KASKUS

[HELP] cara balik nama dan bayar pajak samsat depok

agan2 yg baik hati, ane yg masih sangat newbie ini mau nanya biar ga sesat. mohon di bantu yah


jadi gini, ane baru aja di kasih motor supra x tahun 2001 kalo ga salah sama sodara ane. sebenernya yg punya itu om ane (liat nama di stnk) tp udah meninggal :


jadi yg di kasih ke ane itu motor, stnk sama bpkb. pas ane liat di plat ternyata udah abis tulisannya 10-11. ane liat lg di STNKnya ternyata motor ane pajak tahunannya juga udah mati dari bulan agustus 2010. jadi kalo di itung2 udah telat 1 tahun 8 bulan (mei 2012).


sebagai informasi motornya make plat depok dan kebetulan ane juga warga depok. yg ane mau tanyain:
- berapa yah denda yg harus ane bayar?
- Ane juga pengen balik nama atas nama ane. gmn caranya?
- Mau tanya juga yg dimaksud dg pemutihan apa yah? apa motor ane bs pemutihan?


mohon bantuannya ya agan2 skalian. soalnya ane mahasiswa, takut kena jebakan calo. maklum duit ane pas2an. jadi sekali lagi mohon bantuannya.
Terima kasih
Kebetulan ane baru bayar pajak tadi hari ini sedikit kasih tips aja gan :
Untuk bayar pajak syarat yang harus di lengkapi adalah KTP pemilik motor+ foto copy ktpnya usahakan KTPnya jangan mati kalau mati pasti di tolak n suruh balik, STNK asli di lampirkan dan di fotocopy juga, BPKB motor di fotocopy untuk di lampirkan & isi formulir di sana dan minta no antrian, langsung taruh berkasnya dan tunggu antrian panggilan, Jika pajak mati 1 tahun sama aja prosesnya kalau gak salah, Untuk balik nama agak ribet harus gesek no rangka, legalisir STNK BPKB 25 rb, Kwitansi pembelian, bayar loket pengesahan 50 rb dan tinggal tunggu antrian dan jika selesai berkas di taruh di POLDA jakarta untuk balik nama di sana dan bayar 100 rb an tunggu 2 minggu sampai BPKB jadi, Kalau gak mau ribet agan lewat calo di samsat sana ada dari polisi atau dari orang sekitar dengan tarif mulai 50 Rb untuk perpanjang pajak motor jika untuk balik nama bisa 100 rb an, Bayar pajak siapkan aja uang 500 rb an n jika balik nama siapkan aja uang 600-700 rb an.

Tips jangan fotocopy berkas di samsat karna bianyanya mahal banget jauh lebih mahal daripada fotocopy di luar

Semoga Membantu
Quote:Original Posted By winaru.kaskus
Kebetulan ane baru bayar pajak tadi hari ini sedikit kasih tips aja gan :
Untuk bayar pajak syarat yang harus di lengkapi adalah KTP pemilik motor+ foto copy ktpnya usahakan KTPnya jangan mati kalau mati pasti di tolak n suruh balik, STNK asli di lampirkan dan di fotocopy juga, BPKB motor di fotocopy untuk di lampirkan & isi formulir di sana dan minta no antrian, langsung taruh berkasnya dan tunggu antrian panggilan, Jika pajak mati 1 tahun sama aja prosesnya kalau gak salah, Untuk balik nama agak ribet harus gesek no rangka, legalisir STNK BPKB 25 rb, Kwitansi pembelian, bayar loket pengesahan 50 rb dan tinggal tunggu antrian dan jika selesai berkas di taruh di POLDA jakarta untuk balik nama di sana dan bayar 100 rb an tunggu 2 minggu sampai BPKB jadi, Kalau gak mau ribet agan lewat calo di samsat sana ada dari polisi atau dari orang sekitar dengan tarif mulai 50 Rb untuk perpanjang pajak motor jika untuk balik nama bisa 100 rb an, Bayar pajak siapkan aja uang 500 rb an n jika balik nama siapkan aja uang 600-700 rb an.

