KASKUS

Smile Adap Tidur dalam Islam(Di mohon tidak sara gan)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Quote:Mohon maaf sebelumnya gan kalau thread ane ane hanya mau berbagi kepada umat islam kalau pun cocok umat lain boleh aja karna ini untuk kesehatan kita semua gan sebagai mahkluk ciptaan Tuhan

Quote:Dan mohon maaf juga kalau thread ane mengundang maaf banget gan ane sebagai manusia harus saling berbagi ilmu yang ane dapet dari situs lain dan mengshare nya ke agan kaskuser semua kalau emang ga suka jangan marah atau lemaprin ane gan

Quote:biasakan posting bermutu gan no copas no junk,baca resapi dan pahami dengan benar gan


Adab Tidur dalam Islam sesuai Ajaran Rasulullah



Quote:Quote:
Quote:
Dianjurkan Berintrospeksi Diri Sebelum Tidur

Berintrospeksi diri (muhasabah) sesaat sebelum tidur. Sangat dianjurkan sekali bagi setiap muslim bermuha-sabah (berintrospeksi diri) sesaat sebelum tidur, menge-valuasi segala perbuatan yang telah ia lakukan di siang hari. Lalu jika ia dapatkan perbuatannya baik maka hendaknya memuji kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala dan jika sebaliknya maka hendaknya segera memohon ampunan-Nya, kembali dan bertobat kepada-Nya.


Quote:Quote:
Quote:
Berwudhu Sebelum Tidur

Kita sebaiknya tidur dalam keadaan sudah berwudhu, sebagaimana hadits: “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).




Quote:Quote:
Quote:
Mengibaskan Tempat Tidur Sebelum Tidur

Sebelum tidur, hendaknya mengibaskan tempat tidur (membersihkan tempat tidur dari kotoran). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW : “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050).



Quote:Quote:
Quote:
Posisi Tidur yang Baik adalah Miring ke Sebelah Kanan

ntuk posisi tidur, sebaiknya posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan). Tidak menjadi masalah jika pada saat tidur nanti posisi kita berubah ke atas sisi kiri. Hal ini berdasarkan sabda Rosululloh: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710). “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)
.


Quote:Quote:
Quote:
Membaca Do’a Sebelum Tidur

“Bismikaallahumma ahya wa bismika wa amuut”. Yang artinya : Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.




Quote:Quote:
Quote:
Apabila Gelisah

Apabila merasa gelisah, risau, merasa takut ketika tidur malam atau merasa kesepian maka dianjurkan sekali baginya untuk berdoa sebagai berikut: “A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun.” Yang artinya “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan dan dari kedatangan mereka kepadaku.” (HR. Abu Dawud No. 3893, At-Tirmidzi No. 3528 dan lainnya).




Quote:Quote:
Quote:
Tidak Boleh Telanjang

Pada saat tidur tidak boleh telanjang berdasarkan hadits berikut : “Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa”. (HR. Muslim).



Quote:Quote:
Quote:
Makruh tidur tengkurap

Abu Dzar Radhiallaahu anhu menuturkan : Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam pernah lewat melintasi aku, dikala itu aku sedang berbaring tengkurap. Maka Nabi membangunkanku dengan kakinya sambil bersabda : Wahai Junaidab (panggilan Abu Dzar), sesungguhnya berbaring seperti ini (tengkurap) adalah cara berbaringnya penghuni neraka. (H.R. Ibnu Majah dan dinilai shahih oleh Al-Albani).




Quote:Quote:
Quote:
Makruh tidur di atas dak terbuka

Karena di dalam hadits yang bersumber dari `Ali bin Syaiban disebutkan bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam telah bersabda : Barangsiapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya. (HR. Al-Bukhari di dalam al-Adab al-Mufrad, dan dinilai shahih oleh Al-Albani).



Quote:Quote:
Quote:
Menutup pintu, jendela dan memadamkan api dan lampu sebelum tidur

Dari Jabir Radhiallaahu anhu diriwayatkan bahwa sesung-guhnya Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam telah bersabda : Padamkanlah lampu di malam hari apa bila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman. (Muttafaq `alaih)



Quote:Quote:
Quote:
Mencuci Kedua Tangan Tiga Kali

Mencuci kedua tangan tiga kali, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali.” (HR. Al-Bukhari No. 162 dan Muslim No.278).


