KASKUS

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8



Rumah baru nih Rumah ketiga

pindahan dari trit lama krn udah full 500 pages










Dan ini ada beberapa DIY karya oom Tim Adhi di GE8 nya....

silahkan disimak...Ane copas dari page 2 biar bisa diliat di mari...semoga berguna



Last Update: Mei 2013


Om Tim Adhi, trims buat tambahan DIY nya..udah saya update disini. Semoga berguna utk semua jazzers


Quote:Original Posted By satyabudi
sesuai permintaan...

Yuk pindah ke Rumah Baru yg ke-4
Rules utk Thread ini :

1.Saling menghormati antar penghuni baik penghuni thread ini atau pun cuma guest --> intinya sesama kaskuser saling menghormati.

2.Kita di sini saling bertukar info, mau ngobrol juga boleh...akan lebih baik kalau bisa bertemu scr langsung utk kopdar ala kadar

3.TIDAK POSTING DAGANGAN DI FORUM INI !! entah itu nitip lapak, nitip dagangan, ada barang bagus nih, dsb dsb yang berbau transaksi. Ini forum komunikasi bukan forum jual beli ! TOLONG HARGAI KAMI SEMUA YANG SUDAH BERUSAHA MENYUSUN FORUM INI SEBAIK MUNGKIN. KALAU MAU JUALAN SILAHKAN DI FORUM JUAL BELI. akan dikasih hadiah BATA untuk pelanggar.

4. Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA

5. Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan selesaikan secara pribadi lewat PM/VM, bukan di forum.

6. Jika ada yang ribut / brantem --> kami akan tegur dulu, jika masih terjadi lagi, kami akan berikan peringatan, dan sampai yang ketiga kalinya masih terjadi kami akan lapor ke moderator utk diproses selanjutnya. Jika anda yang ribut di banned atau di blacklist maka kami tidak akan bertanggung jawab terhadap ID anda. DO IT AT YOUR OWN RISK !!

7. Dilarang ngejar postingan (nge JUNK) seperti Posting : absen, bumping (up/nyundul) thread tanpa ada komentar jelas (hanya gambar atau tulisan "up/sundul lagi" dan sejenisnya)

8. Dianjurkan untuk mempergunakan Quote atau Multiquote

9.Aturan lain akan menyesuaikan dengan kondisi seiring waktu berjalan...

10.Terima kasih dan selamat bergabung di sini...Salam Damai
share tips setting ketinggian lampu & mengganti bolham

http://www.kaskus.co.id/thread/00000...t-dan-jazz/253

Nampang bentar :D

Beberapa jazz penghuni trit ini...start from TS...


Spoiler for praz3112:


Spoiler for treesix_kaede:

Spoiler for monopbosok:

Spoiler for kuropeto:

Spoiler for soxsaxsex:

Spoiler for st3v3n1020:

Spoiler for daindragunawan:

Spoiler for wekz:

Spoiler for akinaold:

Spoiler for tyo11:

Spoiler for JohnFrusc:

Spoiler for MoonZogr:

Spoiler for cutemaster:

Spoiler for jmapaliey:

Spoiler for ag8482:

Spoiler for mustone:

Spoiler for binomar:

Spoiler for trone168:

Spoiler for amansalma:

Spoiler for kucluqq:

Spoiler for felix1505:

Spoiler for MyGunners:

Spoiler for Vorpal:

Spoiler for dhivi:

Spoiler for vincha2510:

Spoiler for igunzarate:

Spoiler for argyo:

Spoiler for loehloeh:

Spoiler for bluelevel:

Spoiler for wesker26:

Spoiler for ciprut6:

Spoiler for yocisdead:

Spoiler for volcompink:

Spoiler for tuningmurtining:

Spoiler for rezamax185:



Spoiler for el_meler:



Spoiler for aLienF50:




ajib bener mobilnya nih pada.....

yang lainnya mungkin mau menyusul?

