KASKUS

[ask] Listrik Pascabayar vs Prabayar

Halo rekan2 tukang bangun rumah, mau tanya nih.

Saya lagi ngebangun rumah, terus sekarang kan buat pasang listrik ada 2 pilihan, pascabayar (yang lama) dan prabayar (yang baru). Saya lagi menimbang-nimbang pilih yang mana. Ini lagi mau daftar online di situs web PLN.

Apa saja kelebihan dan kekurangan listrik prabayar dan pascabayar?

Terima kasih sebelumnya.

kayaknya ini bisa sebagai penjelasan deh om

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3732561
Quote:Original Posted By
Halo rekan2 tukang bangun rumah, mau tanya nih.

Saya lagi ngebangun rumah, terus sekarang kan buat pasang listrik ada 2 pilihan, pascabayar (yang lama) dan prabayar (yang baru). Saya lagi menimbang-nimbang pilih yang mana. Ini lagi mau daftar online di situs web PLN.

Apa saja kelebihan dan kekurangan listrik prabayar dan pascabayar?

Terima kasih sebelumnya.





PLN tagihan:

- bisa salah catet meteran
- pakai ngga pakai mesti bayar abonemen
- / kwh lebih murah



PLN pulsa:

- meteran kita yg atur sendiri
- ngga bayar abonemen
- /kwh lebih mahal


agan pemakaian bulanan'nya banyak ngga?

kalo besar yah pake meteran tagihan aja.

kalo dikit mending pake pulsa

++++++++++

mungkin bawah ane bisa nambahin
share pengalaman aja ya, gan

ane dulu pake yg sistem tagihan ,sekarang migrasi ke sistem pulsa cos pernah ke tembak 2 x bayar ampe 300rb lebih padahal biasanya cm 130an..

salah catet ini kemungkinan karena pas tukang catetnya dateng rumah lagi kosong dan pager di kunci jadi dy cuma ngira2 aja, bukan salah dy juga sih karena jangkauan mata kan kebates..

jadi buat ngindarin kesalahan macem itu ane pilih yg pra bayar
Quote:Original Posted By InRealLife
Halo rekan2 tukang bangun rumah, mau tanya nih.

Saya lagi ngebangun rumah, terus sekarang kan buat pasang listrik ada 2 pilihan, pascabayar (yang lama) dan prabayar (yang baru). Saya lagi menimbang-nimbang pilih yang mana. Ini lagi mau daftar online di situs web PLN.

Apa saja kelebihan dan kekurangan listrik prabayar dan pascabayar?

Terima kasih sebelumnya.



nambahin aj gan, klo misal agan plh pake pulsa, hrs bener instalasinya, soalnya punya ane ada tulisan 'periksa' d meterannya (berarti ada instalasi yg krg bener) kt petugasnya dulu sih cm ngaruh ke lebih boros listriknya, drpd ribet bongkar2 lg ane sih nrima aja, tp nyatanya tiap isi ulang dr pertama pasang sampe skrg ga pernah bisa sendiri, hrs manggil ptugas PLN, soalnya ada instalasi yg krg beres td ternyata ni ane br mo protes ke PLN
Quote:Original Posted By damarkazuma
nambahin aj gan, klo misal agan plh pake pulsa, hrs bener instalasinya, soalnya punya ane ada tulisan 'periksa' d meterannya (berarti ada instalasi yg krg bener) kt petugasnya dulu sih cm ngaruh ke lebih boros listriknya, drpd ribet bongkar2 lg ane sih nrima aja, tp nyatanya tiap isi ulang dr pertama pasang sampe skrg ga pernah bisa sendiri, hrs manggil ptugas PLN, soalnya ada instalasi yg krg beres td ternyata ni ane br mo protes ke PLN


ane awalnya gini juga,
sama orang PLN yg masangnya di coba2 terus tetep ga bisa,
akhirnya sama dy kabel groundnya di copot setelah itu lancar2 aja ampe skrg..
Setahu ane, skrg ini jika ada pelanggan mau daftar instalasi baru dan juga migrasi (naik atau turun daya) semua diarahkan ke pra bayar. Jadi agan ga punya pilihan, hanya satu opsinya : daftar listrik pra bayar, ga ada yang lain. Ane lumayan punya banyak pengalaman mengenai listrik ini, ane punya lebih dari 6 meteran, dari mulai 900, 2200, 3500 dan 4400 watts.

