bengkel dinamo service dinamo alternator/ampere & starter mobil

Kondisi Barang : New
Harga : Rp. 12
Lokasi Seller :
Agan agan sekalian, permisi, punten, ane mo kenalin bengkel ane

BENGKEL DINAMO JUARA TEKNIK

Bengkel: Jl DAAN MOGOT NO.43F KM 0,5 (dari mall citra land ke arah cengkareng, ada di sebelah kiri jalan, 2 ruko sebelum pom bensin TOTAL)
Contact Person: Deni (5665202, 5637704, 0816106263)

Kami menerima service dinamo STARTER dan ALTERNATOR untuk segala jenis mobil (mobil pribadi, mobil niaga, Truck segala macam ukuran, Forklift) buatan Jepang, Eropa, Cina.

Kami menerima modifikasi / rubah alternator besar untuk AUDIO atau untuk OFF ROAD

Tersedia Alternator untuk mobil Chery QQ 800cc dan 1.100cc (silahkan liat di http://www.kaskus.co.id/post/52661a4...8b46ef05000009)


Tersedia Juga Alternator dan Starter untuk mobil cherokee / CJ7 ((silahkan liat di http://www.kaskus.co.id/post/526b561...8b46ed1a000002)

Kami juga menjual (Khusus di Bengkel Utama) Barang2 sparepart untuk Dinamo (eceran / grosir) , Barang copotan / eks Singapore (eceran) HARGA BERSAING

Sebutin aja "ANAK KASKUS" untuk harga spesial

Tanya Jawab Seputar Dinamo

Biar tambah Interaktif threadnya, silahkan bro kalau mau konsultasi masalah dinamo ampere / Starter, summarynya akan saya post Disini

Tanya: Boss, kenapa dinamo saya kalau pagi2 susah starter padahal aki baru ganti
Jawab: Ada beberapa alternatif masalah kalau pagi2 susah distarter:
a. Dinamo amperenya tekor / kurang ngisi
biasanya kalau jalan malam hari maka mobil memakai output listrik maksimum (ada lampu, ac, tape, wiper (kalau hujan)). Kalau alternatornya kurang ngisi (mungkin kurang ngisinya sedikit / gak ngedrop banyak), akibatnya secara terakumulasi pasokan listrik yang ada di aki akan berkurang akibatnya waktu pagi hari starter susah / (kalau parah) tidak bisa distarter.
b. Aki yang anda beli qualitasnya jelek (meski aki baru).
Aki saat ini kadang banyak yg refurbish (aki lama yang dibikin jadi aki baru), kalau misalnya dari pabrikan biasanya kualitas cukup terjamin, tapi kadang ada toko yg refurbish sendiri (hasilnya kadang bagus kadang jelek), akibatnya aki yang fungsinya menyimpan listrik tidak berfungsi.
c. induksi kabel
Bisa saja alternator bagus, aki bagus tapi pada waktu pagi hari tidak bisa starter juga. Hal ini terjadi karena waktu mesin mati (seharusnya arus aki hanya dipakai untuk alarm (alarm menggunakan sedikit listrik, kalau misalnya mesin tidak dinyalakan dalam waktu seminggu seharusnya masih bisa start), tapi karena induksi maka arus listrik seolah2 dipakai, sehingga pada saat and start mobil tidak bisa distart.

Tanya: Masih lanjut pertanyaan diatas, kok dinamo gak bisa start alternatornya yang salah?
Jawab: Iya bro, kalau misalnya waktunya pagi kebanyakan alternator / aki / kabel yg bermasalah, kalau starter dari 20 kasus paling 1 kasus starternya beneran rusak.

Tanya: Kalau begitu kalau starter yang rusak gimana gejalanya.
Jawab: Gejalanya yah mobil gak bisa distarter, tapi waktunya tidak bisa ditentukan. Jadi kalau setiap mau starter gak bisa / starter berat / kalau misalnya abis mobilnya jalan gak bisa mau starter.

