KASKUS

[Travelista] Taipei, Ibukota Forumosa (Beautiful Island)




Taipei, berada di bagian utara Taiwan dan merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Negara ini. Taiwan sendiri merupakan pulau yang terletak di utara Filipina, dan berada di samping Cina. Luas area Negara Taiwan sendiri sekitar 35 ribu km2 atau kira2 seluas Jawab Barat.
Dapat ditempuh dengan 5 jam perjalanan, Taipei dapat dibilang tujuan wisata yang terpencil namun indah. Penerbangan menuju Taipei antara lain adalah :

Spoiler for Penerbangan menuju Taipei:


Harga tiket pesawatnya sendiri berkisar mulai dari 3 juta hingga 5 juta
Garuda Indonesia sendiri baru saja membuka direct flight Jakarta Taipei dan masih berada dalam masa promo. Menurut TS, tiket Garuda untuk sekarang ini merupakan yang paling murah dan yang paling nyaman (dapat bagasi dan makanan), pada kisaran harga sekitar 3 juta.

Spoiler for Peta Taiwan:

Budaya

Taiwan merupakan pecahan dari Negara Cina (Cina menganut sistem pemerintahan komunis, sedangkan Taiwan menganut sistem liberal). Bahasa yang dipakai di sini adalah Traditional Chinese, jadi untuk agan-agan yang memang fasih menggunakan bahasa Cina (Mandarin) akan sangatlah mudah untuk berwisata ke sini. Lah, terus buat kalau yang tidak bisa bahasa Cina bagaimana? Tenang, Taipei merupakan kota International jadi papan penunjuk arah dan tempat-tempat wisatanya sudah dilengkapi dengan bahasa Inggris. Sebagian besar penduduk Taipei juga menguasai bahasa Inggris, untuk tempat kita bertanya arah jalan ataupun untuk tawar menawar membeli barang.
Tertib. Ini 1 kata yang bikin TS respect dan hormat sama kota ini. Beberapa contoh dari ketertiban kota ini antara lain adalah:
1. Tidak ada sampah yang dibuang di jalan, semua jalan-jalan di Taipei bersih dan bebas dari sampah, begitu juga sungainya
2. Pembuangan sampah dibedakan menjadi beberapa kategori, untuk memudahkan pengolahan sampah daur ulang. Antara lain adalah:
- Pada kafetaria terdapat tempat khusus untuk leftover food atau makanan sisa
- Kertas
- Kaleng
- Botol Plastik
- General trash (Sampah lain yang tidak masuk ke dalam kategori di atas)
3. Taman kota yang ada di Taiwan selain indah, juga rapih dan bersih,
4. Terdapat jalur untuk pejalan kaki di setiap lokasi.
5. Terdapat jalur sepeda. Kota Taipei merupakan kota yang nyaman untuk dijelajahi menggunakan sepeda. Selain itu apabila agan mempunyai skate board ataupun sepatu roda, dapat digunakan juga sebagai sarana transportasi, tidak hanya sekedar untuk berolah raga.
6. Budaya antri. Apabila kita membeli barang, orang akan mengantri dengan tertib DENGAN SENDIRINYA. Tanpa perlu disediakan jalur antrian, ataupun disuruh.
7. Budaya antri ini juga terlihat pada saat orang menggunakan escalator. Orang yang menggunakan escalator dengan otomatis terbagi menjadi dua, jalur kanan diguankan bagi orang yang tidak terburu-buru (hanya beridiri di escalator), sedangkan jalur kiri digunakan oleh orang yang sedang terburu-buru atau ingin cepat-cepat (tetap berjalan di escalator)
Ah, kalau begitu doank mah, Singapore juga rapih gan. Eits tunggu dulu, menurut saya, waktu saya dapat kesempatan berkunjung ke Singapore Juli kemaren, Taipei jauh lebih bersih dan tertib dari Singapore. Selain itu kelebihan lain jika agan berwisata ke Taipei adalah selain Taipei agan juga dapat mengunjungi objek wisata lain di daerah Taiwan. Kalau menurut saya, Taiwan merupakan Negara kecil yang indah, sesuai dengan julukannya (Formosa), yang berarti Beautiful Island, atau pulau yang indah

Spoiler for Taipei yang bersih:


Spoiler for Salah satu taman di Taipei:


Spoiler for Taipei:


Spoiler for Taipei 2 :



