KASKUS

Quote:Original Posted By fachrizaldink
gan mau tanya..

gejala atau tanda tanda sakit acl atau pcl itu bagaimana gan ? apa tidak bisa berjalan atau menapak kaki di bagian lutut terasa ngilu ?

ane 3 bulan ini ga bisa maen futsal gara gara terpeleset waktu futsal.

sekarang ane merasa agak mendingan setelah di urut tapi sewaktu ane duduk bersila mengalami sakit dan waktu ane ngasih tekanan di kaki kiri ane ngalamin sakit ngilu gan. waktu nurunin tangga juga kaki kiri berasa belom siap buat nahan beban gan.

ane rencana mau ronsen tapi ane masih takut gan sama hasil ronsen takutnya kaki ane sama seperti agan yang ngalamin cedera acl sama pcl ini

ada solusi lain ga gan selain operasi jika ane di katakan dokter harus operasi


oh iya, kalau bnran hsl dr dokter bilang ada kerusakan baik robek atau putus baik ACL, MCL, PCL, jgn terburu2 ambil tindakan operasi. second opinion dari dokter lain jg perlu gan. kebetulan ada knlan yg sama 1 dokter divonis operasi, tp sama dokter lain cuma terapi. dia ambil yg kedua dan sembuh.

buat pengobatan alternatif, sama jg buang uang gan. ga efek.. cmiiw
Quote:Original Posted By Ghazy.Jr
gan udh ada sekitar 3thn lutut ane klo pas tidur dan salah posisi kaki kadang lutut kanan kaya kecantol kalo mau dilurusin. akhirnya kalo mau bisa dilurusin mesti ditarik sampe bunyik klik, baru deh bisa dilurusin.
klo belum dilurusin rasanya nyeri banget gan kadang sampe pengen nangis
klo sudah lurus lagi ya normal lagi
saya lupa penyebabnya, mungkin cidera dulu waktu maen bola ( karena dari jaman SD sampe dengan sekarang umur 30 lebih hobby ane main bola n futsal
kira2 lutut ane kenapa ya gan ?
ga pernah sy periksain ke dokter karena jarang kumatnya

terus skitar 3 minggu ini lutut sebelah kiri kalau buat sujud waktu shola juga aga nyeri jd badan harus aga ditahan
mohon pencerahanya gan, terimakasih


mungkin ada agan yg lbh kredibel buat jwb?

kalau ane ga bs jwb krn ane ga pny kapasitas jwb pertanyaan agan. beda disiplin ilmu. kalau mksa jwb takut menyesatkan. hehe
Quote:Original Posted By zainbocor
aye mw share dikit perkembangan lutut aye pasca operasi acl. sdh 3bulan lutut aye cma bs nekuk 110° harusx usia segitu udah bsa nekuk full kata dr.andre. 3hari yang lalu ane kontrol ke dr.andre dilihat msh susah nekuk truz dikasih suntik dilutut dan pantat (ane ga tw cairan apa yg di injeksikan) 3hari kemudian ane bisa nekuk hampir full bedax jauh banget sm sebelumx. injeksix emang maknyos.. temen2 yg lain ada gak yg dsuntik jg kaya ane??


