KASKUS

[Travelista] Makassar Kota Industri Yang Kaya Wisata Dan Budaya

Quote:

Quote:Misi Agan Agan Yah, Setelah Sekian Lama Start New Thread, Finally Bisa Ngasih Sedikit Informasi Tentang MAKASSAR Dan Sekitarnya. Mudah - Mudahan Bermanfaat Yah.

Oh Iya Sampe Lupa. Seluruh Materi Isi Dan Foto Adalah Asli Tulisan TS. Seluruh Foto Terupload Di Situs Pribadi Milik TS, TRAVENESIA

Jangan Lupa Kalau Suka Dengan Artikelnya.

Have A Nice Trip To Makassar


Quote:Makassar merupakan kota terbesar di Indonesia bagian timur dan juga merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Dengan populasi yang hampir mencapai 1.5 juta penduduk, Makassar menjadi salah satu kota dengan laju pertumbuhan indsutri yang sangat pesat. Sebagai gerbang Indonesia timur Makassar mencanangkan sebagai kota yang akan menjadi salah satu ikon Indonesia dengan rancangan proyek prestisius guna mendukung program pemerintah kota Makassar yaitu ”Makassar Menuju Kota Dunia” sejak 2011 lalu. Beberapa proyek prestisius tersebut antara lain:

  • Trans Studio Theme Park Makassar yang merupakan taman hiburan indoor terbesar ke – 2 setelah Trans Studio Theme Park Bandung sejak 2009
  • Center Point of Indonesia yang merupakan mega proyek dan dilengkapi dengan sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Di kawasan ini juga akan dibangun Istana Presiden, yang berdiri di atas laut. Di kawasan CPI juga akan dibangun Masjid Termegah di Asia, sekelas Taj Mahal di India. Ada juga The Makassar Notradamus, yaitu taman 1000 patung Pahlawan Indonesia. Masih di lokasi yang sama, Makassar juga akan membangun Public Space atau area publik terluas di Dunia. Di lapangan nan luas ini, akan terdapat banyak kawasan hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristrahat, dan tentunya pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akan terdapat Waterfront dan Marinas.
  • Monorail sebagai Mass Rapit Transportation pertama di Indonesia dan diproyeksikan dimulai tahun ini pada Oktober 2012.
  • Bandara International Hasanuddin yang merupakan salah satu dari beberapa bandara di Indonesia dengan desain dan konsep 100 % buatan anak Indonesia


Makassar sebagai kota Industri masih menyimpan banyak sejarah, keindahan alam, dan wisatanya loh. Jadi yang selama ini mengenal Makassar melalui media karena sering tawuran dan jotos – jotosan, gue ajak deh mengenal Makassar lebih jauh! Mengenal Indonesia dengan mengunjunginya secara langsung akan merubah stereotype dan perspektif kita masing – masing, Amin!



Fort Rotterdam

Quote:
Spoiler for "Fort Rotterdam":

Fort Rotterdam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Benteng Ujung Pandang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa - Tallo di awal abad ke - 15. Benteng yang dinamakan sebagai Benteng Panyyua oleh orang setempat karena bentuknya yang berbentuk seperti hewan Penyu ini dulunya merupakan pusat pasukan katak kerajaan Gowa – Tallo. Setelah kerajaan Gowa – Tallo takluk oleh Belanda, benteng ini akhirnya berganti nama menjadi Fort Rotterdam. Nama Fort Rotterdam sendiri berasal dari kota kelahiran Cornelis Janszoon Speelma yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu.

Di dalam kompleks Fort Rotterdam terdapat sebuah museum bernama Museum La Galigo yang memuat banyak informasi tentang sejarah Makassar dan kota – kota yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Fort Rotterdam menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat dikenali oleh masyarakat setempat dan kebanyakan dikunjungi oleh pelajar dari daerah di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, maupun mancanegara karena keunikan dan nilai historisnya.

How to get there?
  • Gunakan Angkot yang arahnya ke MTC atau Lapangan Karebosi
  • Dari Karebosi gunakan Becak sekitar 5 menit


How much to spend?
  • Angkot (pete – pete) menuju arah Lapangan Karebosi Rp. 3.000
  • Dari Karebosi naik Becak Rp. 5.000
  • Uang Masuk Rp. 5.000



Pantai Losari

Quote:

Spoiler for "Foto Pantai Losari":


Setalah mengunjungi Fort Rotterdam kita bergeser 1 km ke arah Selatan menuju Pantai Losari. Dulunya Pantai Losari merupakan pusat jajanan terpanjang di Asia Tenggara. Ratusan pedagang jajanan khas Makassar memadati lokasi ini. Setalah direnovasi beberapa tahun lalu, pedagang jajanan khas sudah tidak seramai dulu, beberapa berpindah ke lokasi tidak jauh dari lokasi awal, namun beberapa masih bertahan di tempat semula. Pantai Losari saat ini sering dijadikan tempat untuk menikmati Matahari terbenam alias sunset sambil menikmati jajanan khas yaitu Pisang Epe.

