KASKUS

[Travelista] Pekanbaru kota Bertuah

Selamat Datang




Spoiler for Wow:


Quote:

Quote:
Quote:Agan pada tau kagak kota Pekanbaru . Pekanbaru terletak di pulau Sumatera di Provinsi RIAU . Nah , apa aja sih yang menarik dari kota Pekanbaru ini , di sini ane akan jelaskan satu per satu apa yang menarik dari kota Pekanbaru ini

PEKANBARU KOTA BERTUAH
Quote:Apa itu yang dimaksud BERTUAH ?? BERTUAH itu sendiri adalah sebuah singkatan , yaitu BERSIH, TERTIB, USAHA BERSAMA, AMAN, dan HARMONIS . Kota Pekanbaru juga mempunyai slogan gan , yaitu "KOTAKU, KOTAMU DAN KOTA KITA BERTUAH" .

Sedikit sejarah kota Pekanbaru
Perkembangan kota ini pada awalnya tidak terlepas dari fungsi Sungai Siak sebagai sarana transportasi dalam mendistribusikan hasil bumi dari pedalaman dan dataran tinggi Minangkabau ke wilayah pesisir Selat Malaka. Pada abad ke-18, wilayah Senapelan di tepi Sungai Siak, menjadi pasar (pekan) bagi para pedagang dari dataran tinggi Minangkabau. Seiring dengan berjalannya waktu, daerah ini berkembang menjadi tempat pemukiman yang ramai. Pada tanggal 23 Juni 1784, berdasarkan musyawarah "Dewan Menteri" dari Kesultanan Siak, yang terdiri dari datuk empat suku Minangkabau (Pesisir, Limapuluh, Tanah Datar, dan Kampar), kawasan ini dinamai dengan Pekanbaru, dan dikemudian hari diperingati sebagai hari jadi kota ini.

Nah , sudah cukup jelas , sekarang kita lanjutkan perjalanan kita


SIMBOL KOTA PEKANBARU
Quote:Di Pekanbaru sendiri , terdapat beberapa bangunan yang menjadi icon/simbol khas dari Pekanbaru . Berikut beberapa simbol yang ada di Pekanbaru

1. Tugu Bambu Runcing
Spoiler for pic:

Tugu bambu runcing terletak di antara Jl.Diponogoro dan Jl.Hangtuah , tepat nya di samping Masjid Agung . Tugu ini merupakan simbol dari perjuangan masyarakat Pekanbaru dalam masa penjajahan .

2. Tugu Patung Zapin
Spoiler for pic:

Patung zapin ini terletak di Jl.Jend.Sudirman , tepatnya di depan kantor Gubernur RIAU . Tugu ini mencermin kan budaya masyarakat Pekanbaru , yaitu budaya melayu .

3. Tugu Pahlawan
Spoiler for pic:

Tugu pahlawan terletak di Jl.Diponogoro , tepat nya di samping kediaman dinas gurbenur .

4. Tugu Ikan Selais
Spoiler for pic:

Kok ada tugu begini gan . Ikan selais memang ikan identik dengan daerah RIAU . Ikannya gurih dan mangstap . Tugu ini terletak di Jl.Jend.Sudirman tepatnya di depan lokasi wisata Kaca Mayang .

5. Tugu Adipura
Spoiler for pic:

Tugu ini terletak masih sederetan dengan tugu ikan selais . Tepat nya di Jl.Jend.Sudirman . Tugu ini mencerminkan bahwa Pekanbaru sudah 6 kali mendapatkan Adipura , itu artinya kota Pekanbaru kota yang bersih .

6. Tugu Kemilau Songket
Spoiler for pic:

Tugu ini terletak di jalan menuju terminal AKAP . Tugu ini memiliki 8 motif . Masing-masing motif memiliki pengertian tersendiri .

Nah,itu beberapa Tugu yang ada di Pekanbaru , atau simbol kota BERTUAH ini , sekarang kita lanjut gan


Universitas
Quote:Di Pekanbaru terdapat beberapa Universitas yang bagus . Kan baru selesai lulus-lulusan SMA nii , gak ada salahnya kuliah di Pekanbaru gan . Berikut beberapa Universitas nya .

