nais share gan
nais thread gan
Dua hari yg lalu ane pas 2 bulan pasca operasi. Alhamdulillaah udah bisa ditekuk hampir rapet. Cuma rada ngilu aja pas ditekuk, kayak msh ada yg ngganjel tendon/ligamennye.
Ane udah 2 kali ktemu dokter carmen, hrsnye tgl 22 des ktemu utk yg ke3 kali, tp ga bisa, akhir tahun kerjaan banyak, tiket jg ludes, maklum libur panjang natal & thn baru. Terakhir ktemu ane dikasih latihan menghadap dinding tangan ke dinding & jinjit sampe maksimal 3 set 10 repetisi & berdiri dgn 1 kaki 3 set 10 hitungan.
Oia, sekalian mau nanya, sehabis latihan yg ane sebutin di atas, seterusnye apelagi ye agan2, krn mungkin bln ini ane ga bisa kontrol

Thanks.

Tetep sehat. Tetep semangat.
baca baca komengan yang laen
baca baca komengan yang laen
Alow semua salam kenal,
Saya kebetulan hari rabu lalu jatuh saat olahraga, lutut kanan saya bengkak dan susah di tekuk, akhirnya cari2 di internet ktm referensi dokter Ifran Saleh & Andre Pontoh, secara dokter Andre khusus lutut (dpt referensi dr tetangga jg yg mrpkn temannya dokter Andre) saya kemudian mencari tempat prakteknya, ketemu ada di MMC, Pondok Indah, Fatmawati.

Dikarenakan keterbatasan tanggungan asuransi dr kantor sy, sy menghubungi RS Fatmawati, dapet jadwal dokternya hari Jumat, tp ketika sy tlp kesana, resepsionisnya bilang tidak ada, ada lagi kamis depan (terlalu lama menurut sy krn kondisi lutut bengkak). Akhirnya saya memutuskan ke RSPI hari ini, dapet giliran juga ternyata...^^
Lutut saya di lipat, tarik tidak sakit hanya tidak bisa menekuk sempurna hingga rapat, baru kemudian di goyang kiri kanan....dan yak kata dokternya ligamen ACL saya putus, dan beliau minta MRI untuk lebih jelasnya, terserah di RS mana kata dia, nanti setelah ada hasil baru menghubungi beliau kembali. Operasinya sendiri menurut beliau:
1. Menggunakan sistem double bundle
2. Rawat inap 1-2 hari
3. Bius total, operasi selama 1 jam
4. Selama 7 hari pertama pakai tongkat
5. Enam bulan kemudian sudah bisa melakukan aktifitas olahraga seperti biasa.

Nah kemudian saya cek di bag rawat inap mengenai biaya, ternyata lumayan mahal, diluar limit tanggungan saya ternyata, walaupun untuk kelas 3, ya sy memahami ini RSPI soalnya

Alhasil besok mau coba ke RS Fatmawati dulu untuk cek biaya operasinya, semoga masih masih di limit saya

UNtuk agan Jun Aguero, prd0000, Dodoaja mau tanya sedikit dong:

1. Saya br tau ternyata dokter Ifran Saleh mrpkn dosen dokter Andre dr halaman sebelumnya, btw apakah dokter Andre praktik di carolus? Krn sy liat di web tidak ada.

2. Untuk perbandingan harga & kwalitas antara dua RS tersebut jauh gak ya?

3. Setelah operasi wajib untuk fisioterapi lanjutan ya?

Mohon masukan dr rekan2 ya, krn sy dr keluarga pas2an, jadi sangat berharap klo bisa tidak terlalu jauh nambahnya dr limit yg diberikan oleh kantor

terima kasih
Quote:Original Posted By djmix83
Alow semua salam kenal,
Saya kebetulan hari rabu lalu jatuh saat olahraga, lutut kanan saya bengkak dan susah di tekuk, akhirnya cari2 di internet ktm referensi dokter Ifran Saleh & Andre Pontoh, secara dokter Andre khusus lutut (dpt referensi dr tetangga jg yg mrpkn temannya dokter Andre) saya kemudian mencari tempat prakteknya, ketemu ada di MMC, Pondok Indah, Fatmawati.