Anjungan Pantai Losari juga kadang dijadikan sebagai pusat kegiatan dan event skala Nasional maupun Internasional. Beberapa kegiatan di antaranya adalah International Parachuting, Sail Makassar – Australia menggunakan Sandeq (kapal tradisional suku Mandar), dan beberapa event lainnya.

How to get there?
  • Gunakan Angkot yang arahnya ke MTC atau Lapangan Karebosi
  • Dari Karebosi gunakan Becak sekitar 10 menit


How much to spend?
  • Angkot (pete – pete) menuju arah Lapangan Karebosi Rp. 3.000
  • Dari Karebosi naik Becak Rp. 5.000



Teluk Tedong

Quote:

Spoiler for "Teluk Tedong":


Menurut saya tempat ini bukan tempat wisata seh, Cuma karena lokasinya jauh dari keramain dan sangat tenang, sangat cocok untuk menikmati sore menunggu matahari terbenam sambil melihat kawanan nelayan mincing dengan kapal tradisional mereka. Dari Teluk ini pun kita bisa dengan jelas melihat anjungan Pantai Losari dan gedung gedung disekitarnya dengan jelas.

How to get there?
  • Tidak ada sarana transportasi ke wilayah ini, biasanya saya menggunakan motor untuk mencapai tempat ini. Jalurnya adalah 30 menit selatan Pantai Losari searah dengan Trans Studio Makassar namun masih agak ke selatan lagi beberapa menit.


How much to spend?
  • Uang Masuk lokasi Rp. 5.000 (yang jaga masyarakat setempat aja)
  • Parkir Rp. 2.000 (yang jaga warga juga)



Pulau Kodinareng Keke

Quote:

Spoiler for "Foto Pulau Kodinareng Keke":


Balik lagi ke arah Fort Rotterdam yah, tepat depan benteng ada dermaga menuju sebuah destinasi impian gue di Makassar, Pulau Kodinareng Keke. Pulau ini letaknya sekitar 13 km arah barat Fort Rotterdam. Pulau Kodinareng Keke merupakan pulau tanpa penghuni yang memiliki keindahan bawah laut yang indah dan masih tergolong perawan karena masih sangat sedikit orang yang tau keberadaan lokasi ini, bahkan orang Makassar sekalipun. Wilayah ini merupakan salah satu pulau favorit bagi penyelam – penyelam di Makassar. Gue she belum pernah nyelam di daerah ini, Cuma pernah snorkeling aja! Dan guess what? Awesome mate! Gue ngeliat banyak bulu babi warna warni, nemo juga! Kata orang she kalau beruntung bisa nemuin Eagle Rays! Wow.

How to get there?
  • Sewa boat dari Dermaga Kayu Bangkoa yang berada tepat di depan Fort Rotterdam. Ditempuh selama hampir 1 jam


How much to spend?
  • Sewa boat Rp. 300.000 (bisa diisi 15 orang)
  • Sewa alat snorkeling Rp. 30.000 (bisa disewa di P. Samalona setelah 30 menit trip)
  • Sewa Balai – Balai Rp. 50.000 (yang jaga nelayan aja, secara penghuninya kaga ada)
  • Mau makan cumi – cumi dan manggang di pulau? Beli aja di nelayan yang jaga! Ratenya Rp. 50.000,- an/ekor

[Travelista] Makassar Kota Industri Yang Kaya Wisata Dan Budaya (Lanjutan)

Pulau Lakkang

Quote:

Spoiler for "Foto Pulau Lakkang":


Pulau Lakkang ini letaknya di tengah kota. Kata orang setempat seh, tempat ini merupakan sebuah delta atau wilayah yang sekelilingnya di aliri sungai! Jadi satu satunya akses menuju tempat tersebut harus menggunakan sarana transportasi air, Kapal penyebrangan!

