KASKUS

Festival Lomba Layang-layang Bali

Salam agan2 sekalian...

Maaf kalo

Ane mau share tentang Festival layang-layang yang ada di bali nih gan, kebetulan ane suka banget sama layang-layang.

Quote:Lomba atau Festival Layang Layang di Bali

Lomba atau festival layang - layang di Bali merupakan salah satu atraksi wisata menarik yang ada di Bali

Layang - layang seakan tidak bisa lepas dari sisi kehidupan orang Bali. Bagi masyarakat Bali layang - layang bukanlah sekedar mainan anak-anak, melainkan sudah menjadi tradisi yang patut dilestarikan. Karena layang - layang Bali bukan hanya sesuatu yang ditarik dengan tali dan bisa terbang, melainkan sebuah karya seni yang bernilai tinggi yang memerlukan keahlian khusus dalam membuatnya. Sebut saja layang jenis Pecukan (layang-layang yang bentuknya menyerupai bentuk mata manusia), jenis layang-layang ini termasuk jenis layang-layang yang tingkat pembuatannya cukup sulit karena memerlukan keahlian dan cukup pengalaman. Salah pembuatan baik dalam mengukur tiap panjang kerangka maupun berat layangan dapat berakibat ketidak seimbangan layang - layang saat berada di udara bahkan tidak bisa terbang sama sekali.

Ada berbagai macam jenis layang - layang yang ada di Bali, namun 3 jenis diantaranya paling paling banyak digemari sehingga jenis-jenis ini paling sering dilombakan. Ketiga jenis layang - layang tersebut antara lain : Layang Bebean, layang Janggan dan layang Pecukan. Sebagian besar bentuk layang - layang di Bali diadopsi dari bentuk binatang misalnya layang Bebean yang menyerupai ikan, layang Janggan yang menyerupai naga, dan layang pecukan yang menyerupai ikan pari. Bentuk-bentuk tersebut disempurnakan lagi dengan sedikit sentuhan seni, sehingga menjadi cukup menarik. Ukurannya pun biasanya dibuat agak besar karena peminat layang - layang tidak hanya anak kecil saja, melainkan juga orang dewasa yang mencintai seni ini. Jadi tak jarang jika pada musim angin kencang (biasanya bulan Juni - Aguastus) banyak bermunculan sekaa (perkumpulan) layang-layang yang mebuat layang-layang besar yang diterbangkan bersama-sama. Ukurannya tidak main-main, bisa mencapai 15 meteran lebarnya, dan untuk jenis layang - layang tertentu seperti layang Janggan (naga) panjang ekornya bisa mencapai 300 meteran. Tak terbayangkan bagaimana proses pembatan dan besar biaya yang dikeluarkan, bukan?

Lomba layang - layang atau festival layang - layang di Bali biasanya diadakan pada musim angin kencang (bulan Juni - Agustus) dimana tempat perlombaan biasanya dipesisir pantai (pantai Padang Galak, Pantai Kuta, pantai Tanah lot, Sanur dan lain-lain). Jangan heran jika anda berada di Bali pada bulan-bulan tersebut, anda akan mengalami kemacetan disepanjang jalan tertentu yang dibuat oleh kendaraan peserta lomba layang - layang yang membawa layang-layang mereka yang berukuran cukup besar. Peserta lomba umumnya adalah organisasi pemuda yang ada diseluruh Bali yang menjadikan festival ini sebagai agenda khusus dalam kegiatan keorganisasian mereka. Festival layang - layang di Bali saat ini telah menjadi suatu atraksi yang sangat menarik khususnya untuk para wisatawan yang sedang berlibur di Bali, apalagi saat ini lomba layang - layang di Bali telah bertaraf nasional dimana dipromotori langsung oleh PELANGI (persatuan layang - layang Indonesia) dan bahkan tak jarang diselenggarakan juga lomba bertaraf internasional yang melibatkan berbagai peserta dari seluruh dunia. Umumnya festival layang - layang melombakan 3 jenis layangan tradisi yaitu layang Bebean, janggan dan Pecukan ditambah sesi perlombaan layang modern atau kreasi baru untuk membuka pintu bagi peserta yang meminati jenis layang-layang lainnya.


Quote:

Jenis layang-layang yang umum di BALI


Jenis Bebean ini layang2 2D bentuknya menyerupai ikan



Jenis janggan ini layang2 yang biaya pembuatannya termasuk mahal gan tapi jenis ini yang paling ane suka..



Jenis Pecukan ini layang2 yang menyerupai daun.. layang2 jenis ini yang paling susah di terbangkan..


Sekian dulu gan trhead ane..

Maaf kalo ada salah2 kata.

Ane nerima
Spoiler for Nerima:


Mohon Jangan
Spoiler for Nolak:


Kalo Berkenan
Spoiler for Kalo berkenan:


Sumber
bagus gan
ane pertamax gak?
jadi inget tahun 90an gan layangan masih berjaya.. sekarang jarang anak kecil maen layangan pada maen PB semua


Spoiler for Lihat di sini untuk info promo, event, traffic, dll:
keren nih festival nya,,
jadi pengen nonton dsana, tapi jauh
harus berapa orang tuh yg ngendaliin layang janggan gan
layangan gede banget sih,kyaknya gak cukup 2 orang yg ngendaliin tuh

Quote:Original Posted By monopolikacau
bagus gan
ane pertamax gak?


Cepet amat gan... selamat ente pertamax...

Quote:Original Posted By momojok
jadi inget tahun 90an gan layangan masih berjaya.. sekarang jarang anak kecil maen layangan pada maen PB semua


itu dia gan masalahnya sekarang lahan kosong susah..


ijin nyimak dulu gan




Best Regards,
WSSChanger
ane dah sering nonton lombanya di padang galak n tanah lot gan
Quote:Original Posted By Guzya
ane dah sering nonton lombanya di padang galak n tanah lot gan


Iya gan, ane jadi kangen ke BALI lagi nih..
dulu waktu masih SMP di sanur sering banget nih main layangan.. sekarang dah pindah ke jogja jadi gak bisa main layangan lagi..
Keren2 gan layangannya....
wah demenan tante ane nih. iya gan, banyak banget yang hobi ini. ane pernah dateng sekali pas di medan. keren2 layangannya. dan mereka niat banget gitu bikinnya.
Quote:Original Posted By AbrahamSinau
wah demenan tante ane nih. iya gan, banyak banget yang hobi ini. ane pernah dateng sekali pas di medan. keren2 layangannya. dan mereka niat banget gitu bikinnya.


Wah di medan juga ada ya gan
Memang gan namanya hobi pasti niat dan enjoy mereka bikinnya
belum bisa maen layangan ane gan.
dijogja juga sering ada, festival tahunan di parangtritis
guuede guuede bener ya ..



Posted with kaskusQR
Quote:Original Posted By rheiji
dijogja juga sering ada, festival tahunan di parangtritis

Ane tinggal di Jogja gan
tapi kok belum pernah liat ya di Parang tritis ada festival layang-layang
atau ane aja yang gak tau nih



Posted with kaskusQR
kalau segede gitu mah....
orang nya bisa terbang juga....
wah..keren-keren
×