ane ga pernah disuntik gan. tp mang 3 bulan blum nekuk full kacau gan. dulu saya 3 bulan uda disuru jogging dgn bbrp syarat. seperti pakai sepatu empuk, track jogging harus rata tdk berbatu n lubang. takut terkilir. semoga sukses ya rehabilitasinya gan
Quote:Original Posted By sonyrudy
Pagi Agan-agan semua
Saya pria 40an th, dari Manado. Bulan Pebruari 2013, saya bermain sepak bola,
dan kena cedera ACL. Sadar kalau cedera ACL setelah 2 bulan tidak sembuh-sembuh, setelah konsultasi ke dokter. Dan dokter sarankan operasi. Saya googling dan saya putuskan di RSPI. 1 bulan antri, dan operasi tanggal 4 Juni 2013. Ambil di VIP habis semua sekitar 70jt.
1 minggu pasca operasi masih tinggal di Jkt, Lutut harus lurus, 2 hari pertama di rumah saja, tapi hari-hari berikutnya saya berjalan-jalan meski pakai tongkat satu (mumpung di Jakarta)
baru kontrol untuk pertama kalinya 6 hari berikutnya. Saya diperbolehkan pulang (Manado) dan waktu itu pertamakalinya brace (penyangga lutut) disetel ke 60 derajat, enak sekali rasanya, meski nahan sakit.
Saya masuk kantor dengan jalan agak pincang-pincang. dan aktifitas saya usahakan seperti biasanya, seperti naik tangga. dan berjalan.
Tanggal 8 Juli kontrol yang kedua., Dokter Pontoh keluarin cairan (oli lutut) karena mengganggu penyembuhan. Kondisi lutut hanya bisa di lipat 90 derajat waktu itu.
Sekarang. Lutut saya sudah bisa digerakkan melipat penuh. Rasa sakit, nyeri, ngilu, dsb, sudah jarang muncul. Hal itu muncul apabila seharian terlalu banyak berjalan dan ada beban.
Dokter Pontoh belum menyarankan untuk jogging sebelum 2 bulan, meski menurut saya, saya mampu.

Kesimpulan:
1. Putusan saya untuk operasi di RSPI adalah tepat, karena biaya cukup terjangkau, pelayanan sangat memuaskan, ketemu dengan dokter yang hebat (dr. Pontoh), pasca operasi sesuai dengan harapan (malah lebih).
2. Dokter bilang keberhasilan operasi adalah 90%. Yang 10% persen tidak berhasil karena kondisi pasca operasi, seperti kembali jatuh, tidak rutin latihan, dan terlalu cepat ingin sembuh. Saya tidak mau ambil bagian di 10%nya.
3. Susternya ramah dan cantik-cantik. (hehehehe....)

Begitu pengalaman saya. terima kasih pengalaman teman-teman yang sudah di post, dan membantu saya dalam penyembuhan ACL saya.

Salam.


mslh teknis emang dr andre top. tp mslh relasi dokter-pasien dr andre kurang. menurut ane loh. komunikasi dgn dr andre selalu singkat. ane ga dpt gambaran yg menyeluruh.

utk mslh suster cntk, dulu ane di kelas 3, ada suster namanya zeta. cntk n baik. ane tekatkan hr terakhir ane minta kontaknya. tau nya hari terakhir dia ga dinas. mau titip ma suster lain malu. :,(
Quote:Original Posted By fachrizaldink
gan mau tanya..

gejala atau tanda tanda sakit acl atau pcl itu bagaimana gan ? apa tidak bisa berjalan atau menapak kaki di bagian lutut terasa ngilu ?

ane 3 bulan ini ga bisa maen futsal gara gara terpeleset waktu futsal.

sekarang ane merasa agak mendingan setelah di urut tapi sewaktu ane duduk bersila mengalami sakit dan waktu ane ngasih tekanan di kaki kiri ane ngalamin sakit ngilu gan. waktu nurunin tangga juga kaki kiri berasa belom siap buat nahan beban gan.

ane rencana mau ronsen tapi ane masih takut gan sama hasil ronsen takutnya kaki ane sama seperti agan yang ngalamin cedera acl sama pcl ini

ada solusi lain ga gan selain operasi jika ane di katakan dokter harus operasi


baca page sebelumnya gan. ada agan yg uda ksh penjelasan..
Quote:Original Posted By ggALF
malem gan...
2 minggu lalu abis jatuh nemu thread ini, tapi cuma numpang simak gan..

4 th lalu karna asg n hiking, ACL n meniscus ane robek, tp jaman itu insurance gak mau cover arthroscopy gan, karna katanya operasi buat atlet. Alhasil ane ke ortho plus ke sinshe, gak operasi, tapi akirnya masih bisa lari tapi gak bisa high impact lagi

2 minggu lalu, kepeleset di restroom, hamper pingsan
xray + MRI => tulang gpp, tp positive ACL rupture
ane ke rs siaga gan, ama dr Jose
minggu lalu arthroscopy doube bundle, ACL nya beneran rupture, sobek, putus, dan stengah nya udah lenyap
operasi sih sukses neh harusnya tapi gak boleh dipake jalan dulu sebulan
tapi hopefully 4 bulan lagi dah bisa sprint neh

skarang lg rajin2 latian + fisio gan.. dah mulai ngantor pula.
ijin nyimak pasca operasi yah....


