KASKUS

Poll: Bermanfaatkah Trit ini??

This poll is closed View Polling Result
Ya 71% (89 votes)
Tidak 29% (37 votes)

Perpustakaan Pecinta Alam Dan Penggiat Ruang Terbuka..

Quote:Original Posted By ayuuya40
INDEX PERPUSTAKAAN OANC

Spoiler for Index Perpustakaan OANC:



Pendahuluan Definisi Pecinta Alam

Lebih dari 38 tahun lewat sudah, dimulai sejak dipancangkannya bendera pertama Pecinta Alam di tanah air ini, yang dipelopori di Bandung oleh kelompok Pendaki Gunung dan Penempuh rimba Wanadri, dan 3 bulan kemudian di Universitas Indonesia dengan kelompok Mapala UI - nya.
Saat ini, kepeloporan mereka telah dikuti oleh ribuan organisasi Pecinta Alam lain yang tersebar diseluruh pelosok tanah air, baik ditingkat Sekolah Menengah, Universitas maupun dari kalangan umum.

Definisi Dan Interprestasi Pecinta Alam

Entah berapa ratus ribu, total anggota dari seluruh kelompok ini, dimana dengan semangat berpetualang mengembangkan hobynya untuk mendaki gunung, menempuh rimba, mengarungi jeram, menyisir pantai, maupun memasuki goa terdalam, kelompok Pecinta Alam sudah menunjukan eksistensinya.
Sejak tahun 1974, Kode Etik Pecinta Alam secara aklamasi diterima sebagai visi normatif bagi setiap Kelompok Pecinta Alam, tepatnya pada saat Gladian ke IV di Makasar.

Kelompok maupun individu Pecinta Alam yang sejak lama dikenal dengan semangat dan militansinya, sudah lama pula diketahui ikut mengharumkan nama bangsa dalam berbagai kegiatan fenomenal, entah yang bersifat pengabdian sosial, penanggulangan akibat bencana, bahkan sampai prestasi-prestasi monumental.

Kita sama-sama mencatat, satu demi satu puncak-puncak gunung tertinggi, aliran sungai-sungai terderas, gua-gua terdalam, pantai-pantai terpanjang, dinding-dinding cadas menjulang, berhasl dilewati, seraya mengukir sejarah betapa beraninya anak negeri ini.

Jika kita mau jujur, mungkin Pecinta Alam adalah salah satu kelompok yang paling sering dipuji karena prestasinya, namun sebanyak itu pula hujatan yang kerap harus diterimanya.

Sangat tragis, prestasi pencapaian puncak Everest terpaksa harus disandingkan dengan sifat arogansi para Pecinta Alam, keberhasilan mendaki dinding vertikal Eiger, harus dikimpoikan dengan sejumlah tudingan penyebab kerusakan alam.
Peyusuran sungai Memberamo dipasangkan dengan korban-korban jiwa yang tidak perlu akibat kekonyolan dalam sistem pendidikan, maupun dalam setiap cerita-cerita petualangannya.

Nampaknya sudah menjadi takdir, bahwa pasangan dari keberhasilan tadi adalah dunia gelap dari Pecinta Alam itu sendiri.

Pada lembaga-lembaga pendidikan tertentu, beberapa kalangan yang mempunyai otoritas, sudah agak lama mengambil kuda-kuda untuk memasung, mengalienasi, memagari, menghentikan bahkan membubarkan kelompok Pecinta Alam yang ada dalam wilayah kekuasaannya.

Pembenaran argumentatif bahwa kelompok ini arogan, susah diatur, mau menang sendiri, biang kerok dan tukang cari masalah, dll., seringkali menjadi semacam bom waktu, yang ketika … booom !!, maka terpaksa kelompok ini bubar, atau paling banter berubah menjadi kelompok umum yang independen.

Cerita ini sudah menjadi sedemikian klasik untuk kita dengarkan, namun hasil simakan kita ini bukanlah cerita bohong, karena fakta banyak kelompok terutama dikalangan sekolah menengah, sudah banyak yang menjadi korbannya, seraya menghapus usaha tak kenal lelah dari pendahulunya, yang berusaha agar kelompok Pecinta Alam dapat diterima sebagai kegiatan ekstra kurikuler di sekolah tadi.

