KASKUS

always update : Caresheet Musang 101

hi all..bagi pecinta musang join disini ya.kita sharing mengenai binatang malam dan berbau pandan, bagi yg sudah berpengalaman,ga ada salahnya berbagi pengalamannya disini.


Musang
Musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus) adalah hewan menyusu (mamalia). Hewan ini juga dipanggil dengan berbagai sebutan lain seperti musang (nama umum, Betawi), careuh (Sunda), luak atau luwak (Jawa), serta common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat dalam bahasa Inggris.The Name "Civet" berasal dari bahasa arab "zabad.", nama Common Palm Civets ini diberikan karena baik musang jantan maupun betina mempunyai kelenjar yg mengeluarkan bau dibawah buntut.

Anatomi :
Musang bertubuh sedang, panjang total sekitar 90 cm (termasuk ekor, sekitar 40 cm atau lebih). Abu-abu kecoklatan dengan ekor hitam-coklat mulus.
Mempunyai berat badan (untuk musang dewasa) sekitar 2,7kg-4,5kg

Sisi atas tubuh abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna tengguli (coklat merah tua) sampai kehijauan. Jalur di punggung lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus, atau membentuk deretan bintik-bintik besar. Sisi samping dan bagian perut lebih pucat.

Terdapat beberapa bintik samar di sebelah menyebelah tubuhnya.

Wajah, kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban. Satu garis hitam samar-samar lewat di tengah dahi, dari arah hidung ke atas kepala.
Hewan betina memiliki tiga pasang puting susu.

Kebiasaan :
Musang luwak adalah salah satu jenis mamalia liar yang kerap ditemui di sekitar pemukiman dan bahkan perkotaan. Hewan ini amat pandai memanjat dan bersifat arboreal (=hewan yg menghabiskan hidup di pepohonan), tidak segan pula untuk turun ke tanah.

Musang juga bersifat nokturnal, aktif di malam hari untuk mencari makanan dan lain-lain aktifitas hidupnya.

Makanan :
Musang sebagai mahluk Omnivora, kerap dituduh sebagai pencuri ayam, walaupun tampaknya lebih sering memakan aneka buah-buahan di kebun dan pekarangan. Termasuk di antaranya kopi, pepaya, pisang, rambutan, mangga, buah pohon kayu afrika (Maesopsis eminii). Mangsa yang lain adalah aneka serangga, moluska, cacing tanah, kadal serta bermacam-macam hewan kecil lain yang bisa ditangkapnya, termasuk mamalia kecil seperti tikus.

Yang Unik :
Di tempat-tempat yang biasa dilaluinya, di atas batu atau tanah yang keras, seringkali didapati tumpukan kotoran musang dengan aneka biji-bijian yang tidak tercerna di dalamnya. Agaknya pencernaan musang ini begitu singkat dan sederhana, sehingga biji-biji itu keluar lagi dengan utuh. Karena itu pulalah, konon musang luak memilih buah yang betul-betul masak untuk menjadi santapannya. Maka terkenal istilah kopi luwak dari Jawa, yang menurut ceritera dari mulut ke mulut diperoleh dari biji kopi hasil pilihan musang luwak, dan telah mengalami ‘proses’ melalui pencernaannya!

Sebagaimana aneka kerabatnya dari Viverridae, musang luwak mengeluarkan semacam bau dari kelenjar di dekat anusnya. Samar-samar bau ini menyerupai harum daun pandan, namun dapat pula menjadi pekat dan memualkan. Kemungkinan bau ini digunakan untuk menandai batas-batas teritorinya, dan pada pihak lain untuk mengetahui kehadiran hewan sejenisnya di wilayah jelajahnya.