Spoiler for Papan Penunjuk Jalan di Taipei :


Spoiler for Papan Penunjuk Jalan di Taipei 2 :


Spoiler for Jalan di depan kampus TS :

Biaya

Mengenai biaya sehari-hari kota Taipei, apabila dibandingkan dengan Singapore, biaya hidup di Taipei lebih murah. Rata-rata penghasilan lulusan S1 di sini berkisar di antara 20 ribu hingga 25 ribu NT$ (New Taiwan Dollar, merupakan mata uang yang digunakan di Taiwan, 1 NTD = kira-kira 300 rupiah). Jadi kira-kira 1.5 hingga 2 kali lipat biaya hidup di Jakarta.
Di Taipei sendiri, makanan murah di daerah kampus dapat ditemukan mulai dari harga sekitar 30-40 NT (mungkin dapat dibandingkan dengan warteg di Jakarta), bedanya warteg ala kampus Taipei ini menggunakan satuan gram untuk harga makanannya, jadi semakin berat makanan yang diambil, semakin mahal (100 gram makanan kira2 15 NT$).
Biaya makan di restoran ataupun tempat-tempat makan lain di daerah wisata biasanya berkisar mulai dari 50 NT, hingga sekitar 300 NT. Di sini TS tidak memperhitungkan makanan-makanan yang menurut TS super mewah di tempat super romantic, harganya mungkin berkisar dari 500 NT hingga 1000 NT (biasanya restoran all you can eat, atau restoran dengan suasana yang sangat romantis).
Apalagi yah? Hm, setelah biaya makan, TS akan mencoba membahas mengenai biaya tempat tinggal. Kira-kira untuk hotel bintang 3 di Taipei, semalam berkisar mulai dari 1500 hingga 2000 NT. Menurut TS ini sudah tergolong penginapan yang lumayan di lokasi yang bagus dan dilengkapi dengan fasilitas yang lumayan pula. Bagi agan-agan yang ingin bertamasya secara back packer, maka hostel merupakan pilihan yang bagus dengan harga berkisar dibawah 1000 NT.
Apabila agan akan berwisata ke Taiwan selama summer (musim panas) terdapat juga opsi untuk menyewa apartemen yang ditinggalkan oleh ekspat, ataupun pelajar luar yang kembali ke negaranya selama liburan musim panas. Pilihan untuk menyewa apartemen ini cocok bagi agan-agan yang berencana untuk tinggal di Taipei lebih dari seminggu. Semakin lama agan-agan berencanat menyewa apartemen tersebut, biasanya biaya tinggal per hari nya akan menjadi lebih murah. Mungkin sekitar 10000 NT selama sebulan. Cocok bagi yang berlibur bersama keluarga. Bagi agan-agan yang ingin mencari informasi mengenai apartemen-apartemen selama summer ini, dapat dicari melalui website yang diperuntukkan bagi orang asing, seperti foru*mosa.com ataupun craig*list.com.
Untuk biaya transportasi di kota Taipei, bisa dibilang sangat murah. Hampir semua tempat di Taipei bisa dikunjungi menggunakan MRT dan bus umum yang ada di Taipei. Harga tiket untuk bus umum hanya 15 NT per sekali naik, dan untuk MRT berkisar dari 20 NT hingga 40 NT (sekali lagi 1 NT = 300 Rupiah), jadi biaya transportasi di Taipei tidak jauh berbeda dengan biaya transportasi di Jakarta, malah secara kualitas jauh lebih nyaman.
Kalau menurut pengalaman TS sendiri selama TS berada di Taipei, biaya sehari-hari untuk hidpu di Taipei (tidak termasuk tempat tinggal), kira-kira 200 – 300 NT per hari, menurut TS itu sudah lebih dari cukup. Kalau misalnya agan-agan ingin shopping, atau mencoba makanan-makanan di restoran atau kafe, mungkin harus menyediakan biaya kira-kira 500 NT per hari.