ditunggu pic nya
Quote:Original Posted By awiemacho
gimana kalo kita bikin komunitas BMW Z3 aja. mari ganti jazz kita dengan ntuh mobil..


uda jelas2 judul nya trit jazz

Quote:Original Posted By praz3112
Rumah baru nih


om prazz.. post lagi aja beberapa posting di bawah postingan ini..
buat taro info2 dan foto2.. takut ngga muat kl cuma 1 postingan paling atas aja..

sama yg paling atas dihias2 dong om


New FIT/JAZZ L-Series i-VTEC Engines


The new (2nd generation) Honda Fit was just launched in Japan for the JDM in October during the Tokyo Motor Show. This amazing little car will now be making its way outside of Japan and to the rest of the world from next month onwards. For Asia, it will continue to be called the Honda Jazz and will be launched starting in Thailand and thereafter across the rest of Asia next year.

This new Fit comes with either of two 'new' engines, actually a development of the engines that powers the outgoing 1st generation model. They are the 1.3l L13A SOHC i-VTEC and the 1.5l L15A SOHC i-VTEC. The new L13A has discarded the i-DSI technology in favour of i-VTEC and delivers the superior low-rpm torque of its predecessor along with a lot more power in the high rpm range, as well as enhanced fuel economy in everyday driving. It is now 16-valves in configuration, still SOHC but features enhanced intake performance and DBW (drive-by-wire) and delivers a max power of 73kW (100ps), 14ps or 16% more power than the outgoing L13A i-DSI. Using the 12V/16V VTEC implementaion and new ECU tuning helps it deliver this max power along with a class-leading 24km/l in fuel economy (Japan 10.15 rating).

The new 1.5l L15A SOHC i-VTEC delivers superior fuel economy combined with good torque throughout the rpm range. Using the 'power SOHC VTEC' technology first used on the D15B engines of the 5th generation (1991-1995) Honda Civics, it now delivers a max power of 88kW or 120ps, 10ps or 9% more power than the outgoing L15A SOHC VTEC. Along with this, it still delivers a fuel economy of 19.6km/l !

The CVT gearbox too have received important enhancements. It now features the use of a torque converter and offers better off-the-line acceleration. It is yet unknown whether it still retains the use of the infamous 'start-up clutch'. The CVT gearbox have revised gear ratios for better performance and also improved fuel economy during cruising. A new low-friction, high efficiency oil pump and CVT pulleys plus a new creep control system (implemented via ECU programming) provide optimized 'creep control' at low speeds and during idling for improved fuel economy.

This short technical overview is written using the materials found in both the Honda Fit page on the Honda website for the Japan Domestic Market ([url]www.honda.co.jp[/url]) as well as materials from the Honda Motor Co. Ltd resource page for media. The translation from the japanese languaged materials have been done on a best effort basis. As with the new format for our technical overview articles, the actual technical materials in this article will be published in watermarked JPG formt, to enforce copyright on this review.


ini engine and transmission cvt cut away honda gd3 idsi





ini gambaran mekanisme i-vtec di CRV ama Accord...kira2 mirip2 dikit ama di Jazz...selama itu SOHC ya







ini gambaran mekanisme vtec
Ini ane Repost lagi info di trit sebelumnya

Spesifikasi Honda Jazz GD3


GD3 i-DSI tahun 2004
L15A 1.5 l 8 valve intelligent - Dual Sequential Ignition (i-DSI) Cylinder Head 8 busi (2 busi / silinder)
88 ps @5800 rpm
131 nm @2700 rpm
Compression Ratio 10.8:1
- M/T
- CVT
*batch pertama adalah CBU Thailand Interior Upholstery warna abu-abu, velg R14 & tidak tidak dilengkapi EGR
*batch kedua adalah CKD velg R14x5.5 ET45 & tidak dilengkapi EGR

GD3 i-DSI tahun 2005
- M/T
- CVT
*CBU Thailand, velg R15x5.5 ET50, dilengkapi EGR & HU JVC
*CKD, velg R14x5.5 ET45