Reproduksi :
Musang beranak sepanjang tahun, walaupun pernah ada catatan bahwa anak musang lebih sering diketemukan antara bulan Oktober hingga Desember.
anak musang (kitten) lahir antara 2-5 ekor. Biasanya anak2 musang ditaruh didalam lubang pohon atau gua.
Masa kehamilan musang betina sekitar 60hari

Selama Mating / kimpoi / kimpoi yang masanya cukup singkat, biasanya pasangan musang itu tetap tinggal bersama2 sampai anak2 musang lahir.

Masa dewasa sexual Musang adalah 11-12 bulan, Musang yang dipelihara itu bisa hidup hingga 22 tahun lamanya

artikel lainnya :
klik jenis2 musang lainnya
klik beda kelamin jantan dengan betina
klik saran untuk pemula
klik Interesting Facts
klik Vaksin aman untuk musang
klik Pangur Gigi

apabila ada yg bisa ditambahkan atau dibuatkan link... mohon info nya

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/1040785 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Musang bulan // Sumatran Masked Palm Civet (Paguma Larvata Leucomystax)


Anatomi :
Mempunyai berat badan untuk ukuran dewasa sekitar 6kg atau 13,2lb dengan panjang badan sekitar hampir 1 meter
Musang bertubuh sedang, hampir sama panjang dengan musang pandan. Warna bulu dibadannya full coklat hampir mendekati merah oranye dengan ujung ekor putih
Perbedaan lain dgn musang pandan adalah, topeng pada bagian wajah. Garis putih yang amat menonjol dari hidung sampai ke area kepala, dan seakan2 membagi dua topeng hitam bahkan sampai kearah telinga
Ujung ekor putih dan topeng putih inilah yang merupakan cirri khas dari musang bulan

Makanan :
sama seperti kerabatnya, musang bulan juga merupakan mahluk omnivora, pemakan segalanya baik dari hewani maupun buah2n


Yang Unik :
Musang bulan walaupun beda Genus dengan keluarga musang pandan, musang bulan ini juga sering disebut musang luwak, karena di daerah asalnya di sumatera, musang bulan inilah yang merupakan penghasil kopi luwak, uniknya lagi, kopi luwak yang didapat dari musang bulan ini seringkali lebih mahal dari yang dihasilkan musang pandan karena musang bulan itu benar2 mencerna buah kopi dan bukan memakan biji kopi

Reproduksi :
lihat files musang pandan
Musang Rase // Rasse // Small Indian Civet // Lesser Indian Civet (Viverricula indica)


Anatomi :
walaupun sama2 disebut musang, musang rase datang dari keluarga
walaupun sama2 disebut musang, rase ini dari keluarga viverricula, bertubuh kecil dengan telinga tegak dan bentuk moncong yg meruncing
warna bulu sekujur tubuh seperti warna pasir, campuran bintik2 antara warna hitam / putih dengan ekor belang garis hitam/putih
Berat Musang Rase 2 - 4 kg (4.4 - 8.8 lbs).dengan Panjang sekitar 45 cm (17.7 inches)

Kebiasaan :
Musang Rase bukan abroreal / pemanjat pohon, oleh karena itu musang rase punya corak yang bisa membuat rase berkamuflase diantara semak2

Makanan :
keluarga musang adalah omnivora, Musang Rase adalah karnivora sejati walaupun mereka tidak menolak makan buah2n seperti pisang. Makanan Rase adalah binatang2 kecil yang mereka temui di habitat mereka

Yang Unik :
Musang Rase adalah mahluk solitaire yang artinya dia akan mencari sesamanya hanya untuk berkembangbiak, Musang Rase mengeluarkan bau khusus yang menyengat setiap saat untuk menarik perhatian pasangannya.
Kendati musang rase ini penyendiri, biasanya musang rase adalah musang yang bisa mengenali majikannya bahkan bisa mengikuti majikannya selama di area yang dianggap aman

Reproduksi :
lihat files musang pandan

Subspecies of the Small Indian Civet :