Kuliner

Sekarang TS akan mencoba bercerita mengenai wisata kuliner yang ada di Taipei, antara lain adalah:
1. Nay Cha
Bubble Milk Tea, yang sekarang mulai banyak dijual di Indonesia, merupakan produk asli Taiwan. Di Taiwan sendiri terdapat banyak sekali took yang menjual Milk Tea ini (disebut Nay Cha dalam bahasa Taiwan).
Salah satu yang Bubble Milk Tea yang terkenal (atau disebut Zhen Zhu Nay Cha, Z dibaca sebagai C) berada dekat dengan tempat tinggal TS. Tepatnya di Gong Guan Market
Berikut ini adalah foto dari Bubble Milk Tea tersebut.
Spoiler for Zen Zhu Nay Cha Gong Guan:


Spoiler for Logonya:


Spoiler for Antriannya:


Khusus untuk Bubble Milk Tea di tempat ini, sangat manis, karena sepertinya bubble nya dibuat dengan menggunakan campuran gula merah.
Di Taiwan minuman ini hampir terdapat di semua tempat, dan mempunyai beragam jenis, seperti: Honey Tea, Honey Milk Tea, Green Tea, Green Milk Tea, Black Tea, Black Milk Tea, Red Tea, Osmanghus Milk Tea, dll.
Harga Nay Cha ini berkisar dari 15- 40 NT. Selain banyak jenisnya, pada saat membeli Nay Cha ini agan-agan bisa memilih kadar es dan gula yang agan mau (Sedikit, Normal, Banyak).

Spoiler for Nay Cha:

2. Nu Rou Mian
Atau dalam bahasa inggris disebut Beef Noodle Soup (Mie daging sapi), merupakan makanan yang sangat terkenal di Taiwan. Dengan aroma kuah yang khas dan daging sapi yang sangat empuk , Nu Rou Mian merupakan makanan yang TS sarankan untuk dicoba, apabila agan berkesempatan mengunjungi Taipei.
Harga Nu Rou Mian ini biasanya berkisar dari 70 hingga 150 NT.

Spoiler for Nu Rou Mian yang menggoda:


3. Hot Pot
Atau biasa disebut steam boat bagi agan-agan yang tinggal di Singapore. Bagi agan-agan yang senang makanan Hot Pot ini, ngga akan kecewa apabila agan-agan berkunjung ke Taipei. Di sini terdapat banyak restoran Hot Pot, mulai dari yang murah, dengan harga 100 NT hingga hot pot all you can eat dilengkapi dengan es krim Haagen Daz sepuasnya, dan daging sapi Angus Beef, dengan harga 400 – 500 NT.
Selain bisa memilih berbagai jenis daging (domba, ayam, berbagai jenis sapi) kuah dan bumbu yang disajikanpun tidak kalah beragam, dan bervariasi dari satu restoran ke restoran lainnya. Menurut TS kalau agan termasuk penggemar makanan Hot Pot, tidak akan bosan mencoba restoran-restoran Hot Pot di Taipei

Spoiler for Hot Pot:


Spoiler for Daging Hot Pot:


Spoiler for Macam-macam bumbu Hot Pot:


4. Gorengan
Walaupun tidak sama dengan gorengan yang terdapat di Indonesia, Taiwan juga mempunyai jenis gorengannya sendiri yang tidak kalah makNyus. Gorengan di Taiwan biasanya terdiri atas : cumi-cumi, kentang, berbagai jenis tahu, ayam, chicken nugget, jamur, dll.
Salah satu jenis gorengan yang terkenal adalah Ji Pai (Chicken Steak), merupakan potongan daging ayam raksasa, tipis, yang kemudian diberi bumbu dan digoreng. Sebenarnya masih banyak jajanan lain ala Taipei yang bisa diceritakan, tapi sekarang TS akan menulis tentang beberapa tempat wisata yang ada di Taipei
Spoiler for Aneka lauk gorengan ala Taipei:


Spoiler for Contoh "gerobag" gorengan ala Taipei:

Tempat-tempat wisata di Taipei

1. Pasar Malam Shi Da
Pasar malam, atau biasa disebut “Ye Shi” dalam bahasa mandarin boleh dibilang merupakan salah satu pusat aktifitas ekonomi di Taipei. Apabila bagi agan-agan yang tinggal di kota besar seperti : Jakarta, Bandung, Surabaya. Mall merupakan tempat untuk nongkrong, jalan-jalan bersama teman, mencari barang, mencoba makanan dan belanja pakaian, maka di Taipei, tempat untuk melakukan semua itu adalah pasar malam. Pasar malam di Taipei ini juga merupakan salah satu sumber ide Jokowi dalam mengembangkan pasar-pasar di Solo (Bisa dilihat di video Jokowi - Indonesian Young Changemaker Summit).
Salah satu pasar malam yang terkenal, dan enak untuk jalan-jalan adalah pasar malam Shi Da. Dapat dicapai dengan mudah menggunakan MRT ataupun bus, dan terletak di daerah perkampusan, pasar malam Shi Da adalah salah satu pasar malam yang paling ramai.
Di pasar malam Shi Da ini terdapat banyak jenis makanan dan restoran yang bisa agan-agan coba, selain itu di pasar mala mini juga terdapat banyak took pakaian, baik pakaian cewek maupun pakaian cowok.
Karena terletak di daerah kampus, pasar malam Shi Da banyak dikunjungi oleh mahasiswa-mahasiswi. Pasar malam Shi Da juga banyak dikunjungi oleh orang-orang luar negeri yang sedang belajar bahasa Mandarin.
Salah satu makanan terkenal di pasar malam ini adalah Crepes. Crepes yang dijual di sini berukuran super besar dan mempunyai banyak pilihan rasa. Kalau agan berkesempatan mengunjungi pasar malam Shi Da, merupakan salah satu makanan yang harus dicoba.
Notes: Sebagian besar penjaga stand makanan di Shi Da adalah cewek-cewek cantik :P jadi buat agan-agan yang cowok, Shi Da merupakan salah satu pilihan untuk tempat cuci mata :P

2. Pasar Malam Shi Lin
Shi Lin Ye Shi ialah pasar malam terbesar dan paling terkenal di Taipei. Bahkan hampir semua tour ke Taiwan pasti menyediakan waktu di jadwalnya untuk mengunjungi pasar malam Shi Lin.
Shi Lin Ye Shi terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian pasar malam tradisional yang menjual aneka makanan dan menyediakan berbagai permainan ala pasar malam Indonesia jaman dulu. Sedangkan bagian lainnya selain menjual makanan juga menjual baju-baju dan pakaian-pakaian.

3. Xi Men Ding
Merupakan pusat perbelanjaan di kota Taipei. Distrik ini juga dikenal sebagai “Harajuku” nya Taipei. Kenapa?
Karena cewek-ce, eh, maksud TS karena gaya berpakaiannya :P . Xi Men Ding merupakan daerah perbelanjaan yang juga sering menjadi tempat temu penggemar bagi artis-artis Taiwan dan Korea (yang akan menggelar konser ataupun mengeluarkan album baru).
Karena itu orang-orang (terutama cewek-ce…., maaf maksud ane, muda mudi) yang mengunjungi daerah ini, biasanya tampil modis, dan full make-up, tampil all out deh pokoknya.
Tapi itu tentu bukan satu-satunya yang ada di Xi Men Ding, selain enak buat tempat jalan-jalan, toko-toko pakaian yang ada di Xi Men Ding sangat banyak, dan sangat lengkap.
Mulai dari toko-toko pakaian seperti Uniqlo, NET, Hang Ten, ataupun toko-toko sepatu converse, new balance, nike, adidas, sampai onitsuka tiger ada di sini. Selain pakaian-pakaian biasanya, terdapat juga tempat yang menjual pakaian-pakaian cosplay di sini, bahkan juga tempat untuk menjahit pakaian cosplay.
Selain tempat belanja baju, di daerah Xi Men Ding juga terdapat banyak restoran-restoran dengan desain-desain yang unik dan menarik. Tetapi perlu diingat, menurut TS makanan di daerah Xi Men Ding lebih mahal daripada makanan-makanan di daerah pasar malam Shi Da an Shi Lin (rata-rata lebih dari 200 NT)

4. Taipei 101
Merupakan gedung tertinggi ke 3 di dunia. Wow. Terdiri dari berapa lantai? Yak, bangunan ini terdiri dari seratus satu lantai. Karena itu disebut Taipei 101. Sayangnya untuk naik ke lantai paling atas dari gedung ini, agan-agan harus membayar tiket nya, kira-kira sekitar 500 NT.
Selain merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia, Taipei 101 merupakan pusat dari daerah perbelanjaan dan perkantoran yang ada di Taipei. Di daerah ini terdapat berbagai tempat hiburan dan tempat belanja. Mulai dari daerah pertokoan Taipei City Hall, hingga tempat menonton film Vieshow Cinema.
Karena terdapat banyak taman dan bangunan dengan arsitektur menarik di daerah ini, daerah ini merupakan salah satu daerah yang harus dikunjungi pada saat agan berkunjung ke Taipei, dan merupakan salah satu best spot untuk berfoto ria.