1. Universitas Negeri RIAU (UR)
Spoiler for pic:

Universitas ini terletak di Jl.HR.Soebrantas . Di Universitas ini suasananya sejuk gan , karena konsep nya hijau . Di sini juga sedang di bangun stadion Utama untuk PON nanti , tentu gak kalah saing sama Gelora Bung Karno

2. Universitas Islam Riau (UIR)
Spoiler for pic:

Nah , ini kampus ane gan , kampus ini cukup gede dan luas , Terletak di Jl.Kharudin Nasution . Kampus ini fakultas yang paling menonjol adalah fakultas Hukum nya . Di sini juga tersedia sarana olahraga yang cukup lengkap .

3. Universitas Islam Negeri (UIN)
Spoiler for pic:

Universitas ini terletak di Jl.HR.Soebrantas ujung gan , lumayan jauh dari kota tapi kampus ini Islamic Modern .

4. Universitas Politeknik Caltex RIAU (PCR)
Spoiler for pic:

Untuk yang satu ini kampus yang besar . Yang ane denger kampus ini dibawah naungan Cevron gan . Terletak di daerah Rumbai .

Nah , itu beberapa Universitas yang ada di Pekanbaru , kita lanjut lagi


Pusat Perbelanjaan / MALL
Quote:Kalo jalan-jalan pasti cari Mall atau tempat belanja yang asik . Di Pekanbaru ada beberapa Mall dan juga Pasar Tradisional yang menjual oleh-oleh khas Pekanbaru (termasuk ikan selais) .

1. Pasar Bawah
Spoiler for pic:

Kenapa di sebut pasar bawah ? Setahu ane ini di sebut pasar bwah karena berada di bawah kota pekanbaru . Di pasar ini terdapat macam-macam , mulai barang pecah belah , lauk pauk , juga grosiran . Nah , kalo mau berbelanja murah dan menyenangkan , di sini tempat nya . Pasar bawah terletak di Jl.Ahmad Yani ujung . Di dekat Jl.RIAU .

2. Mall SKA (Sentral Komersial Arengka)
Spoiler for pic:

Mall SKA merupakan salah satu mall terbesar di Pekanbaru . Mall yang terletak di Jl.Soekarno-Hatta ini menyediakan barang-barang yang berkualitas tinggi . Nah , yang mau shopping , silahkan kunjungi Mall SKA .

3. Mall Ciputra Seraya
Spoiler for pic:

Mall Ciputra Seraya (MCS) mall terbesar ke-2 di Pekanbaru . Sama seperti SKA , di sini menyediakan fasilitas yang lengkap . Di sini juga ada Cinema 21 . Mall Ciputra terletak di Jl.RIAU .

4. Mall Pekanbaru (MP)
Spoiler for pic:

Mall Pekanbaru mall terbesar ke-3 di pekanbaru . Terletak di pusat kota di Jl.Jendral Sudirman . Di depan MP ini terdapat pasar senapaelan , yang 80% kios nya kios HP .

Nah,itu beberapa tempat berbelanja yang ada di pekanbaru , sebetulnya masih banyak , cuma cukup segitu saja


Fasilitas Kesehatan
Quote:Di Pekanbaru terdapat beberapa rumah sakit . Salah satu nya adalah :
RS Awal Bros yang terletak di Jl.Jend.Sudirman .
RS Ibnu Sina yang terletak di Jl.Melati kec.Sukajadi .
RS Eka Hospital yang terletak di Jl.Soekarno-Hatta , Arengka .
RS Pekanbaru Medical Centre (PMC) terletak di Jl.Kapling , Gobah .

RS Umum yang terletak di Jl.Hang Tuah , di depan masjid Agung


Ciri Daerah dan Budaya
Quote:Di setiap daerah tentu memiliki ciri khas tersendiri , Di Pekanbaru sendiri mempunyai ciri khas bangunan nya , yaitu di atap nya memiliki selembayung .

Spoiler for pic:


Di setiap bangunan baik itu kantor gubernur dll atap nya pasti memiliki selembayung . Itu merupakan ciri khas bangunan yang ada di Pekanbaru .

Budaya
DI Pekanbaru , budaya di sini adalah budaya melayu . Pakaian dan tarian daerah nya juga melayu . Ini model pakaian tradisional nya .
Spoiler for pic:

Namun , mayoritas penduduk di sini adalah orang Minang .

Tarian di sini juga tarian melayu , yaitu tarian zapin melayu .
Spoiler for pic:

Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Zapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan.

