Quote:Original Posted By sinbad77


Khok pake ragu sih... MPV yg lain juga penggerak depan, Livina, R3, Carens, etc. Yang gak umum kan duo kaleng... chasis truk mini ditempelin body MPV terus dijual mahal... truk mini yg aneh..

ada yg lebih gila lg. teknologi jadul, kenyamanan minim, interior jadul abis tp hrg setara innova....
Quote:Original Posted By aaarri


bener yg agan bilang tentang penggerak depan, setahu ane sih mobil penggerak roda depan iriiit bensin, responsif, stabil (Berlaku untuk jalan datar dan halus).

Pernah bawa j*zz 2007 idsi dan R3 emang agak kurang enak kalo untuk tanjakan, agak lemot gitu. Ane bandingkan anex, ter*os, t*runa lebih enak utk tanjakan. Ini berdasarkan pengalaman dan pendapat temen ane yg punya mobil penggerak roda depan juga ya gan. Intinya sih penggerak depan atau belakang sama2 bisa nanjak kok, tapi beda karakternya aja.

menurut ane mobil2 modern skrg kan memang harus menggunakan body dari kaleng, supaya ringan, efisien bbm. Semua mobil punya kelebihan dan kekurangan om, gak perlu menghina2 begitu....ciri khas dari sasis semi-monokok adalah daya tahan terhadap jenis jalanan dan bisa mengangkut yg berat2.


betul itu. jeleknya fwd, kaki kalah awet dibanding rwd. bagusnya irit di datar, pengendalian lebih baik.
Quote:Original Posted By aaarri


bener yg agan bilang tentang penggerak depan, setahu ane sih mobil penggerak roda depan iriiit bensin, responsif, stabil (Berlaku untuk jalan datar dan halus).

Pernah bawa j*zz 2007 idsi dan R3 emang agak kurang enak kalo untuk tanjakan, agak lemot gitu. Ane bandingkan anex, ter*os, t*runa lebih enak utk tanjakan. Ini berdasarkan pengalaman dan pendapat temen ane yg punya mobil penggerak roda depan juga ya gan. Intinya sih penggerak depan atau belakang sama2 bisa nanjak kok, tapi beda karakternya aja.

menurut ane mobil2 modern skrg kan memang harus menggunakan body dari kaleng, supaya ringan, efisien bbm. Semua mobil punya kelebihan dan kekurangan om, gak perlu menghina2 begitu....ciri khas dari sasis semi-monokok adalah daya tahan terhadap jenis jalanan dan bisa mengangkut yg berat2.


semi monocoque itu yang kayak gimana ya gan ane kok blm paham.. kalau yang spin itu termasuk semi monocoque kah?

IMHO, GM indonesia barangkali telah mencoba menghilangkan kekhawatiran calon user terhadap kemampuannya di tanjakan dengan melakukan testdrive yang menelusuri puncak ketep itu.

Quote:Original Posted By sinbad77


Khok pake ragu sih... MPV yg lain juga penggerak depan, Livina, R3, Carens, etc. Yang gak umum kan duo kaleng... chasis truk mini ditempelin body MPV terus dijual mahal... truk mini yg aneh..


Hehehe... Kayanya si om sensi abis nih ma merk sebelah, sampe segitunya..

Btw, liat berita Juke vs Xenia tadi pagi serem juga yah, bisa abis gitu bodi Xenia, kaya habis ditabrak tronton ato kereta gtu. Padahal si Juke cuma ringsek biasa..

OOT : Kecelakaan di tol Purbaleunyi

gan.. di berita det*k[.]com di berita kecelakaan antara xenia dan juke..

kalau ngelihat foto mobil setelah kejadian ane sedih banget gan...

mohon jaga kecepatan mobil sesuai yang di anjurkan di marka jalan..dan patuhi peraturan lalu lintas
Quote:Original Posted By mYo64


Hehehe... Kayanya si om sensi abis nih ma merk sebelah, sampe segitunya..

Btw, liat berita Juke vs Xenia tadi pagi serem juga yah, bisa abis gitu bodi Xenia, kaya habis ditabrak tronton ato kereta gtu. Padahal si Juke cuma ringsek biasa..