GD3 i-DSI Minor Model Change (MMC) tahun 2006 akhir / 2007-2008
- M/T
- CVT
*Face lift di bumper, LED Stop Lamp, Meter Cluster, desain velg R14x5.5 ET45 & Exhaust Manifold serta dilengkapi EGR


GD3 VTEC (Sports) tahun 2005
mesin L15A 1.5 l 16 valve Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) Cylinder Head 12/16 valve system
110 ps @5800 rpm
143 nm @4800 rpm
Compression Ratio 10.4:1
- M/T
- CVT
*Emblem Sports cuman sebagai perbedaan tambahan dengan varian i-DSI yg memakai mesin L15A dengan Cylinder Head yg bisa lebih efisien dibanding Cylinder Head VTEC yang lebih bertenaga, Interior Upholstery warna hitam, velg R15x6 ET53, rear disc brakes & add on spoiler

GD3 VTEC (Rocks) tahun 2006
- M/T
- CVT
*Emblem Rocks adalah trim VTEC dengan opsional Audio keluaran ATPM

GD3 VTEC Minor Model Change (MMC) tahun 2006 akhir / 2007-2008
- M/T
- CVT
*Facelift di bumper, Head Lamp sewarna body, LED Stop Lamp, Meter Cluster, desain velg R15x6 ET53 & Exhaust Manifold
*Trim Top Grade dilengkapi dengan ABS, EBD, SRS Airbags & Retractable Side Mirror with Sign Lamp
*Rocks 2 adalah trim VTEC MMC Top Grade dengan opsional Audio & velg Made In Taiwan R17 keluaran ATPM


CMIIW,
*terutama info EGR pada i-DSI CKD tahun 2005 ~ pre-MMC



mau upgrade performa :

Upgrade Steel Braided Brakeline
karena 'selang minyak rem' lebih rigid & lebih tahan panas, maka tekanan minyak rem untuk menekan kaliper akan semakin presisi
sehingga respons pedal rem akan meningkat significant.
(biaya sekitar 1 - 2 juta)


*buat saya pribadi ini adalah 1st upgrade yang wajib dilakukan kalau ingin memaksimalkan kemampuan mesin
(biar ngerem nya mantep gituh , SAFETY is No.1)


DAN

Basic Engine Upgrade; Intake - Header - Exhaust (I/H/E)
- Intake: ganti Air Filter yang mempunyai hambatan udara lebih lancar, bisa Air Filter Replacement atau Open Air Filter
karena supply udara ke ruang pembakaran lebih besar, maka tenaga mesin secara teori akan meningkat
(biaya sekitar 450 rb - 2 juta)

- Header (Exhaust Manifold): ganti dengan Header aftermarket konfigurasi 4-2-1 atau 4-1
karena saluran gas buang lebih lancar, apabila perhitungan exhaust flow pada header nya didesain dengan akurat secara teori tenaga mesin akan meningkat
(biaya sekitar 850 rb - 4 juta)

- Exhaust (Catalytic Converter - B-pipe - Muffler): ganti CC dengan Downpipe hambatan rendah atau Free flow, B-pipe dengan Resonator & pipa dengan hambatan rendah & Muffler aftermarket
idem dengan teori pada Header
(biaya sekitar 300-500 rb untuk Downpipe, 500 rb - 1 jt untuk B-pipe, 500 rb - 7.5 jt untuk Muffler)

*semua pekerjaan diatas Plug & Play maksimal 3 jam kerja


DAN/ATAU

Basic Engine Control Unit (ECU) Modification
- pasang Piggyback Computers yang bertujuan memanipulasi data Air-Fuel-Ratio (AFR) & Fuel Timing ke ECU
- ECU Remap dengan tujuan seperti pasang piggyback namun data diganti langsung pada ECU (tidak dengan menambah modul extra)
(biaya sekitar 2 - 4.5 jt, 1 hari kerja)


Apabila terbatas dengan budget, silahkan pilih salah satu dari Upgrade I/H/E atau Piggyback.
Karena pengerjaan I/H/E & Pasang Piggyback akan memberikan efek yang cukup significant dibanding kondisi mesin standart.


