KASKUS

Sharing tentang " Ground Wire " Mobil

Just wanna share about Ground pada mobil...........

Quote:Original Posted By amaraoto
Jangan Pernah Remehkan Sistem Grounding Mobil

Hal yang sering terjadi adalah meremehkan sistem grounding dalam sistem kelistrikan mobil. Dalam setiap sistem kelistrikan pastinya membutuhkan kabel ground agar alirannya lebih stabil dan sempurna. Terutama untuk kendaraan seperti mobil, kabel ground atau yang dikenal juga dengan sebutan kabel massa ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja komponen didalamnya. Komponen yang dimaksud bukan hanya yang berupa perangkat elektronik seperti audio saja, melainkan hingga ke pengapian, kinerja mesin terutama yang telah menggunakan komponen ECU yang sangat sensitif terhadap arus listrik.




Tanda pada mobil yang bisa menjadi indikator bahwa kabel grounding bermasalah adalah jika lampu, head dan rear lamp, fog lamp yang kondisinya masih bagus terlihat kurang terang saat menyala dan instrument lainnya yang menggunakan lampu menyala redup dan cenderung tidak stabil.
Akibat lainnya yang tidak boleh diremehkan dari adanya masalah pada sistem grounding, yaitu :
1. Proses kinerja ECU dalam mengatur mesin menjadi tidak sempurna, karena kestabilan arus listrik yang dibutuhkan ECU menjadi terganggu.
2. Pengisian aki (Accu) tidak sempurna, sehingga mudah terjadi arus drop akibat perputaran arusnya tidak berjalan dengan baik.
3. Audio System terganggu, seperti yang telah dibahas dalam artikel storing, bahwa grounding yang tidak benar atau bermasalah menjadi salah satu penyebab timbulnya storing.
4. Sistem pengapian juga dapat menjadi bermasalah dan kemungkinan bisa menyebabkan mogok, karena bagian ini juga membutuhkan grounding yang sempurna untuk menghasilkan pengapian yang baik agar mesin dapat menyala dan berjalan sempurna.
Sempurnakan Grounding
Menurut Henry Kings dari Arena Motorsport, agar sistem grounding mobil lebih sempurna, sebaiknya titik grounding dari kabel negatif aki dibagi lagi ke beberapa bagian mesin dengan menggunakan grounding wire kit, berikut adalah titik-titik grounding-nya :
1. Body
2. Throttle
3. Silinder Head
4. Alternator
Seiring berkembangnya inovasi teknologi mesin, berbagai parts pendukung pun turut berkembang. Salah satunya adalah telah banyak parts yang dibuat khusus untuk memaksimalkan kestabilan nilai voltase aki (accu), alat ini umumnya disebut volt stabilizer. Alat ini dapat lebih menyempurnakan sistem grounding, jadi tidak ada salahnya juga jika dalam sistem grounding diaplikasikan volt stabilizer, terlebih bagi mobil yang sudah banyak mengalami modifikasi pengapian dan penambahan aksesoris lain yang menggunakan listrik.



Jika sistem grounding mobil sudah sempurna, dapat dipastikan arus listrik yang mengalir pada mobil semakin sempurna dan stabil. Efek dari stabilnya arus listrik ini sangat besar manfaatnya positif-nya buat menjaga keawetan parts mobil, terutama yang berhubungan dengan elektrikal seperti ECU, alternator, lampu-lampu bahkan hingga bagian sistem pengapian.

Jadi jangan menganggap remeh atau sepele jika SO mania telah mengetahui ada tanda-tanda sistem grounding mobilnya mulai bermasalah. Gunakanlah kabel grounding yang memiliki kualitas baik, mulai dari bahan lapisan luarnya hingga tembaga kabelnya, agar arus listrik dapat mengalir sempurna.

Sumber


So, bagi yang sudah pasang " Ground Wire " tambahan di mobilnya sharing dunk pasangnya di titik mana aja dan pengaruh-nya di mobil masing2 ( plus foto-nya kalo bisa )

Spoiler for Ground Wire di Gerobak Aveo ane:
Quote:Original Posted By aaarri
gara2 thread ini nih, jadinya waktu itu ane beli kabel NYAF 16 mm, beli 1.5 meter untuk nambah kabel masa yg dipasang di mobil ane

Spoiler for kabel masa NYAF 16 mm:


Spoiler for Kabel masa terpasang di Daihatsu Taruna:


ternyata bener kata orang2, efek penambahan kabel masa paling terasa bila dipasang pada mobil2 tua. mobil ane umurnya udah 10 tahun lebih.

+endut2 hilang
+kelistrikan stabil
+hilang hentakan kalo kompresor AC nyala
+bensin tambah irit
+tarikan enteng



dapat lagi info hasil googling.....

Quote:Original Posted By wire-kabel.blogspot.com


Fungsi dan Manfaat Kabel Ground Mobil Anda

Fungsi dan Manfaat Kabel Ground Mobil ini sudah banyak yang dipertanyakan. Beberapa pemilik mobil terutama yang belum paham dunia elektronika akan bingung dengan aplikasi kabel Ground tersebut. Sebenarnya hal ini sudah saya ulas secara singkat dan jelas pada artikel Grounding Kabel Mobil dan Upgrade Custom Ground Mobil. Tetapi untuk memperjelas akan saya uraikan kembali secara khusus kali ini.
Sebagaimana anda ketahui mobil secara umum menggunakan baterai Aki 12 volt sebagai sumber dayanya. Dan body/pelat chassis kendaraan akan dihubungkan dengan terminal negatif atau minus baterai/aki tersebut atau dikenal dengan sebutan negatif body/chassis. Dalam beberapa kasus (kecil/sagat minim) ada kendaraan yang menggunakan standar positip body. Jadi periksalah dahulu sambungan kabel negatif ground anda sesuai pemeriksaan fisik di ruang mesin dari jalur aki.
Sekilas anda akan melihat baik pada kendaraan lansiran Jepang, Eropa, Amerika dll akan menggunakan kabel negatif Ground kecil di dekat area aki dan biasanya disambungkan/koneksi di bagian pelat body atau chassis rangka kendaraan. Rata-rata memang ukuran kabel yang digunakan agak kecil dan tidak terbungkus dengan baik di bagian konektor yang harus di sambungkan dengan baut ke bagian sasis/body. Keadaan ini lambat laun akan mengakibatkan korosi dan oksidasi yang menghambat serabut kabel di bagian ujung konektor. Belum lagi kondisi kotor atau kontaminasi dari ruang mesin akibat terjadinya rembesan/tetesan oli, cairan kimia pendingin, minyak tanah, carb cleaner, deterjen dan lain-lain akan mengakibatkan makin cepatnya proses oksidasi tersebut. OKSIDASI bagian kabel Ground dapat dilihat dengan mata telanjang, biasanya tembaga (Copper) akan berubah warna (diselaputi) menjadi warna hijau, biru atau hitam. Lama kelamaan apabila dibiarkan akan merusak lapisan tembaga dan menjadi seperti berkarat istilahnya bagian tembaga akan termakan dan manjadi rusak. Juga merusak koneksi antara tembaga ke skun terminal konektor ground dan pada akhirnya menghambat (terjadi resistansi tinggi) hubungan kontak permukaan dengan body/sasis mobil.
Gambar warna tembaga yang teroksidasi



Symptom/gejala dampak yang umumnya terasa pada jeleknya kualitas koneksi kabel ground antara lain :

1. stater yang agak susah.
seharusnya begitu kontak 1-2 dan di start dlm < 0,5 detik kunci kontak harus sudah dilepas dan mesin seharusnya langsung hidup langsung. bukan dipanteng kontaknya selama 1 detik sampai bunyi stater cekekek-cekekek 2-3 kali baru hidup. Yang sehat langsung hidup begitu bunyi cekek dinamo stater.

2. beban kelistrikan seperti lampu-lampu (lampu depan/head lamp) akan meredup, sinar kurang terang, terjadi lonjakan arus karena jeleknya ground dan bisa berakibat terbakarnya kabel lampu.
Kondisi bila parah bisa diamati bila lampu dihidupkan semua dan pada saat di test di malam hari, saat mesin di gas/ rpm mesin dinaikkan dari stasioner 800 rpm menjadi misalkan 2500 rpm maka terlihat sinar cahaya lampu depan makin terang juga mengikuti irama putaran RPM mesin. Ini sudah sakit berarti jalur kabel dan groundnya.