Tanya: Bro, bisa gak saya mau test dinamo alternator saya sendiri?
Jawab: sebenernya ngetesnya caranya gampang, alatnya cuman multi tester (boleh digital (yang pakai angka2) atau yang pakai analog (yang pakai jarum)).
bisa dilihat youtube, ketik aja "how to test alternator with multimeter / multitester", kayaknya jelas banget disitu

Tanya: Bro, lanjut yang pagi2 gak mau starter, saya gimana tahunya alternator / aki / induksi?
Jawab: Kalau anda males ngetes2 / gak ada alat / gak ada back ground teknik, langsung ke tukang dinamo terdekat / toko aki.
Tapi kalau anda mau tes, pertama cek alternatornya dulu ( liat yang di youtube). Asumsi aki anda bagus (arus aki normal harusnya sekitar 12,3 - 12,6v), nyalakan mesin anda dan cek alternator / ampere nya (reading normal dengan beban penuh (ac, lampu, tape) dengan posisi stationer (maksudnya mesin langsam tidak perlu digas) seharusnya sekecil2nya 12,3 (untuk manual) / 12,6 (untuk matic), lalu coba di gas mobilnya kalau naiknya ke 13 ringan berarti ampere anda bagus, kalau naiknya agak susah (harus digas tinggi baru naik) artinya alternator anda masih bisa dipakai tapi sudah 70% kebawah qualitasnya. kalau dibawah itu dinamo ampere anda rusak.
Ok alternator bagus, berikutnya cek aki. Cek aki butuh alat untuk test aki, tapi kalau anda tidak punya bisa coba eksperimen berikut. Pada waktu anda terakhir pakai mobil (mungkin malam sesudah pulang kantor), setelah anda mematikan mesin, coba cabut salah satu kabel aki (hati2 alarm anda akan mati, kalau rumah anda rawan saya tidak bertanggung jawab bila mobil anda kemalingan), lalu besok pagi sebelum menyalakan mesin sambungkan lagi terminalnya. Kalau tidak bisa start berarti aki anda buruk qualitasnya.

Tanya: Bro saya mau menambah / memperbesar kapasitas ampere mobil saya bisa gak bro? bisa gak pakai ampere mobil yang sekarang? efek gak ke aki (apakah saya harus memperbesar aki?) efek mobil jadi tambah boros dll?
Jawab: Bisa aja bro alternator diperbesar kapasitasnya (amperenya maksudnya), kalau kita di indonesia caranya diganti alternator mobil lain yg kapasitasnya sesuai dengan yang diinginkan (kalau search di internet bisa saja alternator yang lama digulung ulang agar dayanya lebih besar, tapi saya tidak recommended karena biasanya butuh perhitungan yang lumayan kompleks antara ukuran kawat dan jumlah gulungan yg tepat, dan kalau berhasil pun tidak akan awet).
Kalau sudah dinaikkan aki kalau mau diperbesar boleh2 saja tapi tidak harus (artinya optional saja), karena fungsi aki itu sebenernya hanya kantong penyimpanan saja.
Kalau untuk mesin tambah berat sehingga jadi lebih boros seharusnya sih tidak, karena alternator berputar didalamnya dibantu mekanisme bearing sehingga berputarnya ringan (tidak membebani mesin). Tapi ada rule of thumb yang harus diperhatikan, mesin yang terlalu kecil (anggap saja 1000cc) tidak bisa dipasang dinamo ampere yang terlalu besar (misalnya 120A), karena masalahnya di start mesinnya bisa berat. Kalau mesin anda 1800cc keatas tidak ada masalah menggunakan alternator ukuran besar (selama ukuran dan kakinya sesuai dengan di mesin).

Tanya: Apakah suatu keharusan apabila alternator di tambah amperenya (dirubah ampere besar) maka aki juga harus diganti yang lebih besar?
Jawab: Sebenernya tidak menjadi suatu keharusan, tapi "nice to have" aja.
Alternator itu fungsinya (a) Mengaliri listrik ke mobil dan (b) Ikut mencharge aki. Jadi apabila mobil sudah jalan listrik akan diambil dari alternator, dan mekanisme pengaturan listrik yang mengatur ic (termasuk besaran charge ke aki). Aki sendiri fungsinya hanya sebagai kantong / storage listrik apabila alternator tidak bekerja (alternator tidak bekerja bisa jadi rusak / keadaan mobil sedang mati).

Tanya: Jadi apa bedanya menukar aki besar dengan aki standar?
Jawab: Kalau aki anda rubah yang besar, yang pasti signifikan adalah starter pasti akan lebih enteng. Lalu misalnya alternator anda kurang ngisi (tekor), dengan aki besar mungkin mobil anda akan mogok (tidak bisa starter) dalam 3 hari, kalau aki standar mungkin dalam 1 hari (logikanya karena penyimpanan lebih besar jadi waktu sampai mogok akan lebih lama) tapi kalau alternator anda tidak normal mobil anda toh akan mogok juga seberapun besarnya aki yang anda ganti.


