KASKUS

Thumbs up [KOMUNITAS] KOSAKUS - Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus

Thread ini dibuat sebagai wadah silaturahmi dan ajang sharing antar para penghuni KOSAKUS - (Komunitas Senapan dan Pistol Angin Kaskus)..
salam..

Untuk Group FBnya dapat diakses di:
http://www.facebook.com/groups/412372502119021/

SENAPAN ANGIN

Senapan angin adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan


Sejarah
Senapan angin dikembangkan pada saat Amerika Serikat sedang mengalami perang kemerdekaan melawan Inggris. Dikembangkan juga lebih lanjut pada saat perang sipil di Amerika bergejolak. Pada saat itu senapan angin dapat membunuh seekor anak sapi/lembu dalam jarak tembak 10 meter dibagian kepala. Mengenai jarak tembak, bergantung pada jenis senapan angin. Untuk yang bertipe pegas memiliki jarak tembak efektif 30 hingga 40 meter (tergantung bahan dan kualitas pegas), untuk tipe pompa jarak tembak efektifnya adalah 40 meter(tergantung kekuatan memompa) dan tipe gas memiliki jarak tembak efektif 60 meter.

Namun penggunaan senapan ini di posisikan untuk senapan target maupun buru dengan ukuran smallgame, penggunaan di luar itu dianggap suatu kegiatan yang diluar ketentuan.


Senapan angin di Indonesia
Di Indonesia, salah satu merek yang terkenal akan presisi dan daya tembak mendekati senapan angin eropa adalah Sharp Innova, sedangkan yang cukup mudah ditemui di pasaran serta metode produksinya mudah adalah Cannon. Sharp Innova sebenarnya merupakan merek senapan angin yang diproduksi di Amerika dan Jepang sekitar dua dasawarsa yang lalu dan merupakan senapan angin yang cukup dapat diperhitungkan kualitasnya (menurut review para penggunanya). Kini merek Innova tersebut diproduksi di bawah lisensi (butuh informasi tambahan) oleh banyak produsen lokal di Indonesia . Sharp Innova buatan Indonesia juga mengeluarkan varian lain seperti Sharp Tiger, Sharp Phoenik dan lain-lain.

di Indonesia sendiri sudah memiliki sejarah yang panjang. Di Indonesia, dengan kaliber 4,5 mm tidak memerlukan izin. Sedangkan untuk kaliber 5,5 mm keatas memerlukan izin.

Jenis senapan angin:

Senapan tipe per/pegas
Spoiler for pics:

Senapan angin yang memakai per untuk memompa udara untuk mendorong proyektil. Untuk yang bertipe per, senapan angin dibagi dalam:
tipe under lever,
side lever, dan
patah laras.

Pembagian tipe tersebut berdasarkan cara per di tekan sehingga senapan dalam keadaan terkokang untuk siap tembak.


Senapan angin yang memakai gas dalam tabung yang termampatkan
Gas sudah dipompa terlebih dahulu sebelum senjata akan digunakan.

1. CO2
Spoiler for pics:

Menggunakan tabung Gas CO2 kecil yang mana proyekstil atau pelet di dorong menggunakan tekanan yang Gas CO2 dari dalam tabung, tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya di pergunakan pada pistol atau senapan angin dengan jarak tembak pendek +/- 10m.Pellets yg digunakan biasanya tipe diabolo.

2. PCP
Spoiler for pics:

Menggunakan udara tekan biasa disebut PCP (Pre Charge Peneumatic) memiliki tekanan yang besar antara 2.000 - 3.000 psi, dapat melontarkan proyektil atau pellet sampai kecepatan > 1.000 fps biasa digunakan pada small or medium hunting. bisa menggunakan tipe pellets semua jenis termasuk tipe pile driver yg membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1500psi untuk menghasilkan daya lontar peluru yg optimum.

3. Gejluk
Spoiler for pics:

Di Indonesia senapan angin PCP dengan pompa yang terintegrasi lebih dikenal dengan istilah senapan angin gejluk. Umumnya pengguna harus melakukan pompa 100-500 kali untuk menembakan pellet sebanyak 10 kali, tergantung dengan kekuatan per pemukul. Per pemukul pada senapan gejluk bervariasi mulai dari 5 kekuatan, semakin keras per pemukul semakin besar angin yang dikeluarkan. Yang sebanding dengan kekuatan melontarkan pellet dan borosnya angin.


