KASKUS

Poll: Perlukah Diberikan Bimbingan Belajar Bagi Para Calon Pemilik SIM

Sangat Perlu Sekali 64% (356 votes)
Perlu Tapi Tidak harus 23% (127 votes)
Tidak Perlu, Membuang Waktu Saja 10% (54 votes)
No Comment 4% (20 votes)

Thumbs up Tarif Resmi Pembuatan SIM, STNK Dan Pelat Nomor Kendaraan Bermotor

Quote:Jakarta - Divisi Humas Mabes Polri merilis tarif resmi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan dan pelat nomor.



Tarif ini berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 50 Tahun 2010
tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia

Berikut tarif resminya

I PENERBITAN SIM

A. Penerbitan SIM A
1. Baru Per Penerbitan Rp 120.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 80.000

B. Penerbitan SIM B
1. Baru Per Penerbitan Rp 120.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 80.000

C. Penerbitan SIM B II
1. Baru Per Penerbitan Rp 120.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 80.000

D. Penerbitan SIM C
1. Baru Per Penerbitan Rp 100.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 75.000

E. Penerbitan SIM D (khusus penyandang cacat)
1. Baru Per Penerbitan Rp 50.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 30.000

F. Pembuatan SIM Internasional
1. Baru Per Penerbitan Rp 250.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 225.000

II Pelayanan ujian keterampilan mengemudi melalui simulator

Per Ujian Rp 50.000

III Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
A. Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum Per Penerbitan Rp 50.000
B. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Per Penerbitan Rp 75.000
C. Pengesahan Surat Tana Nomor Kendaraan (STNK) per pengesahan/Tahun Rp 0

IV Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK)

Per penerbitan/kendaraan Rp 25.000

V Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)

A. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 per Pasang Rp 30.000
B. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Per Pasang Rp 50.000

VI. Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
A. Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3
1. Baru Per Penerbitan Rp 80.000
2. Ganti Kepemilikan Per Penerbitan Rp 80.000

B. Kendaraan Bermotor roda 4 atau lebih
1. Baru Per Penerbitan Rp 100.000
2. Ganti Kepemilikan Per Penerbitan Rp 100.000

VII Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan ke luar daerah

Per Penerbitan Rp 75.000

SUMBER




Quote:
Polisi Bikin Bimbingan Belajar Agar Lolos Ujian SIM
Jakarta - Kesulitan mengikuti ujian untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM) dan memilih potong kompas dengan menghubungi calo? Ada baiknya kebiasaan buruk itu dipikir ulang dan menjajal program bimbingan belajar untuk ujian SIM.


Simulator Uji Ketrampilan Mengemudi


Adalah Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Bagian Satuan Pelaksana Administrasi (SIM) Daan Mogot yang mengagas program tersebut. Nantinya, peserta bimbel SIM diberi pelatihan menjawab materi ujian tertulis yang biasa ditanyakan dalam ujian tersebut.

"Program Bimbingan belajar ujian teori SIM guna memahami aturan-aturan berlalu lintas dan memiliki kecakapan yang bagus dalam mengendarai kendaraan. Selain itu program ini juga akan menjadi ajang proses belajar bagi pemohon SIM yang gagal supaya paham betul teknik mengemudi dan paham akan aturan berlalu lintas," ujar Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Teddy Minahasa, SH, SIK saat dihubungi wartawan.

Menurut Teddy, bimbingan belajar yang digagas oleh Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Arsal Sahban, ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari Polri dalam mendukung rencana umum nasional keselamatan (RUNK) jalan guna mengurangi tingkat kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas.

Teddy menambahkan, program bimbingan belajar ini kedepannya akan diadakan untuk pemohon SIM C pada hari Selasa dan SIM A dan SIM B pada hari Kamis. Bagi yang gagal tes, dapat kembali setelah mendapat bimbingan belajar dan akan diberikan bimbingan khusus yang disediakan pada hari Senin dan Kamis.

"Saya sangat terbantu dengan bimbel ini. Bisa menjawab soal-soal ujian teori dengan mudah. Ada trik-triknya," kata seorang peserta bimbel, Oktoria.

SUMBER


Nah ini nih harga resminya untuk pengurusan SIM dan surat2 kendaraan bermotor lainnya . Sayangnya ketika kita melakukan proses untuk pengurusan surat2 kendaraan bermotor tersebut mungkin saja masyarakat merasa terlalu lama dan membosankan antri2an di kantor SAMSAT . Sehingga muncullah istilah orang2 yang menawarkan jasa percaloan untuk memberikan kemudahan bagi para pengemudi dan pemilik kendaraan bermotor tersebut. Sehingga muncullah harga - harga tidak resmi yang kabarnya jauh di atas harga resmi yang ditentukan oleh Polri.