Opsi pelanggan yang ada:
1. Pelanggan baru - pasang baru --> pasti harus pra bayar (ga boleh pasca bayar).
2. Pelanggan lama - naik/turun daya --> pasti harus pra bayar.
Kalo ingin tetap di pasca bayar, ya jangan diapa2in listriknya (jangan di naikkan atau diturunkan dayanya.

Intinya, semua pelanggan digiring ke model pra bayar. Hanya pelanggan pasca bayar existing saja yang dilayani pasca bayar.
gan ane lagi bangun rumah kontrakan/bedakan 4 unit bagusnya pke yang pra bayar apa yang pasca bayar?....trus apa bisa kita minta yang pasca bayar untuk sekarang ini??.....

Ne oake oulsa kok malah kerasa lebih irit ...apa pas dulu suka salah catet meteran
kalo ane sih liatnya lebih kepada tingkat pengendalian diri yg meningkat gan. maksud ane gini. dulu ane pernah pake yg pasca bayar, wah orang rumah pada gak 'aware' soal pemakaian listrik. jadinya tagihan tiap bulan bengkak terus gan...

tapi sekarang sejak ganti jadi pra bayar, tiap ane isi, ane pasti bilang ke orang rumah bahwa ane isi 'sekian rupiah', harap diingat ya, ini utk 1 minggu ke depan, lalu ane ingatkan utk hemat pemakaian listrik, dan cabut ato matiin lampu / alat listrik kalo gak pake. nah dari sini mulailah timbul kesadaran dari orang rumah ane gan. dulu wkt pasca bayar, kalo keluar kamar mandi kadang lampunya lupa dimatiin. sekarang, semuanya jadi saling mengingatkan kalo kita cuma punya jatah listrik utk satu minggu ke depan, jadinya pada nyadar sendiri deh. kalo pas keluar kamar lampu dimatiin. nonton tv yg perlu2 aja, radio juga. dll deh gan... bahkan anak ane yg kecil juga sering ngingetin kalo pas ada yg lupa matiin lampu kalo pas gak dipake...

begitulah gan sedikit pengalaman ane... smoga berkenan ya gan
Quote:Original Posted By brekmen
gan ane lagi bangun rumah kontrakan/bedakan 4 unit bagusnya pke yang pra bayar apa yang pasca bayar?....trus apa bisa kita minta yang pasca bayar untuk sekarang ini??.....


klo menurut ane, buat kontrakan lebih bagus pake yg pra bayar,
dan biaya buat beli listriknya jadi tanggung jawab yg ngontrak
Quote:Original Posted By damarkazuma
nambahin aj gan, klo misal agan plh pake pulsa, hrs bener instalasinya, soalnya punya ane ada tulisan 'periksa' d meterannya (berarti ada instalasi yg krg bener) kt petugasnya dulu sih cm ngaruh ke lebih boros listriknya, drpd ribet bongkar2 lg ane sih nrima aja, tp nyatanya tiap isi ulang dr pertama pasang sampe skrg ga pernah bisa sendiri, hrs manggil ptugas PLN, soalnya ada instalasi yg krg beres td ternyata ni ane br mo protes ke PLN