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa posisi tidur yang paling baik adalah bertumpu pada sisi kanan tubuh (menghadap ke kanan), dan ternyata hal ini sesuai dengan riset ilmiah yang telah dilakukan oleh beberapa orang. Berdasarkan riset ilmiah, posisi tidur seperti ini lebih menyehatkan daripada tiga posisi yang lain, yaitu tidur telentang , tengkurap, dan tidur dengan bertumpu pada sisi kiri tubuh.

Posisi Telentang : Tidur berbaring dengan posisi telentang kurang sehat, sebab menekan atau menyesakkan tulang punggung, bahkan kadangkala bisa menyebabkan kita ingin ke toilet/WC.

Tidur Tengkurap : Tidur tengkurap atau menelungkup tidak baik untuk pernapasan. Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang. “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Posisi Kiri : Tidur dengan bertumpu pada sisi kiri badan (menghadap ke kiri) dapat menghimpit posisi jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan pasokan darah ke otak berkurang. Dengan berkurangnya pasokan darah ke otak, tidur pada posisi kiri dapat pula mengakibatkan kita sering mengalami mimpi-mimpi tidak baik (nightmares), serta berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme).



Quote:kalau agan berkenan sesama umat muslim boleh dong gan lemparin seikhlas agan
Quote:tapi ane nolak gan kalau di kasih karna setau ane mudah mudahan thread ini bermanfaat untuk agan kaskuser semua

Spoiler for SUMBER:



cukup sekian dari ane wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nice inpoh gan
iya gan emang tuh bener semua, tapi ane enakan tidur lampunya nyala dan ane kalo tidur jarang wudhu dulu soalnya kalo wudhu dulu pasti gak ngantuk
ane belum pernah berwudhu sebelum tidur gan
wah trit yang bagus nih gan,
embah sih klo mo tidur cuman cuci tangan n kaki trus baca doa doang he he he
wow...nice thread..
info wajib untuk yg belum tau. :


padahal ane seneng buka baju gan
Quote:Original Posted By Vixionisme
iya gan emang tuh bener semua, tapi ane enakan tidur lampunya nyala dan ane kalo tidur jarang wudhu dulu soalnya kalo wudhu dulu pasti gak ngantuk

hahahah biar ga di gigit nyamuk ya gan
wkwkwk betul juga si gan tapi kalau di biasain pasti tidur ko gan

Quote:Original Posted By trollface9
ane belum pernah berwudhu sebelum tidur gan

wkwkw kalau belum terbiasa jawaban nya sama kaya di atas gan

Quote:Original Posted By Patlan
Haduh Ane belum ngejalanin semua aturannya gan...

mampir thread ane

waduuh minimal harusnya 1 tuh gan sebagai umat islam

Quote:Original Posted By mbahmomon
wah trit yang bagus nih gan,
embah sih klo mo tidur cuman cuci tangan n kaki trus baca doa doang he he he

haha alhamdulillah makasi gan
yahahaha ga apa mba yang penting udah baca doa biar di selamtin dan mimpi buruk juga
Nais inpoh gan....ane biasa tidur telentang...
Banyak yang ane belum lakukan saat mau tidur gan
wah mesti wudhudulu yah gan, hmmm mesti dibiasain nih ... maklum dari kecil kalo mau tidur ga pake wudhu gan krn ga tau
kalo ane tdur miring ke kanan kok,, bangun2 tangan ane malah kejepit gan,,
Waahh baru tau ane,makasih infonya gan.
Ane bantu
klo ane sering menjalankan yg tidur hadap ke kanan gan hehe . ane coba lakuin ah yg lainnya
ane dering telentang gan,klo wudhu ane sering sih tapi gak tiap hari
nice gan, ilmu islam ane bertambah
ternyata tidur harus ada adabnya juga yah walaupun sunah
wah ternyata tidur telanjang gak boleh yah, baru tau ane

message originally posted by ohasanoe
nice share gan..

ane coba deh..