Quote:
Akhir-akhir ini sering banget kita denger MRT atau Monorel. yang katanya akan segera dibangun dijakarta, surabaya, medan dan kota2 lain dinegara kita.
tapi yakin ga kalao Monorel ini solusi tepat untuk mengatasi masalah kemacetan??...
Sedikit Gambaran Gan...
Quote:
Monorel Las Vegas USA
Monorel Sydney, Ausie

Baca ini juga gan :
http://id.wikipedia.org/wiki/Monorel
Quote:
Monorel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensional.
Quote:
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan
* Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
* Terlihat lebih "ringan" daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
* Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
* Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
* Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
* Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.
Kekurangan
* Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
* Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
* Kapasitasnya masih dipertanyakan.
nah soal kapasitas ini, kita bisa ambil contoh ke monorel di ibukota tetangga kita, yaitu Kuala Lumpur.
Quote:
Baca gan..
Quote:
The system uses permanently-coupled two-car trains of a similar design to the Seattle Center Monorail's ALWEG trains. Each monorail train can accommodate 158 passengers during regular operations.
Baca Gan.
Quote:
The monthly ridership increased from 341,850 passengers in September 2003 to 1.18 million passengers in August 2004. In 2005, ridership averaged 45,000 passengers per day,[2] trending down to 36,000 in 2008.[18] In August 2008, the monorail attained its 80 millionth passenger since its opening.[19] On 29 July 2009, the monorail reportedly reached the 100 million passenger mark.[20]
The maximum capacity of the monorail is 244 at full load with 48 people sitting and 196 standing. There are 10 units of two-car trains in service.
bandingkan dgn bus gandeng Transjakarta seperti di bawah ini.
Quote:
Baca dulu gan
Quote:
Jika saat ini bus Transjakarta dengan 12 koridor baru mampu mengangkut 400 ribu penumpang per hari, ke depan diharapkan bisa mengangkut penumpang hingga dua kali lipat atau sebanyak 800 ribu penumpang per hari.
sudah tidak jauh berbeda kan???
apalagi biaya bus gandeng dan pembangunan jalur busway tentu lebih sedikit... soal jalur, bisa dioptimalkan dgn bikin jalur melayang seperti di Xiamen, China...
contoh armada mereka adalah C151, di situ tertulis kapasitasnya adalah 1920 penumpang, dgn 212/296 kursi (setelah peremajaan)...
jelas beda jauh kan???
karena itulah monorel jarang sekali dijadikan moda transportasi utama di sebuah kota... biasanya monorel lebih sering dipake untuk pariwisata, seperti di Pulau Sentosa, Singapura, atau kebun binatang Ueno, Tokyo...
Berikut adalah rencana pembangunan MRT kite...
Quote:
Quote: