Berkebun Sayur Dalam Pot









Quote:
Spoiler for Bukti:




Quote:

  • Kegiatan berkebun sayur akan lebih seru dengan melibatkan keluarga. Misalnya dengan mengajak si kecil membantu kita menyiram tanaman. Berkebun adalah sarana yang sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup, karena ia akan mengamati secara langsung bagaimana cara kerja alam, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, mereka ingin melakukan segalanya sendiri apalagi jika diizinkan bermain tanah. Tak perlu yang rumit-rumit. Yang penting disini adalah membangkitkan rasa ketertarikan mereka terhadap tanaman dan kegiatan berkebun.


  • Berbagai macam sayur sayuran dapat kita tanam di pot pekarangan rumah. Misalnya bayam, kangkung, daun bawang, sawihijau (caisim), dan cabai rawit. Yang penting kita harus tahu mana jenis sayuran yang cocok ditanam dalam pot di rumah kita. Bila kondisi lingkungan cukup panas, sebaiknya pilih jenis sayuran untuk daerah panas, seperti selada, seledri, bawang daun, bayam, kangkung, dan terong.


Quote:
Jenis Sayur dan Cara Budidaya


  • Daun Bawang
    Penanaman menggunakan anakan. Pertama-tama, siapkan tanaman daun bawang pilihan dan buang sebagian daunnya. Tanam dalam pot yang sudah berisi media tanam. Setelah bawang daun berumur 15 hari, lakukan penyulaman. Bila ada bibit bawang daun yang mati atau yang pertumbuhannya kurang baik, potong batang bunga dan daun tua untuk merangsang tunas. Siram secara teratur. Semprotkan pestisida organik bila muncul tanda-tanda serangan hama dan penyakit. Untuk menghasilkan daun bawang yang sehat dan ramah Iingkungan, gunakan pupuk dan pestisida organik.


  • Bayam Merah
    Ambil biji bayam kemudian sebarkan di pot-pot berukuran sedang. Satu pot bisa berisi 10 biji atau lebih. Jika tanaman ingin tumbuh lebih subur maka jumlah tanaman per pot bisa dikurangi. Beberapa han kemudian akan muncul tunas-tunas kecil, ingat tanah harus dalam keadaan basah dan lembap agar biji cepat bertunas. Jika pertumbuhan bayam kurang baik, kurangi jumlah tanaman di dalam pot, atau ganti tanah pot dengan tanah yang baru, atau beri tambahan pupuk organik.


  • Cabal Rawit
    Benih unggul bisa dibeli di toko pertanian. Semai benih cabai rawit di pot kecil berisi media tanam. Sambil menunggu bibit cabai rawit berumur sekitar 3 minggu, siapkan tempat penanaman dalam pot yang lebih besar. Isi dengan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang. Setelah bibit cabai rawit siap tanam, pindahkan bibit ke pot yang lebih besar tersebut. Siram secara teratur hingga cabai berbuah dan siap dipanen.


  • Sawi Hijau (Caisim)
    Siapkan media tanam berupa tanah dan kompos dalam sebuah pot. Tebar sejumput benih sawi hijau (caisim). Benih-benih sawi yang sudah disebar kemudian ditutup dengan selapis kompos agar tidak hanyut saat disiram. Dalam beberapa han, tunas sawi akan muncul, hingga nantinya daun berbentuk lonjong dan agak bergerigi. Inilah daun sawi sesungguhnya yang siap dipanen. Agar tidak patah, sebaiknya cara mencabutnya hingga ke akar.


Quote:


Menyemai Benih
  • Benih sayuran bisa diperoleh di toko-toko pertanian. Biasanya benih tersebut dibungkus dalam sachet. Sebelum membeli, sebaiknya periksa dahulu tanggal kedaluwarsa benih. Ini berkaitan dengan daya berkecambahnya, apakah masih memungkinkan ditanam atau sudah tertinggal.

  • Benih sayuran kemudian disemai di dalam pot yang sudah diisi media tanam seperti tanah, pupuk kandang dan kompos. Dasar pot dibuat berlubang-lubang agar air yang berlebih dapat cepat terbuang. Lalu, kotak diisi dengan campuran tanah subur, pasir, dan pupuk organik (1:1:1), hingga ketinggian 15 cm.

  • Sehari sebelum benih ditebar, pot tempat persemalan disiram hingga cukup basah. Buat alur-alur dangkal dengan telunjuk. Kedalaman alur 1 cm dan jarak antar-alur 5 cm. Setelah itu, benih pun slap ditebarkan merata dalam setiap alur. Tutup dengan tanah tipis dart disiram lagi agar kelembapan tanah dapat dipertahankan. Nah, tak sampai seminggu, benih-benih sayuran pun akan berkecambah, lalu menjadi bibit.



    Perawatan
  • Pemeliharaan sayuran dalam pot boleh dibilang lebih gampang, karena Iingkungan sekitar tanaman mudah dikendalikan. Misalnya jika ada sayuran yang nyaris layu, segera disiram, dan sayuran pun akan kembali segar. Penyiraman cukup dilakukan sekall sehari, bisa pagi atau sore.

  • Namun, seandainya kondisi sayuran dalam pot amat kering, misalnya saat musim kemarau, boleh disiram pagi dan sore, cara ini dapat membuat jejeran pot sayur di halaman belakang rumah anda selalu terjaga kesegarannya.

  • Jangan lupa, lakukan pemupukan. Tanaman sayuran memang cukup sensitif terhadap hama. Untuk mengatasinya, sebaiknya hama itu dikendalikan secara manual, misalnya diambil, lalu dimatikan. Usahakan tidak memakai pestisida karena pada dasarnya lingkungannya juga terbatas, yakni hanya dalam pot. Dengan cara ini, maka sayuran yang ditanam akan lebih segar dan sehat.