Viverricula indica atchinensis
Viverricula indica baliensis
Viverricula indica baptistae
Viverricula indica deserti
Viverricula indica indica
Viverricula indica klossi
Viverricula indica mayori
Viverricula indica muriavensis
Viverricula indica pallida
Viverricula indica schlegelii
Viverricula indica taivana
Viverricula indica thai
Viverricula indica wellsi


Interesting Facts

Virologists have speculated that the source of the SARS-CoV virus, which had a significant outbreak in Asia in 2003, can be traced back to a particular species of civet, the masked palm civet. Many people hunt the masked palm civet for its meat. It has been speculated that through such practices the SARS virus was first introduced to humans. However, the possibility remains that the virus may have been contracted in some other unknown animal before infecting the masked palm civet. Since this information has been exposed to the public, the ingestion of civets in Asia has dropped drastically, going from 51 percent of people that do not eat civets to 72 percent (AP 2006).

Ketika wabah dari virus SARS-CoV melanda Asia ditahun 2003, para ahli biologi menelurusi dan menemukan penyebabnya ada di satu jenis musang yaitu masked palm civet atau musang pandan. Banyak orang memburu musang ini untuk dimakan dagingnya. Walaupun masih disebut spekulasi bagaimana caranya virus SARS-CoV itu bisa menginfeksi musang pandan dan kemudian menulari manusia yang memakan dagingnya.
Sejak informasi ini di sebarkan diberbagai media, perburuan musang pandan untuk dimakan dagingnya, turun menjadi 51% dari 72%
RESERVED
Family: Viverridae

1. Paradoxurus hermaphroditus / Musang Pulut / Common Palm Civet
dibeberapa daerah di indonesia, diketemukan kerabat musang pandan tapi mempunyai corak yg berbeda
Musang Rinjani (P.H.rindjanicus)
corak..hitam kecoklatan..secara anatomi, sama dengan luwak/pandan asal P.Jawa

courtesy to IwanRSetiawan


Musang Sumbawa
corak putih mulus dengan warna mata hitam (leucustic)

courtesy to nicebint, felix Suryatama, tjyang jawi, brave25

2. Viverricula indica /Musang Rase / Small Indian Civet


3. Viverra tangalunga / Tenggalong /Malay Civet


4. Viverra zibetha / Musang Jebat / Large Indian Civet


5. Viverra megaspila / Musang Titik Besar / Large-spotted Civet

6. Paguma larvata / Musang Lamri /Musang Bulan / Masked Palm Civet

7. Arctogalidia trivirgata / Musang Akar / Small-toothed Palm Civet

courtesy to kdy


8. Hemigalus derbyanus / Musang Belang / Banded Palm Civet

ada sejenis musang bulan tp mukanya full hitam asal NTB

courtesy to greatrere07


9. Prionodon linsang / Linsang / Banded Linsang

10. Arctictis binturong / Binturong / Bear Cat

11. Cynogale bennettii / Musang Memerang / Otter Civet

12. Herpestes brachyurus / Bambun Ekor Pendek / Short-tailed Mongoose

13. Herpestes edwardsii / Bambun Kelabu / Indian Grey Mongoose

14. Herpestes javanicus / Bambun Jawa / Javan Mongoose

15. Herpestes urva / Bambun Makan Ketam / Crab-eating Mongoose

foto lainnya menyusul. (foto sebagian dari internet dan hasil kontribusi para musang lover)

special
Mustelidae family
Javan Ferret-badger (Melogale orientalis)

DAFTAR FLORA DAN FAUNA LIAR YANG DILINDUNGI UNDANG-UNDANG

Berdasarkan Lampiran PP No 7 Tahun 1999
Daftar flora dan fauna yang dilindungi di Indnoesia tercantum dalam PP No 7 tahun 1999 yang berjumlah sebanyak 294 spesies. Keseluruhannya terbagi ke dalam 2 kelompok besar, yaitu kelompok satwa (mamalia, aves, reptilia, insekta, ikan, anthozoa, dan bivalvia) dan kelompok tumbuhan (palmae, rafflessiacea, orchidaceae, nephentaceae, dan dipterocarpaceae).