Sayang memang hal itu kerap terjadi, namun lebih disayangkan lagi ketika hal itu terjadi justru akibat kerancuan informasi serta kurang berjalannya sistem komunikasi antara siswa / anggota pegiat kegiatan alam bebas, dengan pihak pembina dan kepala sekolahnya.

Kasus-kasus ini menyebar dengan merata secara isotropik di seluruh belahan negeri, dengan model yang sangat tipikal, yaitu ketidak-mengertian, ketidak ingin-tahuan, dan ketidak-mauan untuk mengalah, serta masing-masing pihak bertahan dengan sikap-sikap arogansinya, dan banyak yang memilih bercerai daripada mencari bentuk solusi yang bersifat win-win.

A. DEFINISI.

Seperti yang telah dirumuskan dalam kongres ke II Forum Komunikasi Keluarga Besar Pecinta Alam se Bandung Raya ( FK-KBPA-BR ), tahun 2002, di Batu Kuda, Gn. Manglayang Kab. Bandung, maka ditetapkan definisi Pecinta Alam menurut FK KBPA BR, yaitu sbb :

“ Sekelompok manusia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, terdidik, bertanggung-jawab, dan bertujuan untuk menjaga serta memelihara alam “.

B. INTERPRESTASI.
Spoiler for :



Aspek Pendekatan dimaksud adalah :
Spoiler for :


Fungsi Totalitas :
Spoiler for :



INTERPRESTASI DEFINISI DALAM FUNGSI TURUNAN / BAGIANNYA :

Sekelompok manusia.
Spoiler for :


Yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Spoiler for :


Terdidik.
Spoiler for :


Bertanggung-jawab.

Spoiler for :


Tujuan.
Spoiler for :


Menjaga.
Spoiler for :

Catatan Konflik - Definisi Pecinta Alam

Memelihara.
Spoiler for :


Alam.
Spoiler for :


(Disunting Dari Buku Intersection - Yayat Lessie, Unpublish)




Catatan Konflik - Definisi Pecinta Alam


Dengan telah berhasilnya Pecinta Alam merumuskan dirinya sendiri, hal ini menjadi catatan sejarah tersendiri, karena selama ini, rumusan Pecinta Alam hanya bersifat individualis, atau paling tidak hanya sebatas perkelompok saja. Berbeda dengan rumusan PA diatas, dimana rumusan tersebut adalah hasil dari diskusi kelompok pada komisi D, dimana hasilnya dibawa pada sidang pleno, dan secara aklamasi diterima sebagai rumusan bersama pada Kongres ke II FK-KBPA-BR, tahun 2002.

Sebagaimana kita tahu, definisi PA yang ada sebelumnya, lebih mengacu pada pemikiran-pemikiran individual semata, atau paling tidak adalah hasil definisi menurut pihak lain yang belum tentu sesuai dengan pemikiran PA itu sendiri. Definisi PA menurut Departemen anu, definisi PA menurut lembaga anu, dst., tetapi definisi PA menurut kelompok PA sendiri, terserak-serak dengan bentuk yang tidak jelas.

Tahun 2002, setelah sejak 1964, atau 38 tahun kemudian, maka PA mendefinisikan dirinya, dan hal ini disepakati bersama, setidaknya di KBPA - Bandung Raya, dengan jumlah anggota setidaknya mewakili lebih dari 70 kelompok anggota terdaftar. Hal ini juga mengahiri teka-teki sekaligus konflik yang terjadi, yaitu keberadaan kode etik Pecinta Alam yang sudah ditetapkan sejak tahun 1974, namun subjek pelakunya sendiri yaitu para Pecinta Alam, ternyata tidak mampu mendefinisikan dirinya.

Kode Etik Pecinta Alam-nya sudah ada, namun selama ini, apa dan siapa serta yang bagaimana pecinta alam sesungguhnya, masih menimbulkan silang sengketa yang berkepanjangan. Jadi lantas untuk siapa kode etik itu dibuat, manakala sang subjek nya sendiri kabur serta bingung dengan definisi, kualifikasi, eksistensi maupun posisi dirinya sendiri.