================


nah, kalau ada budget lebih bisa ditambah dengan step berikut ini:

Cylinder Head Modification
- Porting & Polish pada Intake, Exhaust Port & Combustion Chamber serta membentuk ulang Sitting Valve
- Menaikkan kompresi pada ruang bakar dengan Papas Cylinder Head
(biaya sekitar 3.5 - 4 juta, 3 - 4 hari kerja *kecuali punya spare Cylinder Head max 2 hari kerja)
- ganti camshaft dengan derajat jendolan lebih tinggi (sehingga durasi dan volume bukaan katup lebih besar = udara di combustion chamber lebih banyak + bensin harus lebih banyak = secara teori tenaga meningkat)

Fine tune I/H/E
- Billion Air Funnel
- Reamer Throttle Body
- Bobok Intake
- Cold Spark Plugs
- Header configuration yg sesuai spec mesin
- Exhaust piping diameter yg sesuai spec mesin
(biaya brp ya? lupa euy ...)

Force Induction Upgrade
- Turbo
- Supercharger
(biaya sekitar 15 - unlimited)

Brake Upgrade
- High Temperature Brake Pad: penggantian Brake line akan membantu pengereman secara significant, tapi tetap saja suhu rem sudah terlalu panas maka Brake Pad standart akan tidak sanggup 'ngegigit' rotor
(biaya sekitar 800 rb - 2.5 jt)
- Brake Rotor: apabila Brake line & Brake Pad sudah High Temp, biasa nya rotor standart akan cepat kemakan, maka dari itu perlu diganti yang lebih tahan panas
(biaya sekitar 2 - 4 jt)
- Big Brake Kit: paket Brake line, Brake Rotor & Kaliper dengan Piston (Pot) yang lebih banyak untuk menekan Brake Pad ke Brake Rotor)
(mahal, hehehehe)

Suspension Upgrade
- Per: dengan mengganti Per yg mempunyai Spring Rate lebih keras serta Ride Height lebih rendah akan improve handling
(biaya sekitar 1 - 2.5 jt)
- Damper: dengan mengganti Damper (Shock Absorber) yg mempunyai Bound - Rebound rate lebih keras akan improve handling
(biaya sekitar 2 - 5.5 juta)
- Coilover: matched Spring & Damper yang mempunyai adjustable Ride Height (saja) dan Adjustable Damper

Rims & Tyre
- mengganti ban low profile dengan Treadwear dibawah 250
- mengganti Velg dengan bobot dibawah 5 kg per piece
(biaya sekitar 5 - 50 juta)

Chassis Upgrade
- Front Tower Strutbar
- Rear Strutbar
- Front Under Brace
- Rear Swaybar
(biaya sekitar 500 rb - 6 jt)

menurut Oom Sunny TS, peningkatan kerigidan sasis di bagian depan akan membantu koreksi Oversteer
sedangkan peningkatan kerigidan sasis di bagian belakang akan membantu koreksi Understeer

Weight Reduction
- Carbon Hood

*for Track Day usage
- Front Diffuser
- Rear Diffuser
- Rear Wing




Spesifikasi New Honda Jazz GE8 di pasaran Indonesia


Tipe Mesin\t\t\t:\t1.5 SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, i-VTEC, DBW & Torque Boost Resonator

Sistem Suplai Bahan Bakar\t:\tPGM-FI

Diameter x langkah\t\t:\t73.0 x 89.4 mm

Isi Silinder\t\t\t:\t1497 cc

Rasio Kompresi\t\t\t:\t10.4 : 1

Power\t\t\t\t:\t120 bhp / 6600

Torque\t\t\t\t:\t145 Nm / 4800

Dimensi (panjang x lebar x tinggi)\t:\t3900 x 1695 x 1525 mm

Jarak Sumbu Roda\t\t:\t2500

Jarak Radius Putar\t\t:\t4,7 m (Type S) & 4,9 m (type RS)

