KASKUS

Quote:Original Posted By holographic
Wah kalo ane dulu lututnya pernah ke twist, gara2 jatoh dari tangga. Nggak di operasi, krn bangun2 ternyata udah di urut sm mbah2 di jogja. Abis itu di jakarta rontgen lututnya udh normal, cm skrg msh rada nyeri ternyata krn di dlm lutut ada pecahan kecil tulang lunak, kata dokternya sih gpp kalo tulang lunak, kalo bukan tulang lunak baru deh di operasi.

Gatau kenapa saya rada beruntung tinggal di indonesia, selain dokter juga di indonesia banyak orang yg ilmunya tinggi2. Asal bukan yg bohongan ya.


Salam gan...semoga cepet sembuh lututnya...

Iya gan memang di Indonesia ini banyak sekali pengobatan alternatif...kalo cuma keseleo2 dikit, tulang geser dikit, atau retak mah diurut langsung sembuh

Tapi kalo kenanya ligamen sampe putus...diurut kayak gimana juga ngga bisa nyambung lagi gan

Makasih atas jawabannya,gan

Quote:Original Posted By prabuyudhistiro


Salam kenal gan...

Ane mau coba jawab...untuk rasa nyeri ketika berjalan mesti dikonsultasikan ke ahlinya ya...ke dokter orthopedi, nanti bakalan di cek lebih lanjut, kalo ekspektasinya mestinya sih agan kan udah hampir setahun ya? rasa nyeri mestinya sudah nggak ada sama sekali, soalnya kan jangankan setahun, 6 bulan saja seharusnya udah bisa melakukan high impact sport (futsal, sepakbola, basket, bulutangkis)...

Untuk masalah kaki yang besar sebelah, kemungkinan kaki yang operasi lebih kecil karena memang setelah mengalami trauma sehabis cedera dan operasi, otot2 kaki agan memang akan mengecil, karena kan nggak di pakai normal seperti kaki yang satunya, nah untuk mengembalikannya supaya kakinya sama besar ya mesti dilatih rehabilitasi/physioterapi gan...mesti rajin latihan, supaya otot kaki yang habis cedera dan operasi bisa sama besar dengan kaki yang normal...ane sekarang sudah 5 minggu pasca operasi, dan kemarin baru bertemu dengan dokter physioterapis, disitu ane diberikan latihan2 untuk memperkuat otot kaki...dan targetnya kata dokternya, dalam 3 bulan kaki ane yang operasi sudah mesti sama dengan kaki normal otot2nya...

Ini contoh latihan untuk memperkuat otot kaki :


Tapi sekali lagi coba dikonsultasikan ke dokter Orthopedi atau ke dokter Physioterapis gan supaya lebih jelas dan tidak bertanya2...

Satu lagi untuk kaki yang kalau berdiri tegak tidak sama tinggi, itu mungkin berhubungan deng knee extension, knee extension itu kebalikan dari knee flexion.
Knee Flexion : Lutut Bengkok Normal
Knee Extension : Lutut Lurus Normal



Jadi sehabis operasi knee extension agan belum balik normal...belum bisa lurus dengan normal (agak nekuk sedikit), jadi otomatis tingginya nggak akn sama gan...sekali lagi itu mesti rajin di latih gan...contohnya seperti ini :





In the end, semua hal diatas adalah jawaban dari pengalaman ane sehabis operasi dan juga research2 dari googling aja gan...sambil sesekali tanya dokter...dan kemungkinan salahnya amat sangat besar
Untuk mendapatkan informasi yang jauh lebih akurat agan mesti konsultasi ke dokter Orthopedi dan Physioterapis gan...

Sayang gan kalo habis operasi lutut agan masih bermasalah...soalnya ini lutut kan merupakan hal yang utama untuk manusia beraktivitas...kalo lutut bermasalah udah susah deh mau ngapa2in...apalagi kalo mikir jangka panjang kali kita sudah usia lanjut nanti...

Good luck ya gan...



Makasih gan atas jawabannya. Berarti kondisi lutut tinggi sebelah itu normal ya ketika setelah melakukan operasi?Agan juga awalnya seperti itu ya?
Quote:Original Posted By chilicon


Makasih gan atas jawabannya. Berarti kondisi lutut tinggi sebelah itu normal ya ketika setelah melakukan operasi?Agan juga awalnya seperti itu ya?


Menurut ane kalo tinggi sebelahnya ngga terlalu drastis sih masih normal gan dan kalau masih sebulan dua bulan pertama masih tinggi sebelah mungkin masih wajar ya...tapi kalu sudah setahun tapi masih ngga seimbang berarti mesti dicek lebih jauh gan...dan mesti dilatih lebih sering lagi Karena setahu ane, Knee Extension mesti dilatih langsung dari minggu pertama sehabis operasi...ane sih gak begitu memperhatikan gan, tinggi sebelah atau nggaknya...soalnya kan seminggu pertama masih diperban dan brace..dan juga masih bedrest aja di tempat tidur...ane sih ngerasanya sama tinggi kok
Tapi kemarin waktu di physioterapi, kata dokternya Knee Extension ane masih 3 derajat...normalnya 0 derajat gan...mesti dilatih terus...

Coba baca2 disini ya gan : http://www.mikereinold.com/2012/06/a...of-motion.html



Quote:Original Posted By prabuyudhistiro


Menurut ane kalo tinggi sebelahnya ngga terlalu drastis sih masih normal gan dan kalau masih sebulan dua bulan pertama masih tinggi sebelah mungkin masih wajar ya...tapi kalu sudah setahun tapi masih ngga seimbang berarti mesti dicek lebih jauh gan...dan mesti dilatih lebih sering lagi Karena setahu ane, Knee Extension mesti dilatih langsung dari minggu pertama sehabis operasi...ane sih gak begitu memperhatikan gan, tinggi sebelah atau nggaknya...soalnya kan seminggu pertama masih diperban dan brace..dan juga masih bedrest aja di tempat tidur...ane sih ngerasanya sama tinggi kok
Tapi kemarin waktu di physioterapi, kata dokternya Knee Extension ane masih 3 derajat...normalnya 0 derajat gan...mesti dilatih terus...

Coba baca2 disini ya gan : http://www.mikereinold.com/2012/06/a...of-motion.html





Gan, izin bertanya lagi. Apakah dulu agan juga merasa sakit di bagian lutut ketika kaki sehabis ditekuk (habis duduk) terus dibuat jalan kaki?
Quote:Original Posted By chilicon


Gan, izin bertanya lagi. Apakah dulu agan juga merasa sakit di bagian lutut ketika kaki sehabis ditekuk (habis duduk) terus dibuat jalan kaki?