Wilayah ini dulunya diduduki oleh tentara Jepang sebagai tempat pertahanan, buktinya dengan terdapatnya 7 buah bunker! Lakkang merupakan bagian dari salah satu kecamatan di Makassar dan merupakan sebuah desa wisata dengan kesadaran masyarakat akan kebersihan, menjaga lingkungan, dan keramahannya sebagai bukti. Berkunjung ke Makassar harus kesini! Nimati perjalanan menyusuri sungai Tallo yang luasnya mencapai 20 meter sebelum menginjakkan kaki di daratan delta tersebut!

How to get there?
  • Gunakan Angkot berlabel 07 yang mengarah ke Universitas Hasanuddin
  • Angkutan umum akan masuk ke dalam kampus dan bilang ke supirnya untuk berhenti tepat setalah Politeknik Negeri Makassar di sebelah kiri jalan
  • Dari situ jalan kaki ke arah desa kera – kera
  • Dari desa nyebrang menggunakan perahu menuju Pulau/delta Lakkang


How much to spend?
  • Angkot Rp. 3.000
  • Sewa kapal penyebrangan Rp. 2.000/orang (termasuk motor)


Paotere

Quote:

Spoiler for "Pelabuhan Paotere":


Paotere merupakan pelabuhan tradisional Makassar. Pelabuhan tersebut dulunya merupakan pelabuhan rakyat dan bukti peninggalan Kerajaan Gowa – Tallo. Dulunya pelabuhan ini pernah memberangkatkan 200 Armada Kapal Phinisi ke Malaka! Saat sekarang, fungsinya pun tidak banyak berubah. Masih terdapat banyak kapal tradisional dan juga sebagai pusat niaga nelayan. Masyarakat Makassar pada pagi hari biasanya berkunjung ke Pelabuhan ini untuk membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga yang tentunya lebih murah jika membelinya di pasar.

How to get there?
  • Jaraknya sekitar 5 km dari Fort Rotterdam ke arah utara

How much to spend?
  • Sewa Bentor Rp. 10.000 – Rp. 15.000




Karst Maros

Quote:
Spoiler for "Foto Karst Maros":


Lokasi ini seh sebenarnya sudah diluar kota Makassar, namun menurut saya rugi kalau tidak berkunjung kesini. Karst Maros merupakan Gunung batu terindah dan terluas kedua di dunia. Seperti yang telah saya tuliskan di blog pribadi saya bahwa “Karst Maros is the second biggest Karst area in the world after South China Karst, the deepest and longest caves in the world. It also became UNESCO World Heritage Site.” Via Travenesia

Karst Maros terletak sekitar 30 km kea rah Kabupaten Maros atau 2 jam perjalanan. Lokasinya tidak sulit dijangkau karena letaknya masih sangat dekat dengan jalan poros provinsi. Namanya juga Karst, ya jelas kan isinya gunung batu dan luasnya ga’ tanggung tanggung! Tandingannya Cuma South China Karst di Yunnan, China! Dan trust me Karst ini bener – bener ada di Indonesia!

How to get there?
  • Dari Universitas Hasnuddin tadi cegat angkot lagi dah kea rah Terminal Daya, trus ambil yang arah pangkep trus ngomong ke yang nyupir untuk stop di Pintu Masuk BOSOWA (pabrik semen yang sebelah kanan tuh)
  • Dari situ jalan 2 km menuju Karst, jalannya bagus karena jalur mobil besar yang keluar masuk Pabrik Semen.
  • Untuk menyusuri sungai bisa menyewa boat masyrakat yang letaknya tepat di samping jembatan sungai


How much to spend?
  • Angkot Munuju Terminal Daya Rp. 3.000
  • Dari Terinal Daya ke Maros Rp. 7.000
  • Sewa Boat Rp. 80.000 Pulang – Pergi dan bisa diisi 6 orang! Silahkan ditawar!




MAKANAN KHAS

Quote:
Quote:Jalangkote - Rp. 1.000
Quote:Di Pulau Jawa namanya Pastel, namun yang membedakan adalah isi dan sambelnya!
Spoiler for "Jalangkote":




Quote:Pisang Epe - Rp. 8.000

Quote:Terbuat dari pisang yang dipipihkan kemudian di bakar dan dilumuri gulai merah

Spoiler for "Jalangkote":



Quote:Es Poteng - Rp. 3.000

Quote:Es poteng merupakan jajanan khas favorit gue, terbuat dari Es serut dengan campuran Tape Ubi dan siraman Sirup DHT (khas Makassar)

Spoiler for "Es Poteng":



Quote:Pisang Ijo - Rp. 6.000

Quote:Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

Spoiler for "Es Pisang Ijo":



Quote:Coto Makassar - Rp. 7.000 - Rp. 10.000
Quote:Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa"