Hal kebingungan diatas terjawab sudah, dan kode etik pada saat ini, sudah jelas siapa subjeknya, layaknya kode etik kedokteran, yang pasti dokterlah sang subjek, dan seorang dokter jelas definisi, kualifikasi, kompetensi, posisi maupun visi dan misinya.

Hal yang sama terjadi juga dengan kelompok Pecinta Alam, karena dengan kejelasan definisi, kualifikasi, kompetensi, posisi, maka keberadaan atas visi dan misinya menjadi sah dan valid, untuk diakui sebagai salah satu potensi masyarakat Indonesia.

Kode Etik Pecinta Alam dan Iterpretasinya

DESKRIPSI DAN INTERPRESTASI KODE-ETIK PECINTA ALAM

Isi yang termaktub dalam Kode Etik Pecinta Alam, yang dirumuskan pada tahun 1974, pada kegiatan Gladian Nasional di Makasar, yaitu sbb :
1. Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Memelihara Alam beserta isinya, serta menggunakan sumber sesuai dengan kebutuhan.
3. Menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitarnya serta menghargai manusia dengan kerabatnya.
4. Mengabdi pada Bangsa dan Tanah-Air.
5. Berusaha memperkuat tali persaudaraan antar Pecinta Alam, dengan azas Pecinta Alam.
6. Berusaha saling membantu serta saling menghargai dalam pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan, Bangsa dan Tanah-Air.



INTERPRESTASI.

1. Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Spoiler for :


2. Memelihara Alam beserta isinya, serta menggunakan sumber sesuai dengan kebutuhan.
Spoiler for :


3. Menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitarnya serta menghargai manusia dengan kerabatnya.
Spoiler for :


4. Mengabdi pada Bangsa dan Tanah-Air.
Spoiler for :
5.. Berusaha memperkuat tali persaudaraan antar Pecinta Alam, dengan azas Pecinta Alam.
Spoiler for :


6. Berusaha saling membantu serta saling menghargai dalam pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan, Bangsa dan Tanah-Air.
Spoiler for :

Aspek-aspek pendekatan dalam sistem diklatdas pecinta alam

ASPEK-ASPEK PENDEKATAN
DALAM SISTEM DIKLATDAS PECINTA ALAM



Seperti yang kita ketahui, untuk membangun Pecinta Alam yang mengerti dan memahami kode etik Pecinta Alam tidaklah mudah, karena kita akan dihadapkan pada penurunan tataran nilai kualitatif Kode etik sebagai sebuah visi normatif, kedalam bentuk model sistemik yang serba terkuantifikasi.

Untuk memastikan hal itu terjadi dengan benar, atau setidaknya terdapat sebuah alat dan tolok ukur keberhasilan, maka model sistemik merupakan alternatif pilihan yang mampu memberikan peluang bagi pemikiran yang komprehensif, dan dituangkan kedalam bentuk kurikulum pendidikan dasar Pecinta Alam.

Kurikulum ini disusun atas dasar pendekatan-pendekatan awal sebagai acuan pokoknya, sehingga deviasi, distorsi, stagnasi, serta kendala lain yang mungkin kelak akan dihadapi, akan tetap dapat dipantau untuk dicarikan jalan keluarnya.

Pendekatan dimaksud adalah :

- Pendekatan pada aspek hakikat tujuan pendidikan itu sendiri
- Pendekatan pada aspek komponen kurikulum
dengan interprestasi sbb :


A. PENDEKATAN HAKIKAT TUJUAN PENDIDIKAN


Sesuai dengan yang dijabarkan oleh UNESCO-PBB mengenai sokoguru tujuan sebuah sistem pendidikan, harus mangacu setidaknya pada aspek-aspek :

1. Learn to do
Spoiler for :


2. Learn to think
Spoiler for :


3. Learn to be
Spoiler for :


4. Learn to live together.
Spoiler for :



Hal diatas pada akhirnya akan memuncaki tujuan pendidikan itu sendiri yaitu bukan sekedar untuk menciptakan keunggulan individualistik semata, namun terlebih jauh lagi adalah keunggulan partisi-patorik, karena tidak jarang sesuatu yang hanya bersifat individualistik, akhirnya akan membuat manusia menjadi serigala bagi sesamanya atau homo homini lupus.

