps yang seharusnya cuma 125 kBps

reply

Thanks agan infonya...
Memang sekarang ini konsumen harus pintar dalam memilih penyedia layanan internet Gan.
Nice inpo gan

ane sundul biar banyak yang baca
setuju sama pendapat agan, jgn gampang di tepu. pake sulastri gratisss trusssss
itu mah bukan penipuan kali gan... dasar penggunannya aja yang pada gak tau...
Nice inpoh gan..
Bantu sundul gan
ane pke FN 1,5 Mbps, DL speednya kisaran 170 - 200 lebih
klo diitung sih bener, tapi sering DC
ane pake 3 uda 2 bulan ga isi kuota, lari tetep 30an KBps gan
iya gan, banyak konsumen yg tertipu, lebih tepatnya karena gak tahu kalau 'b' dan 'B' itu beda

jadi sering juga ada keluhan "1 Mbps kok lemot sih"
orang awam pasti gak paham gan bedanya..
pemerhati banget si agan,
ane kadang juga heran gan..
nice inpoh gan
wah emang banyak penipuan provider nih gan
ane juga ketipu
Ternyata kita harus lebih jeli melihat paket yang ditawarkan ya. cuma beda B dengan b
HAduh gan, jangan bilang penipuan deh mendingan. Coz dalam dunia TI juga memang satuan Byte dan bit itu beda, penulisannya juga beda. Byte(B) dan bit(b), 8bit=1Byte.
Ini karena ketidaktahuan masyarakat awam aja, bukan providernya yang nipu.
Mending agan bikin judul yang mencerahkan, beda Byte dan bit dalam iklan provider internet.
ya gan opsel indo skrng pada ga bener
mulai dari smartpret telkampret ahong luna maya ajis si kuning pleki dll.........
Quote:Original Posted By nama.saya.QUOTE
ane pake paket yang 1 Mbps
hasil dapet 140an kBps yang seharusnya cuma 125 kBps


wahh agan enakk donkkk , tempat dan faktor face jg menentukannn