Musik pengiringnya terdiri dari dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas. Sebelum tahun 1960, zapin hanya ditarikan oleh penari laki-laki namun kini sudah biasa ditarikan oleh penari perempuan bahkan penari campuran laki-laki dengan perempuan.

Tari Zapin sangat banyak ragam gerak tarinya, walaupun pada dasarnya gerak dasar zapin-nya sama, ditarikan oleh rakyat di pesisir timur dan barat Sumatera, Semenanjung Malaysia, Sarawak, Kepulauan Riau, pesisir Kalimantan dan Brunei Darussalam.

Nah,itu lah budaya dan ciri khas Pekanbaru


Lanjut bawah
Sarana Umum
Quote:Berbicara sarana umum , banyak tempat yang bisa di kunjungi di sini . Kita akan bahas sedikit

1. Masjid Agung
Spoiler for pic:

Masjid Agung Annur adalah masjid kebanggaan masyarakat Pekanbaru . Ini merupakan masjid terbesar yang ada di Pekanbaru . Selain besar , halaman nya juga luas . Tiap sore banyak masyarakat yang datang untuk berolahraga seperti lari-lari dan bermain bola . Terletak di Jl.Hangtuah .

2. Pustaka Wilayah (Puswil)
Spoiler for pic:

Bangunan yang jika di lihat dari langit ini akan berbentuk seperti buku yang di buka . Puswil adalah pustaka yang sangat besar . Di sini berbagai macam buku dapat di baca dan dapat di pinjam . Puswil juga menjadi tempat nongkrong yang baik . Sarana yang ada di sini adalah ruang diskusi , dimana ruangan itu kedap suara sehingga kita tidak mendengar apa yang sedang di bicarakan . Di sini juga ada kantin untuk istirahat , toilet yang bersih , dan free Wi-Fi tentunya . Terletak di Jl.Jend.Sudirman

3. Jembatan Siak
Spoiler for pic:

Jembatan Siak , tempat yang cukup menyenangkan . Di sini kita bisa melihat sungai siak yang merupaka sungai kebanggan Pekanbaru . Di sini kita dapat melihat kota pekanbaru . Jembatan ini ada 3 , yaitu Jembatan Siak 1 , 2 , dan 3 . Terletak di Rumbai .

4. Taman Kota
Spoiler for pic:

Sore hari enak nya ke sini gan . Suasana yang asri , dan juga nyaman . Bawa keluarga untuk istirahat di sini . Selain bersih , juga ada pedagang yang menawarkan makanan dan minuman . Untuk yang hobby hunting , ini tempat yang bagus . Terletak di Jl.Diponegoro , di samping hotel Aryaduta .

5. Lapangan MTQ Pekanbaru
Spoiler for pic:

Lapangan MTQ merupakan sebuah daerah luas yang terdapat bangunan tua . Di sini sering dijadikan tempat untuk event tertentu seperti RIAU Expo , konser artis . Di malam hari , lapangan MTQ ramai di kunjungi . Karena terletak di tepi jalan Utama yaitu Jl.Jend.Sudirman , maka tempat ini begitu asik untuk berkumpul bersama teman-teman . Di malam hari yang dingin , di sini menyediakan jajanan berupa jagung bakar . Di sini juga terdapat beberapa perkumpulan seperti Skate Pekanbaru .

6. Sungai SIAK
Spoiler for pic:

Sungai SIAK merupakan sungai yang berada di Pekanbaru . Konon katanya sungai SIAK adalah sungai terdalam yang ada di Indonesia . Sungai ini memisahkan kota Pekanbaru , sehingga untuk sampai ke seberang kita mesti menyebrangi jembatan SIAK 1 . Agan bakal nyampai di daerah Rumbai kalo menyebrangi sungai ini .

Nah,itu beberapa sarana umum yang ada di pekanbaru gan


Hotel/Penginapan
Quote:Nah , kalo ke sini tapi gak ada kenalan dan bingung mau nginap di mana ?? Di Pekanbaru terdapat beberapa hotel yang cukup nyaman . Berikut ane kasih beberapa penginapan yang tidak merobek saku celana agan ketika berlibur ke sini

HOTEL LIDO
Jl. Tuanku Tambusai 124 A-B
tel/fax: +62-761-21288
tarif: Rp 55.000 - 60.000

HOTEL DAMON
Jl. Hang Tuah No.46 A Pekanbaru
tel/fax: +62-761-22795
tarif: Rp 85.000 - 130.000