Tehnik Mengatasi Cuaca Dingin

Suhu dingin di ketinggian gunung berbeda dengan kondisi dingin di bawah, apalagi jika malam hari menjelang. Untuk beberapa gunung, suhu di atas gunung bisa mencapai 0 derajat celcius, dan suhu ekstrem di gunung sangat berbahaya bagi kita, jika kita tak pandai mengantisipasinya dengan baik. Dan biasanya jika kita dalam pendakian gunung, untuk sedikit meredakan rasa dingin, kita akan memakai jaket yang tebal dan membuat api unggun, tetapi apakah cara itu berkhasiat manjur?

Banyak dari para pendaki yang mempunyai penyakit alergi terhadap dingin, bila terkena hawa atau suhu yang dingin tubuh mereka langsung timbul bintik - bintik merah di sekujur tubuhnya. Penyakit ini sering sekali terjadi bila berada di tempat yang dingin, untuk menghilangkannya cukup oleskan minyak kayu putih atau sejenisnya yang bisa membuat hangat, dan sebaiknya tidak di oleskan balsam karena justru akan menambah rasa dingin tersebut, kebanyakan balsam mengandung zat menthol yang mempunyai efek dingin.

Tips - tips untuk menghadapi dan menghilangkan rasa dingin di atas gunung:

1. Sebaiknya melakukan aklimatisasi ( penyesuaian tubuh terhadap suhu dan kondisi alam sekitar sebelum melakukan pendakian ) terlebih dahulu.
2. Buatlah api unggun kecil untuk menghangatkan tubuh di malam hari.
3. Meminum - minuman hangat seperti wedang jahe, teh, dan lain - lain untuk menghangatkan tubuh, tetapi jangan sekali - kali meminum - minuman keras di atas gunung karena akan berakibat fatal. Alkohol memang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dapat menjadi lebih lancar, sehingga akan menimbulkan efek hangat, namun jangan lupa alkohol juga dapat membuat kita kehilangan kesadaran, dan hal ini sangat jauh lebih berbahaya daripada rasa dingin itu sendiri!!. sudah terlalu banyak pendaki yang mati sia - sia karena kebodohan ini.
4. Memakan-makanan hangat dengan perhitungan protein dan karbohidrat yang lebih tinggi, supaya badan tetap merasa hangat dan kondisi badan tetap terjaga.
5. Pakailah pakaian yang tebal seperti jaket, sweater, dan lain - lain, karena akan terasa hangat di suhu yang dingin.
6. Jangan sekali - sekali memakai pakaian berbahan dasar jeans, selain memberatkan, menyita kalori terlalu banyak akibat tidak leluasa bergerak, menyulitkan saat basah, jeans juga tidak dapat menahan dingin dengan sempurna.
7. Istirahat yang cukup dan tidak memforsir diri di luar jangkauan daya tahan tubuh, istirahat yang kurang dapat membuat kesadaran kita semakin berkurang, hal ini juga dapat berefek pada rasa dingin yang semakin menyerang.

Trik - trik tidur di suhu yang dingin.

Banyak dari para pendaki yang bagaimana cara menghilangkan dingin sewaktu tidur dalam pendakian gunung. Perhatikan baik - baik bahwa dingin lebih menyerang ke titik - titik berikut ini: telinga, telapak tangan dan jari, kemudian pergelangan kaki sampai ke jari, pastikan bagian - bagian ini tertutup rapat. Pakailah kaus kaki tebal saat tidur atau istirahat, sarung tangan, kupluk, jaket dan masih banyak lagi, yang bisa membuat hangat pada waktu tidur. Bisa juga dengan cara berhimpit - himpitan pada saat tidur, cara ini juga ampuh digunakan untuk menghilangkan rasa dingin waktu tidur. Dengan cara berhimpit - himpitan atau merapatkan tubuh sesama teman, kita bisa merasakan hangat yang keluar dari dalam tubuh kita. Cara itu yang biasa dipakai oleh para pendaki untuk menghilangkan rasa dingin pada saat kita tidur. Berhimpitan tentu dengan tetap memakai jaket tebal, jika tidak, atau justru malah telanjang, bisa jadi bencana kedua!

