KASKUS

5 Peralatan Manusia Purba Pada Zaman Neolithikum

Quote:Zaman Neolithikum atau Batu Muda diperkirakan berlangsung kira-kira tahun 2000 SM. Perkembangan kebudayaan pada zaman ini sudah sangat maju. Dalam zaman ini, alat yang dihasilkan sudah bagus. Meskipun masih terbuat dari batu, tetapi pada semua bagiannya telah dihaluskan dan persebarannya telah merata di seluruh Indonesia. Menurut Dr. R. Soekmono, Kebudayaan ini lah yang menjadi dasar kebudayaan Indonesia sekarang. Dalam zaman ini, terjadi perubahan pola hidup masyarakat, dari tradisi food gatering ke food producing. Manusia yang hidup pada zaman ini adalah bangsa Proto Melayu. Seperti suku Nias, suku Toraja, suku Sasak dan Suku Dayak.

Peralatan yang dihasilkan zaman Neolithikum, antara lain :

1. Kapak lonjong
Spoiler for Kapak lonjong:


2. Kapak persegi
Spoiler for Kapak persegi:


3. Tembikar
Spoiler for Tembikar:


4. Pakaian
Spoiler for Pakaian:


5. Perhiasan
Spoiler for Perhiasan:


Sumber:
Spoiler for Sumber:


Quote:Yang berkenan tolong di
Quote:Ngak nolak juga klo ad yg ksh
unik unik ye
Pesen tempat buat Update ya
ini mah pelajaran sejarah dikelas ane hehe
wkakak jadi inget pelajaran sejarah jaman smp sma
tembikar bakal senjata gan??????
Quote:Original Posted By ardibangjak
tembikar bakal senjata gan??????


slh nulis gan, thx udah diingetin, haha ..
Kapak lonjongnya klo dipikir2 ga sakit ya makenya...
Quote:Original Posted By J0xerr
Kapak lonjongnya klo dipikir2 ga sakit ya makenya...


iya gan, nmanya jg manusia jaman dlu ..
tp sehabis itu jg ad perkembangannya lg gan ..
Jadi inget ma sejarah nih
Thread yg bermutu banget gan
untuk kapasitas otak manusia purba ,uda bisa menenun emang uda hebat
menarik nih kayanya..
ane baca dulu gan
tombak gak ada ya gan







FB-nya Orang Indonesia : www.ayobai.com
Quote:Original Posted By Ir_setyawan
tombak gak ada ya gan


ada gan ..
cmn stau ane bkn pda zaman neolithikum ..
Quote:Original Posted By mahdajr
menarik nih kayanya..
ane baca dulu gan


monggo dibaca ..
kok aneh ya. 2000 SM kok di bilang jaman Manusia purba?

NOL Masehi di hitung dari kelahiran isa almasih. jadi sebelum isa lahir kan udah ada perdadaban., Romai ,yunani, viking bahkan CINA.

gw yang ga ngerti sejarah apa emang TS salah tulis?


ngitungnya gini. Jarak antar 1 nabi ke nabi lainnya yang bukan anak kandung 500 tahun, jadi dari nabi ibrahim ke nabi musa aja udah lebih dari 2000tahun. Musa ke ISA 500 tahun.

jadi masa di bilang jaman manusia purba?
Quote:Original Posted By srowot
kok aneh ya. 2000 SM kok di bilang jaman Manusia purba?

NOL Masehi di hitung dari kelahiran isa almasih. jadi sebelum isa lahir kan udah ada perdadaban., Romai ,yunani, viking bahkan CINA.

gw yang ga ngerti sejarah apa emang TS salah tulis?


ngitungnya gini. Jarak antar 1 nabi ke nabi lainnya yang bukan anak kandung 500 tahun, jadi dari nabi ibrahim ke nabi musa aja udah lebih dari 2000tahun. Musa ke ISA 500 tahun.

jadi masa di bilang jaman manusia purba?


Sorry gan ane ngikutin ap kata sumber aj ..
tp emg bner di buku jg tulisannya 2000 SM ..
dan setau ane jg klo sejarah agama & ilmuan itu bertentangan ..
Monggo dibaca agan kaskuser ..
dibaca" ,,
abis itu tinggalin jejak ya biar kaskuser lain bisa ikut baca ..
tahun 2000 sm tapi perhiasannya udah lumayan keren ya gan
×