Kapasitas Tangki\t\t: \t42 Liter

Sistem penggerak\t\t:\tFWD

Transmisi\t\t\t:\t5 speed manual & 5 speed automatic (non CVT) with Grade Logic Control, Active Torque Converter Lock Up, Shift Hold System

Sistem Kemudi\t\t\t:\tRack and Pinion with Electronic Power Steering (EPS) + tilt & telescopic steering wheel

Paddle shift \t\t\t:\tYes, for Type RS Automatic only

Suspensi depan\t\t\t:\tMacPherson Struts

Suspensi belakang\t\t:\tH-Shape Torsion Beam

Rem depan\t\t\t: \tcakram berventilasi

Rem belakang\t\t\t:\tcakram

Ban\t\t\t\t: 175/65R15 (type S) ; 185/55R16 (type RS)

Roda\t\t\t\t:\tAloow 15" x 5 1/2 J (type S) ; Allow 16" x 6 J

Kapasitas bagasi\t\t:\t384 L / 1321 L


Separo Inspirasi Modifikasi (sisanya dilanjutin dibawah ane )

Spoiler for "Spoon":


Spoiler for "Noblesse":


Spoiler for "Noblesse PS":


Spoiler for "Modulo":


Spoiler for "Regina":


Spoiler for "axis":


Spoiler for "crave":


INSIPIRASI MODIFIKASI

Spoiler for Mugen:


Spoiler for JS Racing:


Spoiler for Spoon:


Spoiler for Noblesse:


Spoiler for Ings +1:



Source : Google
om fit ane tahun 2003 (1300cc) termasuk gak ?
Quote:Original Posted By neverzz
om fit ane tahun 2003 (1300cc) termasuk gak ?


nah kan ada di judul trit tu.....

Lanjutan Penghuni Trit

Spoiler for thommy_l:


Spoiler for utomb:


Spoiler for benjamin123:


Spoiler for nandanovic:


Spoiler for pribadi83:


Spoiler for miqz:


Spoiler for maulana1942:


Spoiler for idlamagabisalog:


Spoiler for slavko:


Spoiler for tommyp:


Spoiler for kenj1:


Spoiler for jfr3y:


Spoiler for mangmoty:
Numpang absen di page one....
Quote:Original Posted By teddyakbar
Numpang absen di page one....


Welcome Bro...
Wah rumah baru ya...... asyik2.......
tinggal kumpul2 yang belon terealisasi
Tips dari Sdr Aswisahimsa : utk ganti lampu switch ac & defogger

All credits to Mr Aswis....

nih nambahin cara buka console ac tengah biar bisa lepas switch AC dan defoger nya

pertama



lepas baut/ scruw yg berada pada bawah putaran AC ( 3 bulatan )

lalu dorong /tarik dengan menggunakan ke dua tangan pada posisi yg dilingkari merah kearah atas ( tanda panah ) secara perlahan tapi bertenaga, memang agak keras karena rapat. hingga terlihat celahnya ( seperti gambar )

kedua



lepaskan socket penghubung switch AC/defoger terlihat dari gambar yg dilingkari merah

kemudian
lakukan langkah di bawah ini

bs di repair sendiri lampu indikator ny, cukup modal LED ukuran mini bs di dapat di toko2 elektronik yg menjual spare part elektronik .

sudah saya coba bongkar sendiri dan hasilnya menyala kembali seperti semula dengan wrna2 yang bisa di sesuaikan sesuai kemauan atau asal dapet nya LED mini nya, 1 pcs LED mini nya @ 5000





hayo siapa yg mau repair LED indicator AC dan defoger nya

nih inpoh nya...

lingkaran merah LED mini untuk (indikator ac wrna hijau,biru) (hitam untuk defoger heater glass)

cara repair ny / lepas dudukan LED yg berwarna hijau dan biru dengan obeng (-) putar secara perlahan ,setelah dudukan LED terlepas akan nampak LED seperti pada gambar diatas "yg dilingkari warna merah" kemudian lakukan langkah selanjutnya