Sakit sih nggak gan...cuma kaku aja...FYI ane dari pertama dioperasi sampe sekarang sudah 5 minggu ngga berasa sakit sama sekali gan..Alhamdulillah...
Quote:Original Posted By chilicon
Saya di bulan mei didiagnosa cedera ACL, kemudian saya operasi ACL di bulan September 2012. Hingga kini di bulan April 2013, saya masih merasakan nyeri ketika berjalan dan kaki saya masih besar sebelah(lebih besar kaki normal daripada yang habis operasi). Kondisi kaki saya yang habis operasi ketika dalam posisi berdiri tegak, ada perbedaan tinggi dengan yang normal. Apakah agan-agan yang kemarin operasi ACL juga mengalami hal tersebut? Menurut agan itu normal tidak? Terima kasih atas jawaban dari agan-agan sekalian.

ane cuma jd kecil dulu.. ga jd lbh pendel.. agan knp gtu ya?
Agan..Agan..
Kejadian sama dengan yg ane alami.. kecelakaan saat main bola.. lutut bengkak trs ane cuma di urut aja gan,, nah sekarang gejalanya klo habis di tekuk lama trs di lurusin bunyi dan klo di liat tempurungnya kayak geser2 gt gan,, tp klo udah di pakai jalan udah gk sakit sih gan, tp klo di tekuk ..lurusin bunyi lg gan..

Apa ini termasuk gejala ACL ya... klo mau konsultasi dlu sebaiknya yang paling bagus dmn ya gan,, sama MRI di rumah sakit mana ya..

Tanya dokter yang mengoperasi

Quote:Original Posted By jun aguero

ane cuma jd kecil dulu.. ga jd lbh pendel.. agan knp gtu ya?

Gan, kemarin aku abis operasi atroscopy untuk dicek kenapa kakiku masih sakit setelah operasi. Ternyata hasilnya graf yang baru dipasang september ada yang sudah sobek secara partial(sobek 50 %). Akhirnya belum ada tindak lanjut dari dokterku. Trus saya tanya lagi supaya rekontruksi lagi bagaimana, ternyata disuruh memakai allugraf(donor lain) sebagai graf ACL baru. Saya langsung shock, gan. Saya jadi bingung harus bagaimana agar memperbaiki kaki saya. Kaki saya sering sakit. Jadi sedikit frustasi dan agak kurang percaya dengan dokter saya. Makanya saya mau tanya dokter yang dulu mengoperasi ACL agan prabuyudhistiro dan jun aguero dimana ya? Kira - Kira dokter agan masih mau menerima saya tidak ya?Maklum sejak awal kan enggak dioperasi ama dokter agan. Semoga agan-agan lain tidak menimpa kejadian seperti saya.
Quote:Original Posted By feri.setiaw
Agan..Agan..
Kejadian sama dengan yg ane alami.. kecelakaan saat main bola.. lutut bengkak trs ane cuma di urut aja gan,, nah sekarang gejalanya klo habis di tekuk lama trs di lurusin bunyi dan klo di liat tempurungnya kayak geser2 gt gan,, tp klo udah di pakai jalan udah gk sakit sih gan, tp klo di tekuk ..lurusin bunyi lg gan..

Apa ini termasuk gejala ACL ya... klo mau konsultasi dlu sebaiknya yang paling bagus dmn ya gan,, sama MRI di rumah sakit mana ya..



Quote:Original Posted By chilicon

Gan, kemarin aku abis operasi atroscopy untuk dicek kenapa kakiku masih sakit setelah operasi. Ternyata hasilnya graf yang baru dipasang september ada yang sudah sobek secara partial(sobek 50 %). Akhirnya belum ada tindak lanjut dari dokterku. Trus saya tanya lagi supaya rekontruksi lagi bagaimana, ternyata disuruh memakai allugraf(donor lain) sebagai graf ACL baru. Saya langsung shock, gan. Saya jadi bingung harus bagaimana agar memperbaiki kaki saya. Kaki saya sering sakit. Jadi sedikit frustasi dan agak kurang percaya dengan dokter saya. Makanya saya mau tanya dokter yang dulu mengoperasi ACL agan prabuyudhistiro dan jun aguero dimana ya? Kira - Kira dokter agan masih mau menerima saya tidak ya?Maklum sejak awal kan enggak dioperasi ama dokter agan. Semoga agan-agan lain tidak menimpa kejadian seperti saya.


Untuk agan feri.setiaw dan agan chilicon...untuk masalah dokter orthopedi di Jakarta banyak yang bagus kok gan...sebelum agan memutuskan dokter yang mana alangkah lebih baik kalo agan research dulu, baik itu dengan googling atau tanya2 gan...coba agan baca thread ini dari awal..disitu banyak pengalaman temen2 sesama penderita gan, dari mulai biaya, prosedur pre dan pasca operasi, fasilitas dll...mungkin dari situ bisa membantu pertimbangan agan...

Kalo ane pribadi konsultasi dan operasi di Jakarta Knee Centre, Rumah Sakit Pondok Indah, Dokternya Dr. Andre Pontoh gan...di post2 sebelumnya ane dan beberapa temen senior lain udah ceritain detail prosesnya dari mulai konsultasi sampai operasi dengan Dr Andre Pontoh itu...

Pertama2 sih, ane googling2 dulu gan...trus nemu web sitenya Jakarta Knee Center...waktu pertama kali ane mikirnya, "wah ini nih...dari namanya aja udah meyakinkan banget pusat Lutut Jakarta, berarti memang2 bener2 spesialis lutut nih"

Dan setelah konsultasi pertama ane baru tahu nama Dokternya Andre Pontoh...dan lagi ane research2 di googling lagi gan mengenai Dokter Andre Pontoh ini...dan memang track recordnya bagus...begitu juga tanya sana sini tanya teman sodara kenalan...semua rata2 minimal tahu dengan nama Dokter Andre Pontoh ini...makanya ane yakin dan memutuskan untuk operasi dengan dia...

Dan sampai saat ini Alhamdulillah hasilnya baik2 saja...dan ane puas banget udah milih disitu...

Semoga agan bisa dapet dokter yang pas ya..dan semoga lancar2...