lama amet gan ga bs jalan. ngapain aja tuh? biaya agan kena berapa? sukses ya operasi n rehap nya
Quote:Original Posted By ggALF
mo sharing yg kayaknya blom ada cmiiw

ane tinggal sdirian gan, cuma ada mbak asisten rumah tangga part time, jadi ini persiapan sblm operasi (cuma py 2 hari sblm jadwal arthroscopy)

  • beli kursi lipat yg dudukan plastic buat mandi. jadi bisa mandi sambil duduk dan bisa pegangan klo dah di rumah
  • beli plastic wrapping (yg buat nutup masakan) buat siap2 nutup perban pas mandi
  • siapin mobil hatchback matic => jadi ane masih bisa tetep nyetir
  • beli aneka makanan buat stock di rumah
  • siap sabun antiseptic, shampoo dll buat dibawa k rs (karna gak cocok ama sabun rs haha)
  • bawa aneka macem gadget, jd biarpun bedrest masih bisa sambil kerja


Pas operasi nya liat monitor, ngobrol n becanda2 ma dokter n team

nah klo ini pasca operasi:

  • minum dikit, biar gak pipis dulu.. haha begitu dah 12 jam ane kabur ke toilet pake walker dan tiang infus. ane gak mau pake pispot gan
  • makan dan minum banyak, biar cpt pulih n infus cepet dicopot, soalnya sambil make walker/tongkat sakit bgt klo msh ada jarum infus
  • rajin seka + keramas + pake lotion + dll di RS, biar ttp seger
  • next: ikutin kata dokter.. biar cepet bisa sprint lagi..


tapi ane apes gan, kebanyakan lompat2 pake tongkat, skr lutut satu lagi jd sdikit keseleo, akhirnya klo jauh2 ane pake wheelchair ajah


thank u, agan sharingnya. semoga cpt sprint lg..
Quote:Original Posted By BangbusBoy
Ada info dikit buat teman2 yg saat ini lagi proses pemulihan...
Khususnya yg ke gym tapi hanya main bbrp alat saja untuk kaki:
- sepeda
- leg press
- treadmill

Di DISDUS lagi ada promo GOLD GYM Voucher seharga Rp. 249.000,- Nett untuk 6 Weeks Membership + 2 VIP Personal Trainer's
link: http://disdus.com/promo.php?i=66340

Jadi tidak terlalu mahal untuk kita2 yg membutuhkan bbrp alat saja

Bisa dipilih bbrp tempat:
Gold’s Gym Mall Citraland :
Mal Ciputra Lt. LG 1-A
Jl. Arteri S. Parman
Jelambar Baru Grogol, Petamburan
Phone: (021) (021) 560 6269
Fax: (021) 560 6548
email: cs.citraland@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Citraland

Gold’s Gym Summarecon Mall Serpong :
Summarecon Mal Serpong
Jl. Boulevard Gading Serpong
Tangerang 15810
Phone: (021) 5420 4272
Fax: (021) 5420 4872
email: cs.serpong@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Summarecon

Gold’s Gym Thamrin City :
Gedung JaCC, Lantai 1
Jl. Thamrin Boulevard - Waduk Melati
Jakarta Pusat 10340
Phone: (021) 3199 1122
Fax: (021) 3199 1121
email: cs.thamrincity@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Thamrin City

Gold’s Gym Citywalk :
CityWalk Sudirman (CityLofts) 2nd Floor
Jl. K.H. Mas Manysur No. 121
Jakarta Pusat 12920
Phone: (021) 2555 8728
Fax: (021) 2555 8729
email: cs.citiloft@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Citywalk

Gold’s Gym Pantai Indah Kapuk :
Metro Broadway 5th Floor Family Clubhouse@the centro
Jl. Pantai Indah Utara II
Jakarta 14460
Phone: (021) 3001 0360
Fax: (021) 3001 0364
email: cs.pik@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Pantai Indah Kapuk