HOTEL HOLIDAY
Jl. Tanjung Datuk
Komp. Mahkota Blok G No.8
tel/fax: +62-761-858946 - 50
tarif: Rp 77.000 -125.000

HOTEL TUNTEJA
Jl. Riau I No. 34, Pekanbaru
tel/fax: +62-761-35551/35549
tarif: Rp 63.000 - 172.000

HOTEL AFRI
Jl. DR. Setia Budi 5, Pekanbaru
tel/fax: +62-761-31613, 33134
tarif: Rp 100.000

HOTEL HOLIE
Jl. Tuanku Tambusai 116 ABC
tel/fax: +62-761-25169,35281
tarif: Rp 80.000 - 200.000

HOTEL LINDA II
Jl. Tuanku Tambusai 145, Pekanbaru
tel/fax: +62-761-36915, 32711
tarif: Rp 90.000 - 185.000

HOTEL SINDA
Jl. Pepaya No. 73 Pekanbaru
tel/fax: +62-761-23719 / 23719
tarif: Rp 85.000 - 225.000

HOTEL MINI
Jl. Teuku Umar 21 B-C Pekanbaru
tel : +62-761-26263
tarif : Rp. 90.000 – 140.000



Sarana Olahraga
Quote:Di Pekanbaru terdapat beberapa sarana olahraga gan , yuk di simak

1. Stadon Utama
Spoiler for pic:

ini merupakan stadion utama untuk pergelaran PON 2012 nanti . Stadion ini berada di komplek UNRI . Ane sendiri belum pernah masuk ke dalam stadion ini , yang ane dengar stadion ini bertaraf Internasional . Saat ini stadiun Utama belum selesai , masih dalam tahap finishing . Bagi agan yang penasaran bisa datang langsung dalam pergelaran akbar PON 2012 nanti .

2. Gelanggang Remaja Pekanbaru
Spoiler for pic:

Ini merupakan tempat sarana olahraga basket ball . Di sini sering di adakan event seperti DBL dll . Gelanggang remaja , terletak di Jl.Jend.Sudirman tepat nya di dekat derah MTQ Pekanbaru . Di sini sering juga diadakan event tertentu seperti festival atau yang lainnya .

Oke gan , itu dia sarana olahraga nya , masih banyak cuma ane bahas 2 aja



Kuliner
Quote:Hm,kalo kuliner yang ada di Pekanbaru ini apa yak ??
Mungkin yang menarik di sini adalah Patin Asam Pedas nya
Spoiler for pic:

Dan juga goreng ikan selais nya gan yang gurih
Spoiler for pic:

Atau agan bisa langsung datang ke TKP nya , yaitu Pondok Yurika . Terletak di Jl.Sutomo . Di sana menyediakan makanan khas melayu yang pasti bikin lidah gak bisa bohong

Ada lagi kuliner , namanya SATE PADEH . Dalam bahasa Indonesia artinya Sate Pedas . Sate yang satu ini sama dengan sate yang lainnya tapi yang buat beda itu kuah nya yang super pedas . Bagi pecinta makanan pedas bisa singgah ke sini . Letak nya di Jl.Pepaya , Sukajadi . Ane gak tau harga 1 porsi nya , yang jelas Rp.10.000 udah bikin ketagihan dan ngos-ngosan . So , datang dan coba lah sensai pedas yang tiada tara ini gan .


Oleh-Oleh
Kalo pergi jalan-jalan dan gak bawa oleh-oleh gak lengkap kan ?? Nah , di pekanbaru ini agan bisa beli yang namanya Lempung Durian . Datang langsung ke Vizz Cake yang menyediakan oleh-oleh khas Pekanbaru . Toko nya terletak di Jl.Jend.Sudirman arah bandara .
Spoiler for pic:


Nah,itu beberapa kuliner dan oleh-oleh dari Pekanbaru gan :taravel


Cuaca
Quote:Cuaca di Pekanbaru sangat terik dan panas gan . Sewaktu ane ke Jakarta panas nya terasa lain . Di sini panas nya sangat terik . Tapi bila di siang hari nya panas terik , maka malam hari nya akan hujan lebat . Jarang sekali hujan di waktu siang hari di kota Pekanbaru . Bagi yang ingin ke sini bawa lah pakaian yang longgar agar tidak kepanasan dan yang tertutup tetapi tidak panas agar tidak hitam . Jadi wajar aja kalo di sini banyak orang yang usaha londry karena memanfaatkan panas

Objek Wisata
Quote:Beberapa Objek Wisata yang ada di Pekanbaru gan , silahkan di datangi kalo berlibur di sini .