@chilicon
Coba aja dateng ke dokter Andre, jelasin permasalahan nya, setau saya klo misal kondisi ACL nya putus lagi, maka akan diambil donor dari kaki yg satunya, tentunya akan dua kaki yg dioperasi scr bersamaan
pagi agan dan aganwati sekalian ane dari kalimantan tengah senin kemaren abiz ngjalanin operasi acl rekonstruksi di RSPI dgn dr. Andre pontoh di jakarts. so far tdk terasa sakit ato nyeri, cm kesemutan aja sm sakit pinggang baring mulu.

ane cederax udah lama 3 tahun yg lalu karena main basket jatuh dengan posisi kaki tegak lurus waktu rebon kedengeran bunyi krek kaya patah, udah gtu langsung lemes g bs bangun/bediri. bawa ktukang urut jg g sembuh mlh parah bengkak tambah gede. pensiun deh main basket karena gbs lari apa lgi vipot mw copot rasa kaki. akhirx beralih ke sepeda karena bersepeda gerakan lutut stati kdepan dan belakang aja jd g sakit.

sebulan yg lalu jatuh dr sepeda dengan posisi kaki yg cedera dlu jatuh lebih dulu alhasil mencle lg n bengkak. dengan tekat bulat memutuskan berobat kjkt rspi dr. Andre tw dari google gan. akhirx diagnosa final ruptur acl, kta dokter klo mw main basket lagi harus operasi.

karena tekat bulat mw olahraga favorite lg, akhirx mutusin operasi, waktu tanya biaya operasi kaget buset ±50jt blm biaya lainx. sempat urung tapi akhirx mutusin jalanin operasi aja yg penting bs lari aktifitas high lg (ane pecandu olahraga soalx gan). 3thn tersiksa g bs olahraga cm sepeda aja, untung ketemu komounitas sepeda tp ini g ada hub sm topik..hehe

ini udah hari ke k5 setelah operasi tinggal 3hr lg buka perban. semoga semuax baik2 kedepanx. untuk agan2 seperjuangan semoga cepat sembuh jg ya.GBU
agan semua..maubtanya nih...ane harus operasi arthroscopy rekonstruksi acl..kmrn abis ke dokter andre...trs dia ngebolehin operasi di fatmawati tapi fatmawati operasinya single bundle, kl di rspi double bundle..pertanyaan ane:
1.mohon info total biaya operasi di rspi brp dan di rs fatmawati brp?
2.apa si beda single ama double bundle?dan apa efek jangka panjangnya?
3.kl agan2 uda ada yg perna operasi single ataupun double bundle..mohon pencerahan apa yg dirasain setelah operasi..(khususnya bro @dodoaja gmn skr bro rasanya? ente pas operasi di rsup pake single bundle ya? mohon pencerahannya)

makasi banyak ya gan...ane soalnya lg bingung..kl di rspi mahal bngt..huhuhu..tp denger2 double bundle lbh bagus...
Quote:Original Posted By DodoAja
Ane mau tanya2 khususnye Agan Jun Aguero & prd0000, utk program2 rehabilitasi sama dr. Carmen itu ketemu tiap brp minggu/bulan sekali ya, soalnye ane kan kerja di luar kota, jd biar bisa menyesuaikan skedul jg.
Gimana perkembangan rehabilitasi Agan2 s.d sekarang. Thanks.

Ane udah kelar. Kemarin sih sebulan sekali sama dr Carmen, dr Andre udah ga usah balik. Udah kelar.
Ane sih udah pulih, dan udah 97-98%. 100% mungkin ya.. sisain 1% de buat lain lain . Udah bisa lari segala, lompat lompat, kemarin sempet lari lari di parkiran mobil senayan pas ujan gede, ga ada masalah. Udah dari Januari kemarin bisa renang kembali. Ane operasi 5 agustus. 2 Minggu pertama udah bisa kerja,

Quote:Original Posted By djmix83

UNtuk agan Jun Aguero, prd0000, Dodoaja mau tanya sedikit dong:

1. Saya br tau ternyata dokter Ifran Saleh mrpkn dosen dokter Andre dr halaman sebelumnya, btw apakah dokter Andre praktik di carolus? Krn sy liat di web tidak ada.

2. Untuk perbandingan harga & kwalitas antara dua RS tersebut jauh gak ya?

3. Setelah operasi wajib untuk fisioterapi lanjutan ya?

Mohon masukan dr rekan2 ya, krn sy dr keluarga pas2an, jadi sangat berharap klo bisa tidak terlalu jauh nambahnya dr limit yg diberikan oleh kantor

terima kasih

Ngga gan.. Andre ga praktek di Carolus. Ifran Saleh soalnya memang dosen, jadi mahasiswanya ga cuman Andre Pontoh. Muki juga, dan banyak dr orthopedi lain. Tapi kan ga menjamin mahasiswa mesti praktek di tempat dosennya. Hari ini nenek gue ditangani Ifran Saleh. Udah 3 hari, dan udah mulai bisa bangun.
Kalau sendi, ane tetep masih pegang Andre Pontoh. Karena kata dokter ifran sendiri, dia hanya orthopedi umum, spesialis orthopedi. Sedangkan dr andre subspesialis, jadi lebih fokus lagi. Muki juga spesialis, bukan sub specialist, biarpun juga terkenal.

Kualitas, ane pegang RSPI 100% gan . No contest there.

Sedangkan fisioterapi, itu WAJIB BIN HARUS BIN KUDU. Ane tanpa fisioterapi, ga akan bisa jalan kayak sekarang..

Quote:Original Posted By namikakinoshita
ane brwosing2 eh ketemu yg beginian ACL, ligamen putus haduuuhh rasanya seperti kesamber petir gan kalau sampe bener ligamen ane robek apalagi harus dioperasi.. ane mau banget dioperasi biar sembuh tapi ngedenger biayanya itu loh gan 50 jutaan belum adm yg lain belom fisiotherapinya, ya Allah duit dari mana sebanyak itu???

awalnya lutut ane itu sakit tp cuma ngilu biasa, ane urut, ane ke patah tulang tapi malah bengkak.. ane juga bingung gara2 apa tapi seingat ane setahun yang lalu ane pernah kecelakaan tp ga parah2 amat gan nah dr situ lutut ane sering ngilu ane pikir cuma keseleo biasa

menurut agan2 ane musti gimana yah? hari ini pulang kerja ane coba mau rontgen gan, kalau dirontgen itu bisa ketauan gak sih kalau ligamennya putus? soalnya ane masih bingung sebenernya ligamen ane putus apa engga.. kalau hasilnya emang putus ane bingung juga mesti gimana? OPERASI? duit dr mana? ane kerja gan ada asuransi jamsostek kira2 pakai itu bisa gak yah? atau buat SKTM? tapi maslahnya RSPI nerima SKTM ga yah? kalau operasinya di RS pemerintah gitu ane takut dokternya ga kompeten gan..

ane sedih gan, kalau sampai hal buruk itu terjadi... saat ini keluarga ane pun gak tau ane cuma bilang keseleo aja kalau sampai mereka tau ane harus dioperasi gimana yah gan?