Senapan tipe pompa
Spoiler for pics:

Senapan angin yang memakai pompa (pump action) untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan proyektil. Sedangkan untuk tipe pompa ada dua tipe cara pelepasan angin, yaitu :
Knock open valve dan
Dumping system

pada sistem Knock Open Valve digunakan pemukul/hammer seperti senjata api biasa pada bagian dalam dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengn pistol colt.Untuk Dumping system menggunakan klep yg dapat terbuka penuh pada saat trigger /pelatuk terpicu.Contoh senapan angin yg menggunakan Knock open valve yaitu Benyamin Sheridan,Titan,Falcon,Kalong,Kuda (dua terakhir lokal)dan untuk Dumping system yaitu Sharp Dragon,Innova,Ace,Shapto(lokal) Biasanya pada industri senapan angin dibeberapa negara menyamakan peraturannya mirip dengan senjata api. dan untuk mencegah senapan angin yang diproduksi secara rumahan/home industri di selewengkan pemerintah beberapa negara membatasi panjang laras terpendek yaitu minimal 45 cm/18" dari ruang proyektil untuk senjata api dan 12" untuk senapan angin.


Kaliber senapan angin
Senapan angin juga merupakan tipe senapan dengan beberapa kaliber. selain kaliber yang disebutkan di atas senapan angin juga dikembangkan kaliber yang lebih besar lagi.


Jenis jenis kaliber senapan angin :
.177" (4.5 mm) - kaliber paling umum, digunakan juga di lomba menembak Olimpiade ISFF, peluru ini mempunyai lintasan yang paling datar sehingga menjadikannya paling akurat.Tidak memerlukan izin untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.
.20" (5.0 mm) - banyak digunakan di Eropa dan senapan merek Sheridan (USA).Mempunyai lintasan yang rata mirip .177 tapi mengirim lebih banyak tenaga.
.22" (5.5 mm & 5.6 mm) - kaliber paling umum untuk berburu, karena mempunyai energi yang cukup besar.Harus menggunakan izin utnuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.
.25" (6.35 mm) - kaliber umum yang paling besar, mempunyai tenaga paling besar pada saat tumbukan tetapi lintasannya sangatlah melengkung (parabola) sehingga hanya digunakan pada senapan dengan tenaga yang besar.


Proyektil
Spoiler for pics:


Proyektil senapan angin memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari bentuk kepala proyektil. Adapun jenis-jenis yang beredar sekarang adalah

kepala lancip (sharp point)
Biasanya proyektil jenis ini digunakan untuk menmbus sasaran yang relatif keras seperti tulang

kepala bulat (dome point)
Proyektil jenis ini digunakan secara umum untuk kegitan berburu, kelebihan proyektil jenis ini memiliki akurasi yangbaik dan hasil perkenaan yang mematikan

kepala rata (flat point)
Umumnya digunakan untuk perlombaan dimana sasaran yang ditembak adalah kertas.

Flat point
menghasilkan lubang tembakan yang rata sehingga memudahkan dalam penilaian kepala ganda.

Kepala berlubang (hollow point)
Menimbulkan efek luka bukaan yang lebih besar dari diameter pelet

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Senapan_angin
ikutan gabung disini gan
mantab om acepilot

biarpun gak pertamax, yang penting PAGE ONE .... sapa tau nanti berguna buat apdet sesuatu ...

teman2 di fesbuk sudah dikasih tau om?
===========================================================
nambahin:

satu2nya bedil saya yg ori:
Spoiler for Benjamin 347 (1):

Spoiler for Benjamin 347 (2):

Spoiler for Kliwon:
Dasar Hukum Senapan Angin (Pembahasan masalah standar senapan angin yg boleh dimiliki umum),
Yang ditulis oleh senior saya dalam bidan advokasi dan perundang-undangan David Raja Marpaung.
Quote:Peraturan SALW (Small Arms and Light Weapons) di Indonesia

Surat Keputusan Kapolri Skep/1 198/2000 tanggal 18 September 2000, tentang Buku Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api Non Organik TNI/Polri :

1. Definisi senjata api ialah senjata yang mampu melepaskan keluar satu atau sejumlah proyektil dengan bahan peledak.
Termasuk dalam pengertian senjata api adalah bagian-bagian senjata api; meriam dan senjata penyembur api serta bagian-bagiannya; senjata tekanan udara dan senjata tekanan pegas kaliber 5,5 mm keatas; pistol, revolver atau senapan baik yang dapat diisi dengan peluru hampa; senjata genggam yang menggunakan aliran listrik; maupun senjata-senjata yang serupa dengan senjata-senjata di atas, yang dapat dipergunakan untuk mengancam atau menakuti orang.

