Quote:Original Posted By solesurvivor16
gabung gan
ID kaskus: ini
nama : fajar
no kontak: pm
alamat: bantul diy
jenis usaha: pembenihan dari ukuran 5-7/6-8 sampai mild/3 jari

kabar terakhir minggu lalu habis panen harga ukuran korek box sampai konsumsi turun dibanding bulan lalu gan,kalo yg silet ke bawah harga masih tinggi,,telur satu paket/10000 550/560rb tu kata bakul yg biasa ambil dit4 ane gan

sip gan, ada tmn dari bantul nih... bantulnya daerah mana gan, moga kita bisa kerjasama, ane pembesara (konsumsi) soalnya....
Quote:Original Posted By inter.azhari

sip gan, ada tmn dari bantul nih... bantulnya daerah mana gan, moga kita bisa kerjasama, ane pembesara (konsumsi) soalnya....

daerah pandak gan,,ane masih ada satu kolam isi 600 ukuran mild & 3 jari,,masih nunggu bakul ni,,

agan bantul mana?
Quote:Original Posted By solesurvivor16
daerah pandak gan,,ane masih ada satu kolam isi 600 ukuran mild & 3 jari,,masih nunggu bakul ni,,

agan bantul mana?

ane krapyak panggungharjo sewon. dihargain brp yg segitu gan? jenis guramenya apa?
friend,

apa ada yg udah pernah cobain pelihara ikan gurame di air hasil reverse osmosis ??

Apakah gurame bakal hidup & sehat, atau sebaliknya malahan jadi mati ??

Lagi mau experimen kalo kualitas airnya dikasih yg perfect apakah akan berpengaruh terhadap mortality ratenya....

Asumsinya :
- pelet tetap diberikan sehari 2x
- air tetap sirkulasi secara perlahan2
- air hasil RO yg siap minum

trims

smartpreeeeeeeeeeeeeeeeeet

gak bisa onlen gara gara smartpret ngadat kmarennn
alhamdulilah skarang udah normal,
alhamdulilah nya lagi gurame ane gak ngadat normal2 aja makannya rakus bgt palagi stelah kmaren ane sedot kotoranya/sipon.
Spoiler for "Penampakan":
gan ane mau tanya nih
kira2 sebulan lalu ane ngisi kolam bak ane dengan 11 gurami ukuran korek. Ane campur sama anakan nila ( 17 ekor ), molly merah ( 20an ekor ) ama kura2 ( 1 ekor )
ane ngisinya guraminya gak langsung gan, bertahap beberapa bji. tapi seminggu ini dari 11 ekor tsb tinggal 4 ekor aja, tapi anehnya nila sama ikan molly gak ada yang tewas. kira2 kenapa ya?? udah ane kasih aerator juga dan seminggu sekali air ane ganti
Quote:Original Posted By kajitong
gan ane mau tanya nih
kira2 sebulan lalu ane ngisi kolam bak ane dengan 11 gurami ukuran korek. Ane campur sama anakan nila ( 17 ekor ), molly merah ( 20an ekor ) ama kura2 ( 1 ekor )


banyak faktor gan penyebab kematiannya..
1. bisa bibitnya waktu di panen secara serampangan jadi ada yang luka.
2. Bibit berasal dari air sungai di pindah ke air sumur atau sebaliknya ini bisa menimbulkan masalah untuk ukuran korek. harus ada penyesuaian dulu ke bak kecil /ember. campur air dari kantong asal dengan air kolam 50 %an setelah 15 menit an tuang semua kekolam
3. Bibit bila baru pindah harus di puasa in dulu 2 hari an.. jangan kasih pelet.
4. kolamnya baru di isi air ya gan.? belum ada 1 minggu ? ini sering juga bermasalah krn PH air belum stabil. kalau saya biasanya tunggu 1 minggu min. baru berani lepas gurame.. kalau nila ikan yang tahan. isi air lalu langsung ceburin ngak apa apa.