Kan sekarang ada KJS gan.. kelas 3 bisa pake KJS mestinya. Tapi ga tau untuk pengobatan sekunder kayak gini bisa apa engga. Dulu ane ambulans bayar, hari ini ambulan nenek ane GRATIS TIS TIS TIS... Cuman kamar di Carolus emang bayar karena ane ambil kelas 2. Itu pun kelas 2 di carolus masih dibawah kelas 3 di RSPI.
Biaya ane total, kalo ga pake di Mitra, hanya 45. Makanya, ane dari awal selalu tekanin, kalau asuransi itu PENTING.. Seluruh biaya ane dicover sama asuransi, malah ane dapet surplus 10-20 jutaan dari asuransi. Ga usah yang mahal lah gan.. Yang ditawarin sama kartu kredit itu cukup meringankan kok. Ane diganti sama zurich di kartu kredit sekitar 34 juta, dengan bulanan 100 ribu. Sedangkan CIGNA mengganti ane 15 juta dengan bulanan 125 ribu. Sedangkan AIA ane mengganti 27 juta. It's not that hard kok untuk dapet cover bagus di asuransi.

Quote:Original Posted By djmix83
@namikakinoshita
Setau sy klo rontgen hanya bisa melihat sebatas tulang, makanya diperlukan MRI untuk melihat jaringan apa saja yg rusak CMIIW ya..
Klo boleh saran, coba ke RS lainnya dulu untuk konsul ke dokter ortopedi nya, di Mitra Keluarga biaya sktr 110K, ada juga RS Siaga yg memang terkenal untuk dokter2 ortopedi nya, link: http://www.rssiagaraya.com/
Klo bisa jgn ke satu dokter, jadi bisa ditarik kesimpulan dr bbrp dokter tersebut.
Klo di RSPI sih kmrn sy terpaksa krn lutut masih bengkak, biayanya konsul 450K

@DodoAja
Hari ini berhasil tlp RS Fatmawati, di 7501524 ext 1390 (poli orto eksekutif), diterima oleh suster Martha (gak tau nama asli apa palsu), pas nanya jadwal dokternya, kaget jg saya ternyata harus appoinment dulu, klo hari ini baru daftar, bulan April 2013 baru dpt jatahnya, dgn alasan hanya praktek tiap Kamis, dan sehari hanya 4 pasien...Bener2 gak nyangka aja...apa karena namanya RSUP ya?
Biaya konsul hanya 135K sih, tp kog harus nunggu 4 bulan

Andre pontoh memang antri gan. Kasian juga sih. Dia 1 hari limit 20 pasien, karena dia masih harus operasi pasien. Dan setiap hari dia operasi pasien. Jadi kalo siang dia operasi 1-2 pasien katanya, selesai dia ke ruang praktek.
Ane juga baru tau kalo dr Andre ternyata salah satu langganan toko audio yang sama dengan ane . Gila musik juga dia.
Ane sih terus terang, udah coba coba tanya macam macam, dan anter temen ke macam macam dr tulang. Semuanya termasuk nenek ane akhirnya beresnya sama dr Andre. Sejak ane operasi, ada 3 orang lain yang ane refer dan udah sembuh sama dr Andre. Jadi ane udah ga mau lagi pusing pusing cari dokter lain. Dan sebelum ane operasi, ada 5 orang temen ane yang juga sembuh sama dr Andre, dan salah satu temen ane itu juga neneknya dia bawa kesana juga dr Andre yang beresin. Total yang di sekeliling ane aja, ada 11 orang yang udah sembuh sama dr Andre, belum ditambah sama yang di kaskus sini. Dan agan boleh tanya siapapun yang pernah berurusan sama dr Andre, bahwa antrean pasien dia memang PANJANG.
Jadi, kalau agan antri 4 bulan di RS yang dia hanya terima beberapa pasien, itu masih tergolong wajar, karena di RS besar aja yang dia full time sampe jam 10 malam, antrian dia bisa 3 minggu.

Quote:Original Posted By X41
hai, ane sedang mendalami rehabilitasi pasca acl nih ... kalo2 ada yang mau ditanyain mention ane aja. Ntar ane jawab, kalo kaga kejawab-jawab tolong di DM aja ntar secepatnya ane jawab di thread.

@TS: agan op ACL nya pake metode double bundle atau triple bundle?
graftnya pakai dari hamstring apa dari paha depan?
Kemajuannya sekarang gimana?
dapet program rehab apa aja selama ini?



untuk yang berlokasi di surabaya, ada dokter ortho jenius n bijak, namanya dr. Nario Gunawan di RS Adi Husada Undaan Wetan atau di RS Mitra Keluarga Satelit.

masukin pejwan gan

Ane double bundle, graft dari hamstring gan. Andre Pontoh di RSPI selalu double bundle.

Quote:Original Posted By bobby1991
salam kenal

saya juga mengalami hal yang sama, kira" april tahun lalu langsung habis maen basket. rasanya ya sama kayak agan" ceritain, gk bs ditekuk, lutut serasa goyang mau lepas tp untung saya tidak ada bengkak. dan baru dilakukan operasi bulan juli di RSAL dr ramelan surabaya, sama dr.totot. sekarang uda lumayan bisa nekuk sampe 100 derajat lah. kata dokternya kalo uda bisa 90 derajat>> nekuknya disuruh sepedaan sama berenang untuk balikin ototnya gan

saya untungnya operasi masih ditanggung askes gan, jadi kalo pake askes biaya operasi yg puluhan juta itu ditanggung, tinggal biaya obat"an, brace(penyangga pasca operasi),MRI.
sebenarnya dr sharing sama dokternya, kalo tidak dilakukan tindakan operasi tidak apa" asal tidak melakukan aktivitas berat (olahraga,dll) tapi bisa terjadi kejadian ulangan namanya kecelakaan sapa yg tau gan. yg paling ditakutin itu osteoarthritis (googling aja gan)

saya mau tanya, latihan apa aja gan buat balikin nekuk sampe maksimal ??
saya kurang info. soalnya buat solat masih blm bisa duduk

makasih gan

Biasa luruskan kaki, sampe nyentuh matras, terus tekuk telapak kaki ke dalam dengan badan tegak. Abis gitu, silangkan kaki yang kurang nekuk dibawah, dan kaki yang normal diatas. Kaki normal dorong turun, dan kaki yang cedera dorong ke atas.
Quote:Original Posted By jeje77
Akhirnya ane nemu thread ini juga...ane mau share skalian minta pendapat nih broo..ane sekitar 7 bulan yg lalu operasi meniscus di RS Siaga Raya oleh DR.MUKI yg sudah banyak operasi pemain bola nasional (hamka,firman,fagundes,nasuha,dll) Lalu setelahane operasi,selama 5 bulan ane terapi di esa unggul (leg press,dll) dan pas disuruh coba main sama fisioterapis nya, dan ternyata lutut ane blm kuat sehingga ane kena lg,setelah ane operasi ternyata ada ACL & PCL laxity gan ( BUKAN sobek atau putus) nah ane konsul ke DR.MUKI katanya kalo ACL & PCL Laxity itu ga perlu di operasi cuma butun terapi penguatan aja ntar juga sembuh,nah sedangkan kata fisioterapi ane yg di esa unggul,ACL & PCL ane harus di operasi (dibersihin) . Nah ane bingung nih gan mau ikutin yg mana?kata DR.MUKI sayang kalo ane operasi ACL soalnya ane masih muda (19 tahun). Tolong prncerahannya gan,udah setahun lebih ane off futsal