Spoiler for "Coto Makassar":





Catatan penting tentang Makassar

Quote:
  • Penginapan murah terletak di daerah Chinatown dengan rate Rp. 70.000 – Rp. 100.000 (Lokasi dekat dengan Fort Rotterdam
  • GPS berfungsi!
  • Ada 5 Mall Besar di Makassar yaitu: Mall Ratu Indah, MTC, Mall Panakkukang, M’Tos, GTC
  • Tempat ngopi paling ramai di Makassar biasanya di daerah pantai namun bisa menikmati tempat tongkrongan ala café di Coffe Toffee Makassar atau di Woodsy
  • Transportasi public di Makassar ada Angkot (pete – pete), becak, becak motor (bentor), dan taxi.


How to get to Makassar?
  • Menggunakan Kapal Laut
  • Menggunakan Pesawat Terbang


How much to spend?
  • Kapal Laut dari Surabaya Rp. 210.000
  • Kapal Laut Dari Jakarta Rp. 350.000
  • Pesawat Dari Surabaya Rp. 350.000
  • Pesawat Dari Jakarta Rp. 600.000
cukup menarik dan panjang juga bahasannya gan .. nice tret gan
Quote:Original Posted By YoonAddict4ever
cukup menarik dan panjang juga bahasannya gan .. nice tret gan


makasih gan, sebenarnya masih banyak cuma terbatas waktu dan karakter hehehhe. Btw, makasih banyak yah gan
kalo makasar ....

wisata makaaaaaaaaaaaaaaaannn...


Tambahan Dari Kaskuser

Tamabahan Dari Sista Farah

Quote:Original Posted By farah.fathiyah
ane tambahin yah, kebetulan makassar kampung ane

Tambahan daerah wisata:

1. Pantai Akkarena, 10 menit dari pantai losari
for penampakan, cekibrot gan..
Spoiler for Akkarena sore hari:


Spoiler for Akkarena malam hari:


Spoiler for Pantai Akkarena:


Dan klo agan² mo ke toilet atau laper silakan kesini
Spoiler for Akkarena:


2. Pantai Galesong, 40 menit dari pantai losari
For penampakan gan..
Spoiler for Pantai Galesong:


Spoiler for asik nih gan:


Dipantai ini ada cottage.. so klo agan mo renang di kolam renang dengan view laut jg bisa..
Spoiler for Kolam Renang:


3. Pantai Bira
Jaraknya +/- 200 km dari kota makassar. Pantai ini termasuk pantai yang bersih, tertata rapi, dan air lautnya jernih
Spoiler for google map:

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif Rp. 30.000,-. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp. 65.000,-. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantar agan² yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar.
Cekibrot gan..
Spoiler for pantai bira:


Spoiler for pantai bira:


untuk agan dengan dana berlebih ane rekomendasikan Amatoa Resort
Spoiler for Kamarnya:


Spoiler for Beranda kamar:

tiap kamar di berandanya ada tempat berjemur dengan view yg langsung kelaut.. so klo agan² mo langsung berenang ada tangga kok di beranda langsung ke pante.. mantap kan gan??
utk amatoa resort agan siapin dana 1,5-2,5jt/hari

klo budget agan dibawah sejuta ane saranin Bungalow Bara Beach.. pantainya hanya penghuni hotel bara aja gan, secara nih hotel menyendiri dari hotel² lain en jumlah kamar hanya 8 kamar. klo agan langsung ke hotelnya dapat 650rb/hari tp klo agan lewat agen travel dapet 800-1jt.
Cekibrot gan..
Spoiler for Bungalow Bara beach:


nahh.. klo budget agan gak sanggup bungalow bara beach, so ane rekomendasikan bira beach hotel dan sapolohe hotel, harganya sekitaran 200-300rb/hari. klo ini msh kemahalan disekitar pantai bira banyak penginapan² dengan harga 80rb-150rb/malam gan..