Ya semoga banyak orang kebuka matanya. Lebih penting nyawa dibanding resale value kan.
Quote:Original Posted By kdisel
gan.. di berita det*k[.]com di berita kecelakaan antara xenia dan juke..

kalau ngelihat foto mobil setelah kejadian ane sedih banget gan...

mohon jaga kecepatan mobil sesuai yang di anjurkan di marka jalan..dan patuhi peraturan lalu lintas


ada foto juke-nya ga gan?


Quote:Original Posted By pervia


Ya semoga banyak orang kebuka matanya. Lebih penting nyawa dibanding resale value kan.


iya gan. ngarepnya supaya merk sebelah juga memperbaiki diri supaya fitur safety lbh diperhatikan. biar sama2 selamat. tentunya diimbangi dengan kesadaran pengendara. jangan sampe karena percaya diri fitur safety berlimpah trus melupakan kesadaran berkendara.

untuk kejadian tersebut, ane turut berduka.
gan..karena dipastikan unit spin yg akan turun nanti row ke 2 nya nggak bisa rebah lg, ada yg tau bengkel modif jok yg bagus spy bisa ubah rebah 1-2 klik lg di daerah Depok/Bogor?

trims..

tadi ane 1 km di belakang kejadian gan. xenia bener2 parah. wajar 5 tewas. juke yg keliatan pantatnya doang sekilas parah juga walau gak seancur xenia.

lessonya drive safely lah. perilaku mengemudi kita mempemgaruhi nasib orang lain. untuk.kejadian tadi xenia apes. juke hilang kendali, nyebrang tol n ngajar xenia yg berlawanan arah.

kalo.kecepatan tinggi gini boil bagus juga potensi ancur. ane dulu liat crv nyebramg tol juga sama aja gan. tu boil ancur


Quote:Original Posted By foxter


ada foto juke-nya ga gan?




iya gan. ngarepnya supaya merk sebelah juga memperbaiki diri supaya fitur safety lbh diperhatikan. biar sama2 selamat. tentunya diimbangi dengan kesadaran pengendara. jangan sampe karena percaya diri fitur safety berlimpah trus melupakan kesadaran berkendara.

untuk kejadian tersebut, ane turut berduka.


Quote:Original Posted By foxter


ada foto juke-nya ga gan?




iya gan. ngarepnya supaya merk sebelah juga memperbaiki diri supaya fitur safety lbh diperhatikan. biar sama2 selamat. tentunya diimbangi dengan kesadaran pengendara. jangan sampe karena percaya diri fitur safety berlimpah trus melupakan kesadaran berkendara.

untuk kejadian tersebut, ane turut berduka.



ini foto juke nya


Quote:Original Posted By sinbad77


Khok pake ragu sih... MPV yg lain juga penggerak depan, Livina, R3, Carens, etc. Yang gak umum kan duo kaleng... chasis truk mini ditempelin body MPV terus dijual mahal... truk mini yg aneh..


tiap kendaraan ada kelebihan en kekurangan
ada baiknya nahan emosi bro hehehe
toh spin ini blom teruji jg kan, lah wong dijalanan aja blom ada yg make
min 1-2 taun deh baru bs compare dgn yg agan blg" truk mini aneh"
baik sasis (pas tabrakan) , tarikan, daya tahan, bensin,kaki2 dsbnya
cmn kayanya diluar negri yg udah beredar spin gambar tabrakan lumayan2 ancur mirip2 kaleng krupuk jg, ga tau test crashnya gimana


penggerak depan ada kekurangan en kelebihan
penggerak depan mobil2 mpv tipe baru grand livina,ertiga sampe spin ini bahkan serena jg make
jaman dulu yg pake penggerak blakang kijang kapsul, soal tahan banti ga usah diragukan lg ini kijang kapsul (harga 2nd nya aja masi lumayan)
bgitu jg body yg istilah jadul pake full pressbody

kalo dr pengalaman sy penggerak roda depan kalo tarikan emang enak, cmn kalo kerusakan as roda,kaki2 dsbnya lebih gampang rusak, dibanding penggerak roda blakang
Quote:Original Posted By aaarri


bener yg agan bilang tentang penggerak depan, setahu ane sih mobil penggerak roda depan iriiit bensin, responsif, stabil (Berlaku untuk jalan datar dan halus).