Wah, yang di esa unggul itu GILA kalo nyuruh nyoba main. 5 bulan ane masih belum boleh lari sama dr Carmen, dokter agan udah berani suruh coba main futsal. Ane kok jadi curiga dia mau paksa elo operasi disana. Kalo ACL Lax mesti dilihat dulu. parah atau engga. Kalau ga parah, cukup diterapi. Kalau sampe parah, yaa... jadi ga stabil lagi. Saran ane, dengerin dr Muki de . Dia lebih bener dari dokter gila yang suruh elo futsal 5 bulan setelah operasi.

Quote:Original Posted By BangbusBoy
Salam kenal semua...
saya minggu lalu baru menjalani operasi acl dgn dr.Andre P. dgn diagnosa hasil MRI bahwa ACL putus dan meniskus nya robek.

Saat ini kondis kaki msh full perban + brace, jadi lutut tdk bole ditekuk selama 7 hari, ya mayan menderita sih tp gpp asal sembuh:

1. Kaki pasti kesemutan terus krn dipaksa lurus 24 jam
2. gatal yg tidak bisa digaruk krn dibawah perban/brace
3. punggung udah mulai pegal krn tidur terus
4. BOKER susah klo gak pake yg ada alat cebok otomatisnya, krn kaki gak bisa ditekuk dan perban gak boleh basah

Mohon masukan dan share kemajuan dr rekan2 pasca operasi ya


Bro, dr.Carmen msh ada gak di RSPI, krn kmrn yg nyamperin gw pasca operasi itu Mbak Karen, krn dr.Carmen nya gak ada.

Kondisi skrg pakai tongkat kan klo jalan lutut masih berasa mau copot tuh bro, apakah seminggu setelah lepas tongkat lsg bs jalan normal (tanpa tongkat) ya?


Maksudnya sayang krn br 19 thn gmn ya bro?
Apakah ada efek samping jk operasi acl dgn umur segitu?



IMHO Klo keluar sih, sy mikirnya:
1. mgurus surat2 paspor, visa dsb
2. biaya penginapan keluarga yg menemani
3. biaya mkn selama disana

hitung2annya gak jauh beda atau bs lbh mahl malahan bro


ACL putus or gmn bro?


Boleh tau knp asal mulanya bro?
btw maksudnya ubah cara main basket gmn ya?
mohon info nya

Ane udah pulih 100% bro.. diskon diskon dikit lah buat yang ane ga tau . Tapi ane udah melakukan SEMUA kegiatan yang ane kerjain dulu tanpa masalah. Kemarin malah sempet bantuin angkat nenek ane yang jatuh. Jadi nahan beban dari rendah sampe berdiri juga udah kuat. Lari lari di parkiran pas ujan juga udah stabil.
Suster Karen itu salah satu asistennya dr. Carmen. Baik banget kan susternya? Sama ada lagi 1 cowo lupa namanya. Kebanyakan sama karen.

dr Carmen emang sering ilang, apalagi pas ada acara. Dia dokter resmi bulutangkis dunia, dokter resmi sepakbola indonesia, termasuk dokter resmi olympiade. Waktu ane abis operasi itu dia sempet ngilang juga 2 minggu soalnya dipanggil tugas ke london buat supervise medis di olympiade london. Makanya terapi ane rada telat 2 minggu nunggu dia pulang dulu.

Quote:Original Posted By jeje77


Jadi kalo acl robek & pcl laxity baik nua dioperasi apa gak gan biar bisa maen bola lg?

Kalo ragu, cobain aja tanya dr Andre gan.

Quote:Original Posted By sabaladraf
agan2 share dong uda pernah fisioterapi di mana aja?dan biasanya klo fisioterapi pake alat apa aja?trus abis fisioterapi di execrcise gg sama terapis nya?

klo ane si pernah fisio di rs siaga, rs kramat 128 dan skrg ane fix fisioterapi di univ esa unggul, karena klo di esa unggul abis fisio pake alat kita latian excersise di jagain sama terapisnya

katanya hamsting ane ada masalah, lutut meniscus ktanya juga ada problem cuma gg sampe robek...dan ligament ny kendur...skrg ane lagi fisioterapi di univ esa unggul biasanya di sinar sama ultrasound di bagian lutut dan hamsting belakang lutut, abis itu di exercise sama terapis nya, sekarang alhamdulillah kondisi makin membaik walaupun belum hilang semua rasa ngilunya ketika mau solat dan BAB

Ngga pake alat apa apa kok gan.. Terapi fisik aja.. Latian diatas papan, sepeda, jogging, berdiri 1 kaki, jinjit jinjit, angkat kaki di ranjang, dst. Dan ane ga pernah ada rasa sakit apa apa sih, apalagi ngilu. Jadi, sorry, ga bisa bantu disana.
Ane fisio sama dr Carmen di RSPI.

Quote:Original Posted By Alkaline Trio

terimakasih sharingnya semua, sya baca-baca RSPI dan Fatmawati paling banyak disebut disini.

Sya juga ada masalah ACL, biasalah latihan rutin futsal tiap minggu dan bam, kena. Udah jalan 4 bulan, baru nyadar sebulanan terakhir kalau ternyata itu ACL.

Saya kmrn konsultasi di ISMC di Sports Mall Kelapa Gading dengan dr. Andi Kurniawan (dokternya SM Britama kalau denger temen), saya blm MRI dan lainnya, baru di tindakan awal saja. Dia bilang ACL udah 80% (lutut kanan), nah biayanya kmrn ktnya 48 di RS Bintaro, dan masih menurut dia juga itu satu-satunya RS di Indonesia yang buat mulihin cedera serupa para atlet (mohon info lebih lanjutnya), selain di Surabaya.

Tapi karena biayanya itu ya saya masih mikir-mikir dulu, belum lagi pra-operasi, operasi dan yang pasti pasca operasi. Pas saya baca the rule of third malah lebih serem lagi. Baru tau saya, tapi percaya InsyaAllah semua bisa sembuh.

Mohon sarannya ya, soalnya sampe skrg masih konsultasi dokter-dokter aja, blm eksekusi naik meja.