Yang paling sering saya temui adalah bila beli ikannya di pedagang ikan. ikan yang kita beli adalah ikan setress krn di angkut dan di pindah ke sana kemari. Gurame benih sangat sensitif.. kalau mau beli mending di petani langsung aja lebih aman.
Ini berdasar pengalaman aja gan mungkin ada dewa dewa gurame yang menemui/punya pendapat lain ?
dah lama ga mampir di thread gurame

mau share dikit ya artikel singkat tentang penggunaan sistem filter resirkulasi untuk ikan konsumsi:
cekidot, gan
Aplikasi Filter Resirkulasi Untuk Budidaya Ikan Konsumsi


thanks, gan
Quote:Original Posted By inter.azhari

ane krapyak panggungharjo sewon. dihargain brp yg segitu gan? jenis guramenya apa?

jenisnya ane kagak tau gan,ane ambil bibit dari temen ane juga,,harganya tergantung yang ambil gan klo petani sama bakul beda gan,ane ikut standar harga dari temen ane yg jual bibit,kalo berminat bisa pm gan
Quote:Original Posted By solesurvivor16
jenisnya ane kagak tau gan,ane ambil bibit dari temen ane juga,,harganya tergantung yang ambil gan klo petani sama bakul beda gan,ane ikut standar harga dari temen ane yg jual bibit,kalo berminat bisa pm gan

ok sip gan. kita lanjutin via pm
Quote:Original Posted By inter.azhari

sip gan, ada tmn dari bantul nih... bantulnya daerah mana gan, moga kita bisa kerjasama, ane pembesara (konsumsi) soalnya....


Mas azhari, aku juga dari bantul, newbie juga, share pengalaman ya...
o iya, aku punya kolam 2x2 isi gurameh 100 ekor ukuran korek jress. baru ditebar minggu kemaren. klo mau jual waktu dah gedhe, apa bakul mau ambilguramehku yang sedikit itu? tks
Quote:Original Posted By exolado
Mas azhari, aku juga dari bantul, newbie juga, share pengalaman ya...
o iya, aku punya kolam 2x2 isi gurameh 100 ekor ukuran korek jress. baru ditebar minggu kemaren. klo mau jual waktu dah gedhe, apa bakul mau ambilguramehku yang sedikit itu? tks

weh, dari bantul juga.... monggo,, monggo...
mau ngejualnya pas bobot brp gan? kalo pas ukuran konsumsi mendingan pasarin sndiri kalo cuma 100 ekor gan. bisa lbh kerasa hasilnya. hihi....
Quote:Original Posted By inter.azhari

weh, dari bantul juga.... monggo,, monggo...
mau ngejualnya pas bobot brp gan? kalo pas ukuran konsumsi mendingan pasarin sndiri kalo cuma 100 ekor gan. bisa lbh kerasa hasilnya. hihi....


ya jualnya tar utk ukuran konsumsi. apa bakul ga ada yang mau gan? cos klo masarin sendiri tkendala waktu
Quote:Original Posted By exolado
ya jualnya tar utk ukuran konsumsi. apa bakul ga ada yang mau gan? cos klo masarin sendiri tkendala waktu

ada lah, mesti ada bakul yg mau nnti. udah brp buln emg nanemnya gan?
Quote:Original Posted By inter.azhari

ada lah, mesti ada bakul yg mau nnti. udah brp buln emg nanemnya gan?


baru tebar bibit seminggu yang lalu, ya pengin tau aja apa ada yang mau, saya kan belum pengalaman makanya sy menimba ilmu dr para master-master yg dah tau seluk beluk perguramehan he.....
ijin gabung gan...
ane besarin gurami juga dari ukuran 2.5 inchi harga Rp. 750 rupiah / ekor di tempat ane
gurame na skarang udah 6,5 bulan ukuran sekarang
1. KW super ada 3 ekor sebesar telapak tangan dewasa
2. KW 2, ada 20 ekor seukuran kotak rokok du*hill ekor
3. KW 3 ada 5 ekor ukuran kotak korek api kayu
waktu ikan ntu kecil ane kasih makan pelet ikan hias gan (taka*i) mulai ukuran kecil sampai besar ukuran pelet na , tapi sekarang ane kasih pelet biasa aja (Ga kuat duit ksh makan pelet ikan hias lagi
untuk ekstra gizi ane kasih daun kangkung sma daun ubi jalar kadang ane kasih kelabang juga