Spoiler for Taipei 101:


Notes:
Pada saat pembukaan jalur penerbangan Taipei – Jakarta oleh maskapai Garuda Indonesia kemaren, Garuda Indonesia memasang iklan pada gedung Taipei 101. Iklan yang dipasang pada gedung Taipei 101 ini sangat menarik perhatian karena Taipei 101 dapat dilihat darihampir semua penjuru kota Taipei

Spoiler for Garuda di ujung Taipei 101:


Mall di sekitar Taipei 101
Spoiler for Mall di sekitar Taipei 101:


Vieshow Cinema
Spoiler for Vieshow Cinema:






5. NTU dan kampus-kampus lain
NTU merupakan kependekan dari National Taiwan University. Hah, kampus? Yak, NTU dan juga kampus-kampus lain di Taipei bisa jadi objek wisata yang menarik dan murah meriah. Kenapa? Karena kampus-kampus di Taipei, selain mempunyai gedung-gedung dengan arsitektur yang indah, gedung-gedung pada kampus-kampus di Taipei juga terawat dengan baik. Begitu pula dengan taman yang terdapat pada kampus-kampus ini, terawat dengan baik, mempunyai jalur pejalan kaki di setiap tempat, dan bebas dari sampah. Selain itu, selain sebagai objek foto, makanan-makanan di daerah kampus juga cukup bervariasi dan lebih murah dibandingkan dengan makanan di luar.

6. Chiang Kai Sek Memorial Hall
Nah ini merupakan objek wisata lain yang wajib dikunjungi oleh agan-agan apabila agan-agan berkesempatan berwisata ke Taipei. Kenapa? Karena pemandangan di tempat ini sangat indah dan megah.
Chiang Kai Sek sendiri merupakan nama dari Presiden pertama Taiwan, dan gedung ini didirikan untuk mengenang beliau. Walaupun di tempat ini sendiri tidak ada tempat belanja ataupun makanan-makanan enak seperti di tempat lain (hanya sebagai objek foto), menurut TS tempat ini merupakan tempat yang indah dan harus dikunjungi, selain itu tempat ini juga mudah dicapai baik dengna menggunakan bus maupun dengan menggunakan MRT.

Spoiler for Chiang Kai Sek Memorial Hall Foto Panorama :


Spoiler for Chiang Kai Sek Memorial Hall :


Spoiler for Chiang Kai Sek Memorial Hall 1 :


Spoiler for Chiang Kai Sek Memorial Hall 2 :


Spoiler for Chiang Kai Sek Memorial Hall 3 :

TIPS dan PUSTAKA

Tips:

1. Untuk agan-agan yang muslim, mungkin agak susah menemukan makanan halal di Taipei. Karena itu salah satu pilihan yang ada, adalah dengan makan di tempat vegetarian.
Restoran Vegetarian di Taipei tergolong banyak tetapi bila agan ingin mencoba berwisata kuliner, maka sebaiknya agan men-google terlebih dahulu dan mencatat restoran-restoran vegetarian yang ingin agan incar
2. Taiwan terdiri atas 4 musim, perbedaan suhu dan cuaca saat musim panas dan musim dingin cukup drastis (musim panas suhu bisa mencapai 37 - 40 derajat celsius, sedangkan pada saat musim dingin suhu bisa berkisar di antara 5 - 9 derajat celsius)
Pemandangan dan suasana Taipei akan sangat berbeda pada masing-masing musim ini. Sebaiknya agan memikirkan terlebih dahulu, agan ingin melihat Taipei pada saat musim apa
3. Selain tempat-tempat wisata, Taiwan, terutama Taipei juga mempunyai berbagai festival yang menarik. Beberapa diantaranya antara lain:
- Festival Double Ten (Hari kemerdekaan Taiwan)
Biasa dirayakan dengan kembang api besar-besaran
- Lantern Festival
Festival melepas lentera ke langit beramai-ramai, sangat indah dan dikunjungi banyak orang
- Dragon Boat Festival
Adalah festival l untuk merayakan musim panas. Pada saat hari festival akan diadakan perlombaan perahu naga

Mungkin bagi agan-agan yang berkesempatan mengunjungi Taipei, bisa mencocokkan tanggal kedatangannya untuk melihat festival-festival tersebut.