*oh iya, seru juga nih kalau kita gathering dan berbagi cerita mengenai cedera kita nih

Setahu ane, dokter resminya adalah dr Carmen, dr Andre, dr Muki. dr Carmen udah sering ketauan kalo cuti tugas negara. dr Andre liat aja di websitenya. Sering ketemu atlet disana. dr Muki juga rekor atletnya panjang. RS Bintaro, belum pernah ada track record yang ane tahu sih.

Quote:Original Posted By prabuyudhistiro

Yang mau ane tanyain ke agan BangbusBoy adalah pasca operasi...maksudnya bagaimana keadaan hari ke 8 pasca operasi itu? Apakah beneran sudah bisa naik mobil\motorkah gan? Sudah bisa beraktifitas dengan normal sampe berapa persen gan? Karena ane memang targetnya cuti seminggu aja dari kantor..ngga mau terlalu lama...ngga enak kalo kelamaan gan...

Thanks gan...sorry kalo kepanjangan ya...

Hari ke 8 masih ga boleh ditekuk, tapi udah dilepas semua, dan tongkat GA BOLEH DIPAKE. Bracer masih dikunci besinya biar ga bisa nekuk. Minggu ke 2 plester dilepas, dan bracer kuncinya dilepas.
Jadi kalo motor rada susah ya, ga tau kalo motor matic. Tapi ane sih ada mobil. Dan kebetulan mobil matic dan ane cedera di kaki kiri jadi ga ganggu. Sedangkan motor ane Supra, jadi ga mungkin kaki ane nginjek gear.

Quote:Original Posted By prabuyudhistiro

Untuk operasinya sendiri ane tanya Dr Andre katanya bisa bius total gan... Tapi agan bius total atau cuma setengah badan kayak agan @DodoAja? kalo ane maunya bius total gan...biar ga berasa
Rasanya pas bius udah mulai ilang gimana gan? perih2kah atau sakit2 gitu?

Oh ya satu lagi yang ane pikirin ya pas mau poop itu gan..ngebayanginnya ribet bgt kayaknya kalo kaki ngga bisa ditekuk..mesti latihan dulu nih...wkwkw...mana toilet ane dirumah standar ngga ada alat cebok otomatisnya...yah nanti bisa lah diakalin...

Btw agan kena cederanya baru ya? lagi olahraga apa gan?

Kalo di RSPI bius total sih. Dan kata dr Andre memang bius total lebih baik.

Quote:Original Posted By BangbusBoy


MRI bisa ditunggu kog, cuma perlu bbrp jam gan, klo saya sktr 4 jam lah hasilnya udah keluar

Nah klo yg ttg bisa sembuh 100% atau tidak sy jg kurang ngerti bro, krn waktu itu dia bilang bisa sembuh total 100% tp harus ikutin saran dokter, gak ada di singgung sama sekali ttg nggak bisa sembuh lagi. Klo saya ACL putus, meniscus robek kiri kanan

Ane udah 100% . Plus korting korting yang belum ane cobain. Tapi so far, seluruh kegiatan normal. Naik tangga monyet, lari lari di tengah ujan, berenang, gradak gruduk lari di tangga, semua udah normal.

Quote:Original Posted By dedenZX1000
akhir nya kaki saya bisa nekuk gan...
tapi bengkak di letut belum kempes bgt...trus di paha yg cidera ko mengecil ya..
tapi saya udah bisa beraktifitas...
skrg udh 23 hari pasca kecelakaan nih..

Masih pake bracer ya? Sampe 2 bulanan masih kayak gitu gan. BTW, kalo memang ga banyak aktifitas luar kantor, ane disuruh lepas bracer sama dr Carmen biar tempurung lututnya bebas bergerak.
Paha memang mengecil, makanya dikasih terapi sama dr Carmen buat kembaliin ukurannya

Quote:Original Posted By prabuyudhistiro
Untuk agan agan....mau nambahin agan BangBusBoy, ini ada info tentang cedera ligamen lutut sampe ketahap penyembuhannya...semoga berguna...

http://orthoinfo.aaos.org/topic.cfm?topic=a00297

Terus dibawah ini ane upload form perkiraan biaya untuk melakukan operasi Arthroscopy Ligament Reconstruction...perkiraan tersebut untuk kamar kelas 1 di RS Pondok Indah.
Mohon maaf sebelumnya ane cuma bermaksud memberikan informasi ke agan agan yang membutuhkan perkiraan, tanpa bermaksud apapun selain dari itu...




Terima kasih...

Resminya sih segitu, tapi prakteknya kemarin sih ga sampe segitu kok gan. Ane cuman 45 dari perkiraan itu.
Quote:Original Posted By prabuyudhistiro

Bro BangBusBoy...update ane baru mau operasinya tanggal 8 maret besok bro ...
Sekarang sih tinggal nunggu aja nih...semoga lancar2...nanti dibiusnya disuntik gitu ya bro? GImana rasanya? Maklum soalnya ane belom pernah operasi bro...
Terus nanti rencana ane istirahat 2 minggu, baru masuk kerja...nah pas udah 2 minggu itu udah bisa naik motor belom bro? (ane kerja tiap hari bawa motor soalnya bro) Trus gimana kira2 kalo langsung naik motor, apakah ada efeknya bro?

Bro BangBusBoy udah bisa jalan normal ya?

Ngga disuntik lah... Pake selang infus. Jadi infus udah dipasang dulu, terus pertama dites dulu alergi apa aja. Terus dihajar antibiotik dosis tinggi di infusnya, baru masuk ruang operasi. Di ruang operasi obat biusnya dimasukin ke selang infus. Jadi di selang infus kan ada port buat masukin obat tambahan. Nah, dimasukkan ke sana.

Quote:Original Posted By prabuyudhistiro

Wah deg2an nih bro...mudah2an lancar...amieen..
Wah nice info bro tentang biusnya...hehe ane jadi gak penasaran lagi...

Iya ya mulai minggu ke tiga (hari ke 17) ane rencana udah masuk kantor...wah belom boleh naik motor ya? Mobil juga belom bisa ya..humm mesti cari cara lain ke kantor nih...kalo boleh tau agan BangBusBoy udah kerja apa masih kuliah\sekolah? Agan hari keberapa udah mulai bisa aktivitas normal luar rumah lagi?

Ane minggu ketiga udah jalan naik taksi .

Quote:Original Posted By BangbusBoy

Salam kenal jg bro

Nah, jujur gw jg agak bingung nih, krn dr awal dokter bilang fisioterapi, tapi di title dr.Carmen adalah Sp.KO (Kesehatan Olahraga)....dan setau gw klo fisioterapi itu yg dipanas2in ototnya itu kan ya?
Karena selama ini ya bs dibilang latihan fisik terus utk balikin kekuatan ototnya.