Pertanyaan Seputar Mobil Offroad


Tanya: Den, gmana caranya supaya saya bisa nge winch gak perlu ngegas2 mobil, capek nih musti nge gas?
Jawab: (saya jawabnya sambil garuk2), selama ini sih belom ada dinamo ampere yang kapasitasnya besar (maksudnya dinamo mobil standard yang kapasitasnya besar sehingga nge winch gak perlu di gas mobilnya).
solusinya untuk saat ini, beli alternator di internet yang kapasitasnya diatas 200-an A, atau alternatif dinamo ampere lain (yang bukan mobil) untuk dipasang ke mobil anda (saya pernah pasang dinamo super besar, yang menurut pengakuan yang punya mobil (dinamonya dari dia juga, saya cuman masangin aja) dinamonya pesawat hercules
)

Tanya: Mobil saya diesel, bisa sampai berapa ampere kapasitas alternatornya dirubah / diganti?
Jawab: Harus dilihat jenis mobil and tahunnya boss, paling gampang liat dulu dinamo ampere yang sekarang ada blower / vacum pump diatasnya (bentuknya hitam silinder nempel dibelakang alternator)?
Biasanya kalau mobil Hartop diesel (standard) biasanya ada blowernya tapi kalau mobilnya defender bisa ada bisa tidak tergantung tahun. Kalau misalnya ada, yang paling umum dan yang paling besar adalah 100A (yang lebih besar bukannya tidak ada tapi biasanya stocknya lebih susah). Kalau tidak ada vacum pump / blowernya maka bisa dipasang sampai 140A (yang lebih tinggi bisa ada tapi pasokannya lebih sulit).

Terminalogy part2 alternator / dinamo ampere

Gambar diambil dari www.kichenerstarter.com
Keterangan (kalau dibengkel2 ngertinya bahasa sebagai berikut)
Housing = Rumah ampere
Stator = Spul
Rotor = Angker
Rectifier = Silikon
Regulator = IC
Contoh diatas ukuran maupun bentuknya bisa saja berbeda tapi setiap alternator pasti terdiri dari part yang sama (stator, rotor, rectifier, ic (untuk dinamo yg menggunakan ic, kalau tidak ada ic biasanya pakai cut out))
(kalau bilang ke bengkel coba ngomong pakai bahasa mereka agan2, kalau dibilang stator gak semua bengkel ngerti stator itu apa, tahunya spul)

Terminalogy part2 Dinamo Starter

Gambar di ambil dari : www.autoelectricsqld.com.au
Keterangan (kalau dibengkel2 ngertinya bahasa sebagai berikut)
Solenoid : Switch
Commutator : Kolektor
Brushes : Tempat Kul & Kul (Kul suka dibilang areng)
Field windings: Yoke / Spul / Gulungan
Pinion : Gigi Bendix
Actuating Arm: Lever / Garpu
Sebenernya ada satu lagi yaitu Armature / Angker bentuknya panjang (dari commutator sampai as yg jadi dudukan si bendix)

Sebenernya bentuk starter ada yang modelnya lain lagi (ada yang solenoidnya nempel sama bodi), ada lagi yang submerge (maksudnya masuk kedalam mesin jadi setengahnya masuk ke mesin jadi nyampur2 sama oli mesin), tapi part utamanya sih yang saya sebut diatas (ada part2 kecil saya tidak sebut karena biasanya barang umum laher / bearing dll)

Semoga membantu
up dulu
Quote:Original Posted By myfreya
up dulu


Om, PMin dong harga IC, karbon, bearing/laher dan angker buat dinamo alternator mistubishi colt diesel PS100.
Thanx
serpis alternator sama dinamo starter untuk bmw 318i th 96 bisa bos... kena brapa???
Quote:Original Posted By fayad


Om, PMin dong harga IC, karbon, bearing/laher dan angker buat dinamo alternator mistubishi colt diesel PS100.
Thanx


Pm sent gan, dicek aja
Quote:Original Posted By duwik
serpis alternator sama dinamo starter untuk bmw 318i th 96 bisa bos... kena brapa???


cek pm bro
up sore sore
up siang2
up hari sabtu

Thumbs up Pm harga gbr gan

dinamo starter kijang brp? (2nd or new ?)
Dinamo Ampere untuk Ford ada kang ? PM harganya
Quote:Original Posted By kikosjr
dinamo starter kijang brp? (2nd or new ?)


cek pm bro
Quote:Original Posted By bukanjagoan
Dinamo Ampere untuk Ford ada kang ? PM harganya


sorry gan, kalau boleh tahu mobil fordnya tipe apa?
up siang siang
up dulu senin siang
up dulu senin pagi
Up dulu
Gan ada Altenator untuk ford GL 1.3 ?
kalo ada berapaan ?