Gold’s Gym Mall of Indonesia :
MOI Lt. 2, KelapaGading Square
Jl. Boulevard Barat Raya - KelapaGading Barat
Jakarta 10420
Phone: (021) 4586 7590
Fax: (021) 4586 7591
email: cs.moi@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym MOI

Gold’s Gym PX Pavilion :
PX Pavilion, Jl. Puri Indah Raya, Blok U1
Puri Indah Kembangan Selatan
Jakarta Barat 11610
Phone: (021) 5835 1115
Fax: (021) 5835 1119
email: cs.px@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym PX Pavilion

Gold’s Gym Setiabudi One :
Gedung Setiabudi One
Lantai 2 – Unit 201A Jl. H.R Rasuna Said Kav.62
Jakarta Selatan
Phone: (021) 5212 191
Fax: (021) 5211 983
email: cs.setiabudi@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Setiabudi

Gold's Gym Universitas Indonesia :
Gedung Perpustakaan Pusat
Universitas Indonesia lantai 1
Kampus UI Depok, kode pos 16424
Phone: 021 – 29027538
Fax: 021 – 29027539
email: cs.ui@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym UI

Gold's Gym Gajah Mada :
Gajah Mada Tower lt.2
Jl. Gajah Mada no 19-26
Jakarta 10130
Phone: (021) 6385 2818
Fax: (021) 6385 2819
email: cs.gajahmada@goldsgym.co.id
Website :Gold's Gym Gajah Mada

Gold's Gym Mall Alam Sutera, Tangerang :
Mall AlamSutera Unit LG-AT05 (Lantai LG)
Jl. JalurSutera Barat Kav. 16 Alam Sutera
Serpong – Tangerang 15325
email: cs.alamsutera@goldsgym.co.id

Gold’s Gym Pettarani Square Makassar :
Pettarani Square Makassar Lt. 2
Jl. AP Pettarani No. 53
Sulawesi Selatan
Phone: (0411) 450 800
Email: cs.makassar@goldsgym.co.id


agan bangbus marketing nya ya? hehehe
Quote:Original Posted By prabuyudhistiro
Halo salam kenal sis...

Kalo liat timelinenya...sepertinya dokternya menerapkan pola recovery yang cukup agresif ya...H+1 sudah mulai latihan di tekuk...dan H+2 sudah bisa nyetir!! Hehe.. Ane pernah baca di internet memang ada beberapa dokter yang agresif recoverynya...
Wah goalnya 4 bulan udah bisa sprint...sis atlet ya? Kalo ane 3 bulan goalnya baru menyamakan ukuran otot2nya antara kaki yang dioperasi dengan yang sehat...belum ada ngomongin soal lari2an hehe...tapi sekarang ini ane sudah masuk bulan ke 4, rasanya sih kalo diajak lari2 kecil oke oke aja...hehe

Tapi kok malah kaki yg operasi nggak boleh dipake napak ya?
Beneran ane bingung...kalo ane kebalikannya...seminggu pertama malah kaki nggak boleh ditekuk..mesti lurus terus (boleh ditekuk sedikit kalau pegel), tapi H+1 pasca operasi, ane malah sudah diajarin jalan pakai tongkat dan kaki yg operasi disuruh menapak nggak papa...karena kan bukan patah tulang kata susternya waktu itu...dan tongkat cuma dipinjemin 2 minggu saja oleh RS...

Selain itu sih sepertinya sama saja ya dengan ane...btw kalo ane 2 minggu baru masuk kerja..karena ane kan maunya kerjanya naik motor, nggak mau dianterin naik mobil atau naik angkot...bisa tua dijalan soalnya hehe...sebenernya sih kalo mau dianterin ane dibawah H+3 juga udah berani masuk kantor, tapi memang karena H+7 itu memang masih serem naik motor...belum bisa nekuk banget kakinya....hehe..