Pastikan untuk tidak lupa memperhatikan sistem udara dan membuat saluran air di sekitar tenda sebelum kita tidur, tak peduli apakah kita memakai jaket super tebal atau kaus kaki dobel, itu tak akan berpengaruh kalau tenda kita tergenang air hujan. Menaruh daun - daun kering yang banyak dibawah tenda juga lumayan membantu, selain menambah empuk dasar tenda, juga membuat tenda tidak bersentuhan langsung dengan tanah yang dingin dan lembab. Bila hendak menyalakan Api Unggun sebaiknya perhatikan benar unsur kayu dan arah apinya, biji pinus yang terbakar kadang dapat meledak dan terlontar ke tenda, sehingga berpotensi kebakaran.

Membawa termos kecil juga dapat membantu menjaga air tetap hangat lebih lama, sehingga tidak bolak - balik memasak air, yang malah membuat kita semakin kedinginan. Bila tak merasa repot, bisa membawa termos yang agak besar, hingga lebih banyak muatan air panasnya, atau ada yang ingin membawa panci? Silahkan.

Semoga tips dan cara mengatasi dingin di gunung bisa membantu dan menambah pengetahuan tentang tehnik survival yang terkadang kita abaikan dan menganggap ringan. Selamat berpetualang!


http://www.belantaraindonesia.org/20...di-gunung.html

credit :: masdied

Alternatif Cara Membuat Api

WEBSITE BELANTARA INDONESIA


ALTERNATIF CARA MEMBUAT API

Api di alam bebas sudah merupakan komoditi berharga yang harganya hampir sama dengan air, karena tanpa api logistik yang kita bawa tak akan berguna, namun kadangkala api menjadi sulit untuk dinyalakan, disebabkan berbagai hal mulai faktor teknis seperti lupa membawa bahan bakar (fatal), korek menjadi lembab, DLL, untuk itu teknik menyalakan api perlu untuk diketahui setiap penggiat alam bebas, tidak hanya sebagai alat memasak, namun juga dapat sebagai sumber penghangat

Alternatif lain cara membuat api berikut ini adalah metode sederhana yang hanya dengan menggunakan benda - benda yang mudah didapatkan dan tentunya tidak menjadikan beban berlebihan saat di packing. sehingga walau dalam keadaan paling extreme sekalipun seorang penggiat alam bebas tetap dapat menyalakan api, namun tetap perlu diingat cara ini hanya alternatif, yang paling utama tetap menyediakan alat utama pembuat api, seperti korek dan bahan bakar (minyak tanah, bensin, spirtus, parafin, etc)

Berikut langkah-langkah, beserta gambar dan penjelasannya :


Spoiler for LANGKAH - LANGKAH:


Sedikit penjelasan kimianya : Apa yang terjadi di sini adalah ketika fluoride dalam pasta gigi dan garam bertemu, akan membentuk suatu elektrolit yang bereaksi terhadap tembaga dan seng ( lapisan pada kawat kabel ). Hal yang penting disini adalah kita bisa harus menentukan yang mana dari kedua ujung kabel ( kawat ) yang merupakan anoda dan katoda.

kemudian setelah menunggu 5 menit akan memungkinkan bahan kimia (fluoride+kentang) yang ditempatkan didalam kentang bereaksi dan membangun sebuah muatan listrik, sedangkan kentang yang kita gunakan akan bertindak sebagai baterai, kemudian panas dihasilkan oleh korsleting kedua ujung kabel dalam kentang sehingga memicu nyala api pada kapas.


UPDATE SURVIVAL KIT DARI THREAD AGAN MICHTOP
Spoiler for BUILDING SURVIVAL KIT:



credit :: Delois



secara retorika, ke pecinta alam an memiliki nilai tujuan yang luhur.
saya yakin.. kita, manusia yang memiliki akal dan pikiran, yang tidak sempurna ini.. selalu ingin menuju ke dalam penciptanya yang maha sempurna.. termasuk salah satunya dengan menjawantahkan pesan-pesan retorik ini ke dalam kehidupan sehari-hari