/ lepas kawat/dudukan led yg melilit pada braket led yg berwarna hijau / biru / hitam. setelah kawat sudah terlepas dari lilitan ,lepas LED yg rusak dengan mencabut led tsb. kemudian pasang LED yg sudah di beli ,lalu masukan kawat led ke 2 lubang kecil pada dudukan LED . kemudian lilitkan kembali menyerupai lilitan pada LED lama yg sebelum di lepas.kemudian masukan kembali braket/dudukan LED yg sudah terpasang ke dalam lubang yg ada pada switch. kemudian kencangkan dudukan dengan obeng ( - ) secara perlahan

semoga bermanfaat

aswisahimsa



TIPS DARI ANE BUAT BONGKAR + BERSIH2 TB DAN IACV
by : praz3112

Nih...akhirnya bisa upload gambar lagi...

ane upload langkah2 bongkar Throttle body dan IACV dan ngebersihinnya,,,

warning : maybe BANDWIDTH KILLER....may be.....



sebelom sampe step ini...buka dulu dua baut yang ngunci box filter udara mesin...



1. nah ini konektor2 elektronik...lepasin dulu...plus satu baut (lingkaran kuning) yang ngunci leher air filter sama throttle body (yang ini pake obeng plus panjang), longgarin aja ni baut ga usah ampe copot tar repot)





2. konektor IACV (putih) dan TPS (item) lepasin juga seudah copotin box air filter



3. Copotin baut2 yang ngiket throttle body ke intake, trus lepasin juga selang radiator yang nempel ke body IACV (kalo susah blakangan aja pas TB udah copot sempurna)



4. Lepasin kabel gas. Caranya pake tangan buka/puter throttle ampe max (atau minta tolong seseorang nginjek pedal gas ampe mentok) trus cabut kabelnya (liat ada celah buat lewat keluar masuk kabel dari rumah throttle body)



5. TB udah copot smua. Liat bagian bawah IACV. ada 3 baut. Bukanya pake obeng ketok (kalo masih original blm pernah dibongkar). Pake obeng biasa jamin rontok bautnya ama obengnya




6. Nah, udah kebongkar IACV dari TB...lihat ada paking iacvnya (karet item), pisahin dulu. Jangan ampe kesemprot carb cleaner...karetnya melar dan ga bisa dipake lagi...nyarinya susah. honda pusat juga ngga ready stock. harganya 70rb pula hahaha...



7 & 8. Bersihin TB dan IACV pake carb cleaner.




9 & 10. Ini silicon spray buat karet2 dan buat melumasi metal juga bisa...buat karet jendela mobil juga bisa, karet pintu. tapi jangan karet V-belt...krn v-belt harus seret ga boleh licin.




11. IACV yang ane pretelin. Semprot pake carb cleaner sambil diputer2 poros valvenya biar bersih, kalo perlu dikorek2 dikit biar rontok karbonnya, inget karet nya jangan kesemprot carb cleaner...rumah elektromagnetiknya juga semprot...trus keringin kalo ada kompresor boleh disemprot pake angin kompresor...udah itu semprot silikon buat melumasi (poros valve, dan rumah elektromagnetiknya..krn dia muter2 disitu)









Nah, kalo udah beres, rakit lagi semuanya...dan coba nyalain mesinnya...Mau reset ECU dulu seperti tips di page2 sebelum ini juga bisa....mau reset pake scanner Honda Interface Module (HIM) juga bisa...kalo ada yang punya...anything yang terbaik lah...

Dan rasakan bedanya...amatin RPM saat masuk gigi mundur (sambil rem di tahan)...harusnya ngga drop...coba dengan ac mati dan nyala. tapi kalo ngga bisa juga, kemungkinan IACV udah lemah...lempar aja trus beli baru wkwkwkw siapin 2 juta...hahahahahaha....masih ga bisa juga...mungkin per flywheelnya ud lemah juga...atau flywheelnya udah nggak balance...nah ini yg bikin pusing...krn harus overhaul gearbox...wwkwkwkwkwkwk...........
jangan lupa juga cek engine dan cvt mountingnya...