1 . Danau Buatan
Spoiler for pic:

Wisata danau buatan lembah sari adalah salah satu objek wisata bernuasa hijau . Danau ini terletak di kecamatan Rumbai (melewati sungai siak) , 10 Km dari kota Pekanbaru . Panorama yang ada di sini sangat sejuk , asri , hijau , dan bukit-bukit yang ditumbuhi pohon-pohon . Objek wisata ini sudah di sulap menjadi tempat rekreasi keluarga karena terdapat fasilitas untuk berenang , memancing , bersepeda .

2. Balai Adat Melayu
Spoiler for pic:

Tempat ini juga menjadi objek wisata Pekanbaru karena di sini agan bakal menemukan ciri khas melayu . Bangunan ini terletak di Jl.Diponegoro . Bangunan ini memiliki 2 lantai . Di lantai atas terdapat beberapa ungkapan adat dan pasal Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji . Di kiri kanan pintu utama kita dapat membaca pasal 1-4 . Presiden SBY juga pernah datang ke balai adat ini .

3. Alam Mayang
Spoiler for pic:

Alam Mayang juga merupakan objek wisata kota Pekanbaru . Selain memancing , agan juga bisa bermain futsal , makan-makan , dan melepas penat dan lelah . Terletak di Jl.H.Imam Munandar , kurang lebih 8 km dari pusat kota Pekanbaru , kecamatan Bukit Raya . Di sini kita bisa memancing bermacam-macam ikan seperti ikan nila . Ikan yang di pancing bisa di bawa pulang loh

4. Taman Putri Kaca Mayang
Spoiler for pic:

Tempat ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang terletak di Jl.Jend.Sudirman , di depan patung ikan selais . Di taman ini terdapat bermacam-macam wahana permainan . Di hari libur seperti Idul Fitri , tempat ini sangat ramai di kunjungi dan dipenuhi anak-anak . Sarana hiburan yang ada di sini seperti kolam renang , komedi putar , KIncir angin dan lain sebagainya


Lanjut di Post 7 gan
ane rate 5 aja ya gan
ane berkemas-kemas dulu menuju pekanbaru besok gan
Quote:Original Posted By jagitsha
ane rate 5 aja ya gan


Thanks gan

mantap gan

Lanjutan Post 2

Yang Lainnya di Pekanbaru
Quote:Nah , di sini ane mau kasih kesimpulan dari kota Pekanbaru . Di sini budaya nya adalah budaya melayu . Namun,mayoritas penduduk di Pekanbaru adalah orang minang kabau . Bahasa daerah yang sering di gunakan adalah bahasa Minang . Contohnya "Pekanbaru tampek nan rancak" artinya "Pekanbaru tempat yang bagus" . Agama di Pekanbari mayoritas Islam

Jalan Utama
Quote:Oke,ane kasih sedikit jalan utama yang ada di Pekanbaru .

1. Jl.Jend.Sudirman
Begitu agan keluar dari jalan akses dari bandara , agan akan langsung memasuki Jl.Jend.Sudirman . Jalan ini cukup panjang dan terbagi 2 arah , arah pertama menuju pusat kota dan arah yang lain menuju akses bandara . Mendekat ke arah pusat kota , agan akan mengalami sedikit kemacetan karena di Jalan di sini sedang di bangun jalan layang . Apa saja yang ada di Jalan ini ??
Banyak sekali gan . Merapat ke pusat kota , terdapat Mall dan toko-toko yang menarik untuk di kunjungi . Di daerah pusat kota mata agan bakal di manjakan oleh ruko . Di kiri maupun kanan hanya ruko yang sudah di renovasi sedemikian rupa . Hanya beberapa bangunan gedung yang ada di sini . Merapat ke arah bandara terdapat Lapangan MTQ , DPRD , dll . Arah menuju bandara agan akan melihat banyak bangunan bersejarah seperti Gedung juang 45 , Gedung budaya dan deretan ruko yang disebut Sudirman Square .