Dikarenakan keterbatasan tanggungan asuransi dr kantor sy, sy menghubungi RS Fatmawati, dapet jadwal dokternya hari Jumat, tp ketika sy tlp kesana, resepsionisnya bilang tidak ada, ada lagi kamis depan (terlalu lama menurut sy krn kondisi lutut bengkak). Akhirnya saya memutuskan ke RSPI hari ini, dapet giliran juga ternyata...^^
Lutut saya di lipat, tarik tidak sakit hanya tidak bisa menekuk sempurna hingga rapat, baru kemudian di goyang kiri kanan....dan yak kata dokternya ligamen ACL saya putus, dan beliau minta MRI untuk lebih jelasnya, terserah di RS mana kata dia, nanti setelah ada hasil baru menghubungi beliau kembali. Operasinya sendiri menurut beliau:
1. Menggunakan sistem double bundle
2. Rawat inap 1-2 hari
3. Bius total, operasi selama 1 jam
4. Selama 7 hari pertama pakai tongkat
5. Enam bulan kemudian sudah bisa melakukan aktifitas olahraga seperti biasa.

Nah kemudian saya cek di bag rawat inap mengenai biaya, ternyata lumayan mahal, diluar limit tanggungan saya ternyata, walaupun untuk kelas 3, ya sy memahami ini RSPI soalnya

Alhasil besok mau coba ke RS Fatmawati dulu untuk cek biaya operasinya, semoga masih masih di limit saya

UNtuk agan Jun Aguero, prd0000, Dodoaja mau tanya sedikit dong:

1. Saya br tau ternyata dokter Ifran Saleh mrpkn dosen dokter Andre dr halaman sebelumnya, btw apakah dokter Andre praktik di carolus? Krn sy liat di web tidak ada.

2. Untuk perbandingan harga & kwalitas antara dua RS tersebut jauh gak ya?

3. Setelah operasi wajib untuk fisioterapi lanjutan ya?

Mohon masukan dr rekan2 ya, krn sy dr keluarga pas2an, jadi sangat berharap klo bisa tidak terlalu jauh nambahnya dr limit yg diberikan oleh kantor

terima kasih



Dokter Andre sepengetahuan saya cuma praktek di RSPI & RSUP Fatmawati, Gan.
Perbandingan harga lumayan jauh, Gan.
Harus itu fisioterapi lanjutan. Coba baca post ane sebelum2nye, Gan.
Quote:Original Posted By DodoAja



Dokter Andre sepengetahuan saya cuma praktek di RSPI & RSUP Fatmawati, Gan.
Perbandingan harga lumayan jauh, Gan.
Harus itu fisioterapi lanjutan. Coba baca post ane sebelum2nye, Gan.


Di MMC jg ada bro tiap Senin & Kamis ternyata...kirain ada di RS Carolus juga, lbh dekat dgn tempat tinggal saya

Btw agan fisioterapinya dimana? Apa di RS Fatmawati jg?

Oh iya gan, boleh tolong di PM gak perincian biaya di Fatmawati ke saya? Terutama untuk alat khususnya (arthroscopy)

Kondisi agan sebelum operasi gimana, apakah jalan harus diseret2 atau jalan biasa? Kemudian ketika selesai memakai tongkat? Karena saya sama sekali blm pernah operasi...

Mohon infonya ya gan...
Nice inpoh gan
selamat pagi, salam kenal...
saat ini ane lg ngalamin hal yg sama seperti kalian, lutut ane bengkak gan kalau dibawa jalan itu goyang gitu kayak ga kuat nahan beban dan nyeri plus ga bisa ditekuk

ane sih belum periksa ke mana-mana baru ke klinik deket rumah dan itu dokter bilang kalau tulang ane ga kenapa2 tapi ada pembengkakkan di tendon. ane di kasih obat gan kalau dalam waktu 2 hari masih sakit baru dirontgen..

ane brwosing2 eh ketemu yg beginian ACL, ligamen putus haduuuhh rasanya seperti kesamber petir gan kalau sampe bener ligamen ane robek apalagi harus dioperasi.. ane mau banget dioperasi biar sembuh tapi ngedenger biayanya itu loh gan 50 jutaan belum adm yg lain belom fisiotherapinya, ya Allah duit dari mana sebanyak itu???