3. Amati bagian panel speedometer, biasanya lampu indikator juga akan redup dan ikut terang bila putaran mesin naik seperti kasus no 2 lampu head lamp. Atau saat lampu depan (low beam) dinyalakan dan kemudian dilakukan penekanan tuas lampu besar (Dim/High beam) maka terlihat kedipan indikator lampu di panel speedometer juga. Ini seharusnya tidka boleh terjadi.

4. Sensor-sensor vital seperti knock sensor, Engine Coolant Temperature, distributor, cdi pengapian, koil, Vehicle speed sensor, PNP switch, RPM sensor dan lain-lain akan menjadi salah dalam memberikan input signal (resistansinya bertambah biasanya) sehingga mengakibatkan makin tingginya signal voltase yang terbaca oleh otak komputrer ECU.

5. Pengisian aki oleh Alternator juga akan kurang sempurna berakibat makin cepatnya aki tekor.

6. Kontaminasi gelombang elektromagnetik ke bagian audio mobil, sehingga sering terdengar suara mengganggu mengikuti rpm putran mesin. Suara nging.... kalau audio dinyalakan dan volume dibuka serta gas ditekan. Ini distorsi yang bisa berasal dari bagian alternator/dinamo maupun sektor pengapian.

7. Waktu yang berlalu dan panasnya bagian mesin akan merusak selubung jaket pelindung kabel, membuat insulation kabel menjadi getas, keras, melar maupun rusak.

Itulah beberapa contoh terbesar kejadian akibat masalah kabel ground yang tidak sempurna.
Kesalahan-kesalahan tersebut di atas mengakibatkan Kesalahan komputer ECU dalam membaca signal yang seharusnya, misalkan temperatur pada suhu 40o Celcius seharusnya terbaca oleh ECU sebesar 3 volt tetapi salah terbaca 2,5 volt. Hal ini berdampak ECU akan mengeluarkan perintah yang salah untuk memberikan sinyal ke Injector modul seberapa banyak bensin/BBM yang harus disemprotkan, tenggang waktunya, dan karena integrasi ECU terhadap komponen pendukung lainnya, maka kesalahan makin melebar dengan kesalahan ECU dalam mendeteksi kapan harus menyalakan extra fan radiator, salah membaca suhu mesin, dan salah dalam memberikan posisi timing pengapian dstnya.

Mungkin banyak orang yang berpikiran bahwa kendaraan miliknya kan dari baru dibeli, dipelihara dan sudah diperhitungkan ukuran kabel ground yang sudah terpasang di mobil oleh pihak ATPM mobilnya. Jawabannya "Betul", tetapi kondisi tersebut adalah bila diasumsikan kondisi tetap sama seperti baru, tidak ada penyimpangan dalam pemakaian, tidak ada penambahan accessories yang membutuhkan arus besar. Dalam arti kata semuanya kondisinya "as is" sesuai asli. Tetapi dalam praktek kan tidak ada kondisi ideal seperti disebutkan itu. Kondisi cuaca operasi kendaraan di daerah selalu dingin, atau panas, atau hujan akan mempengaruhi kecepatan aus/oksidasi dari kabel ground tersebut berikut koneksi sensor2 yang ada.


Dalam praktek kasus terbanyak adalah penambahan pemasangan audio/power, penambahan lampu-lampu utama/kabut/fog lamp, dan asesoris lainnya yang memakan arus cukup besar. Apabila beban asesoris yang dipasang selalu membutuhkan hubungan sasis untuk hubungan negatif ground maka beban kabel ground body standard tidak akan mencukupi dalam mensupplai arus tersebut. kabel ground standard dibuat dengan perhitungan standar juga. Bukan untuk upgrade arus besar. Saya sendiri melihat banyak kasus terutama pemasangan Audio mobil, power amp terutama yang menggunakan kabel sesuai untuk bagian positip dengan mengambil arus dari baterai Aki langsung disertai pengaman sikring. Tetapi hubungan ground semuanya bertumpu di dekat power mengambil baut sasis terdekat. Nah .. disini anda paham tidak kejanggalan yang terjadi ? Kabel (+) plus diambil langsung dari depan aki, kabel (-) minus numpang ke bodi. Ini kan terjadi ketimpangan bukan. Tidak adil istilahnya, juga tidak pair match.