SELAMAT MENCOBA.......


cape gw ngetiknya


Tips bongkar fuel filter + fuel pump
Credits to : kofie2004

Dear Penikmat Enjezz
Sekedar sharing aja, marin setelah lama ngumpulin niat akhirnya terlaksana juga, fuel filter berhasil di lahirkan dengan selamat... untuk tools yang di perlukan sbb:
-obeng plus.
-obeng minus
-rachet 12mm
-palu
-besi tumpul
-Dan yang penting niat & do'a

Langkahnya sbb:
>> Oiya letak fuel filter ada di bawah center consul
1. buka center consul
2. lepas knop prosneleng (punyak ane manual Bozz)
3. lepas dudukan hand brake satu baut aja cukup... lalu geser ke kanan.
4.buka cover fuel pump dengan obeng plus.. ada 4 ea skrup
5. lepas 5 pin konektor (fuel pump power + Sensor level bensin).
6. buka quick connect fitting...( hati2 mudah patah " dorong-tekan-tarik")
7 buka 2 hose lainnya
8. Buka top tank yang bulat,( karena ane nggak punyak special toolnya gunakan palu n besi tumpul... pelan2 saja wuuokey ???)
9. Nah.. angkat dech pelan" fuel pum unitnya.. (hati" pelampung level nyangkut bro..)
10 Dapet dech fuel suction pump (no:3&4) kotor abizzzzzzz..
11. dan fuel filternya (discharge pump) terbungkus casing plastik.



Tips reset ECU + kalibrasi CVT jazz gd3
credits to : mrjatnik + dilengkapi oleh praz3112 (thanks to om j3fry for additional R position calibration)

Mo share pengalaman reset ECU and Calibrasi CVT honda jazz gd3 ane nih gan..
Setelah googling dari forum fit luar negeri, akhirnya dpt, caranya :
1. Lepaskan terminal (+) aki.
2. Switch on lampu depan selama 15 s/d 20 menit, tujuannya agar gak ada sisa listrik di ECU.
3. Switch off lampu depan.
4. Pasang kembali terminal (+) aki (hati2 jangan sampe kena body atau bisa konslet). Pakai sarung tangan kain dan celana kain. Usahakan badan tidak menyentuh body yang dari logam. kalo bemper gapapa.
5. Nyalakan mesin kurang lebih 15 sampai 20 menitan atau sampai lampu indiator cool engine mati. (jangan nyalakan peralatan elektrik dulu spt tape, lampu, ac dll). Pintu ditutup. Power window dan lain lain jangan diutik2 dulu. Tenang ga akan mati lemas dalam mobil kok
6. Matikan mesin kemudian nyalakan lagi.
7. Nyalakan lampu depan (head lamp)
8. Sambil menginjak rem pindahkan tuas dari posisi P-R-N-D-S-L-S-D-N-R-N-D-S-L-S-D-N-R-N-D-S-L-S-D-N (total 3 siklus pergerakan tuas, dan di setiap posisi gear ditahan sekitar 2-5 detik baru dipindah ke gear selanjutnya). Pedal rem tetep diinjek yah.
9. Setelah selesai, matikan lampu, matikan mesin.
10. Nyalakan mesin, dan coba terutama di posisi R...apakah RPM nya drop? bandingkan dengan kondisi AC nyala dan mati. di jazz ane, berhasil. RPM cukup bertahan, kalaupun turun nggak sampe ngejedag...
11. Test jalan deh jazz nya...monggo......

Selamat Mencoba...

