KASKUS

[KIMIA] mengapa dan bagaimana kayu terbakar?

Quote:Quote:Quote:

Quote:OBSERVASI KAYU DAN KEBAKARAN
MENCARI TAHU SUMBER KAYU SEBAGAI SUMBER KEBAKARAN

Quote:
Spoiler for salam sapa TS yg baik hati:


Quote:TUJUAN PEMBUATAN THREAD
memberi informasi kepada kaskuser tentang bagimana dan mengapa kayu (bakar) dapat terbakar (sebagai bahan bakar)?


Quote:Ketika lihat TV berita tidak jarang saya (bahkan anda) menemukan berita kebakaran. Dari kebakaran hutan, perumahan, lahan, dsb. Mungkin bila di filosofiskan kebakaran bisa terjadi Entah dimana, kapan, dan bagaimana dapat mudah muncul meskipun tidak diundang (jelangkung kah?).

Kali ini saya melakukan observasi tentang kayu sebagai sumber kebakaran. Asumsi saya saat ini kebakaran terjadi akibat sumber api yang juga berasal dari bahan yang mudah terbakar seperti kayu. Kenapa kayu dan kenapa tidak yang lainnya? Saya rasa kayu dari dulu sampai sekarang sangatlah unik diobservasi karena bentuknya yang ringan namun besar dan sifatnya mudah terbakar (asumsi saya kali ini adalah kayu bakar).

Dari kayu sebagai sumber kebakaran timbul beberapa pertanyaan dari saya:
1. Apa saja sumber api?
2. Mengapa kayu bisa terbakar?
3. Bagaimana proses terjadi kebakaran?


Quote:SUMBER SUMBER API
saya sudah mengatakan di paragraph diatas bahwa kebakaran dapat terjadi secara tiba tiba. Mengingat itu saya berfikir untuk mengobservasi asal api. Api sendiri tidak mungkin ada tanpa sebab (bukan causa prima lho).

Ada beberapa komponen yang saya ketahui tentang bagaimana api bisa menyala:
Suhu / Panas, dengan mengobservasi benda yg berpijar maupun terbakar, terlihat jelas proses api lebih cepat timbul dikarenakan suhu yang naik drastis dari pada lingkungan sekitar.
Bahan yang mudah terbakar, ketika melihat sebuah suhu disuatu lingkungan naik belum tentu akan menimbulkan api. Dalam hal ini bahan yang mudah terbakar adalah salah satu komponen lanjutan. Semakin cepat bereaksinya terhadap suhu semakin cepat bahan tersebut terbakar.
Oksigen, proses terjadinya api juga dikarenakan factor oksigen ini. Mengingat suhu dan bahan tidak dapat melancarkan pembentukan api tersebut. Semakin banyak oksigen maka semakin mudah api membesar.



Biasanya reaksi kimia terhadap api timbul ketika ketiga komponen seimbang. Keseimbangan komponen api tersebut menentukan reaksi kimia juga. Menurut Robert sugiarto dalam blognya, bahwa api tidak akan timbul tanpa adanya rantai reaksi kimia. Pada mulanya tanpa reaksi kimia, dari ketiga komponen hanya akan memunculkan pijaran saja.


Quote:KAYU SEBAGAI BAHAN BAKAR PADAT
Sebagian besar kayu diindonesia mudah terbakar dan adapula yang tidak mudah terbakar. Dari sini saya mengobservasi kayu bakar.



Saya menguntip unsur kimia pada kayu pada muherda.blogspot.com, yang menjelaskan bahwa unsur pada kayu sebagai berikut:
" Karbon 50%
" Hidrogen 6%
" Nitrogen 0,04 0,10%
" Abu 0,20 0,50%
" Sisanya adalah oksigen.
Dari beberapa unsur kimia terbut bisa disebut bahwa indikasi kayu mudah terbakar. Sedangkan komponen kimia kayu menurut muherda.blogspot.com sangat bervariasi dari Lignin, Selulosa, Hemiselulosa, Abu, dan zat ekstraktif. Dari komponen kimia kayu tersebut berpeluang untuk terbakar dan hany menghasilkan abu ketika telah terbakar.