Anyway...semoga lancar2 recoverynya ya sis ...


sadistik. ane jg lg cr info lg buat operasi ane. hehehe
permisi gan, ane mau nanya nih.,
Dulu kan lutut kiri ane pernah salah tumpuan gan, waktu maen futsal kurang lebih udah ada 1,5 thnan , terus di urut kebeberapa tukang urut, waktu itu agak bengkak gak lutut anee gak bisa di tekuk, waktu di urut ke tukang urut 1 , ane kira cuma terkilir biasa selang, 1 bulan ane futsal lagi, eh waktu lari kencang terus ane nendang bola kan ane tumpuan nya kaki kiri, lutut ane serasa kyk terplekok gan,

Off lagi 1bulanan, maen lagi, terus gara" lompat gan ane numpu pake kaki kiri, kena lagi.., terus di urut lagi tukang urut 2 yg beda, ternyata sama aja, waktu itu bilang nya ada salah urat, di urut lagi sama tukang urut ketiga 3 bilang nya sih salah urat gitu jg gan, cuma ane bingung salah urat nya dimna, disini lutut ane mulai rada enakan gan, abis tuh ane off maen hampir 3 bulanan, disitu ane cuma jogging pagi gan, ngeliat apa lutut ane masih kambuh,

Habis dari 3 bulan off , ane coba maen lagi, kena lagi ,
dari 4 kali urut di tpt tukang urut yg berbeda, ane rasa ini yg paling mantap gan,nah tukang urut yg terakhir ini bilang nya ada urat ane yg nyelip di dekat tempurung lutut, soal nya ada beberapa org yg pernah urut kasus nya sama kyk ane. abis di urut udah mulai enakan gan, tapi stelah di urut , selang beberapa minggu, ane pernah lompat di ketinggian 1m, yg numpu duluan ke tanah kaki kiri ane, eh kena lagi dah.., abis dari situ gk pernah di urut " lagi gan.cuma ane olesin counterpain wktu itu.sampe skarang klo futsal gk pernah terlalu ane porsir utk lari gan, mending jdi kiper aja.

Solusi nya ini gimna yaa gan supaya bisa sembuh, kondisi skarang sih klo jln gpp, cuma kalo lari sprint sama numpu pake kiri klo nendang masih agak ragu ane gan, ane takut banget nih klo sampe operasi , kira kira jenis cedera lutut ane ini, yg kyak gimna ya gan? .

Maaf curhat nya agak panjang.
Quote:Original Posted By jun aguero


konsultasi gan ke spesialis. kalo bs jgn rontgen, tp MRI. krn mslh di lutut itu jaringan lunak yg brmslh. sementara rontgen cuma bs liat jaringan keras (tulang)


oh gitu gan.. ke MRI ya. baru tahu ane beda sama rontgen.

makasih gan
Quote:Original Posted By fachrizaldink


oh gitu gan.. ke MRI ya. baru tahu ane beda sama rontgen.

makasih gan


Iya bener gan...dulu ane waktu sebelum MRI di rontgen biasa ya tulangnya sih baik2 aja...ngga keliatan jaringa lunaknya (ACL, PCL dsb), begitu MRI baru deh ketahuan kalo ACL ane putus...saran ane buat agan2 yang lain juga kalo punya keluhan di lutut, sebaiknya MRI dulu, jangan menebak2...karena dari MRI itu ketahuan apa masalahnya..memang sih lebih mahal biayanya daripada rontgen...sekitar 2,15 juta MRI di RSPI...
Quote:Original Posted By belecburry
permisi gan, ane mau nanya nih.,
Dulu kan lutut kiri ane pernah salah tumpuan gan, waktu maen futsal kurang lebih udah ada 1,5 thnan , terus di urut kebeberapa tukang urut, waktu itu agak bengkak gak lutut anee gak bisa di tekuk, waktu di urut ke tukang urut 1 , ane kira cuma terkilir biasa selang, 1 bulan ane futsal lagi, eh waktu lari kencang terus ane nendang bola kan ane tumpuan nya kaki kiri, lutut ane serasa kyk terplekok gan,

Off lagi 1bulanan, maen lagi, terus gara" lompat gan ane numpu pake kaki kiri, kena lagi.., terus di urut lagi tukang urut 2 yg beda, ternyata sama aja, waktu itu bilang nya ada salah urat, di urut lagi sama tukang urut ketiga 3 bilang nya sih salah urat gitu jg gan, cuma ane bingung salah urat nya dimna, disini lutut ane mulai rada enakan gan, abis tuh ane off maen hampir 3 bulanan, disitu ane cuma jogging pagi gan, ngeliat apa lutut ane masih kambuh,