Festival Perahu Naga:
Spoiler for Festival Perahu Naga:


Lantern Festival:
Spoiler for Lantern Festival:


Spoiler for Lentera Kelinci - Taipei 101:


Spoiler for Lentera Kelinci:


Spoiler for Perayaan Hari Kemerdekaan Taiwan - Double Ten Festival:




Pustaka:
Spoiler for Pustaka:
Taipei dekat dengan China ,beberapa kawasan cina termasuk daerah dengan tingkat polusi yang tinggi dan kotor apalagi dengan sungainya .. kemaren di hot thread sepertinya salah satu sungai di China masuk sungai terjorok di dunia

Tapi ibukota Forumosa ini benar2 bersih juga ,






makanannya bikin laper ...

tritnya bagus
cuma kurang rapi aja

tapi cemilan di taiwan emang bikin kangen (kecuali tahu nya
Quote:Original Posted By cabolaki
tritnya bagus
cuma kurang rapi aja

tapi cemilan di taiwan emang bikin kangen (kecuali tahu nya



Hehehe..
Iya gan, kemaren memang agak terburu-buru upload nya, soalnya kejar deadline submit thread Travelista.

Ini sekarang berusaha dirapihin sedikit-sedikit, sama foto-fotonya dilengkapin.

btw, maksud nya tahu nya chou to fu yah?
Kalau ane malah suka gan. Kata ane mirip tahu Gejrot
Quote:Original Posted By yandhi_gila'






makanannya bikin laper ...




Hohoho, cobain ke sini gan.
Nanti biar ane yang guide :P

Kata ane makanan di sini tergolong enak.
Quote:Original Posted By YoonAddict4ever
Taipei dekat dengan China ,beberapa kawasan cina termasuk daerah dengan tingkat polusi yang tinggi dan kotor apalagi dengan sungainya .. kemaren di hot thread sepertinya salah satu sungai di China masuk sungai terjorok di dunia

Tapi ibukota Forumosa ini benar2 bersih juga ,




Iya, ternyata memang Taipei mungkin bisa dibilang selangkah lebih maju dari China.

Bahkan menurut ane, kota Taipei jauh lebih tertib dan bersih dari Singapore

Quote:Original Posted By gauama
Hehehe..
Iya gan, kemaren memang agak terburu-buru upload nya, soalnya kejar deadline submit thread Travelista.

Ini sekarang berusaha dirapihin sedikit-sedikit, sama foto-fotonya dilengkapin.

btw, maksud nya tahu nya chou to fu yah?
Kalau ane malah suka gan. Kata ane mirip tahu Gejrot


ane ga suka tahu gejrot
apalagi chou to fu

yg bikin bete kalo misalnya ada stand chou to fu ane mesti nyingkir jauh biar bisa nikmatin makanan yg lain

------------------------
sebenarnya ane ngerasa pace nya taipei lebih santai daripada jakarta (mungkin karena ga tingggal disana )
jadi enak kalo jalan2 waktu malem
apalagi cewenya manis2
kapan ada
daerah di negara kita bersihnya seperti
taipei ya
Quote:Original Posted By biakpesaguan
kapan ada
daerah di negara kita bersihnya seperti
taipei ya


Hehehe..
Harus disiplin kita gan, ga boleh buang sampah sembarangan :P

Taipei Flora Expo

Update:

Salah satu tempat yang juga wajib dikunjungi di Taipei adalah Taipei Flora Expo
Taipei Flora Expo merupakan pameran berskala Internasional. Pameran ini menunjukkan pameran taman dan tanaman yang sangat luar biasa.

Pamerannya sendiri sebenarnya sudah berakhir pada tanggal 25 April 2011
tetapi tempatnya digunakan sebagai Taiepi Expo Park dan masih merupakan tempat yang sangat indah.

Spoiler for Taipei Flora Expo:


Spoiler for Kumpulan foto bunga di TaipeiFlora Expo:


Sebenarnya masi banyak banget taman dan bunga yang lain, cuma saat ini TS belum dapet foto nya. sementara ini dulu. nanti akan diupdate :P
belum perna ke taipei neh, memang ktnya hot potnya ngalah2in malaysiaaaa,

untung dah mkn neh waktu baca trit, klo ga TS nya tanggung jawab ne buat org laper
wah asyik juga yah bisa jalan" ke taipe


lu wei yg di shida ye shi mana gan?? enak juga tuh.. jadi kangen..
×