2. Definisi amunisi adalah semua benda dengan sifat dan balistik tertentu yang dapat diisi dengan bahan peledak atau mesiu, dan yang dapat ditembakkan dengan senjata ataupun tidak dengan maksud ditujukan kepada suatu sasaran untuk merusak atau membinasakan.

3. Definisi peluru, yakni amunisi yang bekerjanya mempergunakan senjata atau alat penghancur.

David Raja Marpaung, Associate Lecture University of Indonesia, dan juga Kosultan Pertahanan dan Keamanan Indonesia.
Jadi jawabannya adalah, segala jenis senapan angin bebas asalkan dibawah 5,5mm dengan demikian jangan takut untuk menggunakan senapan angin dengan kaliber dibawah 5,5mm. Tapi bukan berarti untuk disalahgunakan yah! Salam angin. Tar!

*Ada juga peraturan lain tentang senapan angin tapi untuk pedagang/produsen, yg berminat via PM saja. Karena disini untuk update2 biar ada space.

Quote:Langkah Kalibrasi Telescope:






Pabrik Senapan:
Quote:CANON AIR RIFLE:
http://www.cannon-air.com/
Marketing Office:
P.O. BOX 1529
Surabaya 60174
Indonesia
Tel: +62-31-547-0119
Fax: +62-31-532-6501
Contact Person: Mrs. Christine
E-mail: canon737@yahoo.com

SHARP AIR RIFLE:
Jl. Berbek industri I (depan pabrik philips) Surabaya


Catalogue Senapan:
Quote:SHARP Air Rifle
http://airgunenthusiast.weebly.com/s...log-pages.html

Airforce Air Rifle
www.airforceairguns.com/v/vspfiles/assets/brochures/AirForce2012Catalog.pdf


Peraturan Menembak, Berburu, dan Tentang Senapan Angin
Quote:Undang-Undang No.12 Tahun 1951 http://www.4*shared.com/get/MoUUaspX...AHUN_1951.html
Peraturan KAPOLRI No.8 Tahun 2012 http://www.4*shared.com/get/pbuiMQL6...2012_ttg_.html
Peraturan Pemerintah No.13 Tahun 1994 Tentang Perburuan Satwa http://www.4*shared.com/get/BDYRWHoT...p_13_1994.html
Undang-Undang No.5 TAHUN 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya http://www.4*shared.com/get/F-O_lFZd...k_Indones.html


Software pendukung kegiatan menembak sasaran dan berburu
Quote:ChairGun 4 - pellet trajectory software
http://www.deben.com/chairgun-pro.ht...l#.ULYA8u9g9R0

SOFTWARE untuk kalkulasi trayektori peluru http://www.hawkeoptics.com/apps/chairgun-pro.html

Ballistic reticle calculator
http://www.deben.com/brc.html

Moonphase (kalender fase bulan untuk menunjang kegiatan berburu, karena waktu perburuan erat kaitannya dengan fase bulan)
http://www.moonphasesoftware.com/moo...ndar/index.php
http://www.tingan.com/index.asp?top=...=space&main=w3


Kertas target
Quote:http://www.airgunsmith.com/target/freetargets4.htm


Suara hewan buruan
Quote:
http://www.4*shared.com/get/hQC9g1II/Hunting.html


Belajar Balistik:
Quote:
http://www.arld1.com/


PERATURAN:
KOSAKUS sebuah group khusus senapan angin untuk sharing, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, menambah dan mempererat tali persaudaraan sesama penghobi, menghilangkan capek habis hunting, semua ada disini dari sabang sampai merauke.

#PERATURAN#

(1). Khusus senapan dan pistol angin cal 4,5 jadi untuk tidak membahas dan memposting tentang senapan cal 5,5 keatas

(2). Dilarang membuat postingan berbau SARA, dan tetap beretika juga bermartabat.

(3). Untuk semua anggota grup, mohon tetap selalu menjaga dari kalimat sindiran kotor, mencaci, provokasi dan sejenis nya.

(4). Dilarang Upload gambar hewan hasil Buruan, kalau linknya saja boleh.

(5). Dilarang Upload gambar yang berbau Pornografi.

(6). Postingan yang bersifat SPAM, akan di tertibkan.

(7). Mengedepankan silaturahmi kekeluargaan dan bagi anggota KOSAKUS.