Habis dari 3 bulan off , ane coba maen lagi, kena lagi ,
dari 4 kali urut di tpt tukang urut yg berbeda, ane rasa ini yg paling mantap gan,nah tukang urut yg terakhir ini bilang nya ada urat ane yg nyelip di dekat tempurung lutut, soal nya ada beberapa org yg pernah urut kasus nya sama kyk ane. abis di urut udah mulai enakan gan, tapi stelah di urut , selang beberapa minggu, ane pernah lompat di ketinggian 1m, yg numpu duluan ke tanah kaki kiri ane, eh kena lagi dah.., abis dari situ gk pernah di urut " lagi gan.cuma ane olesin counterpain wktu itu.sampe skarang klo futsal gk pernah terlalu ane porsir utk lari gan, mending jdi kiper aja.

Solusi nya ini gimna yaa gan supaya bisa sembuh, kondisi skarang sih klo jln gpp, cuma kalo lari sprint sama numpu pake kiri klo nendang masih agak ragu ane gan, ane takut banget nih klo sampe operasi , kira kira jenis cedera lutut ane ini, yg kyak gimna ya gan? .

Maaf curhat nya agak panjang.


Gan kalo saran ane, lebih baik MRI dulu aja...biar dapet kepastian...memang biayanya mahal sih...tapi biar jelas dan nggak nebak2...dan juga biar bisa dipikirkan penanganan selanjutnya...apakah mesti dioperasi atau cukup di physioterapi saja...semoga ngebantu gan...
Quote:Original Posted By jun aguero


oh iya, kalau bnran hsl dr dokter bilang ada kerusakan baik robek atau putus baik ACL, MCL, PCL, jgn terburu2 ambil tindakan operasi. second opinion dari dokter lain jg perlu gan. kebetulan ada knlan yg sama 1 dokter divonis operasi, tp sama dokter lain cuma terapi. dia ambil yg kedua dan sembuh.

buat pengobatan alternatif, sama jg buang uang gan. ga efek.. cmiiw


Ane setuju gan...pengobatan alternatif nggak bisaf untuk kasus ACL ini...ane dulu pas kena ACL sebelum dioperasi ane bolak balik ke tukang urut ngga sembuh2...waktu itu ane belum MRI jadi belum tahu masalah sebenernya...ane cuma nebaknya ada urat yang kejepit...ternyata setelah ketahuan ACL putus, mau ribuan kali ke tukang urut juga nggak bisa nyambung lagi tuh urat
Beda kasus kalo patah tulang ya atau keseleo, atau tulang/sendi bergeser...ke alternatif masih bisa, karena kan tulang bisa nyambung sendiri asal posisinya dideketin...tukang urut itu cuma bisa mengembalikan posisi tulang/sendi ke posisi semula...
Quote:Original Posted By Ghazy.Jr
gan udh ada sekitar 3thn lutut ane klo pas tidur dan salah posisi kaki kadang lutut kanan kaya kecantol kalo mau dilurusin. akhirnya kalo mau bisa dilurusin mesti ditarik sampe bunyik klik, baru deh bisa dilurusin.
klo belum dilurusin rasanya nyeri banget gan kadang sampe pengen nangis
klo sudah lurus lagi ya normal lagi
saya lupa penyebabnya, mungkin cidera dulu waktu maen bola ( karena dari jaman SD sampe dengan sekarang umur 30 lebih hobby ane main bola n futsal
kira2 lutut ane kenapa ya gan ?
ga pernah sy periksain ke dokter karena jarang kumatnya

terus skitar 3 minggu ini lutut sebelah kiri kalau buat sujud waktu shola juga aga nyeri jd badan harus aga ditahan
mohon pencerahanya gan, terimakasih