*req delete aja a kalo masih ada tambahan
*maap

Mengenal Penyakit Ketinggian

Heat Cramps

Heat Cramps ( Kram Karena Panas ) adalah kejang otot hebat akibat keringat berlebihan, yang terjadi selama melakukan aktivitas pada cuaca yang sangat panas.
Heat cramps disebabkan oleh hilangnya banyak cairan dan garam ( termasuk natrium, kalium dan magnesium ) akibat keringat yang berlebihan, yang sering terjadi ketika melakukan aktivitas fisik yang berat. Jika tidak segera diatasi, Heat Cramps bisa menyebabkan Heat Exhaustion.
Gejalanya :
Spoiler for Gejalanya:

Penanganannya :
Spoiler for Penanganannya:


Heat Exhaustion

Heat Exhaustion ( Kelelahan Karena Panas ) adalah suatu keadaan yang terjadi akibat terkena /terpapar panas selama berjam - jam, dimana hilangnya banyak cairan karena berkeringat menyebabkan kelelahan, tekanan darah rendah dan kadang pingsan.
Jika tidak segera diatasi, Heat Exhaustion bisa menyebabkan Heat Stroke.
Gejalanya :
Spoiler for Gejalanya:

Penanganannya :
Spoiler for Penanganannya:


Heat Stroke

Heat Stroke adalah suatu keadaan yang bisa berakibat fatal, yang terjadi akibat terpapar panas dalam waktu yang sangat lama, dimana penderita tidak dapat mengeluarkan keringat yang cukup untuk menurunkan suhu tubuhnya. Jika tidak segera diobati, Heat Stroke bisa menyebabkan kerusakan yang permanen atau kematian. Suhu 41° Celsius adalah sangat serius, 1 derajat diatasnya seringkali berakibat fatal.
Kerusakan permanen pada organ dalam, misalnya otak bisa segera terjadi dan sering berakhir dengan kematian.
Gejalanya :
Spoiler for Gejala:

Penanganannya :
Spoiler for Penanganannya:



Dan ada juga penyakit yang lazim di alami dalam kegiatan pendakian gunung. Yakni:

Mountain Sickness ( Penyakit Gunung )

Penyebab utamanya adalah penurunan kadar oksigen didalam darah karena berada diketinggian tertentu. Faktor yang bisa menjadi penyebabnya adalah :
Spoiler for Penyebabnya:

Gejala mountain sickness antara lain :
Spoiler for Gejalanya:

Penanganannya :
Spoiler for Penanganannya:


Hypotermia

Hypotermia adalah suatu keadaan dimana kondisi tubuh tidak dapat menghasilkan panas disertai menurunnya suhu inti tubuh dibawah 35oC. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya :
  • Suhu yang ekstrim.
  • Pakaian yang tidak cukup sehingga mengenakan pakaian basah.
  • Kurangnya makanan yang mengandung kalori tinggi.

Gejala Hypothermia antara lain :
Spoiler for Gejala:

Penanganannya :
Spoiler for Cara penanganannya:


Spoiler for Sumber:


credit :: Mountaineerman
Quote:Original Posted By kareesnikoray



secara retorika, ke pecinta alam an memiliki nilai tujuan yang luhur.
saya yakin.. kita, manusia yang memiliki akal dan pikiran, yang tidak sempurna ini.. selalu ingin menuju ke dalam penciptanya yang maha sempurna.. termasuk salah satunya dengan menjawantahkan pesan-pesan retorik ini ke dalam kehidupan sehari-hari

*req delete aja a kalo masih ada tambahan
*maap


saya tidak akan req delete postingan karena sudah selesai untuk materi pertama.. Materi tersebut dimaksudkan untuk mengimbangi penilaian dan pandangan sebuah identitas yg belum banyak disadari definisinya bahkan oleh pecinta alam itu sendiri..

Harapan trit ini hanya diisi oleh materi pecinta alam dan penggiat ruang terbuka.. dan materi bagus yang ada di sub forum meskipun sudah disupport oleh index forum, hanya mengkliping trit materi yang menurut saya layak untuk dipelajari..

Personal Profile System

Tujuan dari Personal Profile System adalah untuk mengenali dan mengerti lebih jauh tentang kepribadian (personality) sekaligus pola unik tingkah laku masing-masing individu, dikaitkan dengan kebutuhan lingkungan yang kondusif, sehingga kekuatan kepribadian akan bekerja secara efektif dan maksimal.