Fisiotherapy itu benernya pemulihan fisik. Jadi ga perlu dipanasin atau diapain, intinya pemulihan fisik.
Jangan takut gan.. intinya sama dr Carmen ane udah pulih 100% .

Quote:Original Posted By okitrigana
mau nya yang udah pernah operasi . sakit ga sih di operasi , terus proses operasinya di apain aja?

Ngga berasa apa apa gan

Quote:Original Posted By candra7x
agan agan minta info harga detail dari operasi lutut di rsup fatmawati dong bagi yg tau, detail harga operasi, alat yg dimasukkan ke lututnya, dokter bedah, anastesi, ruangan dll semuanya deh, bagi yg tau dan sudah pernah mohon infonya ya gan. kalo bisa PM ane,

Quote:Original Posted By okitrigana
bagusan operasi di rspi atau rspad sih?

Ada di depan tuh perinciannya.
Ane tutup mata, pilih rspi.

Quote:Original Posted By prabuyudhistiro
Sekedar informasi, mungkin ada pengaruhnya, ane cedera udah 5 tahun lalu, jadi sebelum operasi ane kayak biasa aja...bisa lari2, lompat2...sedangkan temen ane...dia cedera kurang lebih 1,5 bulan sebelum operasinya...dan menurut research ane di google, memang experience perasaan nyeri setiap orang beda2 dan tidak bakalan sama, dipengaruhi oleh banyak faktor dari mulai fisik, psikologis, umur, genetik dll...dan memang prosedur operasi setiap Rumah Sakit akan berbeda2, jadi agan agan yang akan operasi sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokternya...untuk prosedur pre dan pasca operasinya bagaimana, dan juga pain medicationnya bagaimana...apakah agan bisa memilih prosedur pain medicationnya atau tidak, dan bagaimana kalau agan merasa kesakitan, apakah tindakan yang dilakukan dokternya...

Ane operasi sekitar 1 mingguan setelah cedera. Tgl 26 juli ane jatuh, tgl 5 agustus ane dioperasi. Puji Tuhan lah, waktu ane cedera itu ada aja pasien cancel sehingga ane diselipin. Kalo ikutin prosedur standard, ga ada pasien cancel, ane mestinya baru bisa operasi pertengahan agustus.

BTW, ane umur 38 gan. Jadi ga beda jauh sama temen agan.

Quote:Original Posted By BangbusBoy

Yo..baik bro

manteb nih udah bawa kendaraan

Sampai skrg jg masih ada sedikit mati rasa di lutut saya

Pertama kali ya diajarin 10 gerakan dasar sama dr. Carmen, nanti dikasih kertas nya kog utk jaga2 klo lupa

Udah nebus obat rebo*e & cal nya? Mayan yak harganya?
Minum selama 6 bulan tuh bro

Beli di blok M Square Melawai gan. Di depan sana kan ada toko obat, cari yang diujung toko sebelah kiri. Harga beda jauh sama di RSPI. Ane juga kaget pas liat obatnya 120 kapsul . Tapi ngeliat itu cuman suplemen, ane beli di luar aja.

Quote:Original Posted By okitrigana

yang bilang harus operasi dokter bobby gan yang ada di rspad , dia orang no1 tentang masalah lutut di jakarta

Wah.. siapa yang bilang dia nomer 1 gan? Ane ga bilang dr Andre nomer 1, tapi liat aja antrean pasiennya sampe berminggu minggu kadang sampe itungan bulan panjangnya. Udah gitu, track recordnya mereka juga panjang, mulai dari atlet internasional sampe orang manca negara yang sengaja dateng buat berobat. Rehab nya juga sama dokter Carmen, dokter resmi dari Medical Comitee dari Badminton World Federation . Dr andre sendiri tiap hari operasi 2 pasien lutut, plus tangani 20 pasien berobat jalan.

Quote:Original Posted By chilicon

Gan, kemarin aku abis operasi atroscopy untuk dicek kenapa kakiku masih sakit setelah operasi. Ternyata hasilnya graf yang baru dipasang september ada yang sudah sobek secara partial(sobek 50 %). Akhirnya belum ada tindak lanjut dari dokterku. Trus saya tanya lagi supaya rekontruksi lagi bagaimana, ternyata disuruh memakai allugraf(donor lain) sebagai graf ACL baru. Saya langsung shock, gan. Saya jadi bingung harus bagaimana agar memperbaiki kaki saya. Kaki saya sering sakit. Jadi sedikit frustasi dan agak kurang percaya dengan dokter saya. Makanya saya mau tanya dokter yang dulu mengoperasi ACL agan prabuyudhistiro dan jun aguero dimana ya? Kira - Kira dokter agan masih mau menerima saya tidak ya?Maklum sejak awal kan enggak dioperasi ama dokter agan. Semoga agan-agan lain tidak menimpa kejadian seperti saya.

Kita di dr Andre semua gan. Bisa coba dateng ke RSPI. Dan ane udah pulih total kok sekarang.
http://www.jakarta-knee-center.com

Quote:Original Posted By cokopong
agan semua..maubtanya nih...ane harus operasi arthroscopy rekonstruksi acl..kmrn abis ke dokter andre...trs dia ngebolehin operasi di fatmawati tapi fatmawati operasinya single bundle, kl di rspi double bundle..pertanyaan ane:
1.mohon info total biaya operasi di rspi brp dan di rs fatmawati brp?
2.apa si beda single ama double bundle?dan apa efek jangka panjangnya?
3.kl agan2 uda ada yg perna operasi single ataupun double bundle..mohon pencerahan apa yg dirasain setelah operasi..(khususnya bro @dodoaja gmn skr bro rasanya? ente pas operasi di rsup pake single bundle ya? mohon pencerahannya)

makasi banyak ya gan...ane soalnya lg bingung..kl di rspi mahal bngt..huhuhu..tp denger2 double bundle lbh bagus...


1. RSPI ane terakhir 45 juta total.
2. Single bundle itu 1 otot, double bundle 2 otot. Double bundle lebih kuat dari single bundle.
3. Ga berasa apa apa kok. Cuman kaku aja karena ototnya masih baru. Sakit juga engga. BTW ane udah pulih total.
mas bro @prd0000 ... tengkyu banget penjelasannya nih.. ane juga kynya mutusin operasi di rspi ..abis drpd kelamaan galaunya.. hahaha... btw kalo bole tau .. obat yang di minum abis operasi itu apa ya? trs harganya brpan? tngkyu mas brooo
Quote:Original Posted By cokopong
mas bro @prd0000 ... tengkyu banget penjelasannya nih.. ane juga kynya mutusin operasi di rspi ..abis drpd kelamaan galaunya.. hahaha... btw kalo bole tau .. obat yang di minum abis operasi itu apa ya? trs harganya brpan? tngkyu mas brooo


Yang satu Rebone sama satu lagi lupa namanya.
Quote:Original Posted By prd0000

Resminya sih segitu, tapi prakteknya kemarin sih ga sampe segitu kok gan. Ane cuman 45 dari perkiraan itu.