awalnya lutut ane itu sakit tp cuma ngilu biasa, ane urut, ane ke patah tulang tapi malah bengkak.. ane juga bingung gara2 apa tapi seingat ane setahun yang lalu ane pernah kecelakaan tp ga parah2 amat gan nah dr situ lutut ane sering ngilu ane pikir cuma keseleo biasa

menurut agan2 ane musti gimana yah? hari ini pulang kerja ane coba mau rontgen gan, kalau dirontgen itu bisa ketauan gak sih kalau ligamennya putus? soalnya ane masih bingung sebenernya ligamen ane putus apa engga.. kalau hasilnya emang putus ane bingung juga mesti gimana? OPERASI? duit dr mana? ane kerja gan ada asuransi jamsostek kira2 pakai itu bisa gak yah? atau buat SKTM? tapi maslahnya RSPI nerima SKTM ga yah? kalau operasinya di RS pemerintah gitu ane takut dokternya ga kompeten gan..

ane sedih gan, kalau sampai hal buruk itu terjadi... saat ini keluarga ane pun gak tau ane cuma bilang keseleo aja kalau sampai mereka tau ane harus dioperasi gimana yah gan?

@namikakinoshita
Setau sy klo rontgen hanya bisa melihat sebatas tulang, makanya diperlukan MRI untuk melihat jaringan apa saja yg rusak CMIIW ya..
Klo boleh saran, coba ke RS lainnya dulu untuk konsul ke dokter ortopedi nya, di Mitra Keluarga biaya sktr 110K, ada juga RS Siaga yg memang terkenal untuk dokter2 ortopedi nya, link: http://www.rssiagaraya.com/
Klo bisa jgn ke satu dokter, jadi bisa ditarik kesimpulan dr bbrp dokter tersebut.
Klo di RSPI sih kmrn sy terpaksa krn lutut masih bengkak, biayanya konsul 450K

@DodoAja
Hari ini berhasil tlp RS Fatmawati, di 7501524 ext 1390 (poli orto eksekutif), diterima oleh suster Martha (gak tau nama asli apa palsu), pas nanya jadwal dokternya, kaget jg saya ternyata harus appoinment dulu, klo hari ini baru daftar, bulan April 2013 baru dpt jatahnya, dgn alasan hanya praktek tiap Kamis, dan sehari hanya 4 pasien...Bener2 gak nyangka aja...apa karena namanya RSUP ya?
Biaya konsul hanya 135K sih, tp kog harus nunggu 4 bulan
Quote:Original Posted By djmix83
@namikakinoshita
Setau sy klo rontgen hanya bisa melihat sebatas tulang, makanya diperlukan MRI untuk melihat jaringan apa saja yg rusak CMIIW ya..
Klo boleh saran, coba ke RS lainnya dulu untuk konsul ke dokter ortopedi nya, di Mitra Keluarga biaya sktr 110K, ada juga RS Siaga yg memang terkenal untuk dokter2 ortopedi nya, link: http://www.rssiagaraya.com/
Klo bisa jgn ke satu dokter, jadi bisa ditarik kesimpulan dr bbrp dokter tersebut.
Klo di RSPI sih kmrn sy terpaksa krn lutut masih bengkak, biayanya konsul 450K


makasih sis infonya, iya saya juga masih ragu apakah ligamen saya putus atau tidak.. boleh tau gejalnya apa sih klo ligamen putus? sejauh ini saya masih bisa jalan tanpa bantuan tongkat tetapi lutut bengkak dan nyeri kalau ditekuk, gak bisa ditekuk sampe rapet gitu..
ketauan ligamen itu putus dengan hasil MRI atau kita cukup konsul ke dokter bisa apa engga?

Quote:Original Posted By namikakinoshita


makasih sis infonya, iya saya juga masih ragu apakah ligamen saya putus atau tidak.. boleh tau gejalnya apa sih klo ligamen putus? sejauh ini saya masih bisa jalan tanpa bantuan tongkat tetapi lutut bengkak dan nyeri kalau ditekuk, gak bisa ditekuk sampe rapet gitu..
ketauan ligamen itu putus dengan hasil MRI atau kita cukup konsul ke dokter bisa apa engga?



Gw co sob
waktu gw sih, di tekuk susah, tp gak sakit, cuma spt ada yg ganjal di belakang lipatan lutut, dan pernah disedot ada darahnya, berarti ada jaringan yg putus

Klo ke dokter sih harusnya bisa, nanti mgkn dokter menyarankan untuk lebih meyakinkan di MRI.