Sumber

Quote:Original Posted By wire-kabel.blogspot.com

Upgrade Custom Ground Mobil

Setelah membaca perihal Grounding Kabel Mobil sebelumnya, maka paling tidak anda akan mengerti pentingnya fungsi vital kabel grounding tersebut. Grounding ibarat urat pembuluh darah dalam tubuh manusia yang bertugas menyalurkan oksigen dan darah. Kabel Grounding Mobil amat sangat dibutuhkan demi melancarkan tugas arus dan tegangan balik dari kutub positip batere. Semakin besar ukuran kabel biasanya akan memberikan dampak makin kecilnya resistansi kawat penghantar bahan konduktor serabut tembaga di dalam. Kecilnya resistansi kawat tembaga akan berdampak positip dalam menyalurkan/transfer arus dan tegangan yang optimal keseluruh rangkaian kelistrikan pada mobil. Selain itu kualitas koneksi pada skun/terminal akhir ground akan memegang peranan penting dalam hubungan Ground tersebut. Semakin flat/rata permukaan kontak dan bersih dari kotoran akan menjamin kesempurnaan hubungan titik kontak terminal ke bagian bodi/parts di mobil serta resistansi kontak mendekati 0 adalah yang terbaik atau dengan kata lain kontak terjalin sempurna tanpa hambatan.
Upgrade Custom Ground Mobil dapat dilakukan pada setiap mobil pada umumnya yang telah memiliki masa usia pakai di atas 3 tahun, terlebih lagi pada kendaraan/mobil yang berasal dari negara Eropa - Amerika yang diperlengkapi banyak sensor elektrik. Hal ini mendorong kebutuhan akan koneksi terminal masa/ground yang mumpuni dalam sirkulasi arus listrik DC 12 volt maupun 5 volt yang digunakan dalam rangkaian ECU kendaraan. Kedepannya jenis-jenis sensor yang diterapkan/aplikasikan pada unit kendaraan akan makin sensitif dan canggih seiring perubahan jaman. Hal ini menuntut aplikasi kabel yang baik dalam jaringan kelistrikan mobil. Resistansi kontak terminal baik masa maupun soket-soket juga menjadi biang utama errornya pembacaan sinyal oleh ECU. Kontak pada terminal soket juga mengalami penumpukan deposit kotoran karena akumulasi debu, oli, sisa cairan pembersih dan minimnya perawatan oleh pemilik kendaraan. Sebagian besar orang akan menyangka bahwa hubungan kontak yang telah dilapisi dengan rumah plastik tertutup rapat akan aman sepanjang masa. Padahal itu pemikiran yang salah dan terjadi kebalikan pada dunia nyata. Umumnya mobil-mobil versi Eropa dan Amerika dirancang untuk iklim ekstrim pada cuaca dingin yang mendominasi rancang bangun mobil sejak awal. Contohnya sekat pelindung terminal kontak pada mobil Volvo, BMW, Mercedes dapat lumer dan hancur dipengaruhi iklim Indonesia yang panas. Ditambah oksidasi udara dapat menyebabkan timbunan deposit karbon dan partikel debu menjadikan terminal berwarna kebiruan atau kehijauan. Hal ini merugikan bagi kita dan menimbulkan hambatan dalam kontak antar kabel bahkan terjadi hubungan pendek atau disebut Short Circuit secara tidak langsung dikarenakan timbunan deposit akan menjadi media penghantar sirkuit terminal konektor yang rapat dan seharusnya terisolasi antar terminal kontak. Itulah beberapa kendala yang terjadi secara umum dikarenakan faktor usia kendaraan dan minimnya perawatan pada kontak soket terminal kelistrikan mobil. Belum lagi apabila akan melakukan pembersihan soket-soket maka pemilik kendaraan diharuskan melepaskan hubungan aki terlebih dahulu. Ini untuk mencegah terjadinya hubungan singkat/korslet dan errornya ECU dalam membaca sinyal masukan yang terjadi pada kontak di soket tersebut karena terlepas. Sesekali melepas hubungan kepala aki juga bagus untuk me-reset ECU kembali ke keadaan normal/standardnya. Yang harus anda perhatikan juga adalah mobil import biasanya memiliki suhu kerja air pendingin radiator lebih tinggi dari mobil lansiran Jepang. Umunya mobil Eropa/US memiliki suhu kerja Thermostat air pada 90 - 92 derajat celcius dibandingkan mobil Jepang yang diberi suhu kerja thermostat di 87o Celcius.