Kalo ane hampir sama persis gan...sekitar segituan...

Wah salam kenal sesama alumni Dokter Andre

Ane sekarang sudah masuk Minggu ke 7 gan (Hari ke 46) pasca operasi, dan semakin hari semakin membaik...masih latihan nguatin otot quadriceps gan Btw lutut agan masih mati rasa di area sekitar sayatan operasinya? agan kan udah masuk bulan ke 8, itu sudah hilang atau masih mati rasa gan?
Trus ane sampe minggu ke 7 ini masih bengkak gan...maksudnya bukan bengkak sakit, tapi masih besar gitu area sekitar dengkul yg dioperasi...kalo agan bengkakknya ilang sampe bulan keberapa gan?
sorry gan mau share skalian nanya ke agan" disini.

seminggu yg lalu ane maen basket dan jatoh karena tabrakan wktu layup. Pas jatoh timbul bunyi "krek" gt di lutut kanan. sempet ngerasa sakit bgt tp g lama setelah itu kyk ada pergeseran lg di lutut dan rasa sakit itu langsung ilang. lutut ane jd normal lg bisa ditekuk ampe rapet dan ane anggap bisa maen lg stelah kejadian ini. 5 menit stelah itu ane maen lg dan lutut ane kerasa ngilu bgt sewaktu lari dan ane pkir ada yg g beres sama lutut ane.

besok pagi'y stlah bgun tidur, lutut mulai bengkak dan udah mulai sulit jalan. ane akhirnya di urut wlopun sbner'y ane g mau. selese diurut lutut masih bengkak dan jalan masih susah. barulah 3 hari setelah kejadian ane udah mulai bisa jalan normal dan sedikit" berani jongkok wlopun masih sakit.

sampai hari ini hari ke 7, jalan ane udah bner" normal tp ada kerasa ada yg beda dari biasa'y. solat pun udah bisa sujud dan udah bisa duduk diantara dua sujud hehehe. tp bagian sebelah kanan lutut ane kyk msih ada bengkak gt, ane teken" sih g keras dan g sakit.

setiap beberapa jam sekali sekeliling lutut selalu ane kompres pke es batu dan setelah dikompres emg kerasa'y lebih enak.ane blm sempet periksa k dokter karena ane blm pnya penghasilan gan dan orang tua ane g pnya asuransi kesehatan, jd biaya masih jd halangan ane buat berobat. sempet nanya ke temen yg pernah ngalamin sobek ligamen dan katanya lutut ane sebisa mungkin dibuat aktif jgn terlalu sering diem dan sering" naik turun tangga.

dengan ciri" kayak diatas, ada yg bisa jelasin g gan sebener'y lutut ane ini kenapa? ada ligamen yg sobek kah? ada pergeseran tulang kah? ato lebih parah dari ini?
thx gan atas perhatian'y, dan doain ane y mudah"an g kenapa"
Quote:Original Posted By prabuyudhistiro

Kalo ane hampir sama persis gan...sekitar segituan...

Wah salam kenal sesama alumni Dokter Andre

Ane sekarang sudah masuk Minggu ke 7 gan (Hari ke 46) pasca operasi, dan semakin hari semakin membaik...masih latihan nguatin otot quadriceps gan Btw lutut agan masih mati rasa di area sekitar sayatan operasinya? agan kan udah masuk bulan ke 8, itu sudah hilang atau masih mati rasa gan?
Trus ane sampe minggu ke 7 ini masih bengkak gan...maksudnya bukan bengkak sakit, tapi masih besar gitu area sekitar dengkul yg dioperasi...kalo agan bengkakknya ilang sampe bulan keberapa gan?

Bracer udah lepas belum gan? Kemarin ane lepas bracer baru ilangnya cepet. Udah ga mati rasa sih. Kalo ga salah bulan kedua udah ilang. Kemarin sering bengkak, jadinya bracer dilepas.
Yang bikin ane menderita cuman obatnya yang peroxicam. Itu sih geblek banget... lambung perih banget kalo minum itu, padahal udah dibantu pantozol ga mempan. Tiap 3 jam mesti diisi biar ga kosong.

Quote:Original Posted By daviloza
sorry gan mau share skalian nanya ke agan" disini.

seminggu yg lalu ane maen basket dan jatoh karena tabrakan wktu layup. Pas jatoh timbul bunyi "krek" gt di lutut kanan. sempet ngerasa sakit bgt tp g lama setelah itu kyk ada pergeseran lg di lutut dan rasa sakit itu langsung ilang. lutut ane jd normal lg bisa ditekuk ampe rapet dan ane anggap bisa maen lg stelah kejadian ini. 5 menit stelah itu ane maen lg dan lutut ane kerasa ngilu bgt sewaktu lari dan ane pkir ada yg g beres sama lutut ane.

besok pagi'y stlah bgun tidur, lutut mulai bengkak dan udah mulai sulit jalan. ane akhirnya di urut wlopun sbner'y ane g mau. selese diurut lutut masih bengkak dan jalan masih susah. barulah 3 hari setelah kejadian ane udah mulai bisa jalan normal dan sedikit" berani jongkok wlopun masih sakit.

sampai hari ini hari ke 7, jalan ane udah bner" normal tp ada kerasa ada yg beda dari biasa'y. solat pun udah bisa sujud dan udah bisa duduk diantara dua sujud hehehe. tp bagian sebelah kanan lutut ane kyk msih ada bengkak gt, ane teken" sih g keras dan g sakit.

setiap beberapa jam sekali sekeliling lutut selalu ane kompres pke es batu dan setelah dikompres emg kerasa'y lebih enak.ane blm sempet periksa k dokter karena ane blm pnya penghasilan gan dan orang tua ane g pnya asuransi kesehatan, jd biaya masih jd halangan ane buat berobat. sempet nanya ke temen yg pernah ngalamin sobek ligamen dan katanya lutut ane sebisa mungkin dibuat aktif jgn terlalu sering diem dan sering" naik turun tangga.

dengan ciri" kayak diatas, ada yg bisa jelasin g gan sebener'y lutut ane ini kenapa? ada ligamen yg sobek kah? ada pergeseran tulang kah? ato lebih parah dari ini?
thx gan atas perhatian'y, dan doain ane y mudah"an g kenapa"


Kalau ACL, jangan sering sering dibuat aktif gan. Nanti tuanya gampang kena OA kalo sering bergesekkan