2. Jl.Tuanku Tambusai
Jalan ini merupakan Jalan utama juga di Pekanbaru . Jalan ini cukup panjang dan menghubungkan daerah Sukajadi dan daerah Arengka . Menjauh dari pusat kota , jalan ini akan membawa agan ke Mall SKA , bila terus ke atas akan membawa ke terminal AKAP . Di Jl.Tuanku Tambusai , agan akan melihat deretan ruko , dari ujung jalan sampai ujung jalan maka kiri kanan akan melihat ruko .

3. Jl.HR.Soebrantas
Jalan ini terletak di daerah panam . Dulu panam hanya lah tempat yang sepi dan biasa saja . Namun sekarang panam sudah menjadi pusat kota ke-2 di Pekanbaru . Malam hari suasana di panam akan sangat ramai dan akan ada pasar malam di sini . So,berbelanja murah dan kualitas bagus,tidak ada salahnya datang ke daerah ini . Jika kita lurus ke atas jalan ini , maka akang menghubungkan kota Bangkinang . Jalan ini juga menuju Universitas Negeri RIAU (UNRI) dan Universita Islam Negeri (UNI) .

4. Jl.Kaharudin Nasution
Jalan ini merupakan sambungan dari jalan sudirman yang ke arah bandara . Jalan ini menuju ke daerah pandau . Jalan ini dapat mempertemukan agan ke Universitas Islam Riau (UIR) . Di jalan ini terdapat banyak ruko , sepanjang jalan ini hanya ruko yang terbentang . Jalan ini juga dapat membawa agan ke daerah militer yang di sebut AURI , dan juga membawa agan ke SMA + yang ada di Pekanbaru .


Akses Transportasi
[QUOTE]Di sini hanya ada 2 akses transportasi untuk keluar kota , yaitu bandara dan terminal . Tidak ada kereta api di Pekanbaru .

1. Bandara Sultan Syarif Kasim II
Spoiler for pic:

Bandara di Pekanbaru bernama Sultan Syarif Kasim II . Bandara ini terletak di daerah Simp.Tiga . Begitu agan sampai di Pekanbaru dengan akses pesawat , agan mungkin akan berpikir bahwa bandara di sini sedikit kacau karena ada renovasi . Yap . Di sini sedang di renovasi besar-besaran dan akan menjadi bandara Internasional dan pesawat besar dapat mendarat di sini . Tujuan di renovasi nya adalah untuk jamaah Haji yang akang berangkat bisa langsung menuju Arab Saudi dari Pekanbaru dan tidak perlu Transit ke daerah lain dulu . Bandara ini di beri nama Sultan Syarif Kasim II , diambil dari nama Syarif Kasim II . Beliau adalah merupakan pejuang Indonesia . Beliau di nobatkan sebagai Sultan sebagai pengganti mendiang ayah nya Sultan Syarif Hasim .

2. Terminal AKAP (Bandar Raya Payung Sekaki)
Spoiler for pic:

Terminal bus ini terminal yang besar . Terminal ini di buat untuk mengganti terminal Mayang Terurai yang terletak di pusat kota yaitu di Jl.Tuanku Tambusai karena macet . Terminal ini menyediakan kendaraan menuju Sumatra Utara , Sumatra Barat , Aceh . Bila ingin pergi keluar kota seperti Padang , bisa datang ke sini


Yang unik di kota Pekanbaru
Quote:Yang unik di Pekanbaru adalah , ane sendiri menyebutnya kota 1000 ruko . Mengapa ?? Ketika agan tiba di sini , agan akan melihat di sepanjang jalan utama , di sisi kiri dan kanan hanya ruko yang berjejer . Jarang sekali ada gedung tinggi yang seperti di Jakarta . Karena mayoritas di sini adalah orang bisnis dan membuka usaha . Sektor perdagangan memang sangat dominan di Pekanbaru . Mungkin agan bisa mencoba untuk berdagang di sini dan rasakan sensai berdagang yang tiada tara .