Upgrade Custom Ground Kabel Mobil dilakukan guna memperoleh hubungan kontak yang terbaik pada beberapa bagian terpenting kendaraan seperti :

1. BODY / Chassis kendaraan : untuk menyempurnakan seluruh koneksi masa kelistrikan ECU dan lampu-lampu utama (head lamp).
2. ALTERNATOR : untuk menstabilkan pengisian aki hasil pengubahan arus AC menjadi DC melalui Regulator.
3. BLOK MESIN / Silinder Head : agar sinyal dari sensor ECT (Engine Cooling Temperature), Knock Sensor, dll terbaca akurat oleh ECU.
4. FIREWALL : biasanya untuk menyempurnakan hubungan audio sistem, Climate Control, RPM sensor, distributor pengapian yang dipasang dekat firewall.
5. INTAKE MANIFOLD : agar Signal dari TPS (Throttle Position Sensor), IAC (Idle Air Control) dan MAP sensor terbaca akurat oleh ECU.
6. FUEL RAIL : semua hubungan Fuel Injector, fuel pressure regulator (FPR) maupun solenoid terkait
7. AUTOMATIC TRANSMISSION (A/T, GEAR BOX) - agar kumparan solenoid matic dapat bekerja halus dan akurat di dalam body valve.
8. DINAMO STATER : untuk mempermudah start terutama saat dingin di pagi hari
9. ABS (Automatic Brake System)

Penambahan custom kabel ground ini minimum dapat dirangkum atau dipersingkat hanya menjadi 3 titik (bagian) terpenting, yaitu :

Hubungan kutub negatip (-) Aki ke Body, Body ke Silinder Head, Silinder Head ke Alternator.

Ini adalah alternatif minimal yang dapat diaplikasikan tanpa mengurangi esensi ground di atas.

Apabila ruang dan biaya tidak menjadi masalah, maka biasanya pemasangan Custom ground cable dapat dilakukan sebanyak 5 titik (atau lebih hingga 7-9 titik), yaitu :

Aki => Body
Body => Cylinder Head
Cylinder Head => Alternator
Alternator => Intake Manifold/throttle Body
Intake => Fuel Rail (manual) atau Intake to Body Valve (matic)

Banyaknya Grounding memang tidak ada batasan, semakin banyak memang semakin baik dalam mengantisipasi resistansi kontak. Hal ini juga dengan melihat kemampuan biaya yang disanggupi pemilik (biasanya pemilik beranggapan remeh kenapa harus memasang tambahan kabel ground banyak) dan segi estetika karena berseliwerannya kabel ground.
Kombinasi hubungan titik ground dapat divariasi sepanjang masih masuk akal sehat dalam hubungan koneksi elektrikal.

Sumber

Kalo ane ditambahin di modul/servo abs, firewall, sama di sisi body mobil yg bersebrangan dengan posisi accu..
Quote:Original Posted By Red.Spirit
Kalo ane ditambahin di modul/servo abs, firewall, sama di sisi body mobil yg bersebrangan dengan posisi accu..


@ bro Red : 3 titik aja nih..niat tambah lagi gak bro ?
btw, buat yang di firewall kerasa ada perbedaan gak ? misal buat suara audio atau lampu2 kabin ??
Ane ada rencana pengen pasang nih om soalnya katanya bisa meningkatkan pengapian ya??
Tapi ane ga bisa pasang sendiri
Kalo pasang di bengkel menurut om gmn??
Ada yg jualan ground wire custom di FJB kyknya recommended jadi pengen nyobain
Oh iya mobil ane standar bgt nih ampe audio,lampu2 msh bawaan pabrik semua bagusnya yg brp titik om??
Sumpah ane awam bgt masalah kelistrikan kyk gini baru tau kegunaan ground wire akhir2 ini aja
Mohon pencerahan ya om
Quote:Original Posted By Jambangan
Ane ada rencana pengen pasang nih om soalnya katanya bisa meningkatkan pengapian ya??
Tapi ane ga bisa pasang sendiri
Kalo pasang di bengkel menurut om gmn??
Ada yg jualan ground wire custom di FJB kyknya recommended jadi pengen nyobain
Oh iya mobil ane standar bgt nih ampe audio,lampu2 msh bawaan pabrik semua bagusnya yg brp titik om??
Sumpah ane awam bgt masalah kelistrikan kyk gini baru tau kegunaan ground wire akhir2 ini aja
Mohon pencerahan ya om


saya juga masih nubie buat soal ground..makanya mungkin disini kita bisa sharing

mobil saya juga masih standar juga oom, blm diapa2in. cuma ganti lampu2 aja.