Quote:Quote:
Sumber
Spoiler for Sumber:




Jangan Lupa di Rate Bintang 5 dan Cendolnya aus nih gan


Kaktus KasKus by : User ID 2206929

powered by :








KasKus KaKtus by : User ID 2206929

Proposal Pembentukan Sub Forum Lingkungan Hidup, Mohon Dukunganya


  • Di Seluruh Dunia sekarang ini sedang digalakan sekali gerakan untuk menyelamatkan Lingkungan di tiap belahan Dunia yan dikenal dengan Go Green. Di Kaskus sendiri juga banyak thread, Kaskuser, Komunitas dan Gerakan Nyata yang telah dilakukan yang berhubungan dengan Go Green. Namun disayangkan tidak adanya ruang atau forum tersendiri untuk mewadahi para pemerhati dan pecinta lingkungan untuk dapat berkumpul,berdiskusi dan sharing bersama di dalam kaskus


  • Oleh karene itu di harapkan dukungan untuk semua kaskuser dalam pembentukan Sub Forum Lingkungan Hidup, sebagai wadah memupuk dan menyebaran pesan Go Green kepada seluruh indonesia pada umumnya dan kepada sesama kaskuser pada kususnya


  • Mari kita buat alam Insonesia dan KasKus menjadi lebih hijau, from humans to humans, for the our next generation and for our a better future let's save our earth




KasKuer yang juga melakukan GooGreen dengan menanam sayuran dalam pot

Quote:Original Posted By hendri0712
Ga dapet PejWan..

Sumbang gambar yah,, saya juga nanem sayur di pot..




Yg 2 ini Indoor






Sudah rate5


Quote:Original Posted By hendri0712
Iya ada sesepuh,, 7000 post..

Spoiler for sayur lagi:


Quote:Original Posted By irman.marwann
Numpang share foto BJ koleksi ane ya gan

Spoiler for My GardenMy GardenMy GardenMy GardenMy GardenMy GardenMy Garden:



KasKus KaKtus by : User ID 2206929
koq loading???
sayur model baru tuh???









Sopir Truk Cantik

http://kaskus.co.id/thread/000000000...truk-tercantik
Inisiatif bgs nih
cocok untuk wilayah kya djakarta skrng ini
Woghh boleh juga tuh ...
jadi tinggal metik aja gak usah beli
wah, jadi inget masa kecil nih
pot apa aja ane isi sayur, terutama bawang, jahe ama cabe
bibitnya tinggal nyolong dari dapur
yang kyak begini harus d budayakan sama masyarakat Indonesia,
biar tercipta lingkungan hijau
wah ane dh pernah nyoba ni bginian,
ane nyoba nanem kacang ama jahe gan
akhirnya tumbuh,

tpi setelah berapa lama, ane gk urus lagi dah,
jadinya tuh pohon mati,

ane mo nyoba lagi ah, thanks TS dh ngingetin lgi

Quote:Original Posted By Dogmonoteis
Inisiatif bgs nih
cocok untuk wilayah kya djakarta skrng ini




Quote:Original Posted By AntiKorupsi
Woghh boleh juga tuh ...
jadi tinggal metik aja gak usah beli


Makasih gan komentanya semaoga bermanfaat

Quote:Original Posted By freezeblaze
wah, jadi inget masa kecil nih
pot apa aja ane isi sayur, terutama bawang, jahe ama cabe
bibitnya tinggal nyolong dari dapur
yang kyak begini harus d budayakan sama masyarakat Indonesia,
biar tercipta lingkungan hijau


Hahah bener bgt , setuju bgt sama agan ini, bibitnya mudah di dapat gan , kept GooGreen ya gan



KasKus KaKtus by : User ID 2206929
boleh di coba nih caranya
nais share gan

wah mantep neh gan buat anak" kost kaya ane.. apalagi contoh sayurannya cocok semua tuh buat dicapur indomie
wow...info berkebun

bisa di coba tu yg cabai...per kilo nya kan mahal
nice share Gan
ane jadi inget halaman rumah ortu ane Gan
asli kek bgitu



walaaahh keren2 banget gan ampe2 sayurpun bisa dibudidayakan seperti bunga keren daahhh kalau ane belon pernah gan nanam sayur di pot
nice info daahhh pun meluncur
ido rajin beener dah
satu lagi yang bikin inspirasi..
bantu rate 5 dulu biar jadi HT..
Quote:Original Posted By galangARCHI
ido rajin beener dah


Hahaha ternyata si galamg ol di old ya pantes egk keliatan , no hp tadi udah di pm sampe kan lang?

Quote:Original Posted By KetuaBesar
wow...info berkebun

bisa di coba tu yg cabai...per kilo nya kan mahal




Quote:Original Posted By GET.IJO
nice share Gan
ane jadi inget halaman rumah ortu ane Gan
asli kek bgitu




Quote:Original Posted By andhikasukma
walaaahh keren2 banget gan ampe2 sayurpun bisa dibudidayakan seperti bunga keren daahhh kalau ane belon pernah gan nanam sayur di pot
nice info daahhh pun meluncur


Makasih ya gan komennya semoga bermanfaat , kept GooGreen ya gan



KasKus KaKtus by : User ID 2206929
keren gan
Nice thread gan.. seru juga ni dicobain bareng anak.

ane udah pernah tuh berkebun cabe rawit di rumah nenek ane (lumayan, gak perlu beli cabe di pasar lagi )