Ituw keluar tulisan periksa, biasanya kabel grounding nya disambung ke kabel biru. Ituw trik yang bakal bikin meteran ente lamban.....jadi instalasi nya dibenerin grounding nya, meski meteran jalan normal, tapi ga usah manggil tukang PLN terus, ahahahaha
Quote:Original Posted By softdonuts
Ituw keluar tulisan periksa, biasanya kabel grounding nya disambung ke kabel biru. Ituw trik yang bakal bikin meteran ente lamban.....jadi instalasi nya dibenerin grounding nya, meski meteran jalan normal, tapi ga usah manggil tukang PLN terus, ahahahaha


gimana ngebenerin instalasinya, gan?
ane juga punya masalah sama, akhirnya koneksi ke kabel groundnya dilepas sama orang PLNnya..
trus maksud meteran jadi lamban tu gimana?
maaf banyak nanya, gan
Quote:Original Posted By APe123
gimana ngebenerin instalasinya, gan?
ane juga punya masalah sama, akhirnya koneksi ke kabel groundnya dilepas sama orang PLNnya..
trus maksud meteran jadi lamban tu gimana?
maaf banyak nanya, gan


Gini bro, kabel grounding yang nempel pas instalasi bakal buat meteran muternya jadi lama.....benerin nya panggil tukang listrik, suru benerin instalasi meteran.
Karena jelasinnya juga susah klo disini...ahahaha
Quote:Original Posted By softdonuts
Gini bro, kabel grounding yang nempel pas instalasi bakal buat meteran muternya jadi lama.....benerin nya panggil tukang listrik, suru benerin instalasi meteran.
Karena jelasinnya juga susah klo disini...ahahaha


Grounding itu yang kabel tembaga ya gan? Bukannya gak boleh dilepas ya gan? Koq aneh pln?
update gan,

akhirnya saya pasang prabayar. karena dikasih sama orang PLNnya gitu...
Sama ne gan. Kena masalah meteran muncul tulisan "periksa". Orang PLN dah datang dan ga ngerti penyelesaiannya. Akhirnya dilempar ke PLN cempaka putih. Status skarang masih menunggu PLN cempaka. Gemana ya baiknya gan . Apa memang bukan PLN yg perbaiki masalah meteran?
Quote:Original Posted By validator
Sama ne gan. Kena masalah meteran muncul tulisan "periksa". Orang PLN dah datang dan ga ngerti penyelesaiannya. Akhirnya dilempar ke PLN cempaka putih. Status skarang masih menunggu PLN cempaka. Gemana ya baiknya gan . Apa memang bukan PLN yg perbaiki masalah meteran?


loh koq beda2 yah? klo di meteran ane ada tulisan "periksa" sama org developer ane cmn telp ke PLN nya, trus nanti dikasih kode angka (klo ga salah 20 digit) tinggal kita input di meteren dan violaa..... langsung bisa normal lagi....

SEDIKIT KASIH MASUKAN

sedikit kasih masukan nih gan, untuk grounding itu emang bener baiknya di lepas untuk meteran prabayar karena kalo ga dilepas sering ada tulissan PERIKSA dan juga boros gan,

SATU lagi yang biasanya ada tulisan PERIKSA ITU biasanya meteran prabayar yang merek hexing gan,

coba pastiin buat agan yg baru mo pasang pake yang merekmeterannya ITRON gan itu yang bagus jd klo dpasangin yg merek hexing jngn mau dikit2 pasti telpon PLN mulu dah,,,, ya boleh dibilang ringkih lah.. itu aja agan2 smga membantu...
Quote:Original Posted By chachayongki
sedikit kasih masukan nih gan, untuk grounding itu emang bener baiknya di lepas untuk meteran prabayar karena kalo ga dilepas sering ada tulissan PERIKSA dan juga boros gan,

SATU lagi yang biasanya ada tulisan PERIKSA ITU biasanya meteran prabayar yang merek hexing gan,

coba pastiin buat agan yg baru mo pasang pake yang merekmeterannya ITRON gan itu yang bagus jd klo dpasangin yg merek hexing jngn mau dikit2 pasti telpon PLN mulu dah,,,, ya boleh dibilang ringkih lah.. itu aja agan2 smga membantu...


meteran ane juga ITRON itu, gan
kabel groundingnya mesti dicopot juga
×