Tambahan tips dari teman2 disini

yohoo tambahan lagi dari kofie2004 kali ini soal bongkar switch lampu

Sekedar sharing aja.. ane pernah alamin 3 bulan lalu gan enjezz ane vtec tiba2 lampu kanan kiri mati, yang bisa cuman lampu jauh. berikut yang ane lakuin
1. check lampu > Masih bagus (emang klo maji jarang banget keduanya bareng).
2. Check fuse (sekring).
3.Check relay
4.Check combinasi switch
> Buka cover bawah ster
>Cabut combinasi switch socket
>Nah disini ane nemu emang nggak ada tegangan pada kabel yang menuju ke headlamp.
> Pernah ane akalan dengan jumper ( lupa warna kabelnya) kelemahannya klo pas lampu dekat nyala kita DIM keduanya nyala semua, khan harusnya lamu jauh aja yang nyala yang dekat mati.
5.Akhirnya ane beraniin bongkar combinasi switch dan hasilnya kontak yang ke lampu dekat leleh sehingga nggak bisa kontak tuh switch, ane amplas dan bersihin... tetetetetetet... berhasil gan.. ada c pic nya tapi agak kurang jelas.
>> Hati2 pas bongkar swicth ada peloran kecil buat switch sein jangan sampai hilang..

>> Moga berhasil gan..




yang ini dari Awiemacho untuk ganti bohlam headlamp

ga perlu ampe bongkar bemper om.. hanya buka 1 biji klip , trus tinggal dibengkokin slebornya kebawah dan tangan udah bisa menjangkau lobang lampu dah..

posisi klip di t4 yg ane tandain buletan putih





ANOTHER TIPS FROM KOFIE2004 --> Bikin dimmer lampu kabin

Background :
Ceritanya gini ane khan makek enjezz vtec/M/2006, klo pas malem hari, ane kesulitan masukin kunci kontak, pasang seatbelt dll, begitu pintu di tutup langsung gelap ( padahal masukin yang lain gelap2an bisa …).
Jadinya ane berpikiran masang timer pada lampu kabin, jadi lampu baru mati beberapa detik setelah pintu di tutup.

Bahan2 nya:
 Sedikit dasar elektro
 Resistor : 60k
 Variable resistor : 10k
 Elko : 10uF/16 V
 Transistor : A1015 (or tipe PNP yg lain).
 MOSFET : IRF842


Tools:
 Solder + timah
 Obeng plus or kunci 8mm
 Obeng minus kecil
 Tang potong

Step 1
Lepas kaca lampu kabin dengan obeng kecil.

Step 2
Lepas socket kabel dan rumah lampu

Step 3
Lepas plat paling pinggir (jalur auto) dan potong jadi 2 bagian agar terpisah dengan tang potong.
http://imageshack.us/photo/my-images...805/jalur.jpg/

Step 4
Rangkai semua komponen sesuai skema.

http://imageshack.us/photo/my-images...209074847.jpg/

Step 5 instal kembali.

Keterangan:
Bila menginginkan waktu yang lebih lama elko bisa di ganti yang lebih besar.
Lamanya timer bisa di set melalui variable resistor.

http://img577.imageshack.us/img577/3.../aturtimer.jpg

Ini hasilnya Gan

http://imageshack.us/clip/my-videos/...uycrkuopd.mp4/
Selamat mencoba semoga membantu....

Mo upload langsung susah nich.... terpaksa via imageshack





Sedikit contekan tentang mesin Jazz Ge8 :


http://myhonda.co.za/showthread.php/...azz-GE8-Engine


dan sekilas tentang transmisi CVT pada Jazz GD3

Read these links :

http://www.honda.co.nz/technology/driving/cvt/

http://www.insightcentral.net/encycl...dia/encvt.html



Selamat membaca...



Beberapa vid honda jazz






Buat yang pengen tau transmisi a/t GD3 yang pake sistem CVT, bukan matic biasa. Prinsip kerja seperti motor matic kayak vario, beat, spacy, mio, soul, xeon dan kawan2...


tinggalin jejak dulu ...


*mudah2an gak terlalu banyak yg nyampah di pekiwan biar bisa rapi, contek aja tuh format thread2 laen, tinggal quote trus copy paste trus edit2 dikit dah *