ane mw tanya k para suhu : kenapa gurame ane cepetan gede yang warna oranye dari pada warna hitam ya?
oiya ukuran kolam ane lebar 1,5 mpanjang 3,5 m dalam nya 80 cm, maklum, kolam buat maen2 aja gan..
Quote:Original Posted By munker
gak bisa onlen gara gara smartpret ngadat kmarennn
alhamdulilah skarang udah normal,
alhamdulilah nya lagi gurame ane gak ngadat normal2 aja makannya rakus bgt palagi stelah kmaren ane sedot kotoranya/sipon.
Spoiler for "Penampakan":


salam kenal gan..
oya agan ini kyknya master nih..hehe ane mau tnya gan..kalo gurameh yg sekilo isi 5 bisa panen 3 bln tu pakannya hbs brp kg ya gan?apa tiap hari ksh makan nya pe kenyang gan? atau ada itungannya?ambil contoh ane nebar benih 100kg gan isi sekilo 5..gimana gan?nuwun
Quote:Original Posted By exolado


ya jualnya tar utk ukuran konsumsi. apa bakul ga ada yang mau gan? cos klo masarin sendiri tkendala waktu

coba dijual pas ukuran sekilo isi 2-3 gan,,klo mau harga tinggi kata temen ane pada waktu tahun baru biasanya harganya pas tinggi2nya,,klo jumlah 100 ekor pasti mau bakulnya gan,,ane punya 50 ekor ukuran sekilo 1-3 ekor saja kemarin pas rame2nya mau diambil kok gan,,tapi kagak ane lepas krn buat konsumsi pribadi,,

Quote:Original Posted By ir84
ijin gabung gan...
ane besarin gurami juga dari ukuran 2.5 inchi harga Rp. 750 rupiah / ekor di tempat ane
gurame na skarang udah 6,5 bulan ukuran sekarang
1. KW super ada 3 ekor sebesar telapak tangan dewasa
2. KW 2, ada 20 ekor seukuran kotak rokok du*hill ekor
3. KW 3 ada 5 ekor ukuran kotak korek api kayu
waktu ikan ntu kecil ane kasih makan pelet ikan hias gan (taka*i) mulai ukuran kecil sampai besar ukuran pelet na , tapi sekarang ane kasih pelet biasa aja (Ga kuat duit ksh makan pelet ikan hias lagi
untuk ekstra gizi ane kasih daun kangkung sma daun ubi jalar kadang ane kasih kelabang juga

ane mw tanya k para suhu : kenapa gurame ane cepetan gede yang warna oranye dari pada warna hitam ya?
oiya ukuran kolam ane lebar 1,5 mpanjang 3,5 m dalam nya 80 cm, maklum, kolam buat maen2 aja gan..


klo ditempat ane malah yg hitam yg lebih cepet gede gan,,klo yg berwarna malah lebih lambat,,

kolam segitu dikasih ikan berapa gan?klo ane ukran 1,5x3 ane isi 50 ekor sekarang sudah ukuran 1-3 ekor perkilo,,tapi dah 2,5 tahun miaranya,,
Quote:Original Posted By solesurvivor16

coba dijual pas ukuran sekilo isi 2-3 gan,,klo mau harga tinggi kata temen ane pada waktu tahun baru biasanya harganya pas tinggin2nya,,klo jumlah 100 ekor pasti mau bakulnya gan,,ane punya 50 ekor ukuran sekilo 1-3 ekor saja kemarin pas rame2nya mau diambil kok gan,,tapi kagak ane lepas krn buat konsumsi pribadi,,



klo ditempat ane malah yg hitam yg lebih cepet gede gan,,klo yg berwarna malah lebih lambat,,

kolam segitu dikasih ikan berapa gan?klo anek ukran 1,5x3 anek isi 50 ekor sekarang sudah ukuran 1-3 ekor perkilo,,tapi dah 2 tahun miaranya,,


wah nice info ni gan, btw nyari pengepulny dmn ya? soalny aku msih buta msalah pemasaran ikan
Quote:Original Posted By exolado


wah nice info ni gan, btw nyari pengepulny dmn ya? soalny aku msih buta msalah pemasaran ikan


agan bantulnya mana? klo ane selama ini kerjasama dg temen ane,,temen ane yg sediain bibit trus klo mo jual ke bakul lewat temen ane,,tapi klo jual ke petani bisa langsung,,bakul yg biasa ambil dari ngestiharjo wates,,tapi klo bulan2 ini untuk ukuran mild sampai konsumsi harganya turun sama agak susah jualnya karena di tulungagung baru panen gan,,