Hal yang sama, jika lingkungan dimana seseorang hidup tidak mendukungnya, akan menimbulkan sejumlah konflik serta mengakibat kan individu tadi tidak dapat mengaktualisasi dan mengekspresikan dirinya secara optimal, bahkan lebih jauh lagi dapat berdampak stress atau depresi psikologis.

Kepentingan kita mempelajari jenis kepribadian ini adalah untuk membuat pola perkiraan, tentang kecenderungan seseorang dalam melihat dirinya serta bagaimana dia hidup, bergaul dan memandang lingkungan disekelilingnya.
Dengan mengetahui pola kepribadiannya, kita akan mampu memahami karakteristik aspek aspek lainnya, termasuk kebutuhan motivasi unik dan umum, kekuatan dan kelemahannya, bahkan bentuk medan aura dan kemungkinan pengembangan pola-pola defensifnya, sehingga dapat merekontruksi kepribadian awal.

Hal diatas sangat penting untuk mengetahui akar permasalahan jika individu tadi merasakan suatu keluhan, baik yang bersifat jasmaniah maupun mental-psikologisnya.

Pendekatan sistem ini bersifat individualistik dan subjektif, sehingga pola yang dihasilkan berjumlah tak terbatas karena keunikan dari masing masing individu tadi, sesuai dengan pengalaman hidup dan bentuk trauma yang dijalani serta dirasakan oleh setiap orang.

Namun demikian, dengan menggunakan beberapa parameter dan variabel serta metoda tertentu, kepribadian yang terbentuk dapat di gabungkan kedalam beberapa kelompok besar dengan karakteristik yang berbeda, serta dapat dibakukan.

Secara garis besar untuk mengelompokan kepribadian tadi, dapat digunakan parameter pengelompok / kriteria sbb :
•\tMotivasi unik, yaitu bersifat achiever (mencari tantangan), influencer ( mempengaruhi) atau affiliation (membina persahabatan).
•\tOrientasi waktu, yaitu berorientasi pada masa depan (future) , saat ini (present) maupun masa lalu (past).
•\tResistensi terhadap tekanan, yaitu bersifat melawan, menyerah, melarikan diri bahkan membesarkan diri (megalomania).
•\tOrientasi kedekatan dengan orang, jauh atau dekat.
•\tOrientasi terhadap wewenang, pemberi komando atau menerima perintah.
•\tDan lain-lain.

Dengan menggunakan parameter dan variabel diatas, maka ahirnya jenis kepribadian tadi, dapat dibagi menjadi sbb :

1. Jenis Dominance (D)
yaitu mengedepankan aspek mengatasi tantangan untuk penyelesaian suatu tugas (result oriented)

2. Jenis Influencer (I)
yaitu mengetengahkan aspek mempengaruhi orang lain agar ikut terlibat dalam penyelesaian suatu tugas (motivasi)

3. Jenis Steadiness (S)
yaitu menitik beratkan aspek hubungan kerja-sama yang hangat dan harmonis diantara sesama anggota team (afiliasi)

4. Jenis Compliance (C)
yaitu menekankan pada aspek kualitas mutu serta membangun standar kerja / produk yang diterima oleh semuanya, dalam penyelesaian tugas kerja (quality).

Setiap orang pada dasarnya memiliki sifat-sifat kepribadian diatas, yang berbeda adalah pada intensitasnya, dimana kecenderungan yang paling utama bersifat primer, serta menunjukan dominasinya dibandingkan dengan kandungan jenis kepribadian yang lain.
Keterangan lebih lengkap tentang jenis kepribadian ini adalah sbb



Note :: Kenapa kita harus mengenal kepribadian kita dan orang lain, supaya dalam pembagian tugas dan team building lebih efektif dan efisien..

Penjabaran Type Profile system

TYPE DOMINANCE ( D )


Orientasi motivasi individu
Mencari tantangan (to achieve the challenges)

Orientasi waktu
\tmasa depan.

Orientasi manusia
kurang peduli pada individu lain (less people oriented)

Orientasi posisi dalam team
\tmemberi komando

Kondisi salah
\tBalik menyalahkan (megalomania)

KEKUATAN / KECENDERUNGAN
Spoiler for :


KEBUTUHAN KONDISI LINGKUNGAN.