Nah gw jg baru tau nih, ternyata MRI lutut ada 2 tipe :
1. MRI Polos - @2,3jt
2. MRI Kontras - @3,2jt
(note: harga di RS Mitra Bekasi Timur)

Quote:Original Posted By djmix83


Gw co sob
waktu gw sih, di tekuk susah, tp gak sakit, cuma spt ada yg ganjal di belakang lipatan lutut, dan pernah disedot ada darahnya, berarti ada jaringan yg putus

Klo ke dokter sih harusnya bisa, nanti mgkn dokter menyarankan untuk lebih meyakinkan di MRI.

Nah gw jg baru tau nih, ternyata MRI lutut ada 2 tipe :
1. MRI Polos - @2,3jt
2. MRI Kontras - @3,2jt
(note: harga di RS Mitra Bekasi Timur)



oh cowo sorry gan abis td ava kirain itu ente hehe
ane cewe gan.. (td udh merasa berbincang dengan wanita hihih)
sekali lg makasih infonya, oia kan lutut ane bengkak nih kira2 klo dikompres pake es ga apa2 kan?
Quote:Original Posted By namikakinoshita


oh cowo sorry gan abis td ava kirain itu ente hehe
ane cewe gan.. (td udh merasa berbincang dengan wanita hihih)
sekali lg makasih infonya, oia kan lutut ane bengkak nih kira2 klo dikompres pake es ga apa2 kan?


gpp santai aja

Sy jg bengkak setelah jatuh kemarin, setelah di sedot darah nya oleh dokter di mitra keluarga, masih tetep bengkak, ke dokter RSPI sih dikasih obat TILFLAM tenoxicam 20mg 10butir, sehari 1 butir setelah makan, ini untuk menghilangkan bengkaknya, skrg sih sudah jauh lebih enakan lutut saya dan sudah bisa berjalan normal walau masih agak mengganjal sedikit di sendi lutut bagian kiri/dalam

Mengenai SKTM sih harusnya setiap RS menerima bukan?
Klo gak salah bro DodoAja menggunakan ASKES.
Saya jg klo mengikuti harga di RSPI belum mampu krn limit kantor jauh dr anggaran yg diinformasikan oleh bagian rawat inapnya

Buat bahan bacaan tambahan sis:
Pertolongan pada cedera sendi:
http://www.republika.co.id/berita/ga...-di-persendian

Klo ini penjelasan ACL dr Jakarta Knee Center:
http://www.jakarta-knee-center.com/c...igamen-acl.asp
Quote:Original Posted By DodoAja
Permisi Agan2 & Aganwati2. Ane mau share & nanya jg mslh cedera lutut rupture ACL.
Ane cedera putus ACL kejadiannye udah lama, Desember 2009 pas maen futsal. Jd pas nggocek, ane berhenti mendadak & melintir. Waktu itu blm tau jenis cederanye. Sempet dipijit/urut jg di H. Naim. Browsing2 & nanya2 sana sini, akhirnye tau kalo ACL ane putus. Pertama kali konsul ke dokter orthopedi ke dokter lukman shebubakar di Rumah Sakit Siaga. Ternyata dokter orthopedi itu beda2 sub spesialisasinye. Cari punya cari, ketemulah dokter Andre Pontoh di RSPI yg ah,i di lutut. Pertama kali konsul awal 2010. Dari pemeriksaan palpasi/fisik di kaki, diketahui kemungkinan besar memang cedera ACL. Disuruh utk test MRI.
Karena ane kerja di luar kota jd ngga bisa intensif pengobatannye. Ane baru MRI April 2012. Dari hasil test MRI diketahui bahwa ACL ane rupture total, meniskus ruptur sebagian (mungkin krn terlalu lama ngga ditangani).
Ane selama konsultasi di RSPI dgn Andre Pontoh. Tp ane operasi di RS Fatmawati. Knp di RS Fatmawati ? Biar bisa pake Askes. dan krn dr. Andre Pontoh jg praktek di sana.
Karena pake Askes jd agak sedikit capek karena hrs ngurus ini itu. Selain itu harus konsul2 dulu ke poli orthopedi/bedah tulang, pemeriksaan pra operasi, & nunggu skedul krn utk operasi lutut cuma ada sekali seminggu pd hari Rabu. Ane dpt skedul operasi 3 minggu pasca pemeriksaan pra operasi.
Akhirnye tgl 10 Oktober 2012 ane operasi athroslcopy rekonstruksi ACL di RS Fatmawati. Operasinye sih cuma 45 menit doang dgn bius hispinal atau sebagian, yaitu perut ke bawah. Ane dirawat cuma semalam aja.
Biaya operasi, biaya perawatan & obat dicover sama Askes. Yang ngga dicover itu alat2 implan yg utk dipasang di lutut. Biayanye total sekitar 20 juta.
Ane baru kontrol sekali tgl 18 Oktober 2012. Rencana kontrol lg tgl 25 Oktober 2012 utk buka jahitan sekalian ketemu dr. Carmen utk konsultasi fisioterapi dan program2 latihan rehabilitasi.
Di hari ke 12 ini, Alhamdulillah ane udah bisa jalan tanpa tongkat walau msh kaku & agak ngilu2.
Ane pernah baca ttg Rule of Third, jd selain operasi, penyembuhan pasca operasi, rehabilitasi pasca operasi jg penting banget supaya bisa kembali ke dalam kondisi semula. Krn hasil rehabilitasi pasca operasi itu ada 3 kemungkinan: 1. Bisa kemunduran & menyebabkan kondisi lutut jd lebih parah/tidak normal yg pd akhirnya memerlukan operasi lanjutan, 2. Gitu2 aja, & menyebabkan kita ngga bisa lg beraktivitas secara normal & ke 3, Mengalami kemajuan & bisa beraktivitas normal kembali seperti sediakala.
Makanya diperlukan keinginan kuat dan juga program2 latihan yg baik. Ane jg seneng ada thread ini sbg sarana sharing & jg memberikan semangat kpd rekan2 kita yg senasib.
Semoga bisa bermanfaat