Pernah bawa j*zz 2007 idsi dan R3 emang agak kurang enak kalo untuk tanjakan, agak lemot gitu. Ane bandingkan anex, ter*os, t*runa lebih enak utk tanjakan. Ini berdasarkan pengalaman dan pendapat temen ane yg punya mobil penggerak roda depan juga ya gan. Intinya sih penggerak depan atau belakang sama2 bisa nanjak kok, tapi beda karakternya aja.

menurut ane mobil2 modern skrg kan memang harus menggunakan body dari kaleng, supaya ringan, efisien bbm. Semua mobil punya kelebihan dan kekurangan om, gak perlu menghina2 begitu....ciri khas dari sasis semi-monokok adalah daya tahan terhadap jenis jalanan dan bisa mengangkut yg berat2.



spendapat gan
tos sesama pengguna roda penggerak depan en blakang
Quote:Original Posted By pervia


Ya semoga banyak orang kebuka matanya. Lebih penting nyawa dibanding resale value kan.


Chevy Spin juga belum ada rating utk crash test report, mudah2an hasil tesnya bisa cepat keluar di http://www.aseancap.org

Tapi buat yg mau lihat foto kecelakaannya Spin vs truck, 3 orang tewas, bisa lihat di http://www.kaskus.co.id/show_post/00...0742405893/56/

Yg di bawah ini akibat ngantuk akhirnya nabrak pohon, 1 orang tewas 2 jam setelah kecelakaan, atapnya terpaksa digergaji buat evakuasi korbannya.
http://www.eldiariodelapampa.com.ar/...cales&Itemid=2

Spoiler for foto lainnya dr link yg di atas:


Quote:Original Posted By foxter


ada foto juke-nya ga gan?


Ini dr detikcom

Spoiler for xenia-juke:


M.U cars by chevy...
Quote:Original Posted By mYo64


Hehehe... Kayanya si om sensi abis nih ma merk sebelah, sampe segitunya..

Btw, liat berita Juke vs Xenia tadi pagi serem juga yah, bisa abis gitu bodi Xenia, kaya habis ditabrak tronton ato kereta gtu. Padahal si Juke cuma ringsek biasa..


Ngak segitunya lah. Ane juga pake RWD (Panther). Tapi juga sering nyupir FWD punya bini. Keduanya gak masalah di tanjakan.
Kalo duo kaleng ini terkait berita kecelakaan yg di Cipularang tadi. Tadi lagi kepikir body full monocoque Juke lebih menjamin safety penumpangnya, karena bisa membentuk Crumple-Zone dibanding body tipis yg di tempel di atas chasis truk.

Btw, walau belum pernah crash-test, Spin sudah di buat struktur body dgn crumple-zone ya, mirip yang ada di Juke. Tapi ini utk tabrakan frontal dari depan dengan speed tidak lebih 60kph. Artinya kedua mobil sdh sempat nge-rem. Kalo kasus Juke Vs Xenia, spt-nya si Xenia gak sempet nge-rem, krn event gak terduga.... Turut berduka cita yg sedalamnya...

Quote:Original Posted By sinbad77


Ngak segitunya lah. Ane juga pake RWD (Panther). Tapi juga sering nyupir FWD punya bini. Keduanya gak masalah di tanjakan.
Kalo duo kaleng ini terkait berita kecelakaan yg di Cipularang tadi. Tadi lagi kepikir body full monocoque Juke lebih menjamin safety penumpangnya, karena bisa membentuk Crumple-Zone dibanding body tipis yg di tempel di atas chasis truk.