Tips klo kena bulu babi : pukul2 pake kayu yg terkena bulu babi, misalnya di telapak kaki, pukul terus sampe keluar darah.. ga usah khawatir, itu bukan darah agan tp darah si bulu babi yg tewas. 1 - 2 menit setelah keluar darah ente dah bisa jalan lagi gan

Tambahan wisata kuliner :
1. Konro
ada Sop konro dan Konro Bakar.. recommended konro karebosi, di blkg bank BNI sudirman
Spoiler for Sop Konro:


Spoiler for Konro Bakar:


2. Pallubasa
yg ane rekomendasikan Pallubasa di bandara lama en runner up di jl. serigala
Spoiler for Pallubasa:

klo agan gak mau pake telor ayam kampung seperti digambar, kasitau pelayannya, ga pake "alas", ntah knp telor ayam kampung mentah disini sebutannya "alas"

3. Sop Saudara
Ane paling suka sop saudara di jalan irian, pas depan Ninety one dan di jl. sulawesi depan toko ole2 "cahaya"
Spoiler for Sop Saudara:


4. Ikan Pallumara dan Pallumara Kaloa
utk ikan pallumara ane rekomendasikan RM. Ayam goreng sulawesi yg di jalan S.Hasanuddin, ikan bandeng pallumaranya tanpa duri, dijamin lidah menari!!
dan pallumara kaloa di jl. Tentara pelajar

Pallumara ala nenek ane nih gan..
Spoiler for Pallumara:


5. Pallubutung
untuk jajanan ini ente cobain di rumah makan muda mudi jl. bulukunyi, disana jg tersedia jalangkote (or pastel tp berbeda isi) dan pisang ijo yg top markotop.
Spoiler for Pallubutung:


7. Barongko
Spoiler for barongko:


klo berkenan taro pejwan gan

Nice Thread,gaann..!!

waaahh..!! mangstebhs nih,gaann..!!
kebetulan mau bkn tvc pariwisata makassar..


Thank You gaan..!
Quote:Original Posted By ubaylicious
waaahh..!! mangstebhs nih,gaann..!!
kebetulan mau bkn tvc pariwisata makassar..


Thank You gaan..!


moga sukses gan yah rencananya :toas
Makassar juga terkenal dengan Kapal Tradisional Phinisi yang telah mengarungi Samudera puluhan tahun silam
Mantab sekali gan .... belum pernah kemakasar ane nih
Quote:Original Posted By Loe.Joe
Mantab sekali gan .... belum pernah kemakasar ane nih


wah, kalo gitu mari gan ke Makassar hehehe, cuma skrng saya masih kuliah di MAlang seh hahaha
dr dlu ane pngn ke losari..
ga jadi2...
Quote:Original Posted By kerokindong
dr dlu ane pngn ke losari..
ga jadi2...


wah ga papa bang, mungkin lain kali langsung bisa berkunjung ke semua tempat yang ada gan
Wah Rupanya Masih banyak tempat yg belum ane datengin selama di Makassar...

1 lagi gan makanan khas makassar,
Walaupun sama seperti Coto Makassar... Pallu Basa

Quote:Original Posted By vaniis
Wah Rupanya Masih banyak tempat yg belum ane datengin selama di Makassar...

1 lagi gan makanan khas makassar,
Walaupun sama seperti Coto Makassar... Pallu Basa



banyak seh sebenarnya tempat yg masih harus dikunjungin kalau ke Makassar, anyway . . . Bedanya Pallu Basa ama Coto Makassar cuma di kuah seh, Pallu Basa kuahnya ada santan Kelapanya
Quote:Original Posted By nrusito
Wah pengen banget ke Makassar

Ane doyan banget sama Pangsit Mie Ujung Pandang dan Konro Bakar nih

Thank u gan



Quote:Original Posted By vaniis
Wah Rupanya Masih banyak tempat yg belum ane datengin selama di Makassar...

1 lagi gan makanan khas makassar,
Walaupun sama seperti Coto Makassar... Pallu Basa



banyak seh sebenarnya tempat yg masih harus dikunjungin kalau ke Makassar, anyway . . . Bedanya Pallu Basa ama Coto Makassar cuma di kuah seh, Pallu Basa kuahnya ada santan Kelapanya
Quote:Original Posted By hamkarasufit
banyak seh sebenarnya tempat yg masih harus dikunjungin kalau ke Makassar, anyway . . . Bedanya Pallu Basa ama Coto Makassar cuma di kuah seh, Pallu Basa kuahnya ada santan Kelapanya


Iya gan. apalagi tambah telur haha.. tp rasanya lebih mantap gan...
Quote:Original Posted By vaniis
Iya gan. apalagi tambah telur haha.. tp rasanya lebih mantap gan...


iye seh gan, cuma itu keknya terkenalnya di kalangan orang lokal aja hehehe. keknya kudu dikenalin juga yeee
wa mantap gan makasar dulu kan namanya ujung pandang.
jdi inget temen2 penpal ni yang ada disana anak sman 5 ujung pandang tahun 95-97.thanx gan atas infonya,ada rencana si mau ksana tpi tapi blm ada uangnya
×