Ane mau tanya2 khususnye Agan Jun Aguero & prd0000, utk program2 rehabilitasi sama dr. Carmen itu ketemu tiap brp minggu/bulan sekali ya, soalnye ane kan kerja di luar kota, jd biar bisa menyesuaikan skedul jg.
Gimana perkembangan rehabilitasi Agan2 s.d sekarang. Thanks.


mau tanya gan, agan pake askes yah.. klo jamsostek kira2 bisa gak yah? soalnya klo ngeluarin kocek sebanyak itu jujur ane ga sanggup.. apa bisa pake SKTM gitu? makasih gan
Quote:Original Posted By djmix83


gpp santai aja

Sy jg bengkak setelah jatuh kemarin, setelah di sedot darah nya oleh dokter di mitra keluarga, masih tetep bengkak, ke dokter RSPI sih dikasih obat TILFLAM tenoxicam 20mg 10butir, sehari 1 butir setelah makan, ini untuk menghilangkan bengkaknya, skrg sih sudah jauh lebih enakan lutut saya dan sudah bisa berjalan normal walau masih agak mengganjal sedikit di sendi lutut bagian kiri/dalam

Mengenai SKTM sih harusnya setiap RS menerima bukan?
Klo gak salah bro DodoAja menggunakan ASKES.
Saya jg klo mengikuti harga di RSPI belum mampu krn limit kantor jauh dr anggaran yg diinformasikan oleh bagian rawat inapnya

Buat bahan bacaan tambahan sis:
Pertolongan pada cedera sendi:
http://www.republika.co.id/berita/ga...-di-persendian

Klo ini penjelasan ACL dr Jakarta Knee Center:
http://www.jakarta-knee-center.com/c...igamen-acl.asp


oohh gitu, btw agan udah dioperasi blm? kontrolnya di RSPI apa di mitra gan?
Quote:Original Posted By namikakinoshita


oohh gitu, btw agan udah dioperasi blm? kontrolnya di RSPI apa di mitra gan?


saya jatuh rabu malam, kamis pagi sy ke mi*ra dulu utk pertolongan pertama, tp agak ragu jg dgn diagnosa dokter orto nya:
1. Belum memeriksa saya, cuma br denger cerita, lsg disuruh rontgen
2. Setelah baca hasil rontgen baru cek kaki, terus di sedot darahnya
3. Langsung vonis tulang rawan nya sobek, operasi, klo gak percaya sy disuruh MRI di bekasi timur, MRI nya pake kontras.
4. Disuruh pulang tanpa ada resep obat minum, dan katanya klo mau operasi 2 minggu lagi, padahal kondisi kaki masih bengkak.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari 2nd opinion dr dokter orto lainnya, di referensi sama tetangga saya yg jg dokter, dia bilang anaknya pernah di operasi sama dokter Andre krn cedera main basket, akhirnya sy cari2, daftar lah di RSPI krn konsidi lutut sy masih bengkak, begitu kira2 sis