KELOMPOK FAUNA
Kelompok Mamalia
Jumlah: 70 spesies

No Nama Ilmiah Nama Indonesia
1 Anoa depressicornis Anoa dataran rendah, Kerbau pendek
2 Anoa quarlesi Anoa pegunungan
3 Arctictis binturong Binturong
4 Arctonyx collaris Pulusan
5 Babyrousa babyrussa Babirusa
6 Balaenoptera musculus Paus biru
7 Balaenoptera physalus Paus bersirip
8 Bos sondaicus Banteng
9 Capricornis sumatrensis Kambing Sumatera
10 Cervus kuhli; Axis kuhli Rusa Bawean
11 Cervus spp. Menjangan, Rusa sambar (semua jenis dari genus Cervus)
12 Cetacea Paus (semua jenis dari famili Cetacea)
13 Cuon alpinus Ajag
14 Cynocephalus variegatus Kubung, Tando, Walangkekes
15 Cynogale bennetti Musang air
16 Cynopithecus niger Monyet hitam Sulawesi
17 Dendrlower-alphagus spp. Kanguru pohon (semua jenis dari genus Dendrlower-alphagus)
18 Dicerorhinus sumatrensis Badak Sumatera
19 Dolphinidae Lumba-lumba air laut (semua jenis dari famili Dolphinidae)
20 Dugong dugon Duyung
21 Elephas indicus Gajah
22 Felis badia Kucing merah
23 Felis bengalensis Kucing hutan, Meong congkok
24 Felis marmorota Kuwuk
25 Felis planiceps Kucing dampak
26 Felis temmincki Kucing emas
27 Felis viverrinus Kucing bakau
28 Helarctos malayanus Beruang madu
29 Hylobatidae Owa, Kera tak berbuntut (semua jenis dari famili Hylobatidae)
30 Hystrix brachyura Landak
31 Iomys horsfieldi Bajing terbang ekor merah
32 Lariscus hosei Bajing tanah bergaris
33 Lariscus insignis Bajing tanah, Tupai tanah
34 Lutra lutra Lutra
35 Lutra sumatrana Lutra Sumatera
36 Macaca brunnescens Monyet Sulawesi
37 Macaca maura Monyet Sulawesi
38 Macaca pagensis Bokoi, Beruk Mentawai
39 Macaca tonkeana Monyet jambul
40 Macrogalidea musschenbroeki Musang Sulawesi
41 Manis javanica Trenggiling, Peusing
42 Megaptera novaeangliae Paus bongkok
43 Muntiacus muntjak Kidang, Muncak
44 Mydaus javanensis Sigung
45 Nasalis larvatus Kahau, Bekantan
46 Neofelis nebulusa Harimau dahan
47 Neslower-alphagus netscheri Kelinci Sumatera
48 Nycticebus coucang Malu-malu, Kukang
49 Orcaella brevirostris Lumba-lumba air tawar, Pesut
50 Panthera pardus Macan kumbang, Macan tutul
51 Panthera tigris sondaica Harimau Jawa
52 Panthera tigris sumatrae Harimau Sumatera
53 Petaurista elegans Cukbo, Bajing terbang
54 Phalanger spp. Kuskus (semua jenis dari genus Phalanger)
55 Pongo pygmaeus Orang utan, Mawas (Kalimantan)
56 Presbitys frontata Lutung dahi putih
57 Presbitys rubicunda Lutung merah, Kelasi
58 Presbitys aygula Surili
59 Presbitys potenziani Joja, Lutung Mentawai
60 Presbitys thomasi Rungka
61 Prionodon linsang Musang congkok
62 Prochidna bruijni Landak Irian, Landak semut
63 Ratufa bicolor Jelarang
64 Rhinoceros sondaicus Badak Jawa
65 Simias concolor Simpei Mentawai
66 Tapirus indicus Tapir, Cipan, Tenuk
67 Tarsius spp. Binatang hantu, Singapuar (semua jenis dari genus Tarsius)
68 Thylogale spp. Kanguru tanah (semua jenis dari genus Thylogale)
69 Tragulus spp. Kancil, Pelanduk, Napu (semua jenis dari genus Tragulus)
70 Ziphiidae Lumba-lumba air laut (semua jenis dari famili Ziphiidae)
PENJELASAN MENGENAI NAMA LATIN DARI MUSANG BULAN