tapi setelah tambah ground + volt stabilizer ( made in sendiri ) yang kerasa kelistrikan jd lebih stabil.

biasa kalo lagi posisi N trus nyalain lampu besar pasti lampu speedo agak redup, tapi sekarang gak lagi.
Quote:Original Posted By tazmania79
saya juga masih nubie buat soal ground..makanya mungkin disini kita bisa sharing

mobil saya juga masih standar juga oom, blm diapa2in. cuma ganti lampu2 aja.

tapi setelah tambah ground + volt stabilizer ( made in sendiri ) yang kerasa kelistrikan jd lebih stabil.

biasa kalo lagi posisi N trus nyalain lampu besar pasti lampu speedo agak redup, tapi sekarang gak lagi.


gan kalo mau pasang sendiri ada petunjuknya ga??
Pengen nyobain nih
Trus buat standar aja pasanginnya dari kutub minus aki ke bodi,bodi ke cylinder head,cylinder head ke alternator ya gan??
Oh iya punya agan pasang ke titik mana aja??
Ground wire bawaan pabrik jelek bgt ya kabelnya kecil kyk ga standar gitu
Quote:Original Posted By Jambangan
gan kalo mau pasang sendiri ada petunjuknya ga??
Pengen nyobain nih
Trus buat standar aja pasanginnya dari kutub minus aki ke bodi,bodi ke cylinder head,cylinder head ke alternator ya gan??
Oh iya punya agan pasang ke titik mana aja??
Ground wire bawaan pabrik jelek bgt ya kabelnya kecil kyk ga standar gitu


kalo saya pasang di Body 2 pcs, body mesin 2 pcs, coil 2 pcs, alternator, gearbox matic, kompressor AC, Firewall 2 pcs.

pasang sendiri benernya gak susah, yang susah nentuin jalurnya biar gak kena jalur mesin yang panas.

petunjuknya ngikutin gambar diatas aja cukup kok.

Kabel bawaan pabrik benernya sih cukup..cukup tapi ya kondisi masih di pabrik
Quote:Original Posted By tazmania79
kalo saya pasang di Body 2 pcs, body mesin 2 pcs, coil 2 pcs, alternator, gearbox matic, kompressor AC, Firewall 2 pcs.

pasang sendiri benernya gak susah, yang susah nentuin jalurnya biar gak kena jalur mesin yang panas.

petunjuknya ngikutin gambar diatas aja cukup kok.

Kabel bawaan pabrik benernya sih cukup..cukup tapi ya kondisi masih di pabrik


sip deh om
Pelan2 ntar ane coba
Paling ntar ane pasang yg standar dulu aja yg 3 titik
pasang kabel ground di dinding plat pegangan KOIL dari negatif batery ble gk ya ???
Quote:Original Posted By Jambangan
sip deh om
Pelan2 ntar ane coba
Paling ntar ane pasang yg standar dulu aja yg 3 titik


nanti kalo dah pasang upload pic-nya ya oom

buat kabelnya saya juga siap bantu


Quote:Original Posted By rooniey
pasang kabel ground di dinding plat pegangan KOIL dari negatif batery ble gk ya ???


saya juga pasang gan, tapi di baut pegangan coil-nya.
sampai skrg sih gak ada apa2
Quote:Original Posted By tazmania79
@ bro Red : 3 titik aja nih..niat tambah lagi gak bro ?
btw, buat yang di firewall kerasa ada perbedaan gak ? misal buat suara audio atau lampu2 kabin ??