Dan mengenai bimbingan belajar agar lulus uji SIM, apa memang diperlukan bimbingan belajar tersebut ???? Gue rasa sih perlu untuk memberikan arahan dan pembelajaran kepada masyarakat agar nantinya bisa menjadi pengemudi yang bijak, arif dan sopan di jalan raya. Gue jadi ingat kalau di luar negeri kabarnya untuk mendapatkan SIM sangatlah susah . Bahkan pembalap sekelas Jorge Lorenzo harus mengikuti ujian dan test praktik berulang - ulang.
Kalau di Indonesia ( kalau tidak salah ) untuk mendapatkan SIM , calon pemilik SIM harus melakukan serangkaian test dan ujian tertulis seputar pengetahuan berlalu lintas .... Nah Para kaskuser, momod , mimin dan lain2nya pada ikutan testing gak sewaktu mau memperoleh SIM ???? hayoooo... pada ngaku dahhh !!!!!

thread lainnya :
[ ASK ]Pertanyaan Seputar Kaskus , Please Bantu Jawab Ya Friends !!!!!!
ini harga resmi yg prosesnya bikin cape hati
*Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu
*Harga diatas belum ditambah PPN
gak sekalian harga Calo dirilis jg tuh
kenyataan di lapangan berbeda gan, kalo mau ngikutin prosedur ya harus tunggu sampai berlumut

kalo gak punya saudara ato kenalan polkis, ya ujung-ujungnya duit gan untuk mempercepat pelaksanaannya

gak mungkin juga kan kita adu urat masalah ginian di markasnya polkis???
contoh : "wah pak resminya kan cuma segini?"

KPK datanglah samsat dan temukanlah pungli dan korupsi yang nyata-nyata dibiarkan untuk memeras masyarakat ...
Quote:Original Posted By raulmadrid2009
*Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu
*Harga diatas belum ditambah PPN


PPN APA gan?

PEMALAKAN POLISI NAKAL KAH maxudnya?

tarif resmi + 10 kali bolak balik
ane kemaren ikut tes lulus gan
emang cuma 100 rb, g tau yang laen
Quote:Original Posted By anak.lelebamb
PPN APA gan?

PEMALAKAN POLISI NAKAL KAH maxudnya?



no comment ah.....agan2 disini pd tau kok
resminya padahal murah yah......
tapi knapa bpk w bikin sim 1 biji 500k yah...
kok tarif parkir di lokasi pembuatan sim,tarif potokopi,dompet berlogo,laminating,tarif makan pagi dan siang*..kok ngga ada?..

*soalnya masuk pagi pulangnya sore






—musibah itu cobaan™
itu kan cuma tarif normal,belum lagi tarif silumannya,no comet dah...
Semoga saja tarif ini tidak di markup
Quote:Original Posted By 0ralucu
kok tarif parkir di lokasi pembuatan sim,tarif potokopi,dompet berlogo,laminating,tarif makan pagi dan siang*..kok ngga ada?..

*soalnya masuk pagi pulangnya sore






—musibah itu cobaan™


wah banyak banget ya rupanya yang mesti dihitung gan .......

sepertinya agan nich punya pengalaman pahit saat mengurus SIM ya ????
yang ada kalo adu urat itu ....

silahkan dilengkapi dulu surat2nya... dari a - e bisa dirubah dari a -z
ujian yang harusnya lulus juga dibilang gak lulus .


Syusah laaaaaaa, mending calo aja ... brebes :P
Gak habis waktu , Time is money kan :P

itung aja waktu nya yang abis dibandingkan bayar sekian ke calo :P



:kabur:
Quote:Original Posted By sironald2004
resminya padahal murah yah......
tapi knapa bpk w bikin sim 1 biji 500k yah...


nah yang begini ini nich mesti jadi perhatian pihak Polri , khususnya jajaran satlantas .... kenapa bisa begitu ya ???

yang di bawah gue mungkin punya jawabannya gan

Thumbs down 

tarif untuk calo polisinya kenapa ga sekalian di sebutin.....
pdahal baru pengen bikin thread ini
udah keduluan...

mudah2an proses pembuatan nya gak ada tambahan duit buat polkis
Quote:Original Posted By novelpicisan
tarif resmi + 10 kali bolak balik


tarif ga resmi = 1/2 hari jadi,... tinggal di pilih
mari budayakan hidup tanpa calo, budaya hukum yang baik tanpa KKN
×