permisi admin dan kawan kawan MLI
saya dari ML reg bogor ingin sedikit sharing ya
beberapa waktu yang lalu saya penasaran tentang nama latin Musang bulan
kemudian ketika saya browsing yang saya temukan adalah V. malaccensis

namun saya masih tidak yakin sepenuhnya karena data yang saya temukan ternyata simpang siur dan tidak ada kepastian penuh.
setelah beberapa lama saya pun pergi ke sebuah museum zoology dan menemukan bahwa nama latin Musang Bulan adalah Paguma larvata leucomystax . sementara V. malaccensis adalah nama lama dari V. indica atau yang kita kenal dengan sebutan Musang Rase.

berikut adalah foto dokumentasi saya jalan" ke museum zoology tsb
ket:
A :
adalah tag dari offset musang bulan yang bertuliskan :
Paguma larvata leucomystax (gray, 1837).
tanggal : 23 sept 1925
jenis kelamin : betina
lokasi : long petak M.O borneo
B :
adalah beberapa koleksi offset musang dr museum tsb

C :
adalah tag dari offset musang rase yang bertuliskan :
Viverricula malaccensis rasse
tanggal : 28 july 1975
jenis kelamin : jantan
lokasi : Sukasari Bogor
D :
adalah offset dari musang rase tsb.

demikian sedikit share dari saya
maaf jika ada salah kata atau tulisan

courtesy dr member MLI Bogor
Mulai bikin arsip yak..mudah2n bisa terus update
Kegiatan para Musang lover 2012
link FB DJAMAL

klik Gath : GaNas ML di Flona Lap Banteng 7 Juli 2012
klik Liputan Flona Edisi Juli 2012
klik BukBer Regi JaBoDeTaBek 29 Juli 2012
klik Liputan 6 SCTV 2 september 2012

Kegiatan para Musang lover 2013
link FB DJAMAL

Liputan Musang Lover di Majalah Flona Edisi Maret 2013

sore musangers, ane mau nanya2 sebelum mulai piara musang, kalo buat perawatan musang itu gimana ya, apa ada hal2 khusus buat si musang ?
oiya gan kalo ferret itu termasuk musang jg ya ?
makasih gan...
Quote:
musang ane udah mati bulan lalu gan gara gara disuntik dokter
habis disuntik langsung sesak nafas, 10menit kemudian mati didepan mata ane

ane kangen banget gan, umurnya udah hampir setahun
jinak banget sampe bs dilepas diluar tanpa tali
tp kalo ada orang lain langsung lari naik kebahu
sering jadi tontonan

tiap ane pulang kerja langsung lari nyamperin ane
kita sering tidur bareng, ane sering tidur terus diompolin

sayang itu semua tinggal kenangan
musangku, cuma kamu yg bs mengisi kesunyian rumahku

gan ada yg jual musang dewasa yg bs digendong gak ya?

ane bujangan yg merantau, terasa sepi banget dikontrakan
ane masih kebayang kelakuannya yg selalu bikin sebel karena berantakin rumah


hari ini mau liat2 kepasar hewan, melepaskan rasa kangen sama musang ane yg mati
meskipun hanya liat2 musang, paling tidak rasa kangen ini terobati sementara waktu

dulu pernah dapet musang dari sukabumi (masih kecil2) tapi kayanya aga susah di pelihara ya? makannya yang aga susah, susu, bubur bayi etc dah coz dulu kayanya udh concern teteup aja ga ada yang selamet dari 3ekor...
Lumayan dpet pekiwan

