Exclamation Daur Ulang Justru Menambah Jumlah Sampah?



Salah satu produsen air mineral mengklaim telah membuat kemasan dari bahan yang mudah didaur ulang. Tapi, apakah cara tersebut benar-benar mampu mengurangi jumlah botol di tempat sampah? Jawabannya bisa jadi tidak berpengaruh. Bahkan malah menambah jumlah botol dalam tong sampah.

Quote:Mungkin Anda pernah mengalami hal seperti ini: membeli minuman kemasan tanpa merasa bersalah karena sudah dijamin akan didaur ulang. Atau meninggalkan tas daur ulang begitu saja karena memang terdapat tong sampah daur ulang di dekat Anda. Padahal, bisa jadi, langkah Anda tersebut justru makin menambah jumlah sampah di dunia ini.



Berdasarkan penelitian terbaru yang berjudul “Recycling Gone Bad: When the Option to Recycle Increases Resource Consumption,” ketersediaan fasilitas daur ulang seperti produk yang mudah didaur ulang, tong sampah daur ulang, atau penggunaan sampah sebagai energi terbarukan malah cenderung meningkatkan jumlah konsumsi produk-produk tersebut.



Penelitian yang bertujuan melihat korelasi antara daur ulang dan tingkat konsumsi ini dilakukan dengan melakukan dua observasi pada perilaku nyata beberapa orang. Observasi yang pertama dilakukan kepada 44 mahasiswa. Mereka diminta untuk menguji sebuah gunting jenis baru tanpa diberitahhu tujuan sebenarnya dari kegiatan tersebut, yaitu menguji tingkat penggunaan kertas.

Quote:Ternyata para peneliti menemukan bahwa jumlah kertas yang dipotong lebih banyak saat di ruangan terdapat tempat sampah daur ulang dibanding saat ruangan hanya diberi tempat sampah biasa. “Dengan menggunakan ukuran perilaku nyata, terlihat bahwa para mahasiswa tersebut menggunakan lebih banyak kertas apabila pilihan untuk mendaur ulang tersedia,” demikian laporan penelitian tersebut.

Dalam observasi kedua, peneliti mencoba untuk membuat latar penelitian yang lebih nyata yaitu kamar mandi. Selama 30 hari para peneliti ini mencatat jumlah kertas tisu yang tersisa pada pukul 7.30 pagi dan 10.30 malam. Untuk 15 hari pertama, toilet diberi tong sampah biasa. Sedangkan 15 hari berikutnya toilet menggunakan tong sampah daur ulang dan diberi tanda bahwa sampah dalam tong sampah tersebut akan didaur ulang.



Lagi-lagi hasilnya menunjukan, ketersediaan fasilitas daur ulang justru membuat orang lebih banyak mengonsumsi barang. Berdasarkan hitungan para peneliti, jumlah kertas yang digunakan bertambah 12.500 kertas tisu per satu toilet saat tempat sampah daur ulang disediakan di toilet tersebut.

Sebenarnya, upaya daur ulang bukanlah suatu yang salah. Buktinya upaya ini terdapat dalam konsep 3R (reduce, reuse, recycle) yang kerap dimasukan dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global. Sayangnya, pemahaman terhadap konsep inilah yang menjadi masalah. Banyak yang tidak memahami bahwa penempatan urutan, seperti yang tercantum sebelumnya itu, menunjukan urutan langkah apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Jadi, sebaiknya, sebelum terpaksa mendaur ulang (recycle), ada baiknya melakukan langkah yang pertama, yaitu menghindari penggunaannya (reduce)


sumber



Quote:Semoga trit ini bermanfaat
Terima kasih gan atas perhatiannya jangan lupa:
Spoiler for bintang lima:

Koment itu wajib gan!!!


Spoiler for The Real Hot Tread Hunter:


Lihat trit sederhana ane yang lainnya disini


Fakta Baru tentang Daur ulang

bagaimana menurut juragan sekalian?
kalau menurut ane malah ngurangin deh gan. misalnya dari sampah-sampah bungkus makanan yang ada dibuat tas, kan jadi menghasilkan benda yang berguna bagi kita gan ^^

Spoiler for "Langkah-Langkah Mendapatkan Ribuan Twitter Follower, Facebook Like, Google +1, YouTube View":
setelah ane baca-baca sih ada benernya juga
ternyata kesalahpahaman pada konsep 3R bisa menimbulkan efek yang sama buruknya
hmm ...
mending dibakar langsung daripada numpuk
Bener banget kata agan TS. Dulu ane juga sempet berpikiran kaya gitu. Tapi sekarang udah ngga lagi.

Bahkan ada temen ane yang hobinya beli minuman ringan dalam kemasan botol plastik atau kaleng, pas ditanya, apa doi ngga khawatir dengan penumpukan sampah plastik dan kaleng. Dengan enteng doi ngejawab : "Nyantai aja. Ntar juga bekas kemasannya bakal di daur ulang. Loe perhatiin aja di daerah perumahan, pasti banyak pemulung yang suka lalu-lalang ngubek2 tong sampah buat nyari botol plastik atau kaleng bekas. Itu berarti kan botol plastik ama kalengnya bakal di daur ulang."

Jadinya ampe sekarang temen ane masih doyan beli minuman ringan tiap hari dengan asumsi, sampahnya juga ntar bakal di daur ulang
jadi kesimpulannya, pake tempat sampah biasa aja gan, gak usah pake tempat sampah daur ulang
cmiiw
iya gan gk ada cara laen.
koq bisa gitu y.a bang
hmm jadi intinya ya gan, mengurangi penggunaan baru kedua pendauran ulang. Jangan dibalik urutannya

Talking 

kok bisa ya gan???
terus solusinya gimana dong?







: Originally Posted by PENJUAL CERUTU :
adanya pesan bahwa sampah itu bisa di daur ulang malah membuat semakin banyak jumlah konsumsinya (boros) dan akibatnya semakin banyak sampahnya
bayangkan PR perusaan daur ulang dalam mendaur ulang sampah yang bukannya makin sedikit tetapi malah semakin banyak cd
yaudah bener berarti harus "REDUCE"

bener juga yah semakin banyak orang yang berpikiran sampah bisa di daur ulang malah semakin banyak yang make barang seenaknya
ane ga ngikutin soal lingkungan
terus solusinya gimana nih gan??
Quote:Quote:Original Posted By nandhaw
iya gan gk ada cara laen.


Quote:Original Posted By dianoke
koq bisa gitu y.a bang


Quote:Original Posted By cukup.2000
kok bisa ya gan???
terus solusinya gimana dong?







: Originally Posted by PENJUAL CERUTU :


Quote:Original Posted By dito00
ane ga ngikutin soal lingkungan


Quote:Original Posted By wseum
terus solusinya gimana nih gan??


Quote:Original Posted By ajungpangi
yang boneng gan?
bukanya malah nge-reduce ya??
*ijin nyimak dulu


Quote:Original Posted By himzafath
terus utk TSnya kasih solusi apa?? dont just give a critic but give a solution.


jangan hanya menyimak
jangan cuma baca setengah-setengah
dibaca sampai akhir ya
ada baik ama buruknya jg gan..

kalo daur ulang itu....
Quote:Original Posted By sigitstark
ada baik ama buruknya jg gan..

kalo daur ulang itu....


tinggal di kira2 banyakan buruk apa baiknya ya gan
mendingan yg kering di pisahin sm basah.
yg basah buat pupuk
moga moga Pge One..
seengganya go green

kalo ga daur ulang pun kalo di masa depan barangnya habis juga.. ujung2nya daur ulang