trit inih bukan klub/club... cuman ajang share soal aerio/nextg, sekaligus ajang silaturahmi untuk menjalin pertemanan dan kebersamaan.....
buat yg lagee nyari aerio/next g, ini ada panduan nyeleneh dr seorang the_sixth_sense
Spoiler for panduan dr the_sixth_sense:
berikut ini adalah saran2 yg boleh dipercaya boleh ngga dari seorang the_sixth_sense
buat yg pengen tau, pengen punya, pengen nyobain atopun mo beli (beliin pacar, ortu, istri, anak, dll) suzuki aerio ama next g, perhatiin detail berikut inih
1. mesin
1. nyalain mesin. ga usah pake ac.... dalem waktu 2 menit-5 menit, rpm akan berangsur-angsur turun dari sekitaran 1600 rpm ampe 800 rpm. kalo yg versi awal, lampu biru nya udah mati, sementara yg versi facelift, indikator suhu nunjukkin di atas 1/4.
kalo lebih lama suhu nya tercapai, kemungkinan besar udah ga pake termostat....
2. nyalain ac. suara nya kenceng... lebih kenceng dr mesinnya
terus dr balik bemper depan coba pegang kondensor ac... kalo sisi kiri ama kanan nya ada perbedaan suhu yg cukup jauh (kiri dingin kanan anget), kemungkinan sensor ect nya udah kena
3. liatin juga rembesan oli di sekitar blok mesin. mesin yg masih bagus, tentunya ga ada rembesan oli....
4. cek juga fuse box di ruang mesin.... liat masih sesuai ama tempat nya atau ngga....
kalo ada kabel yg seliweran disinih, mungkin udah ada yg di jumper....
kemungkinan korsleting lebih gede kalo udah ada kabel yg di jumper....
5. laennya rasanya udah banyak dibahas.... dr ngecek radiator dll dah....
2. interior
1. aerio yg versi pertama warna dalemnya beige + item, facelift silver+item. sementara next g semua versi item+silver
cek indikator yg ada di spidometer, pastiin semuanya bekerja sempurna...
2. cek juga kelengkapan yg ada, kaya power window, electric mirror, central lock, ac, audio, lampu kabin....
3. liatin sambungan pada dasbor + door trim.... kalo bekas maen audio, biasanya ada bekas bolong ama ada bekas tempelan dobel tape
4. yg laen silahkan tambahin...
3. exterior
1. kalo liat mobil, mending di siang hari waktu cahaya mentari sedang memancarkan sinar nya.....
jadi keliatan kalo ada cat yg belang, bagian yg baret, penyok, kelipet.....
2. coba buka tutup semua pintu, bagasi, kap mesin, tutup bensin....
pastiin semuanya bisa nutup rapet....
kalo pas nutup pintu, bunyinya kaya kaleng kerupuk, kemungkinan karetnya ajah.... kemungkinan terburuknya pernah tabrakan dan waktu pasang pintu nya ga distel lagee....
rasanya ntuh ajah dah
kalo boleh ngetes mobil lebih baek lagee....
coba jalanin sekitar 40 km/h.... terus langsung rem mendadak....
pedal rem biasanya agak sedikit getar karena abs kerja....
kalo pedal rem nya geter nya berlebih, siapin dana buat perbaikan rem + bubut disc brake... paling parah genti pelek karena peyang....
Spoiler for beda aerio 1st gen ama facelift:
aerio dx atau yg generasi pertama, ntuh keluar taon 2002-2004
versi 2002 awal:
bagasi ama handel pintu warna item....
versi 2003-2004:
bagasi ama handel pintu sewarna body
grill warna abu2
spido digital
stabilizer depan belakang, ngait nya ke body
dasbor warna beige ama item (kalo next g nya warna abu2 ama item)
jok warna coklat (nextg warna item)
foglamp di bawah headlamp
facelift 2004:
lampu belakang model yg gen.1
grill sewarna body
ada bodykit
foglamp agak ke tengah, di bawah plat nomer (kalo nextg posisinya di bawah headlamp, tapi bentuk nya kotak)
dasbor warna item abu2
jok warna item
spido analog
ada mid (cuman jam ama suhu luar mobil)
ada extra colokan 12v di konsol box tengah (samping rem tangan)
stabilizer ngait nya ke sokbreker