Ane jg pelihara musang dr usia 3bln dan udh 2bln di ane makanya cuman mau pisang unyil(pisang kecil2) jd lumayan biaya makannya gak bnyk dan rawatnya gak susah kok ampir mirip kucing
Saran ane kalo mau beli ato adop musang usia minimal 3bln krn udh bisa makan sendiri dan lbh udh bisa diajak maen

Cuman yg ane gak ngerti dan mau nanya disini musang kok susah y diajarin litterbox pup sama pee-nya,sudah ada yg pnh coba?tlg bagi tipsnya bagi yg udah sukses
tumben OL lgTS...gilirangw PM br eksis lg...dari dulu jarang bgt liat TS OL...

SORRY YAH KMRNGW DAN TMN" ANAK MUSANGLOVERS CUMA BERNIAT BAIK SAJA BUAT Threed MusangLovers jilid II..makanya gw buat..tp klo akhirnya cma gini doang hasilnya,terkesan percuma sekali yah

mungkin gw ada salah juga lupa lapor keMOMOD,paling tidak gw sempet PM n minta izinTS...but,Ya sudahlah... :kecewa gw..kek gk menghargai usaha org..
Quote:Original Posted By vinzzy
tumben OL lgTS...gilirangw PM br eksis lg...dari dulu jarang bgt liat TS OL...

SORRY YAH KMRNGW DAN TMN" ANAK MUSANGLOVERS CUMA BERNIAT BAIK SAJA BUAT Threed MusangLovers jilid II..makanya gw buat..tp klo akhirnya cma gini doang hasilnya,terkesan percuma sekali yah

mungkin gw ada salah juga lupa lapor keMOMOD,paling tidak gw sempet PM n minta izinTS...but,Ya sudahlah... :kecewa gw..kek gk menghargai usaha org..


memangnya TS nya OL toh gan
ini thread kan secara otomatis lanjut ke part 2
krn part yg ke 1 sdh habis
kalo menurut agan & teman2 penghuni thread yg lainnya
TS nya sdh engga aktif, PM momod
buat minta ganti TS
begitu caranya hehe
jgn kaya kemarin memutuskan untuk buat thread baru sendiri
krn akan di merge juga toh pada akhirnya
Quote:Original Posted By vinzzy
tumben OL lgTS...gilirangw PM br eksis lg...dari dulu jarang bgt liat TS OL...

SORRY YAH KMRNGW DAN TMN" ANAK MUSANGLOVERS CUMA BERNIAT BAIK SAJA BUAT Threed MusangLovers jilid II..makanya gw buat..tp klo akhirnya cma gini doang hasilnya,terkesan percuma sekali yah

mungkin gw ada salah juga lupa lapor keMOMOD,paling tidak gw sempet PM n minta izinTS...but,Ya sudahlah... :kecewa gw..kek gk menghargai usaha org..


TS nya tetep gak muncul koq om. ini jilid 2 otomatis muncul kalo jilid 1 udah habis (coba lihat postingan 1-10 yg diatas. itu juga ada di jilid 1,,sama persis) coba PM'in momod aja. buat ganti TS. ane dukung agan VINZZY jadi TS. coblos vinzzy uyee..uyeee...
Quote:Original Posted By Martin775
TS nya tetep gak muncul koq om. ini jilid 2 otomatis muncul kalo jilid 1 udah habis (coba lihat postingan 1-10 yg diatas. itu juga ada di jilid 1,,sama persis) coba PM'in momod aja. buat ganti TS. ane dukung agan VINZZY jadi TS. coblos vinzzy uyee..uyeee...


nah bener kata agan Martin775 neh
btw ane suka ending campaign nya
uyee..uyeee...
Wah...dah masuk jilid 2 nih!
ayo dong para master lanjutin nih thread biar rame lagi!
×