Hehe, sisanya yang bro sebutin diatas, alternator, engine block, cover cyl head, tcm + ecu (kebeneran ada di engine bay), pivot raizin.
Kalo yang kerasa sih lampu2 lebih stabil nyalanya, gak kena efek kalo ada elektrikal lain yg nyala. Tapi yg pasti kalo ane cek di onboard computer, pengisian nya stabil banget, dari keadaan engine running sampai full load cuma beda 0,3 volt.
Quote:Original Posted By Red.Spirit
Hehe, sisanya yang bro sebutin diatas, alternator, engine block, cover cyl head, tcm + ecu (kebeneran ada di engine bay), pivot raizin.
Kalo yang kerasa sih lampu2 lebih stabil nyalanya, gak kena efek kalo ada elektrikal lain yg nyala. Tapi yg pasti kalo ane cek di onboard computer, pengisian nya stabil banget, dari keadaan engine running sampai full load cuma beda 0,3 volt.


mantabs...diharapkan batere juga semakin awet ya bro
Quote:Original Posted By tazmania79
mantabs...diharapkan batere juga semakin awet ya bro


Sayangnya umur accu rata2 aja bro. Pake brand korea (R*cket, Delk*r) cuma sekitar 12-18 bulan. Sekarang ane lagi nyobain MF GS nih, soalnya di gerobak jepun ane ada yg udah umur 3 thn masih tokcer bro. Padahal cuma dipakein grounding aja.
Quote:Original Posted By Red.Spirit
Sayangnya umur accu rata2 aja bro. Pake brand korea (R*cket, Delk*r) cuma sekitar 12-18 bulan. Sekarang ane lagi nyobain MF GS nih, soalnya di gerobak jepun ane ada yg udah umur 3 thn masih tokcer bro. Padahal cuma dipakein grounding aja.


kalo soal aki memang rata2 apa lagi yang type Maintenance Free ( MF ).

tapi pernah baca2 ternyata aki MF bisa dibuat umurnya lebih lama, tapi diubah sedikit. dan jadinya seperti aki basah.
bagi yang mau sharing soal penambahan Ground Wire..silahkan
Quote:Original Posted By wire-kabel.blogspot.com
Mitos Ground Wire bisa Up power HP mobil ?

Banyak pertanyaan biasanya dari pemilik mobil yang ingin memasang ground wire dengan judul seperti di atas. Sebenarnya itu bukan penambahan Hp yang riil bertambah apabila dirasakan efeknya bagi pengguna Custom Ground wire. Hal utama adalah membaiknya kinerja alat-alat dalam mobil anda, baik itu alternator, ac, sensor2, TPS, gearbox AT, injector, ecu, lampu, head unit/audio dan lain2. Membaiknya kinerja ini bukan seperti upgrade performance menaikkan kapasitas injector dari 200 cc/menit menjadi 500 cc/menit.
Tetapi lebih kepada menyempurnakan hubungan koneksi peralatan yang ada di seluruh kontak area kendaraan menjadi mendekati sempurna.

Disini saya berikan contoh perumpamaan sbb :

1. Misalkan anda memilki kerongkongan dengan daya telan/hisap/minum sebanyak 1000 cc/menit, dan menyedot air kelapa dengan sedotan kecil seukuran air Aq** gelas, berapa lama anda bisa menghabiskan air kelapa tsb sebanyak 1000 cc? Misalkan ternyata hanya bisa dihisap hanya 500 cc/menit. Disini kerongkongan diibaratkan injector/mesin, sedotan kecil (misalkan diameternya 3 mm) diumpamakan kabel ground kecil dan air kelapa adalah bensin.
Bila kabel ground diupgrade custom menjadi lebih besar, diumpamakan menggunakan sedotan lebih besar (misalkan diameternya 6 mm), maka otomatis arus flow masuk bensin akan menjadi lebih lancar dan cepat menyalurkan bensin tadi menjadi misalkan 500 cc dalam 30 detik saja, sehingga kapasitas 1000 cc/menit bisa terpenuhi sesuai keinginan.

2. Ibarat jalan searah hanya satu jalur, maka beban diibaratkan mobil yang melaju lewat hanya bisa 1 mobil berurutan. Nah kalau jalan ini diperlebar menjadi 2 jalur, maka arus yang lewat akan makin banyak dan cepat melaju tanpa hambatan ibarat jalan tol begitu. Lah kalau hanya perlu beban rendah satu mobil yang melintas? ya tidak akan menjadi masalah, justru jalan yang lebar (jalan diumpamakan kabel ground) berfungsi mengantisipasi apabila ada lonjakan arus mobil yang benyak (beban/load meningkat).

Ilustrasi di atas akan makin memperjelas fungsi kabel Ground wire ini. Selain itu harap diingat bahwa usia kendaraan yang makin tua, bukan makin muda ganteng, akan membuat kabel-kabel di sekitar sektor mesin menjadi getas, keras menurun kinerjanya ditambah dengan iklim lingkungan mesin yang ekstrim panas, basah, polusi entah terkena cairan bensin, oil, debu, minyak rem, cairan pembersih, dsbnya dapat mempengaruhi kinerja penyaluran arus dan tegangan di kabel-kabel.