Kalo liat gejalanya sama kayak ane gan waktu sebelum operasi ACL dulu...memang timbul keluhan tersebut jarang2 sih...biasanya pas lagi sholat waktu bangun dari sujud, terus pas main futsal waktu nendang kenceg biasanya sendi lututnya kayak lepas gitu gan, terus lutut bunyi klek klek gitu...
Kalo mau pasti konsul ke dokter orthopedi gan...nanti kemungkinan dianjurkan untuk MRI oleh dokternya...
Quote:Original Posted By zainbocor
aye mw share dikit perkembangan lutut aye pasca operasi acl. sdh 3bulan lutut aye cma bs nekuk 110° harusx usia segitu udah bsa nekuk full kata dr.andre. 3hari yang lalu ane kontrol ke dr.andre dilihat msh susah nekuk truz dikasih suntik dilutut dan pantat (ane ga tw cairan apa yg di injeksikan) 3hari kemudian ane bisa nekuk hampir full bedax jauh banget sm sebelumx. injeksix emang maknyos.. temen2 yg lain ada gak yg dsuntik jg kaya ane??


Wah kalo ane nggak sampe di suntik udah bisa nekuk full nih gan...ane udah masuk bulan ke 4 sekarang...dari bulan ke 2 ane udah pakasain untuk nekuk sedikit2 pas lagi sholat...lama2 sih jadi bisa full deh...
Btw canggih juga tuh injeksinya...mungkin itu injeksi buat menghilangkan pembengkakkan kali ya...menghilangkan cairan di sekitar lokasi operasi...cmiiw
Quote:Original Posted By sonyrudy
Pagi Agan-agan semua
Saya pria 40an th, dari Manado. Bulan Pebruari 2013, saya bermain sepak bola,
dan kena cedera ACL. Sadar kalau cedera ACL setelah 2 bulan tidak sembuh-sembuh, setelah konsultasi ke dokter. Dan dokter sarankan operasi. Saya googling dan saya putuskan di RSPI. 1 bulan antri, dan operasi tanggal 4 Juni 2013. Ambil di VIP habis semua sekitar 70jt.
1 minggu pasca operasi masih tinggal di Jkt, Lutut harus lurus, 2 hari pertama di rumah saja, tapi hari-hari berikutnya saya berjalan-jalan meski pakai tongkat satu (mumpung di Jakarta)
baru kontrol untuk pertama kalinya 6 hari berikutnya. Saya diperbolehkan pulang (Manado) dan waktu itu pertamakalinya brace (penyangga lutut) disetel ke 60 derajat, enak sekali rasanya, meski nahan sakit.
Saya masuk kantor dengan jalan agak pincang-pincang. dan aktifitas saya usahakan seperti biasanya, seperti naik tangga. dan berjalan.
Tanggal 8 Juli kontrol yang kedua., Dokter Pontoh keluarin cairan (oli lutut) karena mengganggu penyembuhan. Kondisi lutut hanya bisa di lipat 90 derajat waktu itu.
Sekarang. Lutut saya sudah bisa digerakkan melipat penuh. Rasa sakit, nyeri, ngilu, dsb, sudah jarang muncul. Hal itu muncul apabila seharian terlalu banyak berjalan dan ada beban.
Dokter Pontoh belum menyarankan untuk jogging sebelum 2 bulan, meski menurut saya, saya mampu.

Kesimpulan:
1. Putusan saya untuk operasi di RSPI adalah tepat, karena biaya cukup terjangkau, pelayanan sangat memuaskan, ketemu dengan dokter yang hebat (dr. Pontoh), pasca operasi sesuai dengan harapan (malah lebih).
2. Dokter bilang keberhasilan operasi adalah 90%. Yang 10% persen tidak berhasil karena kondisi pasca operasi, seperti kembali jatuh, tidak rutin latihan, dan terlalu cepat ingin sembuh. Saya tidak mau ambil bagian di 10%nya.
3. Susternya ramah dan cantik-cantik. (hehehehe....)

Begitu pengalaman saya. terima kasih pengalaman teman-teman yang sudah di post, dan membantu saya dalam penyembuhan ACL saya.

Salam.