Tips jangan fotocopy berkas di samsat karna bianyanya mahal banget jauh lebih mahal daripada fotocopy di luar

Semoga Membantu



makasih banyak gan infonya
tp kalo pemilik aslinya udah meninggal gmn gan?
denda pajak seingat saya...20% dr nilai pajak, terlambat sehari atau setahun sama besarnya.
Mendingan biro jasa bro...nambah 100 rb an tapi ga pusing.
Taulah di negara antah berantah memang harus pake calo....nggak pake makin ribett.

SUDAH TERBUKTI.
STONER pun kalau test praktek SIM di indonesia juga gak akan lolos kok.
Bantu jawab ya..

Pelayanan Pengurusan BPKB Balik Nama:
  • Kartu Tanda Penduduk (akan dibalik nama kepada siapa) dan tidak perlu KTP pemilik pertama)
  • Foto Copy STNK
  • Foto Copy BPKB
  • Cek Fisik kendaraan bermotor baik no rangka maupun no mesinnya yang dilakukan oleh petugas
  • Kwitansi Pembelian bermaterai


Biaya balik nama:
Biaya administrasi (80 rb utk motor dan 100 rb utk mobil), BBN 1% dari nilai jual kendaraan, PKB dan SWDKLLJ (mobil 143 rb motor 35 rb). Biaya PKB tergantung jenis kendaraan.

Untuk denda keterlambatan pajak 25 %/tahun dari pajak yang tertera. Kalo keterlambatan telat 1 tahun 8 bulan berarti di hitung 2 tahun, jadi dendanya 25 % x 2 x besarnya pajak.

Semoga membantu.





Posted with kaskusBetaQR
Quote:Original Posted By barrafaiz
denda pajak seingat saya...20% dr nilai pajak, terlambat sehari atau setahun sama besarnya.
Mendingan biro jasa bro...nambah 100 rb an tapi ga pusing.
Taulah di negara antah berantah memang harus pake calo....nggak pake makin ribett.

SUDAH TERBUKTI.
STONER pun kalau test praktek SIM di indonesia juga gak akan lolos kok.


hahaha.. makanya ane agak ragu kalo buat ngurus sendiri gan..




Quote:Original Posted By ptha
Bantu jawab ya..

Pelayanan Pengurusan BPKB Balik Nama:
  • Kartu Tanda Penduduk (akan dibalik nama kepada siapa) dan tidak perlu KTP pemilik pertama)
  • Foto Copy STNK
  • Foto Copy BPKB
  • Cek Fisik kendaraan bermotor baik no rangka maupun no mesinnya yang dilakukan oleh petugas
  • Kwitansi Pembelian bermaterai


Biaya balik nama:
Biaya administrasi (80 rb utk motor dan 100 rb utk mobil), BBN 1% dari nilai jual kendaraan, PKB dan SWDKLLJ (mobil 143 rb motor 35 rb). Biaya PKB tergantung jenis kendaraan.

Untuk denda keterlambatan pajak 25 %/tahun dari pajak yang tertera. Kalo keterlambatan telat 1 tahun 8 bulan berarti di hitung 2 tahun, jadi dendanya 25 % x 2 x besarnya pajak.

Semoga membantu.





Posted with kaskusBetaQR


wahh.. makasih banyak gan bantuannya. tapi yg ane mau tanyain itu kwitansi pembalian itu dari pihak pertama ke ane atau yang mana?
soalnya motor itu boleh di kasih buat ane gan.. maaf merepotkan..
up:

Repost ngurus BPKB

sy share juga ya, sy bis ngurus BBN motor MIO th 2008 di SAMSAT BSD, cek pisik byr 30000, trus semua2nya al: kaleng, STNK dll hrs byr 342500. saya pikir dah beres dong ga taunya masih diminta 200000 lagi untuk BPKB katanya baru, klo ga mau kita disuruh urus sendiri ke polda metro jaya biayanya sy tanya2 skitar 150000,…….weleh2 sy cm bawa uang 400000,….repot2 mau ga mau kudu gesek ATM lg dah krn klo hrs ke polda repot anak2 ga ada yg jagain walhasil itungan saya semua -+ 600000,………….mahal ya! kapan ya negara kita bebas pajak?>>>>> yg dibutuhin al:

BPKP asli potocopi 2lmbr, STNK asli potocopi 2lmbr, KTP asli potocopi 2 lmbr, kwitansi pembelian bikin aja sendiri ngarang2 boleh lah. klo bikinnya dari pagi 2-3jam kelar tp klo bis dzuhur dateng ngurusnya kudu besok selesainya,.....gitu aja agan2 moga manfaat
Mau share ya
Ane baru ngurus BBN mobil mazda vantrend th 1995 di SAMSAT Cinere depok
Syarat :
1. FC KTP yg mau dibalik nama ( ktp kita)
2. FC BPKB
3. FC STNK
4. FC Kwitansi pembelian

Langkah pertama :
1. Karena ane dateng 07:30 ane langsung parkir kendaraan di tempat gesek. Di atas pintu loket gesek ditulis gede gede " Gesek gratis" (kalo ga salah sih gt tulisannya
tp intinya ga ada biaya untuk gesek)
Setelah digesek masukan semua berkas yg uda difotocopy keloket gesek. Tunggu dipanggil
Nanti dikasih selembar kertas verifikasi kalo kita sudah digesek dan ditempelin tuh kertas geseknya di lembar tadi. Nah langsung fotocopy deh sebelum naek ke atas biar ga bulak balik.
2. Setelah fotocopy langsung naek kelantai 3 ambil formulir dan langsung isi.
3. Abis diisi serahin ke loket tempat kita ambil formulir nah nanti disini kita kena biaya 50.000
4. Tunggu sampe dipanggil kasir Bank Jawa Barat disini ane kena biaya total 881.500. Nanti kita dapet slip
pembayarannya dan tunggu lagi buat ambil STNK
5. Setelah dipanggil kita dapet STNK selembar sedangkan BPKB di tawarin mau urus sendiri apa mau dititip. Kalo mau urus sendiri BPKBnya disimpen sama kita kalo dititip serahin deh BPKB nya terua bayar deh (ane ga tau bayar berapa).
Nah lembar yg dibalik STNK kita ga dapet tapi di kasih stempel kalo kita sudah ngurus balik nama. Dan itu berlaku hanya 6 bulan. Jadi setelah 6 bulan kita harus urus BPKB ke POLDA METRO JAYA. Karena saat ini polda sedang kehabisan surat bpkb dan pajak 5 tahunan.

Jadi total ane kena 931.000 sudah termasuk pajak mobil vantren '95 (pajaknya cuma 381.000) murahkan gan.
Ok gitu aja gan infonya ane ngurusnya cuma makan waktu 1 jam 15 menit karna ane dateng pagi pagi sambil nungguin loket buka ane liatin pak polisi apel pagi dulu.

Re:

Terima kasih atas infonya gan.....sangat bermanfaat.







____________________________
Dana dan Keuangan
Quote:Original Posted By winaru.kaskus
Kebetulan ane baru bayar pajak tadi hari ini sedikit kasih tips aja gan :
Untuk bayar pajak syarat yang harus di lengkapi adalah KTP pemilik motor+ foto copy ktpnya usahakan KTPnya jangan mati kalau mati pasti di tolak n suruh balik, STNK asli di lampirkan dan di fotocopy juga, BPKB motor di fotocopy untuk di lampirkan & isi formulir di sana dan minta no antrian, langsung taruh berkasnya dan tunggu antrian panggilan, Jika pajak mati 1 tahun sama aja prosesnya kalau gak salah, Untuk balik nama agak ribet harus gesek no rangka, legalisir STNK BPKB 25 rb, Kwitansi pembelian, bayar loket pengesahan 50 rb dan tinggal tunggu antrian dan jika selesai berkas di taruh di POLDA jakarta untuk balik nama di sana dan bayar 100 rb an tunggu 2 minggu sampai BPKB jadi, Kalau gak mau ribet agan lewat calo di samsat sana ada dari polisi atau dari orang sekitar dengan tarif mulai 50 Rb untuk perpanjang pajak motor jika untuk balik nama bisa 100 rb an, Bayar pajak siapkan aja uang 500 rb an n jika balik nama siapkan aja uang 600-700 rb an.

