KASKUS

Hukum Memajang foto

سْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Apakah hukumnya memajang foto manusia di dalam rumah. Adakah hadist shahih yang melarangnya ?

Hukumnya tidak boleh karena membuat malaikat rahmat tidak masuk ke rumah.

Dalilnya hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب ولا صورة

"malaikat tidak masuk rumah yang ada anjing dan gambar (makhluk hidup) di dalamnya."

Imam khottobi menulis bahwa malaikat yang dimaksud adalah malaikat yang turun dengan berkah dan rahmat.

Lihat ma'alim sunan oleh imam khottobi hal 75
lihat juga kitab Majmu' Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin juz 2 hal 272


Sumber : http://www.salamdakwah.com/baca-pert...ang-foto..html

Semoga bermanfaat...


و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته







Buka thread yang lain..

Meninggalkan anak istri untuk mencari nafkah
Ada kuburan di halaman mushola
Keutamaan membaca "basmallah"
Tertidur dalam posisi bersila ketika khutbah jumat
Peralatan masak bekas memasak bahan yg haram (daging babi etc)
Rum untuk kue haram atau tidak
Mengawetkan hewan
Pengobatan dengan media air
Mendonorkan Anggota Tubuh
Pemberian Nama Pada Anak Laki-Laki
Nikah via telepon
Mewarnai Rambut
Shodaqoh dengan niat pahalanya utk orang ygsdh meninggal dunia
Hukum istri minta bercerai
Mengangkat Tangan Dalam Berdoa Setelah Sholat
Hukum memakai behel (kawat gigi) dan lasik mata
Satu lubang kubur untuk 2 mayyit atau lebih
Memakai tas, dompet, sepatu yang terbuat dr kulit binatang buas
poto ane narsis pas jaman jadul bnyak bnget dipajang sama nyokap

ternyata gaboleh ya
masa sih gan gak boleh???
kalo foto keluarga gimana gan?
waaaddduuuhhh...yang boneng gan....Waaahhh...saatnya melepas photo2 ane nih...and ganti dengan poster bergambar ane
foto keluarga besar gitu juga gak boleh gan ?
di rumah ane ada foto keluarga gan :
dirumah ane ada foto keluarga ama foto kita2 masih kecil gan... itu ga boleh ya?
Thread bagus nih
nambah ilmu,ane bantu
Quote:Original Posted By cakap
waaaddduuuhhh...yang boneng gan....Waaahhh...saatnya melepas photo2 ane nih...and ganti dengan poster bergambar ane

apa bedanya gan

Quote:Original Posted By cakap
waaaddduuuhhh...yang boneng gan....Waaahhh...saatnya melepas photo2 ane nih...and ganti dengan poster bergambar ane


awkawkakwkawkawk, sama aja kale gan,awkawkakwkaw
ia gan ane sering dgr di pengajin ..
btw nice share gan..
buat ente gan...
Alhamdulillah ada thread begini.

Emang bener yg agan ini bilang, hukumnya memang kita ga boleh pajang foto makhluk bergerak (manusia & hewan). Lukisan maupun ukiran orang ataupun hewan juga ga boleh karena masih dlm kategori sama dengan gambar.

Klo lukisannya murni tumbuhan (tanpa ada manusia/hewannya) nah itu baru boleh.

wassalam
kalo gambar alien gimana?
tapi kalo pajang foto spongbob, petrik, sama skuidwad boleh kan? :
ada benarnya juga gan
guru ngaji ane juga pernah bilang kaya begitu
bagus lah informasi nya, aku juga baru tau ini hahaha
nice inpoh gan, izin nyimak
wah,dirumah ane banyak nya foto keluarga sama foto ortu waktu d mekkah gan.. gmna donk?
wah baru tau ane gan