Yang unik lainnya dari Pekanbaru adalah penyebutan Angkot . Kalo kebanyakan orang menyebut Angkot , tapi di sini di sebut Oplet . Ane juga kagak tau kenapa di sebut begitu





Nah , demikian lah gan , ane udah ngebahas apa yang ada dan apa yang menarik dari kota pekanbaru ini . Sebenarnya masih banyak yang perlu di bahas , namun kalo agan masih penasaran , datang aja ke bumi BERTUAH ini . Banyak yang bisa di lakukan dan banyak yang bisa di kunjungi . So,datang ke sini untuk mendapatkan pengalaman yang menarik

Quote:TREAD ini tidaklah sempurna , maka untuk melengkapi nya ada Tambahan dari KASKUSER bisa di lihat di post #15

Quote:Terima
Tidak
Terima
Terima komeng


Quote:PENTING !!
Foto-foto di atas bersumber dari mbah Google . Karena TS tidak mempunyai kamera dan Hp kamera . Hp TS hanya 1202 . Tapi apa yang TS ceritakan adalah benar karena TS orang asli sini


nice share gan.. ane warga pku harus ngasi rate 5 nih gan
wahh ada yang buat thread tentang kota pekanbaru..
dulu ane pernah tinggal disana dari sd sampe smp..
ane dulu sd 029 rintis sama smp 4..
sekarang pekanbaru lebih maju gak kayak dulu waktu ane tinggal disana..
tempat yang ane masih inget :
- mall suzuya (masih ada gak yah)
- pasar bawah
- Tugu Bambu Runcing
nice info gan
wah kota ane nih gan
masukin stadion PON juga dong gan
bagus trit nya gan

cek kolor
Quote:Original Posted By pranat4
nice share gan.. ane warga pku harus ngasi rate 5 nih gan

Wah , orang PKU juga gan , thanks gan

Quote:Original Posted By Mr.itiiing
wahh ada yang buat thread tentang kota pekanbaru..
dulu ane pernah tinggal disana dari sd sampe smp..
ane dulu sd 029 rintis sama smp 4..
sekarang pekanbaru lebih maju gak kayak dulu waktu ane tinggal disana..
tempat yang ane masih inget :
- mall suzuya (masih ada gak yah)
- pasar bawah
- Tugu Bambu Runcing
nice info gan

Wah , balik lagi deh gan , yang agan sebutin di atas tuh masih ada semua , bahkan lebih maju sekarang


Quote:Original Posted By Respetor 
wah kota ane nih gan
masukin stadion PON juga dong gan
bagus trit nya gan

cek kolor


Oke gan , ane UPDATE hari ini , kemaren udah malam bener Thanks gan nya
simbol kotanya bambu runcing
pekanbaru keren dah




- Creating History Together -
nice city gan...

Numpang Nyari Rezeki gan
Quote:







[update] Baju Batik Klub Sepak Bola terbaru dan Termurah
wah jadi pengen ke pekan baru, tmn ane byk org riau

Tamnbahan KASKUSERS

Quote:Tambahan KASKUSER yang Warga Pekanbaru
Quote:Original Posted By iyansomnia
ikutan nyumbang ah...

kebetulan ane sempet sekolah SMA disana.

untuk ukuran taksi, taksi dipekanbaru cukup gaul.
selain tampilan luar, dalemnya juga dikasi audio yang maksimal..

ni dia taksinya.

Spoiler for taksipku:


Spoiler for taksipku:


ada lagi tempat yang ane suka yaitu jajanan durian dijalan sudirman.
klo kesana musti nyobain yang namanya Ketan Durian.
enak banget gan..

ni dia tempatnya:
Spoiler for durianpku:


Spoiler for durianpku:


nah, kalau es duren yang enak ada di Jl Prof HM Yamin SH 49.

ni dia sampelnya:
Spoiler for esdurenpku:


masi banyak gan yang enak2 dipekanbaru...
misal ayam tumis gobah, pondok patin, dll...




Quote:Original Posted By semardab

kampung ane mejeng di pekiwan euy


ralat gan, UNRI sekarang udah ganti nama jadi UR (Universitas Riau)

ane tambah gambar kota pekanbaru ya, hasil jepret temen ni


pajang di pekiwan gan










Quote:Original Posted By nauli88
[IMG]/img/icons/new/thumbsup.png[/IMG]nice

Wah pekanbaru nih.......
wkkwkwk asik
masih banyak lagi tugu" nya gan



nih tugu keris



tugu pesawat tempur terletak didekat pintu masuk ke komplek AURI



dan ini satu lagi tugu selamat datang



selamat berjalan - jalan kekota Pekanbaru Gan.....


Quote:Original Posted By sonigear_black
wah asik kota kelahiran ane masuk HOT THREAD
btw, ane mau nambahin aja gan untuk akses trasportasinya di pekanbaru juga ada pelabuhan yg menghubungkan pekanbaru dengan kota2 lainnya seperti Siak Sri Indrapura, bengkalis, selat panjang dan malaka, jadi bagi travelista bisa menjelajahi juga kota2 lain selain di pekanbaru.