Quote:PROSES PEMBAKARAN
Mengutip tulisan saya pada bagian SUMBER SUMBER API dipahami bahwa kebakaran tidak akan muncul ketika tidak ada reaksi kimia. Sedangkan reaksi kimia yang dimaksud adalah dimana ketiga komponen (suhu, bahan, dan oksigen) saling bereaksi secara kimiawi sehingga yang dihasilkan bukan berpijar melainkan fenomena pembakaran.


Quote:KESIMPULAN
Bahwa kayu terbakar akibat dari proses kayu, suhu, dan oksigen yang bereaksi secara kimiawi, dimana kayu merupakan bahan yang mudah terbakar karena unsur kimia dan komponen kimia yang sangat mendukung reaksi kimia tersebut.


Quote:DAFTAR PUSTAKA
www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=ii
robertsugihardjo.blogspot.com/2010/01/klasifikasi-api.html
asrizal.com/2012/03/mengenal-jenis-alat-pemadam-api-dan.html
muherda.blogspot.com/2011/03/sifat-sifat-umum-kayu.html


/
Quote:Saya menguntip unsur kimia pada kayu pada muherda.blogspot.com, yang menjelaskan bahwa unsur pada kayu sebagai berikut:
" Karbon 50%
" Hidrogen 6%
" Nitrogen 0,04 0,10%
" Abu 0,20 0,50%
" Sisanya adalah oksigen.


selain oksigen, zat mana yang cepat terbakar ama api ?
Quote:Original Posted By dancing.dead
selain oksigen, zat mana yang cepat terbakar ama api ?


sebenarnya syaa bukan pelajar yang ahli / sangat paham dalam hal kimia.. akan tetapi pertanyaan agan tidak sesuai dgn materi yg saya bawa (menjurus ke cara atau alasan kayu dapat terbakar)...

jawab: sebenarnya reaksi kimia pembakaran tuh butuh bahan bakar, oksigen, dan suhu..
Quote:Original Posted By dancing.dead
selain oksigen, zat mana yang cepat terbakar ama api ?


sebenarnya syaa bukan pelajar yang ahli / sangat paham dalam hal kimia.. akan tetapi pertanyaan agan tidak sesuai dgn materi yg saya bawa (menjurus ke cara atau alasan kayu dapat terbakar)...

jawab: sebenarnya reaksi kimia pembakaran tuh butuh bahan bakar, oksigen, dan suhu..


Karbon 50%
Hidrogen 6%
Nitrogen 0,04 0,10%
Abu 0,20 0,50%
Sisanya adalah oksigen.

Sebenernya kurang tepat kalo cuman berdasarkan kandungan unsur yang dipisah2,

air itu komposisinya oksigen sekitar 89% dan hidrogen sekitar 11% toh gak ada orang yang berusaha menyalakan api pake air.
kalau menurut ane sih harus ada tumbukan partikel dengan cepat baru bisa api terbakar nah tumbukan itu membuat ada nya percikan api
sebenarnya sih ada jg hubungannya dengan listrik statis tapi kayaknya gak susah di jelaskan
Quote:Original Posted By widya poetra


Karbon 50%
Hidrogen 6%
Nitrogen 0,04 0,10%
Abu 0,20 0,50%
Sisanya adalah oksigen.