Bsk mau MRI dulu di bekasi timur, krn udah tlp sana sini cikini, jatinegara alatnya rusak, mmc&siaga gak ada alat MRI

Setelah itu mau konsul ke RSPI lagi untuk minta pendapat hasil dari MRI, mudah2an bisa dapet jalan keluar terbaik
Quote:Original Posted By djmix83


saya jatuh rabu malam, kamis pagi sy ke mi*ra dulu utk pertolongan pertama, tp agak ragu jg dgn diagnosa dokter orto nya:
1. Belum memeriksa saya, cuma br denger cerita, lsg disuruh rontgen
2. Setelah baca hasil rontgen baru cek kaki, terus di sedot darahnya
3. Langsung vonis tulang rawan nya sobek, operasi, klo gak percaya sy disuruh MRI di bekasi timur, MRI nya pake kontras.
4. Disuruh pulang tanpa ada resep obat minum, dan katanya klo mau operasi 2 minggu lagi, padahal kondisi kaki masih bengkak.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari 2nd opinion dr dokter orto lainnya, di referensi sama tetangga saya yg jg dokter, dia bilang anaknya pernah di operasi sama dokter Andre krn cedera main basket, akhirnya sy cari2, daftar lah di RSPI krn konsidi lutut sy masih bengkak, begitu kira2 sis

Bsk mau MRI dulu di bekasi timur, krn udah tlp sana sini cikini, jatinegara alatnya rusak, mmc&siaga gak ada alat MRI

Setelah itu mau konsul ke RSPI lagi untuk minta pendapat hasil dari MRI, mudah2an bisa dapet jalan keluar terbaik


ooh gitu, kalo ane jatuh udah lama gan.. pertama kali sih waktu kecelakaan motor dr situ lutut berasa nyeri2 cuma ane biarin nah abis itu ane jatuh lagi keserimpet kabel mesin cuci di dapur nah dr situ lutut berasa makin sakit.. ane coba urut gan dan gak ada perubahan terus ane ke klinik gan tanpa melalui konsul terlebih dahulu ke dokter, langsung aja di terapi cuma sekali nah abis itu makin nyeri.. puncaknya ane ke tukang patah tulang niatnya sih minta diurut sama ahlinya tapi kata si tukang patah tulang itu persendian ane geser gan jadi digip lah 3 hari balik lagi ternyata digip ulang malah ditambah kayu gitu, 5 hari baru dibuka tp baru 3 hari ane buka sendiri gan abis ga tahan pegelnya udah gitu ane ngerasa ga ada perubahan.
nah abis itu ane langsung ke klinik deket rumah dia bilang tulangnya ga apa2 cuma ada masalah di tendon, dikasih obatlah.. klo dalam 2 hari masih sakit harus dirontgen.. niatnya malam ini ane mau rontgen gan
pengen gitu langsung konsul ke RSPI tp ane mikirin biayanya gan
sekarang ane masih di kantor nih lg ngompres2 aja pake es batu hehe
pikiran ane tuh antara sedih dan takut gan,, bingung

oh iya kecelakaan nya udah 1 tahun yg lalu gan, klo keserimpet kabel udh beberapa bulan yg lalu.. udah lama banget yah?kira2 nambah parah gak yah?
hai, ane sedang mendalami rehabilitasi pasca acl nih ... kalo2 ada yang mau ditanyain mention ane aja. Ntar ane jawab, kalo kaga kejawab-jawab tolong di DM aja ntar secepatnya ane jawab di thread.

@TS: agan op ACL nya pake metode double bundle atau triple bundle?
graftnya pakai dari hamstring apa dari paha depan?
Kemajuannya sekarang gimana?
dapet program rehab apa aja selama ini?



untuk yang berlokasi di surabaya, ada dokter ortho jenius n bijak, namanya dr. Nario Gunawan di RS Adi Husada Undaan Wetan atau di RS Mitra Keluarga Satelit.

masukin pejwan gan