Walhasil pemasangan Ground Wire yang lebih besar dari standardnya akan banyak membantu dalam menyalurkan arus dan tegangan hingga kinerja peralatan elektrikal baik sensor, ecu, lampu dll akan menjadi makin optimal. Dengan optimalnya kinerja elektrikal di atas, akan membuat kerja mesin menjadi sesuai standard yang dibuat oleh pabrikan asal. Beberapa hal karena optimalnya kinerja mesin ini menjadi mitos adanya kenaikan HP/horsepower/tenaga mesin kendaraan. Apabila tenaga dan torsi sedikit meningkat maka akan terasa tarikan juga enteng dan bertenaga dibanding sebelumnya yang mungkin agak boyo istilahnya. Pencapaian RPM tinggi menjadi makin mudah dan ringan serta beberapa kasus suara mesin menjadi lebih smooth dalam menyalurkan tenaganya ke gearbox.

Selain itu kinerja elektrik (lampu2 dll) juga makin stabil, lampu depan dan dashboard maupun speedometer tidak akan meredup/kedip/blinking sesaat apabila ada peralatan yang dinyalakan seperti dim/high lamp lampu depan saat malam hari yang menyedot arus lebih besar daripada kondisi di siang hari. Alternator lebih mudah dalam melakukan re-charging arus dan tegangan ke batere aki anda. Injektor maupun sensor akan makin responsif dan sesuai tegangan kerjanya karena lancarnya arus dan tegangan kerja yang dibutuhkannya.


Bila spek mesin mobil anda standardnya adalah 180 Hp dan sebelum membenahi sektor Kabel Ground dan tune up mesin, maka hanya terdeteksi hanya sanggup meyemburkan 160 Hp, maka setelah upgrade Kabel Ground dan tune up sesuai standard pabrikan maka akan kembali menjadi normal 180 Hp. Hal inilah yang terkadang dirasakan oleh pemekai terasa adanya peningkatan tenaga instant. Dalam beberapa kasus memang tidak bisa dipungkiri bisa terjadi kenaikan Hp sedikit (1-2 Hp) diatas standard bila memang sirkulasi elektrik dan supply arus & tegangan sangat optimal mendukung kinerja ECU mobil.

Optimalnya kinerja elektrikal kendaraan anda dalam jangka panjang secara otomatis akan menjadi keuntungan tersendiri dalam meringankan/memperpanjang siklus daur hidup spare parts (karena kinerjanya optimal) yang berkorelasi dengan isi dompet yang harus dikeluarkan anda. Hal ini juga tidak terlepas dari keharusan rutinitas servis mesin (tune up) dan penggantian oli mesin yang sesuai agar diperoleh kinerja mesin yang optimal.

Dalam beberapa kasus bisa terjadi kebakaran dikarenakan kecilnya kabel yang digunakan dalam rangkaian elektrikal. Hal ini juga terjadi bila kabel penyalur terhambat oleh kotoran oksidasi, sehingga nilai tahanan akan meningkat dan membuat beban membutuhkan arus yang lebih besar guna mengkompenasi penurunan/drop tegangan kerja disebabkan jeleknya kualitas koneksi kabel tsb.

Mesin yang telah di Upgrade komponennya

Semakin meningkatnya tenaga mesin anda dikarenakan opsi perubahan di sektor mesin seperti penggantian Injektor High Flow, Coil & Cdi racing high performance, camshaft, per klep custom, pompa bensin dan regulator high flow, ganti ecu atau menambah piggyback, akan spontan meningkatkan tenaga mesin anda karena performa parts yang diganti melebihi kinerja standardnya. Hal ini juga menuntut perbaikan kabel2 yang sesuai seperti kabel ground HPF guna mendukung kinerja upgrade parts racing di atas. Injektor, coil dan fuel pump high performance terutama akan membutuhkan supply arus yang besar jauh dibandingkan standardnya seperti yang pernah saya ulas di artikel Upgrade Custom Ground wire mobil.
semoga bermanfaat.

SUMBER

Sharing lagi :

Spoiler for hasil pasang di mobil TS:
go go