Spoiler for :



KELEMAHAN

Spoiler for :


PEMBENAHAN DIRI UNTUK EFEKTIFITAS YANG LEBIH BAIK
Spoiler for :



TYPE INFLUENCER ( I )
\t
Orientasi motivasi individu
Mempengaruhi, mengontrol dan mengarahkan orang lain

Orientasi waktu
Saat ini

Orientasi manusia
Berorientasi pada manusia ( people-oriented )

Orientasi posisi dalam team
\tMemberi perintah

Kondisi salah
Melawan dan argumentatif

KELEBIHAN / KECENDERUNGAN
Spoiler for :


KEBUTUHAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF
Spoiler for :


KELEMAHAN
Spoiler for :


PEMBENAHAN DIRI
Spoiler for :
TYPE STEADINESS (S)

Orientasi motivasi individu
Membuat suasana hangat dan penuh persahabatan

Orientasi waktu
Saat ini

Orientasi manusia
Berorientasi pada manusia ( people-oriented )

Orientasi posisi dalam team
\tMenerima perintah

Kondisi salah
Menyerah dan mengaku salah

KEKUATAN / KECENDERUNGAN
Spoiler for :


KEBUTUHAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF
Spoiler for :


KELEMAHAN
Spoiler for :


PEMBENAHAN DIRI
Spoiler for :



TYPE COMPLIANCE (C)

Orientasi motivasi individu
Menekankan pada kualitas/mutu dan standar kerja

Orientasi waktu
Masa lampau

Orientasi manusia
Berorientasi pada kualitas nilai kesisteman
( less-people-oriented )

Orientasi posisi dalam team
Menerima perintah

Kondisi salah
Melarikan diri

KEKUATAN/KECENDERUNGAN
Spoiler for :


KEBUTUHAN LINGKUNGAN YANG KONDUSI
Spoiler for :


KELEMAHAN
Spoiler for :


PEMBENAHAN DIRI
Spoiler for :



Credit :: NN (noname)
Note :: Sudah tahu profile kita dimana??
bahasa tingkat tinggi

-

saya tiap ngesot pasti kena Heat Cramps

PPS (personal profile system), Questioner dan Cara Menghitungnya

Untuk mengenal diri dan harapan kolega, silahkan isi questioner dibawah ini ::
Spoiler for Questioner:


Setelah disisi questioner tersebut maka hitung sendiri hasilnya, apakah anda sebagai seorang D, I, S atau C.. untuk mengetahui nilainya silahkan PM hasil hitungan dan saya akan PM balik keterangan nilai tersebut karena terlalu lama untuk mengedit filenya buat diposting disini..
Spoiler for Cara menghitung:
Mantepp Kaka... wajib ane baca nee.. Salam Lestari
Mo komen yang mana
Banyak banget

Baca baca dulu ah.....

Tips Memilih Tenda

Dewasa ini di Indonesia banyak sekali beredar tenda-tenda entah itu
dijual secara perseorangan dan dijual di toko-toko outdoor, rata-rata
dengan konstrusi dome tent atau pengembangan dari tunnel tent dan
single hope tent. Namun dari semua tenda yang dijual dipasaran dewasa
ini sebenarnya tidak semuanya cocok dipakai untuk mendaki gunung, ada
tenda yang hanya cocok dipakai camping di kaki gunung atau bahkan
cocok hanya dipakai untuk camping di halaman belakang rumah.

Nah bagaimana mengetahui ciri-ciri tenda yang cocok untuk mendaki
gunung? berikut mudah-mudahan tips ini bisa membantu teman-teman
dalam memilih tenda yang cocok untuk pendakian gunung.

01- Tinggi Tenda
Spoiler for :


02- Bahan tenda

Spoiler for :


03- Lembar Flysheet
Spoiler for :


04- Jarak flysheet dan bagian dalam tenda
Spoiler for :


05- Guylines atau tali pengencang
Spoiler for :


06- ruang penyimpanan
Spoiler for :


Itulah enam titik penting yang perlu kita perhatikan saat memilih
tenda untuk kegiatan pendakian gunung. mengenai hal lainnya
tergantung selera dan type gunung yang akan kita daki.

Sumber :: milis High Camp
Credit :: Banteng
wah keduluann,ane juga ada niatan mau bikin perpus tentang k.a.t tapi materi nya masih dikit nih
×