Salam kenal sesama alumni Dokter Andre Pontoh Semoga lancar2 recoverynya...
Quote:Original Posted By fachrizaldink
gan mau tanya..

gejala atau tanda tanda sakit acl atau pcl itu bagaimana gan ? apa tidak bisa berjalan atau menapak kaki di bagian lutut terasa ngilu ?

ane 3 bulan ini ga bisa maen futsal gara gara terpeleset waktu futsal.

sekarang ane merasa agak mendingan setelah di urut tapi sewaktu ane duduk bersila mengalami sakit dan waktu ane ngasih tekanan di kaki kiri ane ngalamin sakit ngilu gan. waktu nurunin tangga juga kaki kiri berasa belom siap buat nahan beban gan.

ane rencana mau ronsen tapi ane masih takut gan sama hasil ronsen takutnya kaki ane sama seperti agan yang ngalamin cedera acl sama pcl ini

ada solusi lain ga gan selain operasi jika ane di katakan dokter harus operasi


Jangan Rontgen gan tapi MRI aja...bisa lebih tau pasti kondisi lutut agan...tapi memang biayanya mahal...sekitar 2 jutaan gan di RSPI...
Kalo memang pasti putus ACL/PCL, nggak akan bisa disambung lagi gan kecuali lewat operasi
Solusinya yang pernah ane baca2 dari berbagai sumber, dan kata dokter andre pontoh sendiri paling2 agan mesti menguatkan otot2 paha quadricep di sekitar lutut, itu bisa melindungi persendian lutut agan supaya ngga gampang bergeser, karena kan urat ACL/PCL yang menahan persendiannya sudah nggak ada...dan kalo mau beraktivitas atau berolahraga ya udah nggak bisa seperti dulu lagi gan...mesti lebih hati2...apalagi untuk main futsal..ane sempet selama 5 tahun setelah cedera sebelum dioperasi masih bisa main futsal...tapi ya itu main futsalnya nggak bisa kompetitif lagi...lebih banyak ngalahnya hehe...terus juga nggak bisa lari sprint gitu dan nendang kenceng...udah susah... sering kecengklak ini lutut...
Tapi intinya masih bisa hidup normal banget kok...kayak biasa aja gan..tapi ya itu kalo mau olahraga "kenceng" udah nggak bsia gan...

Semoga ngebantu ya gan...
Quote:Original Posted By jun aguero


gan, ane jg tau di filipina bgs n murah.. krn mrk bola basket nya bgs. ACL kan cidera olahraga yg high impact kya basket, sepakbola, tenis, bultang, dsb.

tp pernyataan agan yg kedua yg 2 hari tongkat lepas sulit dipercaya. setau ane derick rose (pemain basket chicago bulls), rajon rondo (boston celtic), milito (inter milan) butuh wkt bbrp minggu dgn tongkat.. cmiiw


CMIIW gan..tapi recovery sepertinya tergantung dokternya...ada yang agresif ada yang slow but sure gan...ane pernah baca ada yang H+1 operasi langsung latihan nekuk sampe 90 derajat!
Jadi kalo hari ke 2 lepas tongkat ane percaya gan...ane aja H+3 lepas tongkat udah bisa...tapi jalannya ngerayap2...hehehe
hallo agan2 sekalian, salam kenal. sekedar sharing, desember 2012 ane jatoh dari motor disenggol mobil. pas jatoh, lutut mengarah ke aspal, alhasil bengkak gede dan gabs ditekuk ke dalem. pembengkakan sekitar 2 mingguan, karena ane olahraga gulat, ane berenti dulu kira2 sebulan, tp karena ga sembuh2, febuari 2013 ane ke rs mitra gading. pengalaman ane di mitra gading, dokternya telat sampe 4-5 jaman. ternyata pas masuk, kaki dicek. dibilang langsung ligamennya putus dan hrs operasi, biaya sekitar 70jtan tergantung hasil MRI. trs ane gak MRI dan bandel tetep gulat, tp gak latian fisik yg serius. smp april lalu ane akhirnya MRI juga. ternyata hasilnya meniskus lateral robek, acl partial tear sama pcl sprain. dan kamis kemarin akhirnya ane memutuskan untuk operasi dng dr andre RSPI. disuru gabole turun ranjang 1 minggu pertama, cuman blh ke toilet. kira2 blh high impact lg sekitar 6 sd 8 bulan. semoga diberi kelancaran dlm prosea penyembuhannya, buat agan2 yg mengalami hal sama ada baiknya MRI sebagai langkah awal untuk identifikasi penyebabnya
×