Btw, walau belum pernah crash-test, Spin sudah di buat struktur body dgn crumple-zone ya, mirip yang ada di Juke. Tapi ini utk tabrakan frontal dari depan dengan speed tidak lebih 60kph. Artinya kedua mobil sdh sempat nge-rem. Kalo kasus Juke Vs Xenia, spt-nya si Xenia gak sempet nge-rem, krn event gak terduga.... Turut berduka cita yg sedalamnya...



kalo yg gue baca sih.....si xenia ketiban juke yang terbang....kalo udah gini sih....mau bentley sekalipun ya udah pasti benyek....

PS: somehow ...I detect fanboyism growing slowly in this forum....udah bragging sana sini...padahal mobilnya aja belum ada yg di delivery ke pembeli.....
Waduh,
thread nya jadi mulai panas nih, bahas kecelakaan pula, jadi serem.

please masbro2, jangan ngulang kmrn2 lg ada yg tersinggung disebut fanboi jadi berantem
kaskuser yg lain jadi korban, jadi ga enak baca threadnya, padahal banyak yg galau Spin & berniat nambah info disini

di guyur dulu deh biar adem :
Spoiler for Dayang-Dayang Seksi Chevrolet Spin:
Quote:Original Posted By mojoknyok
tadi ane 1 km di belakang kejadian gan. xenia bener2 parah. wajar 5 tewas. juke yg keliatan pantatnya doang sekilas parah juga walau gak seancur xenia.

lessonya drive safely lah. perilaku mengemudi kita mempemgaruhi nasib orang lain. untuk.kejadian tadi xenia apes. juke hilang kendali, nyebrang tol n ngajar xenia yg berlawanan arah.

kalo.kecepatan tinggi gini boil bagus juga potensi ancur. ane dulu liat crv nyebramg tol juga sama aja gan. tu boil ancur


setuju Gan. itulah sebabny fitur keamanan terutama ketahanan body sangat penting. Kadang kita udah bener nyetir nya, tapi apes gara2 orang lain yg lalai.

turut berduka atas korban meninggal kecelakaan tsb.
Quote:Original Posted By abdulganteng


setuju Gan. itulah sebabny fitur keamanan terutama ketahanan body sangat penting. Kadang kita udah bener nyetir nya, tapi apes gara2 orang lain yg lalai.

turut berduka atas korban meninggal kecelakaan tsb.


Jadi keinget keputusan ane waktu itu membandingkan splash, spark dan picanto. Kalau ga salah memperhatikan spark ketiban kontainer masih mrlenyisakan ruang 5 jari di atas pintu. Masih ada peluang selamat. Lupa apakah yg naik selamat atau tidak dan kontainernya tdk disebutkan apa isinya atau mgkn kosong. Kayaknya waktu itu jg di thread om morinoz.

* btw di sini ga masalah kan disebut merk? Toh klo dibintang2 jg mudah ketebak.

Disain Monocoque ala Spin.

Just remind... pentingnya crumple-zone di depan dan belakang. Serta side impact beam.
Kalo terjadi tabrakan pada Spin dari depan, frame area mesin melesak meredam benturan, mesin akan melenting ke kolong, dan steer coloumb akan colaps. Ruang kabin di buat lebih rigid utk melindungi penumpang.
Jika tabrakan dari belakang. Ruang ban serep akan melenting ke kolong juga.
Jika tabrakan dari samping, cuma dilindungi 3 batang baja.
Jika ketiban sesuatu yg berat dari atas, atap melesak. Tapi diharapkan berhenti pada base-line rigid area. Atap gepeng tapi masih ada ruang bagi penumpang agar tidak terjepit habis.



Segala hal bisa terjadi di jalan raya, tapi setidaknya dampak kecelakaan yg lebih buruk dapat dikurangi.

Beberapa artikel tentang struktur body mobil:
http://mobil.otomotifnet.com/read/20...man_Luar_Dalam
http://ridersdrivers.com/berita-941-...s-monokok.html
http://fahmihusaen.blogspot.com/2013...s-monokok.html

Quote:Original Posted By foxter


bonusnya ajib. tp chromed handle dr mana? soalnya itu kan part of accesories klo yg saya tahu. dan blm ada yg dijual. atau jangan2 info saya yg salah ya.



saya di sono ndak nemu info SPIN gan dan ertiga ga ada (ga paham serinya)


ane coba bantu gan...