KASKUS

Thumbs up Adipura 2012, 4 Kota di Indonesia Dinyatakan Kota Besar Terbersih

Spoiler for HT:




SENIN, 04 JUNI 2012, PUKUL 14:39 WIB

Quote:
Malang

Spoiler for :


Jogja

Spoiler for :


Manado

Spoiler for :


Balikpapan

Spoiler for :




Empat kota di Indonesia dinyatakan sebagai Kota Besar Terbersih, membuat mereka layak mendapat penghargaan Adipura 2012 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan akan diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Empat kota tersebut yakni Malang, Balikpapan, Manado, dan Yogyakarta. Dalam jumpa pers di Yogyakarta, Senin (4/6), Kepala Bidang Keindahan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono menjelaskan, empat kota yang dinyatakan Kota Besar Terbersih tersebut memiliki sejumlah kriteria.

Antara lain, pengolahan sampah dengan penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), pengendalian pencemaran air, keteduhan atau penghijauan, serta koordinasi antar sektor yang melibatkan peran aktif masyarakat.

Agus menjelaskan, penghargaan Adipura ini merupakan kebanggaan sendiri karena mampu mempertahankan piala tersebut hingga tahun ini. Bahkan keberhasilan lain yang diperoleh Kota Yogyakarta adalah mendapat nilai terbaik untuk Terminal Terbaik Terbersih dan Pasar Terbaik Terbersih.

Ketika disinggung tentang pengelolaan lingkungan hidup di Yogyakarta, persoalan utama yang dihadapi adalah mengubah mindset masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Kalau untuk pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, pengelolaan air, dan udara memang masih perlu untuk evaluasi lagi. Namun, yang menjadi target utama saat ini justru kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan,” kata Agus.

Kesadaran masyarakat tersebut dicontohkannya, membiasakan masyarakat untuk memilah sampah, tidak merokok sembarang tempat, menjaga kualitas air, dan menanam tumbuhan hijau.

Untuk meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, pemerintah juga membuat buku Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Buku ini sangat membantu karena dapat mengetahui kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta berupa lingkungan, air, udara, lahan, kegiatan industri yang mengakibatkan pencemaran.

Informasi flora-fauna dan peraturan daerah tentang lingkungan serta SDM yang bergerak di dalamnya dapat juga terliput dalam buku tersebut. “Buku SLHD ini sangat efektif untuk digunakan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Berkat buku ini kami juga berhasil mendapat penghargaan dari KemenLH,” tambahnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono menambahkan, Adipura yang diterima oleh Kota Yogyakarta bukan semata-mata hanya penghargaan. Namun, merupakan pemantik untuk terus melakukan pengelolaan lingkungan hidup secara baik dan benar.

“Kami ingin masyarakat juga terlibat aktif dalam pengelolaan lingkungan ini. Lingkungan menjadi tanggungjawab bersama,” kata Eko.

(Olivia Lewi Pramesti)


Alhamdulillah kota ane masuk, I Love Malang
Semoga ke depan, 4 kota ini bs lebih memperhatikan pengelolaan lingkungan hidup dg sebaik2nya untuk kehidupan yg lebih baik di masa depan

Kota2 yg lain semoga termotivasi utk merebut gelar ini di tahun2 selanjutnya

Mohon bantuan nya dan nya gan

Dan peraih Adipura Kencana untuk kategori kota besar adalah adalah......... jeng jeng jeng....

Spoiler for adalah...:


Spoiler for tambahan:

selamet ya gan kota ente masuk nominasi

btw jakarta ga masuk gan



Spoiler for mampir yuuk gan:


Quote:Original Posted By Add and follow my another account, please...





untung kota ane kagak masuk,
soalnya jd bahan skripshit ane:
jelek bgt skripshit ane kl lg bahas pengelolaan sampah tp kotanya malah masuk adipura:
Quote:Original Posted By mfp220706
untung kota ane kagak masuk,
soalnya jd bahan skripshit ane :
jelek bgt skripshit ane kl lg bahas pengelolaan sampah tp kotanya malah masuk adipura :


emang kota ente dimana gan?? :
ane percaya kalo daerah sana tuh kota yang bersih, ngk seperti di kota ane gan
Quote:Original Posted By DeSyaraf
selamet ya gan kota ente masuk nominasi

btw jakarta ga masuk gan





Jakarta kemarin sdh dapat penghargaan gitu gan, apa ya kmrn ane lupa

Quote:Original Posted By mfp220706
untung kota ane kagak masuk,
soalnya jd bahan skripshit ane:
jelek bgt skripshit ane kl lg bahas pengelolaan sampah tp kotanya malah masuk adipura:


Smoga skripshitnya berakhir mjd skripsweet gan

Tambahan penampakan Balikpapan (penerima Adipura Kencana utk kategori Kota Besar) dr juragan notiftiket <--- masih abu nih, siapa mau in
Quote:Original Posted By notiftiket
sep Balikpapan dan Malang masuk

kawasan pertamina balikpapan bersih dan tertata apik..

berikut penampakan kawasan green Balikpapan









credit photo : ichan1884
Gue Vote Yogya ah... Kota Penuh Kenangan bagi gue...

Surakarta jokowi mana neh : denger denger lebih hebat dan bersih ketimbang indonesia sekalipun, udah bisa bikin mobik sendiri alutsista sendiri
Suroboyo kok gak mlebu yo gan ... ?

Selamat dech buat ke empat kotanya.
Quote:Original Posted By Khoontol
Suroboyo kok gak mlebu yo gan ... ?

Selamat dech buat ke empat kotanya.


Mungkin lain waktu lur, tetep semangat mendukung program pemda dlm menjaga kelestarian lingkungan

Quote:Original Posted By KimaxKaw
Gue Vote Yogya ah... Kota Penuh Kenangan bagi gue...



Jogja jg memberikan kenangan utk cinta monyet ane yg kandas dg sukses, thn 1998
sebelum baca ane sudah yakin..jogja pasti masuk

good jobs..
Gw sangat mendukung kegiatan yg merangsang pemerintah daerah sekaligus masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, agar bumi gak semakin rusak
bandung kota tercinta ane kagak masuk ya
Penurunan buat Malang, biasanya dapet Adipura Kencana tuh ...
Quote:Original Posted By S-60
Penurunan buat Malang, biasanya dapet Adipura Kencana tuh ...


Quote:Adipura Kencana

Penghargaan yang diberikan pemerintah bagi kota-kota yang telah empat kali meraih Adipura. Setiap aspek manajemen dan peran serta masyarakat (termasuk PKK dan Kesehatan) harus mempunyai nilai 80% dari nilai maksimum setiap aspek tersebut dan nilai fisik harus lebih besar atau sama dengan 80% dari nilai maksimum.


Pelan2 gan, gak bisa langsung meraih Adipura kencana
Kota gw masuk di sana

Padahal kalau gw liat sekeliling ya masih sering ada sampah berserakan
Nah ini baru yang namanya kota..seperti 4 kota ini
klo JKT mah gak layak disebut kota..tapi perkumuhan
klo BPN gw akui lah top markoto :
klo MLG lumayan
klo JOGJA..rada semberawut
klo manado blm pernah ke sana, jd gak tau
Quote:Original Posted By Shameimaru.Aya
Kota gw masuk di sana

Padahal kalau gw liat sekeliling ya masih sering ada sampah berserakan


Emang elu tinggal dmn Ay?

Quote:Original Posted By DecaCombo
Nah ini baru yang namanya kota..seperti 4 kota ini
klo JKT mah gak layak disebut kota..tapi perkumuhan


Thanx gan, walau bagaimana Jakarta tetap ibu kota negara kita gan
Tp cukuplah bagi ane denger ceritanya aja, gak minat tinggal disana
Mantap. Kota gue (Yogyakarta) masuk salah satu kota terbersih. Yogya memang istimewa.
Quote:Original Posted By autoband
Emang elu tinggal dmn Ay?



Thanx gan, walau bagaimana Jakarta tetap ibu kota negara kita gan
Tp cukuplah bagi ane denger ceritanya aja, gak minat tinggal disana

JKT tempat segala jenis tipe manusia
mulai dari bajingan sampai orang alim ada
mulai dari koruptor kelas plankton sampe koruptor kelas paus ada