Bagi yg backpacker jng takut di Pekanbaru juga ada Bus Trans Metro Pekanbaru yg bisa bawak agan muter sekota pekanbaru


Spoiler for "open":



Terus di pekanbaru juga ada water park seperti Labersa waterpark dan di kuantan regency.


Spoiler for "open":



btw, buat sate padehnya bikin ngiler gan
ane tambahin fotonya aja

Spoiler for "open":


nasi padang di pekanbaru juga mantab2 gan.. recommended banget!!
*gambarnya comot dari google gan

untuk hotel juga byk tersedia, tinggal pilih mau bintang brp juga ada.. ayok gan datang mari..


Quote:Original Posted By HotHobbits
NAMBAHIN gan

Ada toko specialis cheesecake yang baru buka,

L'Cheese Factory
Jalan Durian 28, Sukajadi
Antara Simpang Brimob dan Jalan Teratai

cheesecake nya enak bgt gan. oiya juga ada red velvet, blue velvet dan rainbow cake yang tentunya enak. ane udah nyobain.



Quote:Original Posted By vagance21
Ternyata ada juga yg buat Thread Travelista tentang Kota Pekanbaru, Kampung halaman ane... sebenarnya ane juga mau buat tapi ane lg bnyk kesibukan... Wah tepampang foto dari Riau Daily Photo & Pojok Photo Nih pnya nya Bng Taufik Fiko Asmara salah seorang ketua komunitas Blogger Bertuah.. Sip gan... klo ane blh nambahin ane tambahin


Spoiler for "open":


ini galery lengkap tenun siak & kebaya asli melayu riau Tenun Siak & Kebaya
Yuk gan jalan2 ke Pekanbaru... klo ke Pekanbaru ane saranin jangan pakai pakain tebel... soalnya pekanbaru Panas!!!



Quote:Original Posted By vagance21
Tambah lg nih... Pelaminan Asli Riau


Spoiler for "open":



Quote:Original Posted By jams.amal
Kebetulan Ane orang Pekanbaru Juga..
Ada lagi Tugu lagi Gan. Tugu PON yang baru - baru ini di rusak para Mahasiswa..


Spoiler for "open":


Quote:Original Posted By paknink
maaf gan.
yang tugu pahlawan itu alamatnya keliru ga...
Seharusnya jalan diponegoro, samping kediaman gubernur(Rumah Dinas),



bukan kantor walikota
*kantor walikota itu di jalan jend sudirman, baratnya taman kaca mayang.

nambahin, Tugu Keris
Lokasi, pertigaan Jalan Pattimura, Diponegoro


CMIIW

sudah setahun g pulang, dan kayaknya sudah pada berubah yah...


Quote:
Pekanbaru deket sama tempat saudara ane gan
pengen kapan2 main ke sana

ane bantu rate5 ya gan, sekalian nitip ya



<< Enjoy Stay in Batu, Selamat Datang di Kota Wisata Batu >>

Ayoo join ke
Situs Jejaring Wisata Kota Batu
urang awak banyak merantau dan manggaleh di kota ini. selama dipekanbaru, ane ga pernah nemu orang ngomong bahasa melayu, adanya bahasa minang mulu
Quote:Original Posted By ajungpangi
Pekanbaru deket sama tempat saudara ane gan
pengen kapan2 main ke sana

ane bantu rate5 ya gan, sekalian nitip ya



<< Enjoy Stay in Batu, Selamat Datang di Kota Wisata Batu >>

Ayoo join ke
Situs Jejaring Wisata Kota Batu


Oke gan , datang aja ke sini



Quote:Original Posted By oyakau
urang awak banyak merantau dan manggaleh di kota ini. selama dipekanbaru, ane ga pernah nemu orang ngomong bahasa melayu, adanya bahasa minang mulu

Iya gan emang bener , walaupun budaya di sini melayu tapi mayoritas penduduk di sini orang rantau dari minangkabau dan bahasa nya bahasa minang
Mantap, ane sih belum pernah ke pekanbaru, tapi ada taman kosan ane yang berasala dari sana, katanya emang lumayan bagus untuk travelista,
jadi kepingin juga kesana
wah kota ane tercinta ne gan. . .
makin maju pekanbaru gan
×