(8). Siapapun yang tidak mengikuti aturan, maka akan ada tindakan dari pihak moderator.

(9). Aturan ini bisa berubah sewaktu-waktu dan akan di beritahukan kembali/hal2 yg belum diatur dalam tata tertib ini, akan diatur kemudian dengan merujuk ke prinsip/asas kepatutan dan kesetaraan.

(10). Gambar dan foto dimohon untuk diberi spoiler, karena banyak juga yang menggunakan paket internet berkuota.

(11). Jualan/buka lapak di thread ini tidak perlu dideskripsikan panjang lebar, cukup diberi link saja dan spoiler untuk gambarnya.

Kritik, saran, dan laporan tentang adanya pelanggaran, harap langsung di kirim ke inbox.

TERIMA KASIH KEPADA SEMUA ADMIN/ANGGOTA YANG TELAH BERPARTISIPASI DAN MENJALANKAN ATURAN INI.

Exclamation 

Reserved for update
Quote:Original Posted By gajah_bersiul
mantab om acepilot

biarpun gak pertamax, yang penting PAGE ONE .... sapa tau nanti berguna buat apdet sesuatu ...

teman2 di fesbuk sudah dikasih tau om?


belum diberitahu om..
siap om..

pekiwan!

I'M ALIVE!!!! (a la Frankenstein)

Thanks buat agan acepilot.... Saya PRIBADI menyampaikan terima kasih sebesar2nya....
He he he akhirnya kosakus lahir kembali...Thx Om Ace...
Apa kabar master2 dan suhu2 sekalian
ikut gabung para senior,..Om Ace tengkiu ya

My Air Rifle

Numpang mejeng Om2 sekalian

Spoiler for Canon 737 Laras ST II:


Spoiler for PCP by FR Air Rifle:


Spoiler for Crosman Nightstalker:


sebagian bedil2 andalan ane...
Duduk manis...ikutan nimbrung obrolan para senior
cepet rame ternyata yah
semoga gak di del lageee
Quote:Original Posted By jettrail
He he he akhirnya kosakus lahir kembali...Thx Om Ace...
Apa kabar master2 dan suhu2 sekalian


sama2 om, saya kan hanya kopas saja..

Quote:Original Posted By malenino
ikut gabung para senior,..Om Ace tengkiu ya


sama2 om..

Quote:Original Posted By jettrail
Numpang mejeng Om2 sekalian

Spoiler for Canon 737 Laras ST II:


sebagian bedil2 andalan ane...


yang ini bikin ngiler om..

Quote:Original Posted By ayub.kit
cepet rame ternyata yah
semoga gak di del lageee


amin..


btw kemaren browsing2 eh ternyata nemu popor kesukaannya om jetrail..
Spoiler for pics:


yang dibawah ini panjang larasnya sampai 1,4 meter..
kalau dibuat long range shooting kayaknya mantap nih..
Spoiler for pics:
newbie mohon ijin gabung om
Quote:Original Posted By Hammam18
Duduk manis...ikutan nimbrung obrolan para senior


wah daripada ikutan nimbrung ga ada apa2... mending beliin gw rokok. hehehe piss becanda

@acepilot wah getol ya bikin trit kosakus. sip.

bitiwai ini cari chamber tiger yang model grendel pacul dimana ya. dari kemarin muter2 fb - kaskus ga ada yang cucok.
Terima kasih Om Ace
Kalau pun Kosakus 2 ver 1 nyala lagi, owe prefer thread ini yg dipelihara.
Alasannya, yg TS kemarin udah gak aktif, sementara yg ini TSnya aktif.

Setor foto

Setor photo, pengulangan sih.
Gejluk Revolution dari Om Hape dan Om Biawak Edan





Previous collections

Previous collections




Sementara blm aktif, chamber retak


Hasil chrono Sharp Dragon, Benji Ori dan Gejlukvska (semua di gigi 1, angin tinggal sisa2)
Quote:Original Posted By stormgust
wah daripada ikutan nimbrung ga ada apa2... mending beliin gw rokok. hehehe piss becanda

@acepilot wah getol ya bikin trit kosakus. sip.

bitiwai ini cari chamber tiger yang model grendel pacul dimana ya. dari kemarin muter2 fb - kaskus ga ada yang cucok.


Kalo gak salah Mazfrosbite yg pernah nanya sama aplot fotonya
Asyikkk rumah baru ........... absen dulu ....
×