Tips jangan fotocopy berkas di samsat karna bianyanya mahal banget jauh lebih mahal daripada fotocopy di luar

Semoga Membantu

thanks gan, ane besok baru mau ke sana
Quote:Original Posted By idamokta
Mau share ya
Ane baru ngurus BBN mobil mazda vantrend th 1995 di SAMSAT Cinere depok
Syarat :
1. FC KTP yg mau dibalik nama ( ktp kita)
2. FC BPKB
3. FC STNK
4. FC Kwitansi pembelian

Langkah pertama :
1. Karena ane dateng 07:30 ane langsung parkir kendaraan di tempat gesek. Di atas pintu loket gesek ditulis gede gede " Gesek gratis" (kalo ga salah sih gt tulisannya
tp intinya ga ada biaya untuk gesek)
Setelah digesek masukan semua berkas yg uda difotocopy keloket gesek. Tunggu dipanggil
Nanti dikasih selembar kertas verifikasi kalo kita sudah digesek dan ditempelin tuh kertas geseknya di lembar tadi. Nah langsung fotocopy deh sebelum naek ke atas biar ga bulak balik.
2. Setelah fotocopy langsung naek kelantai 3 ambil formulir dan langsung isi.
3. Abis diisi serahin ke loket tempat kita ambil formulir nah nanti disini kita kena biaya 50.000
4. Tunggu sampe dipanggil kasir Bank Jawa Barat disini ane kena biaya total 881.500. Nanti kita dapet slip
pembayarannya dan tunggu lagi buat ambil STNK
5. Setelah dipanggil kita dapet STNK selembar sedangkan BPKB di tawarin mau urus sendiri apa mau dititip. Kalo mau urus sendiri BPKBnya disimpen sama kita kalo dititip serahin deh BPKB nya terua bayar deh (ane ga tau bayar berapa).
Nah lembar yg dibalik STNK kita ga dapet tapi di kasih stempel kalo kita sudah ngurus balik nama. Dan itu berlaku hanya 6 bulan. Jadi setelah 6 bulan kita harus urus BPKB ke POLDA METRO JAYA. Karena saat ini polda sedang kehabisan surat bpkb dan pajak 5 tahunan.

Jadi total ane kena 931.000 sudah termasuk pajak mobil vantren '95 (pajaknya cuma 381.000) murahkan gan.
Ok gitu aja gan infonya ane ngurusnya cuma makan waktu 1 jam 15 menit karna ane dateng pagi pagi sambil nungguin loket buka ane liatin pak polisi apel pagi dulu.


makasi info'a masbro
kebetulan ane udah dtegur pakpol buat balik nama

Thumbs up Update terbaru balik nama depok 2014

Saya baru aja balik nama gan Motor tiger. Total habis 800rbuan urus sendiri.
rincian biaya
Cek fisik : gratis
legalisir cek fisik : 30rbu
fotocopy + map + kwitansi materai dll : 17rbu
pendaftaran : 40rbu ada samping ane 50 rbu
kasir : 717.000 rinciannya :
BBN : 233.000(hrg motor 23.300.000 pdhal sya beli cuman 15jt om)
PKB : 372000
bea lain2 lpa saya (dll aj,swdllaj dll)
selesai stnk keluar plat nunggu bulan april
Lanjut ke polda bayar 80rbu ajah di BRI loket buat BPKB baru.
gan ane masih nga ngeri nehh
cz bulan depan mau balik nama

kronologisnya

pajak /thn : 225000
pajak :telat 2 tahun (plat nopol mati thn 2013 lalu)

pertanyaannnya ????
tata cara.a gmna gan dari awal sampai akhir
trus rinciannya apa aj yah klo pajaknya segitu
oya gan apa harus ada KTP ch pemiilik pertama
(udah nga tw tuh orang kmna )

mohon infonya yah gan .
cz ane masih BUTA takut ketipu . .
Biasanya biaya nyamsat itu 1,5% dari harga bekas kendaraan, harganya ditentukan tiap bulan oleh badan terkait. Selain Biaya PKB ada juga biaya SWDKLLJ, denda apabila terjadi keterlambatan.

Sumber :
http://qiulsme-rock.blogspot.com/201...kendaraan.html
TS sma ni kaya ane kurang paham masalah beginian,
ane juga tanya2 tmn untuk persyaratan balik nama bpkb + motor samsat depok! diharuskan membawa ktp pemilik pertama! sedangkan ane ga megang tu ktp pemili, pertama, ane hubungin susah,.
jadi yg bener yg mana ya gan?