Sebenernya kurang tepat kalo cuman berdasarkan kandungan unsur yang dipisah2,

air itu komposisinya oksigen sekitar 89% dan hidrogen sekitar 11% toh gak ada orang yang berusaha menyalakan api pake air.


mana ya tulisan TS yg menyinggur air? Hayooo kaga ada kan

Quote:Original Posted By dancing.dead
selain oksigen, zat mana yang cepat terbakar ama api ?


kok oksigen terbakar sama api? reaksi pembakaran sendiri definisinya "sesuatu + oksigen menjadi karbondioksida dan uap air". Bayangkan serbuk besi dalam bensin (asumsikan bensin hanya campuran C8H18 dan C7H16). Jika energi aktivasi mencukupi, bensin akan terbakar (bereaksi dengan oksigen) menjadi karbondioksida dan uap air. Bagaimana besinya? serbuk besi tetap tersisa karena energi aktivasinya tidak mencukupi untuk terjadinya reaksi besi dengan oksigen. Api sendiri hanya pancaran energi pada saat terjadi reaksi, warnanya sesuai panjang gelombangnya, makanya api tidak selalu berwarna merah atau biru (misal kita membakar kalium, apinya berwarna ungu)


mungkin lebih tepat kalo dijelaskan melalui teori tumbukan, cari sendiri di google, ane ngantuk
Quote:Original Posted By dancing.dead
selain oksigen, zat mana yang cepat terbakar ama api ?


karbon sepengetahuan saya mudah terbakar gan
Pertanyaan gw simpel aja. Kenapa batang kayu mudah terbakar, sementara batang besi nggak?
Quote:Original Posted By Shameimaru.Aya
Pertanyaan gw simpel aja. Kenapa batang kayu mudah terbakar, sementara batang besi nggak?


coba lihat unsur kimia didalam batang besi.. ada gk kesamaan..
btw besi cuman bisa melelh setahuku
Quote:Original Posted By maximus.optimus
coba lihat unsur kimia didalam batang besi.. ada gk kesamaan..
btw besi cuman bisa melelh setahuku


Nah, unsur kimia apa yg membuat salah satunya mudah terbakar, sebenarnya yg satunya lagi nggak?
nice infonya gan ... bisa buat artikel ponakan ane
ane numpang lewat dengan meninggalkan dulu ya
nice trit :

apakah jenis kayu yang mudah dan sulit terbakar? apa yang membedakan tingkat kecepatan terbakar tersebut? kenapa bisa keluar asap dalam proses pembakaran kayu? apa faktor yang menyebabkan tingkat kepekatan asap pada proses pembakaran? bagaimana mempercepat pembakaran pada kayu basah dan bagaimana memperlambat pembakaran pada kayu kering?
Quote:Original Posted By samanosuke20
nice trit :

apakah jenis kayu yang mudah dan sulit terbakar? apa yang membedakan tingkat kecepatan terbakar tersebut? kenapa bisa keluar asap dalam proses pembakaran kayu? apa faktor yang menyebabkan tingkat kepekatan asap pada proses pembakaran? bagaimana mempercepat pembakaran pada kayu basah dan bagaimana memperlambat pembakaran pada kayu kering?


iya gan, coba agan TS jawab tuh, karna kayu jg bermacam2 sifatnya..

so pasti hasil akhirnya beda2 dalam pembakaran

tambah satu lg gan pertanyaa dr ane,

kapan kayu dibakar jadi abu dan kapan jadi arang, kenapa bisa jadi 2 bentuk gitu gan?
gan ane masih kurang jelas sama trit ente
ijin nyimak gan

Spoiler for kimia di kaskus:
info yang bagus,,, kalo pembakaran kayaknya butuh oksigen,,,, tubuh kita kalo ingin melaukan pembakaran juga butuh oksigen,,,,

jadi kalo kayu indonesia mudah terbakar logisnya kandungannya juga banyak mengandung osigen (o) baik dalam bentuk senyawa ato atom unsur....

kayaknya klo diskull gitu sih...

tanya

Api itu apa sih gan ?
wujud api seperti apa?
trus kalo kita tiup lilin api itu pergi kemana?
Quote:Original Posted By dancing.dead


selain oksigen, zat mana yang cepat terbakar ama api ?


Setau ane Hidrogen sama Nitrogen itu mudah terbakar juga gan.. CMIIW :|
×